Rute Perjalanan Dari Jogja Ke Batu Malang

Rute Perjalanan Dari Jogja Ke Batu Malang

Rute Perjalanan Dari Jogja Ke Batu Malang – Hari Sabtu tanggal 14 Januari 2023 kami sekeluarga berencana untuk datang ke acara nikahan Mbak Tri (teman istri) di daerah Batu Malang, tepatnya di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel.

Sebelum berangkat, sempat bingung mau cari hotel di mana. Apa di daerah pusat kota batu atau di daerah dekat acara nikahan. Akhirnya setelah buka beberapa aplikasi untuk cari hotel online, kami memutuskan untuk menginap sekalian di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel mulai tanggal 13 Januari – 15 Januari 2023.

Perjalanan Dari Jogja – Batu Malang

Kami melakukan perjalanan dari Jogja menggunakan kendaraan pribadi tanggal 13 Januari 2023 pukul 06.30 WIB. Kami sengaja berangkat pagi dengan perhitungan waktu awal jogja-batu 5,5 jam. Jadi kalau lancar kami sampai di hotel sekitar jam 12 atau jam 1 siang.

Rute Jogja – Batu Malang

Sebelum berangkat, ada dua pilihan rute yang mungkin kami lewati.

  1. Jogja – Tol Colomadu/Kartasura – Kertosono – Kandangan – Pujon – Batu (320 Km)

    Rute Jogja - Batu Malang
    Rute Jogja – Batu Malang keluar Tol Kertosono
  2. Jogja – Tol Colomadu/Kartasura – Sidoarjo – Malang (Full Tol sampai malang) – Batu (400 Km)

    Rute Jogja - Batu Malang via sidoarjo
    Rute Jogja – Batu Malang via sidoarjo

Jika melihat rute yang ada, sebelum berangkat aku sempat kepikiran untuk memilih rute 1, dengan resiko jalannya mungkin macet dan belok-belok belah hutan. Namun keuntungannya rutenya lebih pendek dan jarak tempuh kalau lancar bisa sama seperti lewat tol hingga malang. (bisa lebih ngirit biaya tol juga)

Rute 2 juga sebenarnya cukup menggiurkan, karena sudah pasti bebas hambatan, bebas lampu merah, bebas macet. Namun resikonya biaya tol lebih besar, jarak lebih jauh. (selisih 80 Km)

Gerbang Tol Colomadu
Gerbang Tol Colomadu

Setelah masuk tol Colomadu dan ada di sekitar ngawi, akhirnya kami memutuskan untuk memilih rute 1, keluar tol Kertosono dan menggunakan jalan raya biasa menuju batu. Keputusan yang sebenarnya lumayan spontan karena melihat sikon yang terjadi ketika di jalan.

Jalan Tol Colomadu ke arah timur itu sepi, tidak seramai jalan tol jawa arah barat. Lebih cepat buat ngantuk dan anak-anak cenderung lebih cepat bosan. Belum lagi karena kami berangkat jumat pagi, kemungkinan jalan akan sepi ketika akan masuk mendekati kota Batu (pas Jumatan).

Atas pertimbangan itu, akhirnya kami memutuskan untuk keluar tol Kertosono setelah melakukan perjalanan sekitar 242 Km.

Pilihan Rute Yang Tepat

Keputusan untuk mengambil rute 1 untuk lanjut lewat jalan raya Jombang – Kandangan – Pujon – Batu rupanya menjadi pilihan yang tepat.

Gerbang Tol Bandar Kertosono
Exit Tol Bandar Kertosono

Perjalanan dari Bandar Jombang hingga Batu sangat lancar. Kami keluar tol jam 10.05 WIB, sampai Kusuma Hotel Agrowisata jam 12.30 WIB.

Jadi bisa istirahat cari makan siang dulu, langsung lanjut Check-in.

Tarif Tol Colomadu – Kertosono 

Untuk tarif tol dari colomadu ke kertosono ini aku habis sekitar Rp. 196.000. Lumayan ngirit kalau dibanding dari Colomadu – Malang. hehe.

***

Nah, buat teman-teman yang mungkin ingin berwisata ke daerah Batu Malang dari arah Jogja/Solo, menurut pengalamanku jika berangkat pagi lebih enak pakai rute 1 keluar di tol Kertosono.

Selain Jaraknya lebih pendek, situasi jalan yang berbelok-belok di tengah hutan membuat suasana perjalanan lebih seru dan tidak membosankan. Namun, jika kamu berangkat sore atau malam, saran maskris sih lebih baik lewat tol saja sampai malang kota.

Semoga sedikit informasi rute perjalanan dari Jogja ke Batu Malang yang belum lama kami lakukan ini bisa memberikan pencerahan buat teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait