Monday, November 23, 2020

Samsung Galaxy A51, Bagus Ga Sih?

Samsung Galaxy A51 – Perkembangan smartphone itu memang terlalu cepat. Jika dulu beberapa vendor mungkin hanya mengeluarkan sebuah smartphone di setiap kuartalnya, maka kini ceritanya sudah berbeda.

Tren, gaya hidup dan juga kebutuhan akan smartphone tampaknya sudah membuat para vendor saling berlomba untuk bisa menjadi yang terbaik, walaupun sebenarnya cukup membingungkan para calon pembeli karena pilihan smartphone yang melimpah dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Kali ini aku cukup tertarik dengan salah satu smartphone dari Samsung. Walaupun belum lama ini mereka memamerkan Samsung Galaxy S20/S20+ yang harga dan fiturnya keren itu, tapi aku ga akan bahas hal itu kali ini. Karena memang aku ga punya devicenya. Haha..

Smartphone samsung terbaru yang akan aku coba bahas kali ini adalah Samsung Galaxy A51. Ya, salah satu smartphone Samsung yang kalau tidak salah baru meluncur di pertengahan bulan Januari 2020.

Samsung Galaxy A51
Samsung Galaxy A51

Secara spesifikasi dan harga, Samsung Galaxy A51 ini tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yang bernama Samsung Galaxy A50s. Bahkan aku bilang perbedaannya cukup sedikit. Karena itu pula, orang awam mungkin bisa bingung dan bertanya-tanya “Samsung Galaxy A51, Bagus Ga Sih?” 

Kira-kira “worth it” ga kita beli smartphone ini?

Oke, kita coba bahas ya. Dan ini berdasarkan pengalaman pribadiku selama menggunakan smartphone ini.

DESAIN DAN FITUR SAMSUNG GALAXY A51

Pembahasan pertama aku mulai dari desain samsung galaxy A51. Maklum, desain merupakan hal yang paling tampak dan mudah dikenali.

Secara umum aku cukup suka dengan desain dari Samsung Galaxy A51. Walaupun memang tidak terlalu istimewa bagi yang sudah menggunakan Samsung Galaxy A50s. 

Desain Belakang Galaxy A51
Desain Belakang Galaxy A51

Body dari Galaxy A51 ini mirim dengan Galaxy A50s. Keduanya masih mengusung tampilan casing yang mencolok dan menggunakan grafis holografis dengan garis-garis diagonal lengkap dengan warna pelangi yang bisa muncul jika terkena sinar matahari. 

Kalau kata Samsung, Desain Galaxy A51 itu gini:

The rhythmical pattern of A51’s design theme comes in smooth and elegant pastel shades including Prism Crush Black, White, and Blue. A premium gloss finish adds the perfect touch of style to its sleek and slim body, perfectly blending of style with in-hand comfort.

Dari ukuran body, smartphone ini memiliki dimensi panjang 158.4 mm, lebar 73.7 mm dan ketebalan 7,9 mm. Walaupun terlihat cukup tipis, namun Samsung Galaxy A51 masih di bekali oleh tombol power, volume, jack audio 3.5mm, sebuah speaker, micdedicated slot/triple slot SIM,  dan slot USB Type-C. Jadi cukup lengkap.

Bagian Sisi Bawah Samsung Galaxy A51
Bagian Sisi Bawah Samsung Galaxy A51

Pada bagian belakang, Galaxy A51 dibekali oleh 4 kamera lengkap dengan satu lampu flash yang susunannya tidak vertikal tapi lebih ke bentuk “L“. Jika kamu suka mencari fingerprint sensor di bagian belakang kamera, maka kamu sudah pasti tidak akan menemukannya. Samsung Galaxy A51 ini menggunakan biometrik sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian depan layar.

