Cara Memperpendek Tautan Link Dengan S.id

-

Cara memperpendek tautan – Halo semuanya, kali ini maskris mau kasih tutorial lagi nih. Tutorialnya ini sebenarnya cukup sederhana namun cukup berguna saat kita ingin melakukan sharing url link yang panjang dan kodenya cukup rumit. Hehe

Kita pasti sering mendapatkan informasi link dari grup WhatsApp ataupun dari info pendaftaran seminar online seperti https://www.youtube.com/watch?v=f-fEeF12FH4 atau https://forms.gle/iZKKXTf9N73fJyWG6 .

Nah, permasalahan seringkali muncul dengan informasi link yang cukup rumit tersebut. Walaupun bagi sebagian orang link tersebut tidak bermasalah dan masih tetap dapat diakses, namun informasi link tersebut tetap saja kurang mudah dipahami. Bener ga?

Coba kalau sekarang kita ganti kedua link tersebut dengan tautan https://s.id/lagumanusiakuat dan https://s.id/daftaracaramaskris, kira-kira lebih mudah dipahami tidak ya? Kalau menurutku yang mencoba memposisikan sebagai seorang yang kurang paham teknologi, mengganti tautan yang rumit sebelumnya dengan shortlink akan sangat membantu untuk memahami informasi yang ada.

Banyak orang yang karena kekurangpahaman akan pentingnya shortlink ketika memberi informasi membuat orang lain yang mendapatkan informasi kurang peka akan hal yang sebenarnya akan diberikan.

Yuk sekarang kita bareng-barang belajar cara memperpendek tautan (short link).

Apa itu Short link

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memperpendek tautan (short link), ada baiknya kita ketahui apa itu short link.

Berdasarkan artikel Qwords yang sempat aku baca, Shortlink adalah versi simpel dari url yang bisa kita dapatkan untuk distribusi konten secara online. Nantinya, url yang panjang bisa diperpendek agar lebih rapih diposting melalui laman sosial media apapun. Pemendekan url generik layaknya tiny url bisa mengubah tautan dengan kombinasi huruf dan angka.

Keuntungan menggunakan Short link

Secara umum keuntungan menggunakan short link sudah aku bahas di awal artikel ini, dimana dengan menggunakan shortlink akan membuat hyperlink menjadi semakin menarik dan mampu menjadikan pembaca semakin mudah memahami informasi yang diberikan karena akan meminimalkan kesalahan dalam penyalinan link atau tautan tersebut.

Beberapa pilihan Short Link

Saat ini cukup banyak pilihan short link yang bisa kita pilih. Berikut ini beberapa pilihan short link yang cukup banyak digunakan.

Bit.ly

bitly

mendaftar situs s.id
mendaftar situs s.id

  1. Isi Form pendaftaran yang ada, akhiri dengan menekan tombol Atau bisa juga dengan klik Mendaftar dengan Google.

    form pendaftaran situs s.id
  2. Jika berhasil maka akan kita akan mendapatkan email untuk verifikasi. Buka email yang kita gunakan untuk mendaftar akun sebelumnya, kemudian klik tombol Verifikasi Alamat Surel.

Verifikasi Email S.id
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

Recent posts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here