Cetak Packaging PT Kanisius

Cetak Packaging, Segmen Baru Dari Percetakan PT Kanisius

Packaging PT Kanisius – Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi  benar-benar telah mengubah cara pandang seseorang. Salah satu dampak kemajuan teknologi yang sering kita temui adalah menurunnya kebutuhan seseorang akan sebuah buku atau media cetak. 

Kehadiran ebook dan media online telah membuat banyak orang lebih suka “Mager“. Kini mereka cukup diam di depan komputer dengan koneksi internet untuk dapat membaca ebook dan menemukan informasi terkait berita yang mereka inginkan.  

Media cetak konvensional telah menjadi korban dari keganasan era teknologi digital. Bahkan fakta membuktikan bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini sudah banyak media cetak lama yang menyerah dan gulung tikar tergerus media online.

Melihat kenyataan tersebut, perusahaan percetakan dan penerbit buku harus bisa mencari strategi baru untuk bisa memelihara keberlangsungannya seiring perkembangan teknologi. 

Coba mengunjungi PT Kanisius

Sabtu pagi (7/3/2010) aku dan istriku sengaja datang ke PT Kanisius yang ada di daerah Deresan Yogyakarta. Tujuanku kali ini ingin lebih mengetahui strategi perusahaan dalam menyikapi kemajuan teknologi digital. Maklum, kantorku sendiri sering bekerja sama dengan PT Kanisius, mulai dari cetak buku hingga memesan sertifikat, kertas kop hingga amplop surat.

PT Kanisius Jogja
PT Kanisius Jogja

Cuma masalahnya, aku belum tahu apakah nanti aku akan bisa bertemu dengan seseorang yang bisa menjawab penasaranku atau tidak. Kalaupun nantinya tidak bisa, aku berencana untuk menghubungi Mak Vee (Agatha Vera), teman blogger jogja yang memang bekerja di PT. Kanisius. Itu yang saat itu aku pikirkan.

Ketemu Kabag Pra-Cetak dan Produksi Digital

Setibanya di PT Kanisius aku masuk ke Takom Kanisius. Sambil mencoba menghubungi Mak Vee, aku dan istriku berputar-putar mencari buku cerita anak-anak yang mungkin bisa beli dan bawa pulang. 

Akhirnya, Mak Vee datang dan aku bertanya-tanya sekilas tentang kemungkinan bertemu seseorang yang bisa aku ajak berbincang terkait strategi PT Kanisius menyikapi perkembangan teknologi saat ini. Bak gayung bersambut, pagi itu aku bisa bertemu dengan Pak Nanto, kabag Pra-cetak dan Produksi Digital.

Kami duduk di sofa yang berada di depan meja Pelayanan Jasa Cetak dan memulai perbincangan yang asyik (sayang aku lupa foto saat wawancara dengan beliau)

Pak Nanto menjelaskan, bahwa PT Kanisius sudah menyadari tren teknologi yang terjadi.

Menurutnya, sebagai salah satu perusahaan yang berdiri sejak tahun 1922, Kanisius sudah dikenal sebagai penerbit dan percetakan buku. Itu yang dikenal oleh masyarakat luas hingga saat ini. Namun sebenarnya PT. Kanisius tidak lagi hanya fokus melayani pencetakan buku. Hampir 3 tahun belakangan, PT Kanisius mulai melayani cetak kemasan atau yang biasa dikenal dengan “Packaging“.

packaging PT Kanisius
Salah satu contoh Produk Packaging PT Kanisius

Terus pertanyaan muncul, kenapa terpikir untuk memulai bisnis Packaging?

Ketika buku tercetak berubah bentuk menjadi digital, dan materi promosi/iklan semakin gencar dilakukan dengan platform media sosial, layanan percetakan perlu diperluas untuk tidak hanya menyediakan diri bagi pencetakan buku dan cetak komersial, tetapi juga cetak kemasan. Hampir semua produk pasti menggunakan kemasan yang berwujud cetakan. Karena itu, sudah saatnya memang PT Kanisius memperluas bidang layanannya ke lingkup cetak kemasan.

Bisnis Packaging PT Kanisius

Rasa penasaranku belum usai untuk terus mencari tahu lebih lanjut tentang proses packaging yang akan dilakukan oleh PT Kanisius.  

Baca Juga:   Cara Membuat Web Wordpress Gratis

Sebagai segmen baru, sudah pasti ada porsi dan target tersendiri yang dipatok oleh perusahaan dan itu memang dibenarkan oleh pak Nanto. Ia bahkan mengatakan bahwa target untuk order kemasan tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu menunjukkan keseriusan PT Kanisius dalam memulai bisnis cetak kemasan.

“Apakah sanggup dengan target yang diberikan perusahaan?” tanyaku.