Biometric Sensor Sidik Jari
Biometric Sensor Sidik Jari

Nah, terakhir untuk bagian desain dan cukup mencolok di smartphone ini adalah adanya bagian yang dinamakan Infinity-O atau tompel di bagian atas layar sebagai tempat kamera depan berada. Ya, bagian ini cukup dapat membuat desain dari Samsung Galaxy A51 terlihat lebih luas dibandingkan dengan smartphone sebelumnya yang menggunakan Infinity-U (waterdrop) atau poni di layar.

Layar

Setelah sebelumnya sudah berbicara tentang desain Samsung Galaxy A51, sekarang aku coba membahas tentang layarnya.

Samsung Galaxy A51 memiliki layar dengan teknologi panel Super AMOLED seluas 6.5 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2400 pixel) dengan kerapatan layar 405 ppi dan rasio 20:9

Tampilan Layar Galaxy A51
Tampilan Layar Galaxy A51

Pada bagian atas layar terdapat sebuah tompel kecil yang dinamakan Infinity-O untuk tempat kamera depan. Mirip dengan samsung galaxy note 10 atau samsung galaxy S10 Lite. 

Nah, kalau bicara soal perlindungan layar, smartphone Samsung ini dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang bisa membuat layar smartphone bisa terlindungi dengan baik dari goresan. Jadi aman lah. 

Kamera Samsung Galaxy A51

Bicara soal Samsung Galaxy A51, maka kita harus membahas soal kameranya. Bagian yang satu ini memang cukup menarik dan wajib kita ulas.

Smartphone ini memiliki 1 kamera depan (32 MP) dan 4 kamera belakang (48 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP).

Kamera Belakang
Kamera Belakang Galaxy A51

Untuk bagian kamera belakang, samsung meletakkan kameranya dengan susunan yang berbeda dengan seri sebelumnya yang cenderung vertikal/horizontal. Kali ini 4 kameranya disusun menjadi bentuk “L” dengan susunan paling atas Depth Camera (5 MP F/2.2), Main Camera (48 MP F/2.0), Ultra Wide Camera (12 MP F/2.2) dan Macro Camera (5 MP F/2.4).

Jika kamu tanya soal fitur dan hasil kamera belakangnya, fitur smartphone ini dapat dibilang cukup dan lumayan banyak mulai dari fitur Live Focus, Photo, Video, Pro, Panorama, Macro, Food, Night, Super Slow-Mo, Slow Motion hingga Hyperlapse.

Sedangkan untuk kamera depan, samsung membekali smartphone ini dengan kamera beresolusi 32 MP (F/2.2) yang ditempatkan langsung di bagian tengah layar smartphone. Pas di bagian tompelnya itu. 

Kamera depan Infinity O
Kamera depan Galaxy A51

Semua hasil dari kamera depan maupun belakang Samsung Galaxy A51 ini menurutku lumayan oke. Sayang ada satu hal yang membuatku kurang puas. Bagian fitur dari kamera macronya. Menurutku menggunakan kamera macronya susah. Goyang dikit blur, dan untuk focusing terlalu sering meleset. Semoga segera ada perbaikan deh. 😀

Hasil kamera

Buat kamu yang penasaran dengan hasil kamera dari smartphone ini, silakan kamu lihat hasilnya dari foto-fotoku di bawah ya.

Depth Camera

Depth Camera
Contoh Hasil Depth Camera

Main Camera

Hasil Main Camera
Hasil Main Camera

Ultra Wide Camera 

Hasil Ultra Wide Camera
Hasil Ultra Wide Camera

Macro Camera

Macro Camera
Hasil Macro Camera

Mode Food 

Mode Foto Food
Mode Food

Mode Panorama

Mode Panorama
Mode Panorama

Kamera Depan

Hasil Kamera Depan
Hasil Kamera Depan

Konektivitas

Samsung rupanya tidak pelit untuk hal konektivitas pada Galaxy A51. Smartphone ini memiliki konektivitas yang lengkap dan kekinian seperti Wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, port USB Type-C, GPS dan NFC.

