Cara Mudah Membuat Akun Zoom Meeting

Cara Mudah Membuat Akun Zoom Meeting

Tutorial Zoom – Bagi sebagian orang, aplikasi Zoom sudah menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas rapat, seminar hingga pembelajaran daring. Walaupun demikian, belum semua orang pernah menggunakan aplikasi video conference yang cukup populer ini. Bahkan cara untuk membuat akun zoom saja mungkin belum bisa.

Nah, bagi kamu yang masih bingung dengan aplikasi Zoom Meeting, kali ini maskris mau coba kasih sedikit informasi tentang cara mudah membuat akun zoom meeting. Yuk, langsung saja ke tutorialnya.

Cara membuat akun Zoom Meeting Lewat Web

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan cara membuat akun zoom melalui situs resmi Zoom yang kita akses lewat browser.

Langkah pembuatannya adalah seperti berikut:

  1. Buka web browser, boleh Google Chrome, Microsoft Edge, Safari, Opera, Mozilla Firefox.
  2. Masukkan alamat https://zoom.us/
    Alamat Situs Zoom
    Alamat Situs Zoom
  3. Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas, lanjutkan dengan menekan tombol SIGN UP, IT’S FREE yang terletak di kanan atas halaman.
    Sign Up Zoom
    Sign Up Zoom
  4. Lanjutkan dengan mengisikan data tanggal lahir untuk verifikasi, kemudian akhiri dengan menekan tombol Continue
    Verifikasi tanggal lahir zoom
    Verifikasi tanggal lahir zoom
  5. Masukkan email yang akan kita daftarkan untuk akun Zoom, kemudian tekan tombol Sign Up. Jika kita mau mudah, kita juga bisa menggunakan akun Google, Facebook dan akun SSO kita untuk mendaftar.
    Sign Up Zoom
    Sign Up Zoom
  6. Tunggu hingga mendapatkan informasi jika Zoom sudah mengirimkan email untuk selanjutnya kita klik link konfirmasi untuk bisa memulai/mengaktifkan akun Zoom seperti pada tampilan berikut:
    konfirmasi email akun zoom
    konfirmasi email akun zoom
  7. Buka email yang baru saja kita masukkan pada langkah no. 5, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol ACTIVATE ACCOUNT untuk melakukan aktivasi/konfirmasi akun Zoom kita.
    Akativasi akun zoom
    Akativasi akun zoom
  8. Pilih No ketika kita mendapatkan pertanyaan Are you signing up on behalf of a school? Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Continue
    behalf of a school
    behalf of a school
  9. Isikan Nama dan juga password yang akan kita gunakan ketika mengakses akun Zoom meeting, kemudian akhiri dengan menekan tombol
    Masukan Nama dan Password Zoom
    Masukan Nama dan Password Zoom

    Sebagai catatan, biasanya secara default syarat password yang diminta adalah minimal 8 karakter, terdiri dari 1 huruf, 1 angka dan ada kombinasi huruf besar dan huruf kecil.

  10. Jika setelah kita tekan continue mendapati tampilan yang meminta invite teman/kolega, kita cukup lewati saja dengan cara menekan tombol Skip This Step
    Invite colleagues Zoom
    Invite colleagues Zoom
  11. Selamat akun Zoom mu telah berhasil dibuat. Silakan klik Go To My Account untuk melihat detail profil akun Zoom kita.
    Cara Mudah Membuat Akun Zoom Meeting
    Akun Zoom berhasil di buat

    Tampilan laman profil Zoom.

    Tampilan Profil Zoom yang berhasil dibuat
    Tampilan Profil Zoom yang berhasil dibuat

Cara Daftar Akun Zoom Lewat Aplikasi

Cara kedua yang dapat kita gunakan untuk membuat akun Zoom Meeting adalah melalui aplikasi Zoom yang sebelumnya harus kita download terlebih dahulu, baik di smartphone maupun di computer yang kita gunakan.

Secara umum sebenarnya langkahnya hampir sama seperti saat kita membuat akun zoom meeting menggunakan Web. Berikut langkah membuat akun zoom melalui aplikasi smartphone.

  1. Unduh dan Install aplikasi ZOOM Cloud Meetings melalui App Store atau Play Store.
    Aplikasi Zoom Cloud Meeting
    Aplikasi Zoom Cloud Meeting
  2. Setelah selesai diinstall, jalankan aplikasinya. Kemudian pilih Sign Up yang terletak di sebelah kiri bawah layar smartphone kita, dan lanjutkan dengan mengisi tanggal lahir untuk verifikasi data.
    Daftar Zoom lewat aplikasi
    Daftar Zoom lewat aplikasi
  3. Isi email, First Name dan Last Name, kemudian akhiri dengan menekan tombol Sign Up. Tunggu hingga mendapatkan informasi untuk mengecek link konfirmasi di email yang barusan kita masukkan.
    Sign up - verifikasi email Zoom
    Sign up – verifikasi email Zoom
  4. Sama seperti saat kita melakukan verifikasi melalui Web Browser, tekan tombol ACTIVATE ACCOUNT, kemudian dilanjutkan dengan langkah yang sama hingga selesai.
    Aktivasi akun zoom lewat aplikasi
    Aktivasi akun zoom lewat aplikasi

***

Nah, mungkin itu sedikit panduan zoom tentang bagaimana cara mudah membuat akun zoom meeting yang bisa maskris infokan. Semoga bermanfaat ya. Setelah ini kita akan lanjut ke panduan Zoom yang lain. 😀

Cuma seorang yang dulunya blogger, tapi sekarang mau ngeblog aja harus penuh perjuangan. Suka dengan teknologi dan sekarang lagi nyambi kerja di salah satu kampus swasta di Yogyakarta. Kalau libur ya liburan.. :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait