Pengalaman Sebulan Pakai ASUS ZenFone Max Pro M1

Setelah pada akhir bulan Agustus 2018 kemarin aku ikut acara Jagongan Media & Blogger Jogja bareng ASUS dan Pricebook, beberapa minggu setelahnya aku mendapatkan rejeki berupa Smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 3GB/32GB kiriman dari ASUS dan Pricebook. Makasih ya kirimannya.. Hehe.

Berhubung udah dapat kiriman dari ASUS dan Pricebook, aku mau cerita sedikit pengalamanku setalah hampir satu bulan menggunakan ASUS ZenFone Max Pro M1 yang pernah disebut sebagai HP Ghoib saat pertama kali diluncurkan di Indonesia.

DESAIN ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Pertama aku mau sedikit membahas soal desain dari ASUS ZenFone Max Pro M1.

ASUS ZenFone Max Pro M1
ASUS ZenFone Max Pro M1

Dari sisi desain aku suka dengan bahan yang digunakan. Terlihat berkelas dan premium. ASUS ZenFone Max Pro M1 menggunakan bahan metal yang membuatnya terasa kokoh dan sedikit berat ketika digenggam.

Mirip dengan ASUS ZenFone Max Plus

Jika kamu sebelumnya sudah menggunakan smartphone ASUS ZenFone Max Plus, maka kamu cuma akan menemukan sedikit perbedaan pada desain ZenFone Max Plus dan ZenFone Max Pro M1. Perbedaan paling mendasar berada pada bagian posisi kamera utamanya.

Kamera utama ZenFone Max Pro M1 posisinya Vertikal, sedangkan ZenFone Max Plus posisi kameranya Horizontal. Udah itu aja bedanya. Desain lainnya nyaris identik.

Desain Depan ASUS ZenFone Max Pro M1

Pada bagian depan smartphone membentang layar berukuran 6 inci dengan aspek rasio 18:9 dengan kerapatan 404 ppi yang mampu membuat resolusi sebesar 2160 x 1080 pixel atau resolusi FullHD+.

 ASUS ZenFone Max Pro M1
Bagian Depan ASUS ZenFone Max Pro M1

Karena menggunakan teknologi Full View Display, maka tidak ada tombol/sensor menu di bagian bawah layar. Sedangkan dibagian atas layar kita akan menemukan kamera beresolusi 8 MP, lengkap dengan speaker, notification led dan sensor proximity.

Oh iya, kabarnya ZenFone Max Pro M1 tidak diberi teknologi perlindungan layar Gorilla Glass. Tapi aku sendiri tidak khawatir dengan kualitasnya, karena sudah mencoba untuk menggores layar menggunakan gunting tapi tetep aman tanpa goresan. (lihat video reviewku di bawah ya.)

Sepertinya hanya itu saja yang ada pada bagian depan ZenFone Max Pro M1. Standar seperti kebanyakan smartphone lainnya. Hehe

Desain Belakang ASUS ZenFone Max Pro M1

Bagian belakang dari ASUS ZenFone Max Pro M1 juga tidak berbeda jauh dengan kebanyakan smartphone yang ada. Terdapat logo ASUS tepat di bawah fingerprint sensor pada bagian tengah yang menurutku posisinya sangat nyaman dan tepat.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Bagian belakang ASUS ZenFone Max Pro M1

Selain terdapat fingerprint sensor, terdapat pula dual kamera beresolusi 13 MP dan 5 MP yang posisinya vertikal lengkap dengan lampu flash.

Selebihnya tidak ada lagi hal baru yang ada pada bagian belakang desain ASUS ZenFone Max Pro M1.

Desain Sisi ASUS ZenFone Max Pro M1

Jika sebelumnya aku sudah membahas bagian depan dan belakang, maka sekarang aku mau membahas desain sisi ASUS ZenFone Max Pro M1.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Bagian Sisi ASUS ZenFone Max Pro M1

Pada sisi samping kanan terdapat tombol volume dan power, sedangkan sisi samping kiri hanya terdapat slot sim tray yang mendukung triple slot 2 nano SIM Card + 1 SD Card. Jadi ga perlu takut kalau suka pake dual sim. Ga ada sim yang harus dikorbankan kok.

Baca Juga:   Serunya Diskusi Tentang Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan Bareng NUB

Untuk sisi bawah, kita akan menemukan speaker, slot micro usb (belum usb type c), mic dan 3.5mm audio jack. Slot micro usbnya udah support OTG kok, jadi tenang saja. Sedangkan sisi atas ga ada apa-apa selain ada satu titik yang aku sendiri ga tau itu sensor atau mic. wkwk..