Selain itu, koneksi internet smartphone ini mampu berjalan pada jaringan HSPA hingga LTE dan didukung pula dengan dedicated slot/triple slot yang artinya bisa menggunakan Dual SIM card sekaligus dan juga bisa ditambah memory external. 

Baterai

Berbicara soal baterai, smartphone ini dibekali oleh baterai dengan kapasitas 4.000 mAh dan sudah dilengkapi fitur fast charging 15W lengkap dengan teknologi AI yang mampu menghasilkan performa yang jauh lebih baik dan efisien.

Charging Galaxy A51
Charging Galaxy A51

Ketika aku mencoba melakukan pengisian daya dari 10% hingga full 100% membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja.

Dengan adanya fitur dan keunggulan yang diberikan dari sisi Baterai ini, kamu yang suka bermain game harusnya bisa terbantu dan cukup nyaman ketika bermain dengan smartphone ini.

Pilihan Warna

Pilihan warnanya ada 4 ya, Prism Crush BlackWhite, Pink dan Blue. Kalau kamu suka yang mana? Aku sih tetep yang Prism Crush Black

DAPUR PACU SAMSUNG GALAXY A51

Setelah cukup puas membahas desain dari Samsung Galaxy A51, sekarang kita coba ngobrolin soal dapur pacu dan performa dari Samsung Galaxy A51.

Smartphone ini didukung oleh Chipset Exynos 7 Octa (9611) dengan fabrikasi 10nm yang dikombinasikan dengan CPU Octa Core (Quad 2,3GHz + Quad 1,7GHz) dan grafis GPU Mali-G72 MP3. Selain itu Samsung Galaxy A51 sudah menggunakan RAM 6GB dan storage sebesar 128 GB yang masih bisa disupport oleh Micro SD up to 512 GB

Sistem Operasi Andoid 10
Sistem Operasi Andoid 10 Galaxy A51

Guna memaksimalkan performa dari smartphone ini, Samsung memberikan sistem operasi Android 10 dengan User Interface Samsung One UI 2.0.

Jika mengacu kepada skor AnTuTu, Samsung Galaxy A51 dengan RAM 6 GB dan Storage 128 ini memiliki skor 186846. Lumayan lah, walaupun masih kalah jauh sama saudara dekatnya Samsung Galaxy A71 (8+128) yang punya skor 265537. Hehe.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A51

Body

Dimensi

Berat   

: 158.5 x 73.6 x 7.9 mm

: 172 g

Layar

Jenis

Ukuran

Resolusi

: Super AMOLED

: 6,5 inci (Corning Gorilla Glass 3)

: 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (405 ppi)

Hardware

Chipset

CPU

GPU

: Exynos 9611 (10nm)

: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)

: Mali-G72 MP3

Memori

RAM

Memori Internal

Memori Eksternal

: 6 GB / 8 GB (baru mau keluar akhir maret 2020)

: 128 GB

: microSD, hingga 512 GB

Kamera Belakang

Jumlah Kamera

Resolusi

: 4

: 48 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP

  • 48 MP, f/2.0, 26mm (main camera), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
  • 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm
  • 5 MP, f/2.4, 40mm (macro camera)
  • 5 MP, f/2.2, (depth camera)

Video

: 2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps; gyro-EIS

Kamera Depan

Jumlah Kamera

Resolusi

: 1

: 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm

Video

: 1080p@30fps

Konektivitas

WLAN

Bluetooth

GPS

USB

NFC

: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band

: 5.0, A2DP, LE

: A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

: 2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB OTG

Baterai

Jenis

Kapasitas

Fitur

: Li-Po

: 4000 mAh

: Fast Charging 15W

Sensor / Fitur Lain

Sistem Operasi

Sensor

: Android 10

: Biometric Sensor, accelerometer, gyro, proximity, compass

Jack Audio 3,5mm

Pilihan Warna

Prism Crush Black, White, Blue, Pink

HARGA SAMSUNG GALAXY A51

Untuk dapat meminang smartphone kelas Mid-End ini, kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 4.399.000.

