Villa Aquin, Penginapan Asik Di Colomadu Solo

Villa Aquin, Penginapan Asik Di Colomadu Solo

Liburan bersama keluarga itu selalu menarik dan menyenangkan, yang sulit cuma ketika menentukan tujuan dan tempat untuk menginak yang asik dan sesuai – maskris @2018

***

Sore itu di awal bulan Agustus ketika aku pulang kantor dan sampai di rumah, istriku cerita jika pada pertengahan bulan kakaknya sekeluarga (Mas Wahyu-Mbak Esti) yang saat ini tinggal di Bandung merencanakan untuk pulang ke Yogyakarta untuk liburan.

Menurutnya, liburan kali ini sendiri bukan liburan biasa karena sengaja dilakukan untuk memperingati hari ulang tahun pernikahan orang tua kami semua. Anggaplah sebagai hadiah/kejutan dari anak-anaknya.

Villa Aquin

Ulang tahun pernikahan papa-mama

Dari diskusi yang cukup panjang, akhirnya kami memutuskan untuk acaranya dilakukan menginap di luar rumah pada tanggal 17-18 atau 18-19 Agustus 2018.

Beberapa tempat homestay di Jogja, Bantul, Kulon progo, Gunung Kidul, Borobudur hingga Kopeng Treetop sempat masuk dalam list. Sayang, akhirnya semua tempat itu tidak jadi kami pilih karena banyak pertimbangan. Liburan dengan jumlah keluarga yang banyak (13 orang) itu memang lumayan susah.

Villa Aquin

Beberapa penginapan yang pernah masuk dalam list

Seminggu jelang waktu yang sudah ditentukan bersama, akhirnya Mas Wahyu-Mbak Esti mengabarkan jika kita akan menginap di daerah Solo. Tempat yang coba ditawarkan adalah Villa Aquin di daerah Colomadu.

Denger kata Colomadu, aku langsung menjawab “OK” dan berfikir jika kemungkinan besar akan mampir ke PG De Tjolomadoe yang lagi ngehits. Haha..

Oke, biar nanti ceritanya urut, sekarang aku mau bahas tentang Villa Aquin, Penginapan Asik Di Colomadu Solo ya..

SEKILAS TENTANG VILLA AQUIN

Sebelum aku mulai, aku mau bilang kalau ini murni ceritaku ketika staycation bareng keluarga di Villa Aquin Colomadu. Jadi sifatnya bener-bener subjektif menurut pandanganku.

Villa Aquin Colomadu

Villa Aquin Colomadu

Villa Aquin ini merupakan salah satu tempat yang lokasinya cukup dekat dengan PG De Tjolomadu dan juga tidak terlalu jauh dari Bandara Adi Sumarmo. Walaupun demikian, lokasinya tidak berada di jalan protokol sehingga kalau malam akan terasa sepi dan jauh dari kebisingan kendaraan.

Menurutku, lokasi Villa Aquin cukup asik dan enak untuk dijadikan salah satu tempat untuk memanjakan diri atau yang sedang mencoba mencari privasi.

FASILITAS VILLA AQUIN

Villa Aquin sendiri memiliki banyak fasilitas menarik. Lobi menarik, Kamar nyaman, Kolam renang bersih, Dapur, TV Kabel, WiFi menjadi beberapa fasilitas yang bisa kita gunakan. Yuk kita coba bahas lebih lanjut soal fasilitas tersebut.

LOBI/RUANG TAMU

Pertama kali kita datang ke Villa Aquin (check in jam 13.00 WIB), aku dan keluargaku di sambut oleh petugas Villa yang langsung menawari welcome drink berupa jus di ruang tamu/lobi.

Ruang tamu/Lobi dari Villa Aquin ini sangat menarik dan instagramable. Pantesan aja istriku seneng banget kalau nongkrong di ruang tamu. Pintu, jendela, lemari buku dan kursi tamu dengan ornamen jawa berpadu cantik dengan tegel kunci pada bagian ubinnya.

Villa Aquin

Ruang Tamu – Lobi Villa Aquin

Suasana adem dan homy benar-benar kami rasakan sejak pertama kali masuk ke Villa ini.

KOLAM RENANG

Setelah melewati Lobi/Ruang tamu, kita akan langsung disuguhi pemadangan dan suasana yang luar biasa sejuk. Gimana ga sejuk, buka pintu langsung lihat kolam renang dan pepohonan yang lumayan banyak. Kebayang kan gimana suasananya?

