Cara Mengatur Streaming Zoom Meeting ke YouTube Live

Cara Mengatur Streaming Zoom Meeting – Di masa pandemi seperti sekarang ini aplikasi video conference menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan untuk media komunikasi dua arah atau synchronous.

Maka sudah bukan barang aneh jika kini banyak kegiatan dilakukan menggunakan Zoom, Webex, Jitsi, Google Meet, Microsoft Teams, WhatsApp, IG Live, Facebook Live, ataupun YouTube. Ya, solusi paling mudah untuk membuat tetap terkoneksi secara langsung dengan orang-orang ditengah karantina dan PSBB.

Ngomong-ngomong soal banyaknya aplikasi video conference yang hadir, namun maskris merasa jika popularitas aplikasi Zoom masih menjadi yang paling tinggi. Ya, paling tinggi jika digunakan sebagai alat untuk melakukan webinar/meeting. Namun, beberapa keterbatasan dan pilihan paket yang beragam dari Zoom sering kali pengelola webinar/meeting harus memikirkan cara lain agar peserta yang dapat mengakses acara mereka lebih banyak bahkan tidak terbatas.

Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi keterbatasan dari Zoom adalah dengan cara berkolaborasi dengan aplikasi berbagi video terbesar di dunia, YouTube. Nah, karena sering kali banyak yang bertanya tentang bagaimana caranya, kali ini maskris mau kasih sedikit informasi dan pengalaman tentang bagaimana caranya maskris menghubungkan aplikasi Zoom Meeting ke YouTube Live.

Gambaran Umum

Secara umum, aplikasi zoom memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan streaming Zoom Meeting atau Webinar ke YouTube. Hal ini memang hadir untuk memberikan kemungkinan kepada peserta yang tidak terhubung ke dalam meeting room untuk tetap dapat mengikuti rapat secara langsung melalui kanal YouTube.

Walaupun demikian, proses streaming ini juga akan muncul delay selama beberapa detik (sekitar 20 detik) antara Zoom Meeting / Webinar sebenarnya dengan YouTube Live. Selain itu bagi yang menyaksikan meeting / webinar dari YouTube maka mereka hanya bisa memberikan komentar melakui kolom live chat yang di sediakan di YouTube, dan tidak bisa berinteraksi langsung dengan peserta meeting/webinar yang masuk ke dalam Room Meeting di aplikasi Zoom.

Syarat Aplikasi Zoom

Untuk membuat aplikasi Zoom Meeting/Webinar bisa terkoneksi dengan YouTube Live sendiri diperlukan beberapa persyaratan. Jadi jangan harap kalau aplikasi Zoom yang kamu gunakan bisa live di YouTube jika tidak sesuai dengan persyaratan yang ada.

Berikut ini beberapa syarat agar aplikasi Zoom bisa live di YouTube:

Streaming untuk Meeting

  • Akun Pro, Bisnis, Pendidikan, atau Perusahaan
  • Host Dilisensikan
  • Zoom Klien versi 4.4.53582 atau lebih tinggi pada PC atau Mac
  • Streaming Langsung diaktifkan di YouTube

Streaming untuk Webinar

  • Akun Pro, Bisnis, Pendidikan, atau Perusahaan
  • Host memiliki add-on Webinar
  • Zoom Klien versi 4.0 atau lebih tinggi pada PC atau Mac
  • Streaming Langsung diaktifkan di Youtube

Langkah-langkah untuk melakukan Streaming Zoom ke YouTube Live

Jika semua syarat yang diminta sudah terpenuhi, maka silakan lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada artikel ini. Namun jika kamu masih menggunakan akun Zoom yang gratis, maka lupakan saja. Karena hanya membuang waktu dengan hal yang tidak bisa dilakukan.

Tapi tenang, nanti akan maskris informasikan cara lain untuk bisa live streaming ke YouTube tanpa akun Zoom Pro. Hehe..

Pertama, Mengaktifkan Fitur Youtube Live Streaming untuk Meetings

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan cara mengaktifkan fitur YouTube Live Streaming dari aplikasi Zoom.

Untuk langkah ini ada beberapa bagian yang harus kita cek atau atur, mulai dari Account Level, Group Level dan User Level. Tapi intinya sama, hanya mengaktifkan fitur YouTube yang ada pada bagian Allow live streaming the meetings di masing-masing level.

Pada bagian ini langkah-langkah yang harus kita atur adalah sebagai berikut:

Masuk ke akun Zoom lewat portal web sebagai administrator yang memiliki hak untuk bisa mengedit pengaturan akun.

Login Zoom
Tampilan Login dari Portal Zoom

Selanjutnya pilih pada bagian ini:

  • Account Level: Account Management > Account Settings > In Meeting (Advanced)
  • Group Level: User Management > Group Management > Klik nama Grup > Settings > In Meeting (Advanced)
  • User Level: Account Management > Account Settings > In Meeting (Advanced)

Silakan Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Allow live streaming the meetings, tepat di bawah menu In Meeting (Advanced), lanjutkan dengan mencentang YouTube dan Custom Live Streaming Service

https://assets.zoom.us/images/en-us/web/my-meeting-settings/enable-live-stream-meeting.png

Kedua, Mengaktifkan Fitur Youtube Live Streaming untuk Webinars

Langkah ini perlu dilakukan jika kita akan menggunakan fitur webinar dari Zoom yang kemudian dikoneksikan untuk live streaming YouTube.