KESIMPULAN

Setelah beberapa hari mencoba menggunakan Samsung Galaxy A51, ini beberapa hal yang bisa aku simpulkan terkait dengan smartphone ini.

  1. Smartphone ini cukup nyaman untuk digunakan, desainnya bagus, ergonomis dan comfotable.
  2. Performa dari samsung galaxy A51 bisa dikatakan cukup baik dikelasnya dan sangat bisa diandalkan untuk dijadikan daily driver.
  3. Ukuran layar yang luas, lengkap dengan teknologi layar Super AMOLED membuat nyaman di mata dan yang pasti kualitas layarnya sangat baik.
  4. Kualitas kamera depan sangat baik. Resolusi kamera 32 MP yang didukung dengan fitur AI dan wide angle, serta live Focus mampu menghasilkan foto yang benar-benar bagus. 
  5. Empat kamera belakang yang dimiliki Samsung Galaxy A51 cukup baik. Namun sayang, untuk menggunakan kamera Macro kita harus lebih teliti dan konsentrasi. Menurutku sedikit sulit mendapatkan fokus.
  6. Konektivitas yang dimiliki oleh smartphone ini sangat lengkap. Mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, port USB Type-C, GPS dan NFC.
  7. Ukuran baterai 4.000 mAh yang berteknologi AI lengkap dengan fitur fast charging membuat kita cukup nyaman ketika sedang bekerja secara mobile.

***

Nah, mungkin itu sedikit informasi yang bisa aku berikan tentang Samsung Galaxy A51. Kira-kira menurutmu bagus ga? Worth it ga? 

Ya, kalau soal pilihan dan kesukaan itu relatif, jadi silakan disesuaikan dengan keinginan dan kecocokan hati. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat ya. 

Related Articles

Cara Breakout Room di Zoom Meetings

Cara breakout room Zoom – Intensitas penggunaan aplikasi Zoom di masa pandemic terus meningkat. Namun sayang tidak semua orang yang menggunakan aplikasi video conference...

Cara Lock Meeting di Aplikasi Zoom

Cara Lock meeting zoom – Menjadi host ataupun co-host di Zoom itu bukan sekedar mengatur penjadwalan dan memberikan akses user ke dalam ruangan meeting,...

Cara Mengganti dan Menghapus Video Di YouTube

Cara menghapus Video Youtube - Beberapa tahun belakangan ini situs berbagi video YouTube sudah menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Stay Connected

1,299FollowersFollow
1,014FollowersFollow
294SubscribersSubscribe

Latest Articles

Cara Breakout Room di Zoom Meetings

Cara breakout room Zoom – Intensitas penggunaan aplikasi Zoom di masa pandemic terus meningkat. Namun sayang tidak semua orang yang menggunakan aplikasi video conference...

Cara Lock Meeting di Aplikasi Zoom

Cara Lock meeting zoom – Menjadi host ataupun co-host di Zoom itu bukan sekedar mengatur penjadwalan dan memberikan akses user ke dalam ruangan meeting,...

Cara Mengganti dan Menghapus Video Di YouTube

Cara menghapus Video Youtube - Beberapa tahun belakangan ini situs berbagi video YouTube sudah menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna...

Mengenal Bagian Rack Server Yang Wajib Diketahui

Mengenal Bagian Rack Server - Pada tahun 2011, lebih dari 38% perusahaan besar mampu melebihi kapasitas TI mereka dalam waktu 18 bulan. Hampir satu...

Daftar Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik Untuk Smartphone

Aplikasi Cloud Storage Gratis – Di era seperti saat ini, media penyimpanan untuk smartphone telah berkembang cukup pesat. Ukuran memori Internal yang diberikan oleh...