PERFORMA ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Kalau dari sisi desain kesannya ga terlalu spesial dan lebih ke arah biasa saja. Maka lain halnya dengan performa yang diberikan oleh ASUS ZenFone Max Pro M1.

Dari pengalamanku selama sebulan menggunakan ZenFone Max Pro M1, aku mau bilang kalau performa smartphone ini oke banget. Khususnya waktu dipakai untuk ngegame, edit video dan melakukan multitasking.

Prosesor Snapdragon 636

Menurutku, hal yang paling menggiurkan dari ASUS ZenFone Max Pro M1 ada pada bagian prosesornya. Dengan harga sekitar 2jutaan tapi dapat prosesor Snapdragon 636 itu rasanya udah worth it banget.

HUAWEI nova 3i
Aktivitas Edit Vlog pakai Filmora Go via Smartphone

Dengan prosesor Snapdragon 636 dan dukungan GPU Adreno 509, aku merasa segala aktivitas yang kulakukan dengan smartphone ini mulai dari gaming hingga rendering video terasa enteng. Bahkan kadang aku merasa smartphone ini terlalu sensitif. 😀

RAM 3 GB – ROM 32 GB

Selain sudah menggunakan prosesor yang mumpuni, ASUS ZenFone Max Pro M1 yang kugunakan telah didukung oleh RAM 3 GB dan Internal Storage 32 GB.

Aku merasa RAM 3 GB yang ada sudah cukup oke untuk mendukung ZenFone Max Pro M1 ketika aku bermain game atau melakukan kegiatan multitasking.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Ngegame pake ASUS ZenFone Max Pro M1

Internal Storage 32 GB juga lumayan lega untuk menyimpan foto/video yang diambil dari kamera ASUS ZenFone Max Pro M1.

Intinya RAM 3 GB dan ROM 32 GB cukup lah. 😀

OS Android Oreo 8.1 dengan Pure Android Experience

Jika prosesor sudah oke, maka hal lain yang aku rasa menarik pada ASUS ZenFone Max Pro M1 adalah pada bagian Sistem Operasi dan Tampilan UI yang digunakan.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Android Oreo ASUS ZenFone Max Pro M1

ASUS ZenFone Max Pro M1 telah menggunakan Android Oreo 8.1 yang akan semakin menunjang performanya menjadi semakin maksimal dengan pemakaian daya yang lebih hemat.

Kejutan datang ketika ASUS rela meninggalkan ZenUI yang memang sudah lama mereka berikan kepada hampir seluruh perangkat smartphonenya. Pada ZenFone Max Pro M1, ASUS memilih untuk menggunakan Pure Android.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Pure Android ASUS ZenFone Max Pro M1

Aku rasa ada beberapa hal menarik yang menurutku bisa menjadi catatan bagi ASUS terkait dengan Pure Android yang diberikan kepada ZenFone Max Pro M1.

  1. Pure Android oke jika memang diberikan agar performa smartphone menjadi lebih baik dan cepat karena memang tidak banyak aplikasi bloatware yang ada di sini.
  2. Pure Android terkesan belum maksimal karena beberapa aplikasi sering error. Contohnya aplikasi kamera yang ada.
  3. Dengan Pure Android, kita tidak akan menemukan aplikasi galeri, jadi siap-siap kamu cari aplikasi untuk membuka gambar lewat google play store.

Baterai 5000 mAH

Selama menggunakan ASUS ZenFone Max Pro M1, baterai berukuran 5000 mAH seakan menjadi “gong” dari performa yang diberikan oleh ASUS ZenFone Max Pro M1.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Baterai ASUS ZenFone Max Pro M1

Dengan ukuran baterai yang besar tersebut, aku merasa nyaman ketika melakukan kegiatan mobile. Jujur ya, aku biasanya mengisi daya ZenFone Max Pro M1 lebih dari 1 hari. Jadi baterainya emang awet.

Terus ada fasilitas fast charging yang membuat pengisian dayanya juga cepat. Untuk urusan baterai ini aku rasa ZenFone Max Pro M1 oke.

KAMERA ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Menurutku bagian kamera adalah bagian paling lemah dan paling buruk dari ASUS ZenFone Max Pro M1.

Baca Juga:   Seru-Seruan Bareng Pricebook Di Acara ASUS Jagongan Bareng Media & Blogger

Penggunaan aplikasi Snapdragon Camera yang ada pada tampilan Pure Android sepertinya belum bisa memaksimalkan hasil dari tangkapan kamera dari ASUS ZenFone Max Pro M1.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Kamera ASUS ZenFone Max Pro M1

Aku malah menyayangkan kenapa ASUS harus mengganti aplikasi Pixel Camera yang memiliki banyak fasilitas dan settingan dengan Snapdragon Camera yang sangat minimalis dan sering error. Sayang banget rasanya, mau foto pakai settingan manual jadi susah.