Villa Aquin

Kolam Renang Villa Aquin

Namanya anak-anak, mereka langsung merengek untuk ganti baju renang, padahal masuk kamar aja belum. Ya, saking bersihnya kolam mereka sampai pengen langsung nyebur aja. (beneran ini kolam renang bersih banget lho)

Baca Juga:   Nyobain Sate Klatak Kekinian di Nglathak

Walaupun cukup bersih dan menarik, namun ada satu hal yang kami sayangkan terkait dengan kolam renang yang ada di Villa Aquin. Ukuran dan kedalaman kolam renang rupanya tidak cukup bersahabat dengan anak-anak. Kalau aku ukur pakai badanku, kedalaman kolam renang itu sekitar 1,5 meter.

Villa Aquin

cuma main di pinggir kolam renang Villa Aquin

Lha itu anak-anak yang sebelumnya semangat, langsung ciut nyalinya buat nyemplung. Akhirnya ya cuma berani main air di pinggir. Kalaupun udah ajak renang nantinya yang repot bapak e, suruh nemenin nyemplung terus sambil megangin anak-anaknya. wkwk.

DAPUR

Tidak jauh dari kolam renang kita akan menemukan dapur dan mini bar.

Di bagian ini aku suka banget. Kenapa?

Jadi kita bisa gunakan apa yang ada di dapur dan mini bar secara mandiri, serasa di rumah sendiri. Mau makan/minum ya kita ambil piring dan gelas sendiri di lemari makan. Kalau sudah selesai ya di cuci sendiri piringnya.

Villa Aquin

Dapur – Mini bar Villa Aquin

Selain itu, villa ini menyediakan fasilitas untuk kita melakukan BBQ, namun ga gratis ya. Seingatku kita ditarik tambahan uang Rp. 150.000 untuk pinjam alat BBQ.

TAMAN LUAS

Taman menjadi salah satu yang menarik di Villa Aquin. Jika ketika kita masuk telah disuguhi kolam renang yang asri, maka ketika kita berkeliling villa sampai ke bagian belakang, kita akan menemukan taman yang lumayan luas. Bisa kali ya dipakai buat Wedding Party. haha

Villa Aquin

Taman Belakang Villa Aquin

Di sekitar taman kita akan melihat karya seni yang luar biasa. Seperti paviliun yang menarik, patung kepala Budha, hingga gardu pandang. Instagramable lah.

PARKIR

Menurutku, tempat parkir yang dimiliki oleh Villa Aquin ini tidak terlalu luas dan besar.

Villa Aquin

Tempat parkir Villa Aquin

Walaupun demikian, jika melihat jumlah kamar yang ada di Villa ini, tempat parkir yang disediakan masih cukup memadai untuk menampung sekitar 6-8 mobil berjenis MPV.

KAMAR

Bagian terakhir yang mau aku bahas adalah soal kamar dari Villa Aquin.

Di Villa ini terdapat 4 pilihan kamar. Presidential/King, Deluxe, Junior dan Aquin Suite bisa menjadi pilihan. Kebetulan kemarin kita pesan 2 Deluxe Suite dan 1 Junior Suite Plus tambahan Extra Bed. Jadi aku bisa bahas lebih banyaknya tentang 2 kamar itu ya.

Presidential/King Suite

Setahuku, kamar ini letaknya paling dekat dengan kolam renang dan hanya ada 1 room saja.

Villa Aquin

Presidential -King Suite

Untuk bagian dalamnnya aku ga tau seperti apa, jadi lebih baik aku ga bahas ya daripada salah nanti berabe disangka menyebarkan HOAX. Wkwk

Deluxe Suite

Villa Aquin memiliki beberapa kamar deluxe. Namun kemarin kami memesan 2 kamar deluxe yang lokasinya berdekatan alias sebaris.

Villa Aquin

Deluxe-Junior Suite Villa Aquin

Lokasi deluxe suite yang kami tempati kemarin mengapit 1 kamar junior suite dan depannya ada kolam ikan, dekat dengan dapur.

Villa Aquin

Deluxe Suite Villa Aquin

Pada bagian dalam kamar, terdapat 1 buah bed berukuran besar lengkap dengan TV kabel, AC, Telepon, Lemari, Kamar Mandi dalam, Water heater plus kopi gula teh. (standar kebanyakan hotel deh)

Jujur ya, bagian yang paling aku sukai di kamar deluxe ini adalah kamar mandinya. Kenapa?

