Seberapa Penting Membalas Komentar Blog

Seberapa Penting Membalas Komentar Blog

Penting ga membalas komentar blog? Seberapa penting menurutmu?

Memiliki blog atau situs pribadi itu menurutku bukan sekedar untuk gaya, bukan juga untuk sekedar menyalurkan hobi atau tempat untuk mencari penghasilan tambahan. Memiliki blog itu lebih kepada upaya memberikan informasi dari apa yang kita sukai kepada orang lain. Ya, memiliki blog bagiku lebih kepada berbagi info.

Aku selalu suka dengan quote dari Pramoedya Ananta Toer yang mengatakan jika “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Tidak ada proses yang instan

Buat yang menganggap jika memiliki blog itu dapat memberikan benefit yang banyak kepada pemiliknya, maka aku mau mengatakan jika hal tersebut benar, namun proses menuju hasil tersebut tidak semudah yang dibayangkan.

Tidak ada proses yang instan. Buanglah pikiran memiliki blog akan langsung memberikan keuntungan buat pemiliknya jauh-jauh, karena pikiran itu yang akan membuatmu hanya jalan di tempat.

Kenapa aku bilang seperti itu?

Jadi aku tergabung di beberapa WAG (WhatsApp Group) blogger. Di sana beberapa mereka langsung bertanya dan menanyakan soal cara mendapatkan uang dari blog. Parahnya lagi, dia ingin mendapatkan banyak uang dari blog namun umur dari blognya aja belum ada 1 bulan, kebanyakan nyepam lagi.

Woi jangan pernah mimpi bisa sukses dengan cara kaya gitu. Kalaupun sukses biasanya umurnya ga lama. Coba lakukan saja apa yang harus kamu lakukan, karena proses dan kerja kerasmu tidak akan sia-sia di kemudian hari. Percayalah.

Komentar Blog
@maskris_id

Share this article

Recent posts

22 COMMENTS

  1. Yes berarti komen saya yang ini pasti ditanggapi ya?
    Kalau bagi saya membalas komentar memang perlu. Tapi saya kaget ketika bertemu senior writer dari AS yang luasnya situs pribadi dan rajin nulis artikel buat media lainnya ternyata dia tidak biasa meninggalkan komentar saat BW atau membalas komentar di situsnya. Alasannya cukup susah menumbuhkan hubungan dengan pembaca di dunia maya, begitu katanya ? mungkin mereka terlalu sibuk untuk itu.

  2. Setuju banget mas. Saya suka kalo banget ngeliat komentar yang relevan sama artikelnya, pasti langsung saya bales dan kalo bisa juga langsung meluncur ke blognya buat memperbanyak jaringan. Ya lumayan lah walau hanya sebatas lewat dunia maya

  3. Menurut saya membalas komentar dari manusia real merupakan hal wajib karena memiliki nilai lebih dalam hal user friendly pada blog…dan crawl bot search engine akan mengenalinya karena pada bagian body komentar ada script user hrefnya (a.k.a link user)berjenis apa..follow atau nofollow,…dengan atau tanpa anchor?klo tanpa anchor rugi deh yang komen,karena jadi spam.

    Ada sedikit tulisan dari admin yang menggelitik saya…yaitu”berhentilah bermimpi menjadi blogger jika kamu bingung mau nulis apa di blog. Menjadi blogger itu berat, biar aku saja.”…kesannya gak boleh kita jadi blogger….wkwkwkwk….

    Salken
    Soundonmike…….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here