Categories: Content Placement

Wajib Diketahui Sebelum Memulai Investasi Nabung Emas

Investasi emas atau nabung emas adalah salah satu jenis investasi yang banyak dipilih karena banyak kelebihan yang ditawarkan. Namun, sebelum Anda memulai investasi tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan juga Anda persiapkan. Pasalnya, jika Anda tidak mempersiapkan investasi tersebut, Anda bisa saja mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Tabungan emas Pegadaian

Oleh karena itulah, berikut ini ada beberapa daftar yang bisa Anda coba pahami terlebih dahulu. Jangan sampai Anda berinvestasi tanpa adanya modal pemahaman dari investasi tersebut. Langsung saja berikut ulasannya untuk membantu Anda memahami investasi nabung emas antam atau nabung emas online.

  1. Tujuan Berinvestasi

Yang pertama yang bisa Anda pertimbangkan sebelum Anda berinvestasi emas adalah Anda sebaiknya mengetahui tujuan dalam berinvestasi. Apabila tujuan berinvestasi emas adalah untuk menghasilkan hasil keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang, investasi nabung emas ini mungkin kurang cocok untuk Anda pilih.

Pasalnya, pakar menilai jika harga dari batangan hanya akan naik sekitar 5 sampai 6 persen. Namun untuk investasi emas dengan strategi lainnya mungkin dapat direkomendasikan seperti nabung emas online dan beberapa lainnya.

  1. Cermati Harga Emas

Nabung emas juga berarti nantinya Anda akan membeli emas. Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda memantau harga terbaru emas tersebut karena tentu saja Anda harus membeli emas saat harganya turun. Saat harga emas sedang turun, itu berarti waktu yang tepat untuk nabung emas untuk berinvestasi.

Untuk nabung emas antam di saat harga sedang turun dapat Anda cek harganya melalui situs resmi PT Antam, PT Pegadaian atau toko emas online resmi lainnya. Ingat, jangan terburu-buru untuk membelinya,

  1. Jenis Emas

Selanjutnya, apabila Anda ingin nabung emas untuk investasi, maka ada baiknya jika Anda memilih nabung emas antam yang sudah bersertifikat atau nabung emas online yang lebih aman. Pasalnya bila Anda memilih berinvestasi berupa emas perhiasan, harga jualnya akan lebih rendah dari harga beli.

Jadi sebagai saran, untuk menabung emas ada baiknya jika Anda memilih emas berupa emas batangan meski ukurannya ringan seperti 1 gram dan selebihnya. Selain itu, pastikan juga jika Anda membeli emas yang memiliki sertifikat sehingga nantinya proses buyback akan lebih mudah.

  1. Pembelian Emas

Selain itu, sangat disarankan juga untuk Anda membeli emas batangan di tempat yang dipercaya dan resmi. Alasannya karena harga dari emas tersebut itu mahal dan juga jangan sampai pada akhirnya Anda akan kesulitan dalam menjual kembali emas Anda. Apabila ternyata tempat pembelian emas tersebut tidak kredibel, Anda jelas akan mengalami kerugian.

Pembelian emas untuk nabung emas seperti nabung emas antam bisa dicek dari sertifikatnya. Untuk rekomendasi, kunjungi tempat penjualan yang terpercaya seperti di kantor Pusat atau unit bisnis Antam, Bank maupun juga PT Pegadaian.

  1. Pastikan Keaslian Emas

Selain untuk memastikan bahwa emas nantinya dapat dijual kembali dengan mudah, sertifikat emas juga dapat membuktikan keaslian emas. Hal ini penting untuk karena dalam nabung emas, emas yang dimiliki haruslah memiliki cap yang menandakan kadar emasnya. Contohnya ada kadar fineness seperti 1-999 atau 9.999 atau juga bisa dari karatnya 10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K.

Sebagai tips lainnya, Anda bisa mengecek perubahan warna dari emas batangan dengan cara menggosok menggunakan jari. Gosok pada bagian pinggiran batang emas atau daerah yang memiliki kemungkinan sering mendapat gesekan atau goresan. Emas palsu umumnya akan sedikit bergradasi warnanya.

  1. Persiapkan Penyimpanan Emas

Setelah Anda benar benar memutuskan untuk nabung emas sebagai investasi, jangan lupa siapkan juga tempat penyimpanannya. Anda dapat menyimpan emas di brankas rumah atau Anda juga bisa menyimpannya pada penyedia jasa penyewaan kotak penyimpanan seperti penyimpanan harta atau surat berharga.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dan juga persiapkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas. Selamat mencoba, tetap aman dalam berinvestasi.

@maskris_id

Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Recent Posts

Cara Menggunakan Mentimeter, Aplikasi Presentasi Interaktif

Cara menggunakan Mentimeter - Selama masa pandemi banyak hal yang harus membutuhkan penyesuaian, salah satunya… Read More

1 day ago

Cara Mudah Ganti e-KTP Rusak Di Dukcapil Sleman

Cara Ganti e-KTP Rusak - Sebagai warga negara Indonesia yang baik, maka semua warga yang… Read More

1 week ago

Cara Mudah Membuat Virtual Background Zoom

Cara Membuat Virtual Background Zoom - Setelah beberapa kali membahas soal aplikasi Zoom Meeting, kali… Read More

1 month ago

Tips Memilih Charger Smartphone Yang Baik

Tips memilih charger - Smartphone yang hadir belakangan ini biasanya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lumayan… Read More

1 month ago

Perubahan Kebijakan Penyimpanan Di Akun Google

Kebijakan Penyimpanan Google - Hari ini aku dapat surat cinta dari Google. Sayang suratnya bukan… Read More

1 month ago

Cara Mengetahui Password WiFi Dengan Command Prompt

Cara mengetahui password WiFi – Di era digital dan internet seperti ini, koneksi internet menjadi salah… Read More

2 months ago

This website uses cookies.