Kamar mandi di kamar deluxe ini cukup nyaman dan adem rasanya. Dindingnya penuh dengan susunan batu alam, lengkap dengan shower, closet duduk dan wastafel yang menurutku benar-benar menyatu dengan alam.

Villa Aquin

Kamar mandi Villa Aquin

Asiknya lagi, di dalam kamar mandi ada jendela yang bisa dibuka langsung untuk bisa melihat ke luar dan menikmati udara dari luar kamar.

Baca Juga:   Plesiran Ke Pantai Ngeden Gunungkidul

Junior Suite

Kamar Junior suite yang ada di Villa Aquin ini sebenarnya memiliki fasilitas yang mirip dengan Deluxe Suite.

Namun ukuran kamarnya lebih besar dari deluxe karena memiliki ruang tamu dengan sofa dan tv kabel yang lebih besar.

Villa Aquin

Junior Suite Villa Aquin

Karena kamar junior suite ini cukup luas, maka cukup nambah extra bed kita bisa tidur rame-rame dalam 1 kamar.

Untuk lokasi tepatnya, Junior Suite Villa Aquin ini berada di tengah-tengah kamar deluxe yang ada di dekat dapur dan kolam ikan.

Aquin Suite

Sama halnya dengan kamar presidential/king suite, aku juga ga bisa membahas banyak soal kamar ini karena tidak bisa masuk kamarnya. Jadi maaf.

Villa Aquin

Aquin Suite

Namun secara lokasi, kamar Aquin Suite ini berada bersebelahan dengan presidential suite. Aku rasa jumlah kamar untuk Aquin Suite cuma ada 1. Semoga benar.

***

Hampir di semua kamar memiliki teras dan kursi di depan kamar. Jadi kalau mau konkow-kongkow bareng sambil menikmati rokok atau cemilan bisa banget di sini.. Semua semakin terasa nikmat. wkwk

HARGA KAMAR VILLA AQUIN

Harga kamar Villa Aquin sendiri cukup bervariasi menurut jenis kamar yang dipilih.

Villa Aquin

Ketika aku tanya ke resepsionist untuk meminta daftar harga kamar, aku malah diminta untuk lihat di akun Traveloka/Booking/Agoda.

Okelah kalau gitu. Aku kasih link untuk ke Traveloka/Booking/Agoda saja ya.

Namun secara umum pasaran harga kamar itu berada dari 350rb sampai 1jutaan. Jadi tinggal sesuaikan budget saja.

LOKASI DAN KONTAK VILLA AQUIN

Untuk yang mau mencoba staycation di Villa Aquin, aku coba kasih tau info lokasi dan kontaknya deh. Siapa tau membantu.

Alamat: Dusun Gatak RT. 01 / RW. 04 Gajahan Colomadu, Gatak, Gajahan, Gatak, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57176

Telepon: (0271) 7685782

KESIMPULAN

Berdasarkan pengalamanku ketika staycation di sana, aku bisa menilai jika Villa Aquin sangat baik dan cocok untuk menjadi pilihan tempat menginap di daerah solo/karanganyar/colomadu.

Beberapa Kelebihan Villa Aquin:

  1. Lokasi nyaman dan benar-benar jauh dari keramaian kota
  2. Pilihan dan harga kamar menarik
  3. Fasilitas villa lengkap
  4. Instagramable
  5. Staf dan pelayanan sangat ramah
  6. Feels Like Home

Beberapa Kekurangan Villa Aquin:

  1. Kolam renang tidak cocok untuk anak kecil
  2. Tidak ada Breakfast untuk beberapa pilihan kamar
  3. Koneksi WiFi kurang stabil (sering tidak bisa digunakan)
  4. Jauh dari tempat belanja seperti toko-toko kebutuhan (saranku, siapkan bekal yang cukup atau belanja dulu aja di Superindo Colomadu)
  5. Karena berdekatan dengan PPPA DAARUL QUR’AN SURAKARTA, maka kadang ketika malam kita akan masih mendengar para siswa yang masih teriak-teriak dan bercanda. (tapi seharusnya tidak masalah, masih jauh dari kata bising/ramai kok)
  6. Tidak punya Meeting Room.

Kalau boleh menilai tentang Villa Aquin ini, aku kasih nilai 8.5 deh.

***

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi tentang Villa Aquin, Penginapan Asik Di Colomadu Solo yang pada bulan Agustus lalu aku datangi bareng sama keluarga. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya. Happy Staycation..

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.