Untuk langkah mengaktifkan fitur ini sebenarnya mirip dengan langkah mengaktifkan untuk Meetings. Berikut caranya:

  1. Silakan masuk ke akun Zoom lewat portal web sebagai administrator yang memiliki hak untuk bisa mengedit pengaturan akun.
  2. Lanjutkan ke bagian Account Management > Webinar Settings
  3. Pilih Edit pada bagian In Webinar Settings, dan centang pilihan YouTube dan Custom Live Streaming Service pada bagian Allow host to live stream to webinars
https://assets.zoom.us/images/en-us/web/account-management/webinar-settings/enable-live-stream-webinar.png

Akhiri pengaturan dengan menekan tombol Save Changes

Ketiga, Memulai Live Streaming ke YouTube

Jika pengaturan di langkah pertama dan kedua sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mencoba untuk memulai Live Streaming ke Kanal YouTube.

Berdasarkan pengalaman yang maskris lakukan, ada dua cara yang bisa dipilih yaitu dengan cara langsung Live YouTube atau dengan Custom Live Streaming

Streaming Langsung Dari Rapat atau Webinar

Untuk cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan streaming langsung dengan cara melakukan Broadcast Zoom Meeting ke YouTube Live. Cara ini sangat mudah dan cukup efektif dilakukan jika acara yang dilakukan langsung tanpa adanya schedule terlebih dahulu.

Cara pengaturannya seperti berikut:

Buat Meeting Room di Zoom, kemudian mulai jalankan Meetings atau Webinars tersebut hingga menemukan Menu More (titik tiga) pada bagian Meeting Control. Lanjutkan dengan Klik Live on YouTube

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/start-youtube-live.png

Lanjutkan dengan login ke akun YouTube yang akan kita gunakan untuk live streaming.

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/google-login.png

Setelah memasukkan akun YouTube, maka nanti akan diperlukan autentifikasi akun dan muncul tampilan halaman seperti ini.

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/broadcast-youtube-live.png

Pastikan status sudah Connected, kemudian berikan Judul Meeting di YouTube dan atur Privacynya apakah akan dibuat Public, Unlisted atau Private.

Jika sudah mulailah jalankan live streaming di YouTube dengan menekan tombol Go Live! dan tunggu sampai ada pemberitahuan jika Meetings atau Webinar kita sudah live di YouTube.

Untuk mengakhiri proses live streaming meeting dan webinar, silakan kita memilih Stop Live Stream yang ada pada bagian More (titik tiga) yang ada Meeting/Webinar.

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/stop-youtube-live-stream.png

Streaming menggunakan Custom Live Streaming

Untuk cara kedua untuk melakukan Live Streaming Ke YouTube dari Zoom Meetings/Webinars adalah dengan cara menggunakan Custom Live Streaming Services.

Bagi maskris, cara ini merupakan cara yang paling sering maskris gunakan karena kita sangat dimungkinkan untuk melakukan penjadwalan atau memberikan notifikasi kepada para calon peserta lewat akun YouTube yang akan kita gunakan nantinya.

Nah, untuk cara melakukan konfigurasinya memang agak sedikit rumit jika dibandingkan cara sebelumnya. Namun tetap mudah kok. Hehe.

Berikut langkah-langkah streaming menggunakan fitur Custom Live Streaming Services Zoom.

Pastikan Custom Live Streaming Service for your Meeting or Webinar sudah aktif

Masuk ke kanal YouTube yang akan kita gunakan untuk Live Streaming. kemudian Icon Create Video yang ada pada menu YouTube (bagian atas kanan) kemudian pilih Go live

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/go-live-in-youtube.png

Buat acara/kegiatan Streaming yang akan kita lakukan, mulai dari Judul kegiatan, status video (Public, Unlisted, Private), Deskripsi acara, Kategori acara, Pengaturan Penjadwalan/Schedule kegiatan, dan juga Custom Thumnail dari kegiatan.

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/new-stream-youtube.png

Jika acara sudah berhasil dibuat, kita akan diarahkan YouTube Studio dengan tampilan seperti gambar di bawah.

Streaming Zoom Meeting
YouTube Studio Live Streaming

Fokus pada bagian Stream Settings>Stream Key, ambil kode Stream Key dan Stream URLuntukdimasukkan pada Custom Live Streaming Service yang ada pada Zoom.

Ambil juga Live Streaming page URL dengan memilih tombol Share yang ada dibagian atas kanan, dekat tombol Go Live

Streaming Zoom Meeting

Setelah kita mendapatkan Streaming Key, Stream URL dan Live Streaming Page URL, masuk ke Zoom Meetings Control bagian More > Live on Custom Live Streaming Service.

https://assets.zoom.us/images/en-us/integration/youtube/webinar-youtube-custom-live4.png

Masukkan tiga kode/URL yang sudah kita dapatkan dari YouTube tadi ke bagian ini

Jika sudah siap Live, Silakan tekan Go Live agar selanjutnya data streaming masuk ke halaman Preview YouTube Studio dan bisa dilanjutkan dengan menekan tombol Live Streaming YouTube.

Streaming Zoom Meeting

Catatan:

Jika fitur Live Streaming di YouTube belum bisa digunakan, silakan aktifkan terlebih dahulu pada bagian pengaturan Features seperti tampilan berikut:

***

Nah, itu sedikit pengalaman dan cara mengatur streaming Zoom Meeting ke YouTube Live yang maskris lakukan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan boleh lho ditanyakan lewat kolom komentar.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Pinjaman modal

6 Cara Mencari Modal Usaha Bisnis

Modal usaha adalah bagian penting dalam berusaha. Tanpa modal yang memadai akan sulit menjalankan bisnis dengan baik. Makanya, kerap muncul pertanyaan bagaimana mencari modal usaha?

Auto Download WhatsApp

Cara Mudah Disable Auto Download WhatsApp

Banyaknya gambar/video yang dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp sering kali membuat memori smartphone kita penuh. Nah, kali ini maskris mau kasih cara mudah agar foto/video WhatsApp

All Rights Reserved © 2020