4 Pantai Paling Ikonik di Sepanjang Pesisir Selatan Jogjakarta

Jogja itu istimewa! Sebuah jargon yang nggak muluk-muluk karena kenyataannya, Jogja memang selalu bikin puas para traveler yang liburan di sana. Keindahan Jogja pun juga tersebar merata. Nggak hanya di daerah kota, kawasan pesisir selatannya pun juga mengandung panorama pantai yang luar biasa. Karena itu, bakal lebih efektif kalau memanfaatkan jasa sewa mobil di Jogja karena mobilitasmu tetap terjaga.

Bicara tentang pantai-pantai eksotik di Jogjakarta, berikut adalah empat rekomendasi spot-nya yang paling ikonik dan wajib didatangi.

Pantai Timang

Sewa Mobil Jogja
sumber:pesona.travel

Pantai Timang adalah pantai fenomenal karena pernah muncul di reality show Korea, “Running Man” yang punya banyak penggemar di Indonesia.

Pantai yang berada di 35 kilometer dari Wonosari ini sebenarnya nggak memiliki pantai yang landai dan tenang karena ombak yang terus-terusan menghempas bibir karang. Tapi kamu bisa merasakan bagaimana berdebarnya jantung ketika naik ke jembatan Timang yang melegenda, ditarik di atas air laut yang ganas menuju pulau kecil bernama Watu Panjang.

Perjalanan ke Pantai Timang bakal lebih mudah bila menggunakan jasa sewa mobil Jogja karena terbatasnya infrastruktur.

Pantai Parangtritis

Sewa Mobil Jogja
sumber:republika.co.id

Siapa yang nggak kenal dengan pantai ini? Pantai yang selalu disandingkan dengan mitos penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul ini memang punya sisi eksotisme tersendiri. Sebuah pantai landai dengan ombak yang nggak terlalu menggebu-gebu, menyapu kaki para pengunjung yang menikmati liburan di sana.

Selain pantai yang terlihat begitu memesona saat senja merekah, kamu juga bisa mendaki Bukit Parangndog untuk melihat pantai dan laut selatan dari ketinggian. Bila beruntung, kadang ada para pecinta paralayang yang bermain bersama angin. Kamu bisa ikutan terbang dengan didampingi mereka, lho.

Pantai Kukup

Sewa Mobil Jogja
sumber:kansastrans.com

Ingin merasakan liburan yang nyaman ditemani pasir putih? Wajib datang ke Pantai Kukup. Bukan hanya itu, sekitar 100 meter dari bibir pantai juga terdapat terumbu-terumbu karang. Karena landai hingga ke tengah, ombak di pantai ini jadi lebih tenang dan jernih. Terkadang, ada saja makhluk-makhluk laut yang terjebak di antara batuan karang saat air surut.

Eits, jangan keburu pulang kalau sudah puas bermain di Pantai Kukup. Berjalanlah ke arah timur dan temukan Pulau Jumino. Batuan karang yang terpisah dengan bibir pantai ini bisa dijangkau dengan jembatan penghubung. Dari pulau tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Klayar

Sewa Mobil Jogja
sumber:gunungkidulku.com

Secara jarak, Pantai Klayar bisa dibilang cukup jauh dari Jogjakarta. Bahkan pantai ini sudah termasuk dalam provinsi Jawa Timur. Tapi kalau sewa mobil Jogja kamu agak lama, boleh lanjutkan perjalanan untuk singgah sebentar di sana.

Meski jauh, jangan ragukan keindahannya. Nggak hanya dihiasi dengan pasir putih, Pantai Klayar memiliki bebatuan karang yang menjulang tinggi. Bisa membuatmu berkhayal sedang berpetualang di planet lain.

Atraksi lain yang dimiliki Pantai Klayar adalah fenomena Seruling Laut yang biasa terjadi saat air laut pasang. Bunyi menyerupai seruling akan terdengar setiap kali ombak menerjang batuan karang dan melewati celah-celah sempitnya. Butuh petualangan ekstra? Jangan lupa menjelajahi Goa Gong yang konon disebut sebagai salah satu goa terindah di Indonesia.

Begitu banyak keindahan pantai yang bisa kamu dapatkan kalau berpetualang di Jogjakarta. Biar mobilitas tetap terjaga, lebih baik sewa mobil Jogja saja. Biar bisa menyusuri pesisir selatan dan menikmati panorama laut dan pasir putih, sekaligus menjadi saksi indahnya sunset di Jogjakarta.

Baca Juga:   Pantai Ngobaran: Kenapa Di Atas Pantai Kok Ada Pura?

4 thoughts on “4 Pantai Paling Ikonik di Sepanjang Pesisir Selatan Jogjakarta

  1. Timang sama Klayar aku blm pernah .. Timang bisa ya langsung ke lokasi pake mobil? Soalnya…klo jaman 2008an..mesti jalan kaki dulu, br nyampe pantai…

    Klayar itu, yang masuk pacitan kah?

    1. ia mbak.. jadi kalau pengalamanku tahun 2017 lalu, pantai timang ga bisa pakai mobil. harus disambung pakai ojek yang harganya mahal per motornya..
      sedangkan kalau klayar itu memang jauh banget, udah masuk ke daerah perbatasan pacitan sama gunungkidul..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.