Nyobain Sate Klatak Kekinian di Nglathak

Sate klatak is a unique goat or mutton satay dish, originally from Pleret District, Bantul Regency in Yogyakarta. In Javanese, the act of roasting satay in an open fire is called “klathak”.  – wikipedia

Mendengar nama sate klatak, aku langsung teringat dengan film AADC 2 yang diputar pada tahun 2016 lalu. Percaya atau tidak, adegan antara rangga dan cinta yang makan malam di warung sate pak bari benar-benar membuat nama kuliner sate klatak menjadi semakin terkenal.

Sate Klatak
Adegan Rangga dan Cinta makan sate klatak Pak Bari (dok Film AADC2)

Pertanyaannya, apakah semua orang sudah pernah makan sate klatak? Aku yakin jawabannya belum tentu. Banyak alasan yang membuat orang jogja sekalipun belum pernah makan sate klatak. Alasan lokasi tempat yang letaknya jauh di daerah pleret imogiri atau ketidaksukaan seseorang dengan sate kambing bisa menjadi beberapa alasan yang logis.

SATE KLATAK

Seperti yang sudah dituliskan di wikipedia, Sate Klatak adalah salah satu sate yang cukup unik dan berasal dari daerah Pleret Bantul Yogyakarta. Oleh karena itu jika kita menyusuri jalan imogiri timur, maka kita akan banyak menemukan warung sate klatak di pinggir jalan.

Sate Klatak
Sate Klatak (dok cepamagz.com)

Keunikan dalam cara memasak sate ini membuat sate klatak mudah untuk diingat.

Sate ini dimasak hanya dengan menggunakan garam dan ditusuk dengan menggunakan jeruji/jari-jari roda yang terbuat dari besi. Ya, ciri khas itulah yang membuat sate ini unik dan berbeda dengan kebanyakan sate lainnya.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa sate ini menggunakan tusukan dari besi?

Jadi, pemilihan tusukan sate yang terbuat dari besi itu dimaksudkan agar daging lebih masak dari bagian dalam karena tusukan besi pada dasarnya adalah konduktor penghangat yang baik.

PENGALAMAN MAKAN SATE KLATAK

Minggu tanggal 11 Maret 2018 sekitar jam 12 siang menjadi pengalaman pertamaku mencicipi sate klatak. Sesuatu yang sebenarnya cukup aneh buatku yang memang tidak memiliki pantangan makan makanan dari daging kambing.

Keinginan untuk makan sate klatak sebenarnya sudah cukup lama aku pendam. Setiap kali lewat jalan imogiri aku selalu ingin mencicipi sate klatak. Namun apa daya, istri dan anak-anakku memang tidak terlalu menyukai makanan dari daging kambing.

Sate Klatak
Makan Sate Klatak di Nglathak (dok pri)

Oke lanjut…

Jadi hari minggu kemarin cukup spesial buatku dalam menikmati sate klatak. Kenapa bisa spesial? karena aku tidak perlu jauh-jauh pergi ke jalan Imogiri untuk dapat menikmati satu tusuk sate kambing dengan gagang dari ruji sepeda tersebut.

Selain itu menu yang aku nikmati juga ternyata berbeda dari kebanyakan sate klatak pada umumnya karena sate kambingnya dilapisi oleh mozarella.

Mungkin ada yang bertanya, terus tempatnya di mana?

Tempatnya itu namanya “NGLATHAK“, lokasinya cuma di sekitaran kota, dekat kampus UNY, Kampus UGM dan juga di dekat PT. Kanisius Jogja. Alamat lengkapnya di Jl. Gambir, Karangasem Baru, Gg. Seruni No. 7, Caturtunggal, Depok, Sleman.

TENTANG NGLATHAK

Sate Klatak
Nglathak Jogja (dok pri)

Warung sate klatak yang berada di utara kampus peternakan UGM atau selatan PT. Kanisius Jogja ini merupakan warung sate klatak yang lokasinya paling dekat dengan tempatku tinggal. Bahkan jika aku pulang dari tempat kerja pun jarak tempuh yang kuhabiskan tidak lebih dari 5 menit.

Lokasi yang menurutku cukup mudah dijangkau oleh para penikmat kuliner khususnya yang ingin mencoba menu sate klatak.

Baca Juga:   Geliat Pariwisata Jalur Lintas Selatan Bantul Yang Mulai Mekar

Walaupun secara ukuran tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan warung sate klatak pak pong ataupun pak bari yang sangat terkenal itu, namun tata ruang yang disajikan tempat ini sangat menarik dan instagramable. Yang paling penting, tempatnya cozy dan nyaman banget untuk menikmati sajian menu yang disajikan. Tidak bising.

