Tips Merawat Setrika Listrik dan Setrika Uap Agar Tahan Lama

-

Tips Merawat Setrika Listrik dan Setrika Uap Agar Tahan Lama

Merawat Setrika  – Pakaian merupakan bentuk dari kebutuhan primer bagi semua orang. Pakaian yang rapi dan bersih merupakan salah satu hal yang menunjukkan bahwa seseorang telah memberikan perawatan untuk pakaian tersebut. Umumnya, setelah pakaian dicuci maka akan dirapikan kembali dengan setrika.

Alat yang mampu mengeluarkan energi panas ini mampu merapikan pakaian yang kusut dan tampak tidak sedap dipandang. Biasanya alat tersebut tersedia dalam beberapa jenis yaitu jenis listrik dan uap.

Namun, bagaimana cara untuk merawat dan menjaga alat penghasil panas itu mampu bertahan lama? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Cara Merawat Setrika Listrik

Tips merawat setrika listrik

Beberapa cara dalam merawat alat pelicin pakaian ini, antara lain :

1.  Perhatikan bagian kabel

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah bagian kabel setrika yang cenderung mudah mengalami kerusakan. Hal ini karena kebiasaan dari sebagian orang untuk menekuk atau menggulung bagian kabel secara langsung setelah alat pelicin pakaian tersebut digunakan.

Sehingga hal yang terjadi pada bagian kabel adalah banyaknya lengkungan bahkan kabel tersebut sulit untuk diluruskan kembali. Masalah lain juga dapat terjadi pada bagian ini tepatnya pada bagian ujung yang mudah terlepas dari bagian badan setrika.

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya tarikan yang terlalu kuat atau kabel yang digulung terlalu kencang. Sehingga bagian ujung tersebut lebih mudah putus hingga mengakibatkan korsleting listrik. Masalah ini tidak hanya menimbulkan kerusakan pada bagian alat pelicin. Tetapi juga akan memberikan dampak yang berbahaya bagi penggunanya.

Oleh karena itu, hal yang dapat Anda lakukan dalam merawat bagian kabel alat ini dengan tujuan menghindari adanya kerusakan dan supaya mampu bertahan lama yakni dengan membiarkan kabel dalam kondisi memanjang atau diluruskan terlebih dahulu setelah alat pelicin pakaian tersebut digunakan.

Setelah kondisi alas pada alat pelicin tersebut sudah mendingin maka Anda bisa menggulung bagian kabel dengan cara tidak melilitkannya pada badan setrika. Namun dengan cara melipatnya menjadi beberapa lipatan dan mengikat bagian kabel tersebut menggunakan karet atau alat pengikat kabel yang sudah tersedia.

2.  Perawatan untuk bagian alas

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat alat pelicin pakaian ini mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah dengan merawat bagian alasnya. Biasanya bagian alas ini akan rawat berkarat atau bahkan akan lengket dengan bagian permukaan pakaian.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara membersihkan bagian alas alat pelicin pakaian ini sebelum dan setelah digunakan.

Setelah itu, Anda juga perlu mengatur suhu pada setrika listrik saat digunakan.

Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari adanya permukaan pakaian yang akan lengket dengan permukaan alas alat pelicin pakaian yang Anda gunakan.

Saat Anda menyetrika, sebaiknya Anda juga menggunakan cairan pelicin pakaian untuk memudahkan pergerakan bagian alas alat pelicin pakaian tersebut saat digunakan. Lalu, hindarkan pula terjadinya benturan pada bagian alas karena dapat mengakibatkan kerusakan bahkan terjadinya korsleting saat digunakan.

3.  Perawatan bagian tombol

Tidak hanya bagian kabel dan alas, alat yang berfungsi untuk menjadikan pakaian lebih rapi ini juga memerlukan perawatan pada bagian tombolnya. Hal ini tentunya berhubungan dengan kondisi alat saat digunakan.

Apabila terjadi kerusakan pada bagian tombol alat tersebut, maka tidak menutup kemungkinan korsleting listrik pun akan terjadi ketika alat itu digunakan. Tentunya hal ini terjadi karena bagian tombol pada alat ini akan terhubung langsung dengan komponen kabel yang ada pada badan alat.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut Anda dapat menghindarkan bagian tombol setrika dari air atau cairan pelicin yang Anda gunakan. Tidak hanya itu, sebelum Anda menyetrika pastikan tangan Anda dalam kondisi kering. Sehingga bagian tombol tersebut tidak basah dan lembab.

Cara Merawat Setrika Uap

Tips merawat setrika uap

sumber : pixabay.com

Berikut beberapa cara dalam merawat alat pelicin pakaian berbasis uap, antara lain :

1.    Lakukan pengosongan pada tangki air

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan dini pada setrika dengan uap ini adalah mengosongkan tangki air setiap kali selesai digunakan. Hal ini tentunya untuk menghindari timbulnya kerak pada bagian tersebut yang membuat alat pelicin pakaian menjadi lebih mudah rusak.

Selain itu, untuk menghindari adanya perkaratan Anda juga perlu membersihkan sisa air menggunakan lap kain kering.

2.  Isi tangki hanya dengan air bersih

Untuk menghasilkan uap, tentunya alat ini memerlukan air yang akan diisikan pada tangki air yang telah tersedia. Namun, terdapat beberapa orang yang mengisi bagian tangki tersebut menggunakan cairan pelicin pakaian dengan tujuan memberikan efek yang lebih wangi pada pakaian.

Namun, hal ini seharusnya tidak dilakukan karena terdapat perbedaan nilai pH antara air dan cairan pelicin atau pelembut pakaian tersebut.

Dengan adanya perbedaan pH yang tidak dapat ditoleransi oleh bagian tangki air maka bagian tersebut kemungkinan besar akan mudah berkerak. Sehingga pengisian pada bagian tangki harus diisi dengan air bersih.

3.  Jaga kebersihan dari bagian alas

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kerusakan pada alat yang satu ini adalah dengan menjaga kebersihan bagian alas setrika. Dengan adanya uap air yang keluar dari sela-sela bagian alas maka terdapat kemungkinan akan adanya masalah perkaratan atau timbulnya kerak pada bagian tersebut.

Sehingga Anda perlu membersihkan bagian alas alat menggunakan lap kain bersih ataupun menggunakan tisu.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai cara merawat setrika listrik dan setrika uap yang dapat Anda lakukan supaya alat tersebut dapat Anda gunakan dalam jangka panjang.

Cara tersebut berlaku untuk semua jenis alat untuk merapikan pakaian ini. Anda juga bisa berbelanja segala jenis setrika di ladara.id untuk mendapatkan barang elektronik berkualitas prima. Selamat mencoba dan beraktivitas kembali!

Sumber :

  1. https://review.bukalapak.com/techno/5-cara-merawat-setrika-uap-agar-awet-dan-tidak-mudah-rusak-56862
  2. https://www.99.co/blog/indonesia/cara-merawat-setrika/

https://www.kelistrikanku.com/2016/05/setrika-lsejarah-merawat-memilih.html

maskris idhttps://maskris.co.id
Cuma manusia separuh blogger yang suka update berita sesuka dan sesempatnya saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version