Categories: Tutorial

Cara Lock Meeting di Aplikasi Zoom

Cara Lock meeting zoom – Menjadi host ataupun co-host di Zoom itu bukan sekedar mengatur penjadwalan dan memberikan akses user ke dalam ruangan meeting, namun seharusnya lebih dari itu.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang host, termasuk dengan bagaimana cara untuk mengamankan ruangan meeting agar kegiatan rapat atau kegiatan yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan lebih baik.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu ada tenaga pengajar yang kebetulan menggunakan aplikasi Zoom untuk mengajar bertanya kepada maskris tentang “bagaimana caranya mengunci ruangan setelah 15 menit dibuka agar siswanya yang terlambat tidak dapat masuk ke dalam kelas online

Nah, dari pertanyaan itu akhirnya maskris mencoba untuk mencari tau caranya. Cara pertama bisa dilakukan dengan memberikan Waiting room kepada peserta. Namun ternyata kurang cocok dengan kondisi yang diinginkan. Pengajar menjadi lebih ribet karena harus admit peserta.

Akhirnya setelah berjuang mencari tau caranya, maskris berhasil menemukan jawabannya. Ternyata aplikasi Zoom itu menyediakan fitur yang bernama Lock Meeting di setiap kelas yang sedang berjalan.

Sayangnya, banyak host ataupun penyelenggara rapat online dengan Zoom tidak paham dengan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan, khususnya untuk membuat rapat menjadi lebih bersifat privat.

Lock Meeting Lewat Menu Security

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk lock meeting Zoom. Pertama melalui panel menu security dan melalui panel Peserta/Participant.

Berikut ini cara lock meeting di Zoom yang bisa digunakan oleh host untuk mengelola peserta lewat menu Security

  1. Login akun Zoom dengan akun kita.
Login Zoom Client App
  1. Pilih New Meeting atau room yang sudah terjadwal, kemudian pilih tombol Start untuk memulai Meeting
Start Meeting Zoom
  1. Lanjutkan hingga masuk ke dalam kelas. Tunggu hingga peserta masuk ke dalam ruangan meeting.
Menu panel Zoom

Jika semua peserta sudah masuk ke dalam kelas, dan kita yang bertindak sebagai host merasa perlu menutup pintu ruangan/lock meeting agar peserta yang terlambat tidak berhak masuk, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengarahkan kursor ke panel menu Security

  1. Klik menu Security, kemudian lanjutkan dengan memilih Lock Meeting
Menu Lock Meeting Zoom

Jika berhasil dan benar, maka sistem di Zoom akan memunculkan pesan “You have locked the meeting. No one else can join.”

Pesan Lock Meeting Zoom

Lock Meeting Zoom Lewat menu Participant

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mengunci peserta agar tidak dapat masuk ke dalam Zoom meeting adalah melalui menu participant.

Secara langkah sebenarnya mirip dengan cara pertama, namun perbedaannya hanya pada saat kita akan memilih Lock Meeting.

Jika pada cara sebelumnya kita mengakses Lock Meeting melalui menu Security, maka cara kedua ini kita akses lewat menu Participant.

Langkah detailnya seperti berikut:

  1. Login dan akses ruangan rapat, kemudian pilih menu Participant
menu partisipants Zoom
  1. Jika panel Partisipant / Peserta terbuka, maka di sisi kanan jendela Zoom Meeting akan memunculkan semua peserta yang ada di dalam meeting.
menu lain di partisipan Zoom
  1. Pilih menu lainnya (titik tiga) di sudut kanan bawah. Kemudian pilih “Lock Meeting

    Lock Meeting Participants Zoom Menu

  2. Setelah di klik, maka informasi yang mengatakan “You have locked the meeting. No one else can join.” akan kembali muncul, sama seperti di cara sebelumnya.

Setelah rapat dikunci, maka tidak akan ada peserta baru yang bisa bergabung. Bahkan orang-orang yang undangannya telah dikirim tidak akan dapat bergabung dalam rapat setelah terkunci.

Terus pertanyaannya jika mau mengijinkan peserta yang lain untuk masuk rapat setelah dikunci bagaimana?

Ya sudah, kalau tujuannya seperti itu kita cukup unlock meeting saja.

Pada dasarnya fitur Lock Meeting atau penguncian rapat ini bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, bahkan sangat berguna untuk memberikan waktu untuk koordinasi dengan peserta/anggota inti rapat sebelum semua peserta bergabung. Selain tujuan untuk memastikan agar siswa yang terlambat masuk kelas online dapat masuk seenaknya di kelas untuk dianggap presensi. Hehe.

***

Mungkin itu sedikit informasi yang dapat maskris berikan terkait dengan bagaimana cara lock meeting di Zoom yang mungkin dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk mengamankan privasi kita ketika melakukan rapat/kelas online menggunakan aplikasi Zoom. Semoga bermanfaat.

@maskris_id

Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Recent Posts

Cara Menggunakan Mentimeter, Aplikasi Presentasi Interaktif

Cara menggunakan Mentimeter - Selama masa pandemi banyak hal yang harus membutuhkan penyesuaian, salah satunya… Read More

1 day ago

Cara Mudah Ganti e-KTP Rusak Di Dukcapil Sleman

Cara Ganti e-KTP Rusak - Sebagai warga negara Indonesia yang baik, maka semua warga yang… Read More

1 week ago

Cara Mudah Membuat Virtual Background Zoom

Cara Membuat Virtual Background Zoom - Setelah beberapa kali membahas soal aplikasi Zoom Meeting, kali… Read More

1 month ago

Tips Memilih Charger Smartphone Yang Baik

Tips memilih charger - Smartphone yang hadir belakangan ini biasanya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lumayan… Read More

1 month ago

Perubahan Kebijakan Penyimpanan Di Akun Google

Kebijakan Penyimpanan Google - Hari ini aku dapat surat cinta dari Google. Sayang suratnya bukan… Read More

1 month ago

Cara Mengetahui Password WiFi Dengan Command Prompt

Cara mengetahui password WiFi – Di era digital dan internet seperti ini, koneksi internet menjadi salah… Read More

2 months ago

This website uses cookies.