“Harus sanggup” jawab pak Nanto.

Kesanggupan yang dikatakan oleh pak Nanto itu rupanya sedikit terjawab ketika aku coba mencari tahu tentang peralatan hingga proses produksi yang dilakukan PT Kanisius terkait layanan cetak kemasan. 

Salah satu alat cetak di PT Kanisius
Salah satu alat cetak di PT Kanisius

Saat ini PT Kanisius telah memiliki mesin-mesin yang cukup lengkap, mulai dari mesin cetak hingga paskacetak yang dapat melayani 2 jenis pekerjaan, yaitu cetak non kemasan maupun cetak kemasan dengan bahan baku kertas.

Contoh Produk Packaging PT Kanisius

Di sela-sela wawancara dengan Pak Nanto, Mak Vee datang dengan membawa beberapa contoh produk cetak kemasan yang selama ini sudah diproduksi oleh PT Kanisius.

Beberapa contoh Produk Packaging PT Kanisius
Beberapa contoh Produk Packaging PT Kanisius

Dari beberapa produk yang dibawakan, rupanya variasi produk kemasan yang telah dibuat tidak monoton dalam bentuk kotak. Bahkan ada juga produk cetak kemasan dengan kombinasi bahan plastik. Intinya sesuai dengan permintaan customer dan masih berbahan dasar kertas.

Melihat Proses Produksi PT Kanisius

Setelah puas dengan penjelasan dari pak Nanto terkait strategi yang sedang dilakukan PT Kanisius menghadapi tantangan jaman, aku mendapatkan kesempatan untuk bisa melihat proses produksi dari PT Kanisius. Benar-benar kesempatan yang langka buatku.

Melihat Proses Produksi PT Kanisius bersama Pak Nanto
Melihat Proses Produksi PT Kanisius bersama Pak Nanto

Proses produksi untuk mendapatkan sebuah buku/produk itu ternyata cukup panjang. Dari proses Pra-Cetak hingga pencetakan yang dilakukan secara manual hingga menggunakan mesin yang semi otomatis/otomatis juga dilakukan di proses produksi ini. Semuanya saling berkolaborasi dan saling melengkapi.

Proses Produksi PT Kanisius
Proses Produksi PT Kanisius

Untuk membuat satu produk cetak kemasan, tim produksi harus bisa menyesuaikan permintaan customer ke dalam pola terlebih dahulu, sebelum akhirnya turun cetak dan produksi dalam skala yang lebih banyak.

Proses Cetak Desain Packaging
Proses Cetak Desain Packaging
Hasil cetak produk Packaging
Hasil cetak produk Packaging

Walaupun tempatnya terlihat tidak terlalu besar, ternyata jalan-jalan melihat proses produksi di percetakan Kanisius itu cukup melelahkan. Tapi seru banget. Dapat pengalaman baru.

Foto Di Percetakan PT. Kanisius
Foto Di Percetakan PT. Kanisius

Yang pasti, selain memiliki alat/mesin produksi yang baik, sekarang aku jadi tahu jika percetakan PT. Kanisius itu telah menggunakan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015. Jadi produk yang mereka hasilkan juga sudah seharusnya baik dan tidak mengecewakan customer. 

Informasi Pemesanan Cetak Kemasan PT Kanisius

Jika kamu tertarik untuk memesan produk kemasan (packaging) di PT Kanisius kamu bisa langsung datang ke Pelayanan Jasa Cetak yang berada di Taman Komunikasi Kanisius Jogja.

Pelayanan Jasa Cetak PT. Kanisius
Pelayanan Jasa Cetak PT Kanisius

Alamat lokasi PT Kanisius:

Jl. Cempaka. 9, Deresan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Peta Lokasi:

Kontak:

Customer Service Officer (CS)

0274-588783 ext 326/327/328/329

WA/SMS 0895-1440-9100 (Dita)

Informasi pemesanan Cetak Packaging:

Ervy         0813-4457-3568

Ayona     0858-5330-0563

***

Mungkin itu sedikit informasi yang bisa aku berikan terkait dengan Packaging, Segmen Bisnis baru dari PT Kanisius. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

On Key

Related Posts

Pinjaman modal

6 Cara Mencari Modal Usaha Bisnis

Modal usaha adalah bagian penting dalam berusaha. Tanpa modal yang memadai akan sulit menjalankan bisnis dengan baik. Makanya, kerap muncul pertanyaan bagaimana mencari modal usaha?

Auto Download WhatsApp

Cara Mudah Disable Auto Download WhatsApp

Banyaknya gambar/video yang dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp sering kali membuat memori smartphone kita penuh. Nah, kali ini maskris mau kasih cara mudah agar foto/video WhatsApp

All Rights Reserved © 2020