Pengalaman Update Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1

Pengalaman Update Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1

Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1 – Setelah cukup lama dijanjikan akan menerima update android 9 (Android Pie), akhirnya pada hari Rabu (29/5/2019) kemarin, ASUS Zenfone Max Pro M1 yang aku miliki mendapatkan update resmi dari ASUS Global.

Nah daripada banyak cerita soal fitur-fitur dari Android Pie yang udah banyak dibahas oleh para reviewer dan media daring, maka aku pengen lebih banyak sharing pengalaman update Android Pie di Asus Zenfone Max Pro M1 saja. Siapa tau membantu teman-teman yang juga sama-sama menggunakan salah satu smartphone gaming termurah dari ASUS ini.

MENANTI KEDATANGAN FIRMWARE ANDROID PIE

Untuk melakukan proses update dari Android 8.1 Oreo ke Android 9.0 Pie di Zenfone Max Pro M1 sebenarnya cukup mudah. Namun yang jadi masalah adalah sudah ada atau belum firmware updatenya di smartphone kita.

Kenapa aku bisa bilang seperti itu? Karena sebenarnya pemberian update Android Pie di Zenfone Max Pro ini dilakukan secara bertahap dan tidak serentak. 

Sebelum aku mendapatkan update tanggal 29 Mei kemarin, beberapa teman mengatakan jika mereka sudah mendapatkan pembaharuan OS di Zenfone Max Pro M1 pada tanggal 27 Mei. 

Kesimpulannya, kalau kamu belum dapat update, ya sabar saja. Pasti kebagian kok.

PROSES UPDATE FIRMWARE

Oke, sekarang lanjut ke proses update Android Pie yang aku lakukan kepada Zenfone Max Pro M1.

Download Firmware Lewat OTA

Aku melakukan update dengan mudah karena melalui Update OTA (Over-The-Air). Jika kami belum tahu cara update menggunakan OTA, kamu cukup masuk ke menu Settings > System > System updates

Setelah smartphone kita sudah ada updatenya, maka yang kita perlukan hanyalah menyiapkan koneksi yang stabil dan juga memory penyimpanan internal yang cukup untuk menampung file update.

Proses Downloading Data via OTA

Sebagai informasi, Update OTA Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1 kali ini memiliki nomor versi 16.2017.1905.053 dan berukuran sebesar 1.569 MB / 1.5 GB. Ukuran yang cukup besar. Karena memang update mayor. 😁

Setelah koneksi dan storage siap, maka kita cukup mengunduh firmware terbaru itu dengan menekan tombol Download Now.

Install Hingga Proses Finishing System Update

Tunggu hingga proses download selesai dan lanjutkan saja dengan proses instalasi.

Ada sedikit pengalaman yang cukup membuatku sedikit panik karena takut terjadi bootloop. 

Jadi setelah proses preparing update hingga menunggu proses instalasi selesai, kita akan diminta menunggu sedikit lama (kalau aku sih lebih dari 5 menit) dan hanya disuguhi oleh logo Loading ala Zenfone Max pro M1 ketika awal menyalakan smartphone. 

Panik dong, kalau bootloop berarti kemungkinan harus di hard reset dan membiarkan data sebelumnya hilang. Karena pada dasarnya nekat tanpa backup dulu. Wkwk.

Proses Instalasi dan Finishing Update Android Pie Zenfone Max Pro M1

Akhirnya setelah menunggu lama, popup system update successful muncul. Rasanya plong. Hehe..

Rupanya proses belum berhenti sampai notifikasi itu. Walaupun layar di smartphone kita sudah bisa digunakan, namun rupanya Zenfone Max Pro M1 masih melanjutkan  proses Finishing system update. 

Saranku lebih baik menunggu dulu sampai proses finishing system update selesai daripada smartphonenya ngelag dan sedikit macet.

Cek Versi OS Setelah Proses Update Selesai

Jika semua proses instalasi update OS selesai dengan baik, maka langkah terkakhir yang sebaiknya kita lakukan ada cek kebenaran dari versi OS yang sudah diupdate. 

