Cara Breakout Room di Zoom Meetings

-

Cara Breakout Room di Zoom Meetings

Cara breakout room di Zoom – Intensitas penggunaan aplikasi Zoom di masa pandemic terus meningkat. Namun sayang tidak semua orang yang menggunakan aplikasi video conference ini menyadari jika Zoom memiliki banyak fitur menarik yang bisa membuat meeting kita semakin maksimal.

Nah, agar bisa menambah ilmu dan informasi tentang fitur Zoom yang bisa kita gunakan, maka kali ini maskris mau coba memberikan informasi tetang salah satu fitur menarik yang bernama Breakout Rooms.

Daripada kelamaan, kita langsung bahas saja ya.

Apa itu Breakout Room Zoom

Sebelum memulai cara melakukan breakout room di aplikasi Zoom, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu breakout rooms.

Breakout room sendiri merupakan salah satu fitur yang memungkinkan seorang Host untuk membagi pertemuan menjadi beberapa ruang kecil dan menempatkan peserta ke dalam ruangan-ruangan yang sudah dibuat.

Fitur ini sangat berguna jika kita menggunakan aplikasi Zoom untuk pertemuan yang membutuhkan beberapa waktu untuk diskusi kelompok. Dimana host tidak dapat mengetahui apa yang didiskusikan oleh masing-masing kelompok dalam ruang diskusi kecil.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Zoom, fitur breakout rooms ini bisa menampung maksimal 50 ruang.

Max partisipan breakout room
@maskris_idhttps://www.maskris.co.id
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

Recent posts

28 COMMENTS

    • Jadi gambarannya gini:
      Jika menggunakan 20 breakout rooms, maka maksimal user yang bisa masuk di breakout room adalah 500 partisipan.
      Jika kita buat 30 breakout Room, maks partisipannya hanya sampai 400
      Jika kita membuat 50 breakout room, maka max partisipan yang bisa join di breakout room adalah 200 partisipan.

      Jadi kalau kita punya akun zoom pro atau education dengan jumlah max partisipan 100 atau 300, maka kita bisa membuat maksimal 50 breakout room, sedangkan jika kita punya akun zoom dengan maks user 1000 user, maka kira hanya bisa memanfaatkan max 20 breakout rooms untuk maksimal 500 partisipan.

      Semoga bisa menjawab.

        • jadi jika kita mau membuat total 20 breakout rooms, maksimal peserta yang bisa masuk ke 20 breakout room itu adalah 500 user. Jika kita butuh breakout rooms lebih banyak, misal 30 breakout rooms, maka maksimal peserta di 30 breakout rooms itu adalah 400 user. Jadi berbanding terbalik.

  1. Mas mau tanya.. knpnsy setiap di masukan ke break room , zoom meetingnya jdi ga responding ya.. trus kalau mau masuk lg tiba2 speakernya tanda silang merah ga bisa masuk break roomnya

  2. Mas, kalo menambahkan anggota secara manual sebelum rapat berlangsung itu bisa ngga?

    Klo bisa, berarti kita harus pegang email semua peserta rapat dlu ya, untuk ditambahkan di breakout rooms?

    • untuk ini pernah kami coba tidak bisa.. karena pada dasarnya breakout room itu baru bisa digunakan kalau kelas utama sudah aktif dan sudah di aktifkan oleh host fitur breakoutroomnya..

  3. izin bertanya, saya sudah membeli paket zoom yg 500 partisipan, saya hanya bisa membuat 11 room breakout dan 200 partisipan, apakah dimungkinkan membuat 500 pasrtisipan ini masuk ke masing2 room,
    terima kasih.

  4. izin tanya.. kalau saya langganan yg 1000 participants, hanya buat 3 breakout room.. itu apakah bisa 300an peserta setiap room? yang penting maksimal 1000 total nya

  5. mas Kris, izin bertanya mengenai fitur breakout rooms.
    apakah rooms yang dibuat bisa di save? jadi tidak perlu membuat ulang setiap kali akan menggunakan fitur ini?

  6. Saya seting durasi breakout room selama 180 menit. Tapi kenapa belum ada 1 jam para peserta sdh terlempar kembali masuk ruang utama? Pada pop up break out roomnya tulisan “join”nya hilang. Mohon pencerahannya…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here