Nglathak
Suasana di Nglathak (dok pri)

Nglathak sendiri sudah ada sejak tahun 2015, namun baru pindah dan buka di daerah caturtunggal sejak desember 2016.

Menurut Mas To selaku owner yang kemarin berada di Nglathak, semua bahan dasar yang digunakan oleh Nglathak merupakan bahan yang berasal dari masyarakat lokal. Untuk daging kambing, warung ini mengambil dari daerah Bantul, Mozarella dari Wonosari, susu sapi dari Cangkringan.

Hal tersebut sengaja dilakukan agar terjadi sinergi yang baik antara Nglathak dengan masyarakat lokal.

MENU FAVORIT DI NGLATHAK

Banyak pilihan menu yang ditawarkan Nglathak. Namun saranku jika kamu nanti mampir ke warung ini, jangan lupa mencicipi Sate Klathak Mozarella dan Teh Biru Bunga Telang yang merupakan menu favorit dan unggulan di Nglathak.

Kedua menu tersebut terbilang favorit karena memang menunya cukup menarik dan berbeda dengan yang lainnya.

Sate Klathak Mozarella

Sate Klatak
Sate Klathak Mozarella (dok pri)

Bagiku, menu ini merupakan salah satu inovasi penyajian dari sate klatak. Berbeda dengan kebanyakan sate klatak yang biasanya di sajikan, sate Klathak Mozarella hadir dengan tampilan yang lebih cantik dan menggoda untuk di santap karena sate klatak yang disajikan ditambahi dengan balutan keju mozarella.

Selain mendapatkan 2 tusuk sate klatak, kita juga dapat bonus kuah gulai. Nah, kalau mozarellanya dirasa kurang, kita bisa memilih menu Sate Klathak Mozza Xtra.

Gimana kebayang kan enaknya?

Teh Biru Bunga Telang

Nglathak
Teh Biru Bunga Telang (dok pri)

Nah, kalau menu yang satu ini sudah pasti menjadi favorit para pengunjung. Alasannya karena minuman yang satu ini unik nan ajaib. Kok bisa?

Jadi teh biru bunga telang ini merupakan minuman teh yang awalnya berwarna biru, namun ketika ditetesi oleh jeruk nipis warnanya akan berubah jadi ungu. Kalau ga percaya, silakan play video di bawah.

Gimana unik dan ajaib kan?

Pokoknya kamu harus cobain minuman yang satu ini kalau mampir ke Nglathak, jangan sampai penasaran berkepanjangan.

PAKET MENU NGLATHAK

Menurut pengelola Nglathak, masukan demi masukan dari pelanggan akhirnya memberikan banyak pengaruh terhadap perkembangan menu yang ada di Nglathak.

Berbagai pilihan paket menu baru muncul untuk semakin memanjakan para pelanggan yang hadir.  Paket Hemat, Porsi Laki, Porsi Kuli, Porsi Buto Ijo menjadi pilihan terbaru yang dapat dipilih oleh para pelanggan.

Walaupun sudah memberikan pilihan paket menu baru, pilihan menu sebelumnya masih tetap dipertahankan. Tengkleng, Tongseng, Gulai, Nasi Goreng menjadi pilihan menu lain selain sate klathak.

Menu Nglathak
Pilihan paket menu baru di Nglathak (dok pri)

Nglathak
Pilihan Menu Nglathak (dok pri)

PETA LOKASI & KONTAK NGLATHAK

Mungkin setelah baca tulisan ini teman-teman ada yang ingin mencoba sate klatak yang letaknya sangat mudah di jangkau ini. Nah, biar aku ga menyesal karena membuat orang kesasar waktu cari warung sate NGLATHAK, aku kasih petanya deh.

Kalau masih kurang infonya atau mungkin masih kesasar waktu cari warung Nglathak, teman-teman bisa cari tahu atau tanya-tanya langsung aja ke sini:

KONTAK

Instagram : @nglathak
Email : nglathak@gmail.com
WA: 089652742014

Jam Buka : 11.00 – 21.00 WIB

VLOG DI NGLATHAK

***

Semoga sedikit info tentang NGLATHAK, sate klatak kekinian yang ada di dekat pusat kota Jogja ini dapat membantu dan memberikan pilihan kuliner bagi pecinta sate kambing yang lokasinya berada di sekitar kota jogja.

Nglathak is always Fun

10 thoughts on “Nyobain Sate Klatak Kekinian di Nglathak

  1. Bayangin ekspresi anak2 yang liat teh dari biru (teh warna biru aja mereka sudah heran)…apalagi bisa berubah dari biru ke ungu…pasti akan heboh sekali.

    Sepertinya asyik nih ajakin 2 bocil ke Nglathak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.