Cara Membuat Sertifikat Online Dengan Google Form

-

Membuat Sertifikat Online –  Halo semuanya, setelah ada serangan yang kurang mengenakan ke situs ini akhirnya maskris mau coba isi blog ini dengan tutorial lagi. (situsnya habis inul karena kena inject)

Nah, kali ini maskris mau mencoba memberikan tutorial terkait cara membuat Sertifikat online dengan menggunakan Google Form. Walaupun sebenarnya kalau kita cari di Google, pasti sudah banyak banget yang menulis panduannya. Kebetulan ada permintaan bantuan dari istri di kantornya.. Haha.

Persiapan Membuat Sertifikat Online

Oke, langsung aja deh ke hal-hal apa saja yang perlu kita siapkan jika mau membuat sertifikat online atau e-sertifikat dengan menggunakan Google Form.

  1. Pastikan kita punya akun Google.
  2. Pastikan kita sudah membuat form pendaftaran dengan menggunakan Google Form
  3. Pastikan kita juga siap membuat desain sertifikat dengan menggunakan Google Slides
  4. Kita perlu install Add on Autocrat

Jika kita belum siap dengan hal-hal yang maskris sebutkan sebelumnya, yuk sekarang kita coba cek satu-persatu.

Punya Akun Google

Akun google adalah satu kewajiban yang harus kita miliki jika ingin membuat sertifikat online dengan Google Form.

Untuk membuat akun Google sebenarnya sangat mudah. Kita cukup membuka browser Google Chrome, kemudian kita memasukkan google.com di bagian address bar hingga muncul tampilan berikut.

Login Google di Browser Google Chrome
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

Recent posts

18 COMMENTS

  1. mas saya udah berhasil ikutin tutorial(tanpa kirim serti) ini. kalo misal saya mau kirim dari yg telah dibuat sertinya gimana ya? apa harus buat job autocrat baru?

  2. mas.kalau nomor sertifikatnya juga mau disesuaikan.misalnya sesuai absen nya bagaimana? Nama dan nomor sertifikat dibuat berbeda. Mohon dijelaskan? Makasih

    • Kalau mau seperti ini ada baiknya di form awal diberikan inputan nomor absennya.. atau sebelum di proses, Google Spreadsheetnya diberikan tambahan nomor absennya (tapi ini akan mempersulit kita sendiri)

    • kalau setau saya error 400 itu adalah bad request yang terjadi saat server tidak memahami permintaan dari pengunjung website. Artinya pada saat itu ada masalah yang sedang terjadi di server atau koneksi ke servernya.. Solusinya biasanya cukup ulang beberapa saat lagi atau refresh browsernya.. Jika masih belum bisa, mau ga mau harus kita ulang prosesnya..

  3. Mas kalo nama pesertanya panjang supaya tidak numpuk gimana? Apakah format ini “<>” fleksibel mengikuti jumlah karakaternama? atau harus diberi space “<>” seperti ini agar tidak menumpuk?

  4. Kenapa sebagian databased saya tidak bisa merge dengan autocrat menjadi sertifikat Starting at Fri Jul 02 2021 01:34:40 GMT-0400 (EDT) tidak bisa sukses Document successfully created; Document successfully merged; PDF created

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here