Seberapa Penting Membalas Komentar Blog

Penting ga membalas komentar blog? Seberapa penting menurutmu?

Memiliki blog atau situs pribadi itu menurutku bukan sekedar untuk gaya, bukan juga untuk sekedar menyalurkan hobi atau tempat untuk mencari penghasilan tambahan. Memiliki blog itu lebih kepada upaya memberikan informasi dari apa yang kita sukai kepada orang lain. Ya, memiliki blog bagiku lebih kepada berbagi info.

Aku selalu suka dengan quote dari Pramoedya Ananta Toer yang mengatakan jika “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Tidak ada proses yang instan

Buat yang menganggap jika memiliki blog itu dapat memberikan benefit yang banyak kepada pemiliknya, maka aku mau mengatakan jika hal tersebut benar, namun proses menuju hasil tersebut tidak semudah yang dibayangkan.

Tidak ada proses yang instan. Buanglah pikiran memiliki blog akan langsung memberikan keuntungan buat pemiliknya jauh-jauh, karena pikiran itu yang akan membuatmu hanya jalan di tempat.

Kenapa aku bilang seperti itu?

Jadi aku tergabung di beberapa WAG (WhatsApp Group) blogger. Di sana beberapa mereka langsung bertanya dan menanyakan soal cara mendapatkan uang dari blog. Parahnya lagi, dia ingin mendapatkan banyak uang dari blog namun umur dari blognya aja belum ada 1 bulan, kebanyakan nyepam lagi.

Woi jangan pernah mimpi bisa sukses dengan cara kaya gitu. Kalaupun sukses biasanya umurnya ga lama. Coba lakukan saja apa yang harus kamu lakukan, karena proses dan kerja kerasmu tidak akan sia-sia di kemudian hari. Percayalah.

Komentar Blog
Focus more on (freepik.com)

Bangunlah Blogmu dengan benar

Sebagai blogger, menurut kamu kira-kira apa yang harus dijadikan fokus utamanya?

Mungkin banyak jawabannya, namun menurutku sebagai seorang blogger kita cuma harus menulis dan memelihara blog kita. Ya, sesimpel itu.

Apakah kita tidak boleh memikirkan mendapatkan uang dari blog sebagai fokus utamanya?

Boleh saja kalau kamu kuat, kalau aku seh ga kuat soalnya. Biarkan itu mengalir saja. Membangun blog dengan cara yang benar menjadi lebih penting. Itu menurutku ya, no offense.. Yang tidak setuju boleh kok komentar di bawah dan kita belajar bareng-bareng.

Menulis Blog

Menulis blog merupakan kegiatan yang menyenangkan bagiku. Banyak hal baru yang dapat aku utarakan lewat tulisan dengan gaya menulis yang tentunya akan berbeda dengan blogger lainnya.

Menulis Blog
Ilustrasi menulis (canva.com)

Perbedaan gaya menulis adalah hal yang biasa dalam membangun blog. Menulis di blog itu bebas, tidak ada patokan gaya bahasa dan aturan yang diberikan. Beda jika kita menulis makalah atau proposal. Jadi tulislah apa yang ingin di tulis. Mau jelek atau bagus tulisannya, cuek dan PD saja. Ada yang baca tulisan kita aja udah seneng.

Aku bingung mau nulis apa di blog. Terus gimana?

Mungkin itu sedikit pernyataan yang sering aku dengar tentang kesulitan membangun blog. Saranku, berhentilah bermimpi menjadi blogger jika kamu bingung mau nulis apa di blog. Menjadi blogger itu berat, biar aku saja.

Simpel kan? karena blogger itu punya banyak cara untuk mengisi blognya. Besok aku coba bahas di artikel lain tentang cara menemukan ide tulisan blog.

Memelihara Blog

Selain menulis, menurutku memelihara blog merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan seorang blogger.

Baca Juga:   Alasan Aku Lebih Memilih WordPress Daripada Blogspot

Memelihara blog yang aku maksud di sini sebenarnya cukup mudah. Kita cukup mengelola blog agar tetap terasa hidup dan ada interaksi di dalamnya.

Terus caranya gimana?

Cara paling mudah untuk memelihara blog kita adalah dengan cara berinteraksi dengan pengunjung blog kita melalui kotak komentar yang ada di blog kita.

Komentar Blog
Kotak Komentar Blog

Percaya atau tidak, banyak hal yang tidak terduga berawal dari kotak komentar di blog.

Teman-teman blogger itu banyak yang tidak pernah bertemu secara langsung, tapi justru akrab di dunia maya lewat kegiatan saling memberikan komentar di blog atau dikenal dengan nama blogwalkingSelain itu, ada lho blogger yang akhirnya bertemu di pelaminan padahal awalnya mereka cuma saling berbalas komentar di kotak komentar blog.

Jadi percayalah.. Di kotak komentar blog sering ketemu, tapi di dunia nyata jarang ketemu itu membuat kita lebih mudah berinteraksi ketika bertatap muka langsung. Canggung sebentar, tapi cepet akrab. (pengalaman pribadi)

Memberikan komentar dan saling mengomentari sendiri bagiku merupakan kegiatan yang menyenangkan. Hal ini pastinya menjadi salah satu caraku untuk terus memelihara blog.

Saranku, ketika kita sudah dikomentari oleh orang, jangan hanya berhenti di situ. Cobalah untuk melakukan kunjungan balik ke blog teman yang mengomentari. Jangan nyepam dan biasakan untuk baca dulu artikel dari blog yang kita komentari. Kalau kata suhu Wawan @satusatuen : “jadi blogger masak malas baca, malu donk.

Ya, power of BW (Blogwalking) itu banyak keuntungannya lho. Salah satunya meningkatkan visitor blog kita yang akhirnya akan membuat blog kita semakin dikenal dan pastinya menjadi lebih bernilai.

***

Menurut teman-teman, seberapa pentingkah membalas komentar blog? apakah teman-teman selalu membalas komentar yang ada di blog teman-teman? kalau aku seh “yes

12 thoughts on “Seberapa Penting Membalas Komentar Blog

    1. Sebener e gpp mbak… mau membalas atau tidak balik ke kebutuhan dan komentar yang ada..

      Lumayan lho kalo komen balik, selain dapat backlink natural. Reputasi blog kaya DA/PA juga bisa ke angkat. hehe

  1. Yes berarti komen saya yang ini pasti ditanggapi ya?
    Kalau bagi saya membalas komentar memang perlu. Tapi saya kaget ketika bertemu senior writer dari AS yang luasnya situs pribadi dan rajin nulis artikel buat media lainnya ternyata dia tidak biasa meninggalkan komentar saat BW atau membalas komentar di situsnya. Alasannya cukup susah menumbuhkan hubungan dengan pembaca di dunia maya, begitu katanya 😉 mungkin mereka terlalu sibuk untuk itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.