Kamera Belakang ASUS ZenFone Max Pro M1

Walaupun kameranya sudah menggunakan dual kamera di bagian , namun hasilnya terkesan biasa saja. Bahkan untuk dual kameranya, aku ngerasa hasilnya kadang terlalu lebay dan terlalu maksa.

Apa yang sebelumnya dikatakan oleh teman-teman blogger review soal kamera ZenFone Max Pro M1 ternyata benar adanya dan aku rasakan sendiri. Namun aku beruntung karena ketika smartphone kiriman tiba, aku langsung dapat jatah update firmware yang membuat fitur dual kameranya berfungsi.

ASUS ZenFone Max Pro M1
Dual Kamera ASUS ZenFone Max Pro M1

Coba kalau dapat kiriman waktu pertama dulu launching, pasti aku merasakan bagaimana sangat buruknya kualitas kamera si ASUS ZenFone Max pro M1. Dual kamera jaman dulu katanya ga bisa dipakai, cuma kaya jadi pajangan dan pelengkap kamera utama.. 🙁

Biar semakin lengkap, aku kasih contoh foto hasil dari kamera belakang ASUS ZenFone Max Pro M1 deh.

Hasil kamera utama 13 MP:

ASUS ZenFone Max Pro M1
Foto kamera belakang siang hari tanpa efek ASUS ZenFone Max Pro M1
ASUS ZenFone Max Pro M1
Foto Malam ASUS ZenFone Max Pro M1

Hasil Dual Kamera 5MP (efek depth effect):

ASUS ZenFone Max Pro M1
Hasil Foto Depth Effect ASUS ZenFone Max Pro M1

Kamera Depan ASUS ZenFone Max Pro M1

Jika aku kecewa dengan hasil kamera belakang, khususnya dual kamera. Maka hal yang sedikit sama juga aku rasakan ketika menggunakan kamera depan dari ASUS ZenFone Max pro M1.

Jika cahaya banyak, mungkin hasil kamera depannya cukup baik. Namun seringkali saturasi dan tone warnanya aku ga terlalu suka. haha.. Nanti bisa dilihat hasilnya ya, apalagi waktu dipakai untuk ngeVlog.. Silakan nilai sendiri.

Hasil kamera depan 8 MP:

ASUS ZenFone Max Pro M1
Foto hasil Kamera Depan ASUS ZenFone Max Pro M1

Hasil Vlog Menggunakan ASUS ZenFone Max Pro M1

Untuk membuktikan kualitas kamera dari ASUS ZenFone Max pro M1, aku sudah mencoba membuat Vlog.

Semua footage yang ada langsung aku ambil dari kamera tanpa ada editing dari sisi tone warna. Proses edit menggunakan aplikasi Filmora Go langsung dari smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1 dan lebih ke cut-join video.

SPESIFIKASI – HARGA

Untuk soal spesifikasi dan harga sepertinya cukup melihat ke sini ya..

SPESIFIKASI – HARGA ASUS ZENFONE MAX PRO M1

KESIMPULAN

Dari semua yang sudah aku tuliskan di atas, akhirnya aku mau coba menyimpulkan beberapa hal terkait dengan ASUS ZenFone Max Pro M1.

  1. Secara Performa, ASUS Zenfone Max Pro M1 ini sangat baik dan dapat diandalkan. Untuk bermain game, edit video dan multitasking lewat smartphone semuanya bisa dilakukan dengan lancar.
  2. Dukungan OS Android Oreo dan baterai besar berukuran 5000 mAH membuat penggunanya cukup nyaman ketika harus melakukan kegiatan mobile.
  3. Kamera di ASUS Zenfone Max Pro M1 tidak terlalu oke dan kesannya biasa saja.
  4. Pure Android yang digunakan sebenarnya oke, cuma beberapa aplikasi masih sering bermasalah. Bahkan aplikasi galeri pun tidak ada.
  5. Sensor fingerprint responnya kadang cepat kadang juga lambat. Begitu juga dengan fitur face recognition nya.
  6. Harga oke untuk spesifikasi yang diberikan. Cocok lah, bahkan kalau untuk bermain game harganya terkesan cukup murah. 😀

VIDEO UNBOXING ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Ini video ketika aku unboxing kamera ASUS ZenFone Max Pro M1.

VIDEO REVIEW ASUS ZENFONE MAX PRO M1


***

Nah, mungkin itu aja sedikit pengalamanku selama satu bulan menggunakan ASUS ZenFone Max Pro M1. Kira-kira kamu masih tertarik untuk membeli ASUS ZenFone Max Pro M1 ga?

4 thoughts on “Pengalaman Sebulan Pakai ASUS ZenFone Max Pro M1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.