Nah, untuk melihat versi OS di android Pie ternyata ada di bagian Settings > System > About Phone. 

Double tap pada bagian Android Version, maka akan muncul tampilan seperti gambarku ini.

Android Version Setelah Zenfone Max Pro M1 Berhasil Update

Dan ternyata hasilnya cocok sama info yang ada sebelum di update.

PENGALAMAN PERTAMA PAKAI ANDROID PIE ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Sama seperti kebanyakan orang yang sudah lama penasaran dengan suatu hal, kesan pertamaku setelah proses update selesai adalah ga sabar pengen cari tahu apa saja yang berbeda dengan versi sebelumnya.

Dan ini beberapa hal yang aku temukan dalam waktu 1 hari setelah ASUS Zenfone Max Pro M1 di update ke Android Pie.

TAMPILAN SEMAKIN MENARIK

Hal pertama yang langsung membuatku penasaran adalah sisi tampilannya. 

Gimana ga penasaran, jelas beda banget sama versi sebelumnya. Bahkan waktu mau cek android version aja sempat bingung sebentar. Tapi akhirnya ketemu juga tempatnya.

Secara umum, ada banyak sekali perubahan di bagian tata letak menu yang ada pada Android Pie. 

Home Button

Perubahan pertama yang ingin aku bahas adalah terkait dengan Home Button.

Tampilan awal ASUS Zenfone Max Pro M1 setelah diupdate Android Pie

Jika dibandingkan dengan versi oreo, home button yang ada pada versi Pie jauh lebih simple dan terlihat hanya seperti titik. Kalau pada versi Android oreo Zenfone Max Pro M1 kan kaya donat.

Notification Panel

Selain bagian home button bagian menu notification panel juga menarik. Dan langsung bisa kita lihat perbedaannya dengan versi sebelumnya.

Notification Panel Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1

Pada versi Android Pie, tampilan Notification Panel terkesan lebih modern dan eye cathing lengkap dengan tampilan icon yang baru.

Recent Apps Menu

Setelah itu, aku melanjutkan pengecekan ke bagian Recent Apps Button yang tepat berada di sebelah kanan home button.

Recent Apps Menu Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1

Ketika aku menekan tombol Recent Apps, tampilan multitasking apps yang muncul berbeda dengan versi sebelumnya.

Pada versi Android Pie kali ini aku merasa jika tampilannya lebih jelas dan tegas karena tidak menumpuk secara vertikal, namun tampilannya horizontal dan langsung memperlihatkan keseluruhan halaman aplikasi yang sedang kita buka.

Volume Information

Tampilan lain yang sebenarnya sudah banyak dibahas terkait dengan android Pie adalah pada bagian tampilan infomasi volume ketika kita menekan tombol volume.

Volume information display Android Pie Zenfone Max Pro M1

Pada versi Android Pie, tampilannya lebih menarik dan ada icon pengaturannya. Tidak seperti pada versi Android Oreo.

FITUR LEBIH OKE DAN KECE

Selain dari sisi tampilan, pembaharuan sistem operasi ini sudah pasti membawa perbaikan di banyak fitur.

Kalau ada yang tanya fitur apa saja yang aku temukan setelah update ke Android Pie, maka aku belum bisa banyak menjawab. Karena memang belum banyak fitur yang kutemukan. 

Walaupun demikian, setidaknya ada 3 fitur yang aku bisa temukan.

Fitur Notifikasi Aplikasi Pada Lock Screen

Jika kamu merupakan salah seorang pengguna smartphone Samsung seri A ataupun Seri S, mungkin fitur yang notifikasi yang muncul pada lock screen merupakan fitur yang sudah umum dan biasa.

Contoh Notifikasi WA yang muncul ketika smartphone dalam kondisi Lock Screen

Namun karena aku merupakan salah seorang pengguna smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1, maka munculnya notifikasi suatu aplikasi pada saat layar standby dan terkunci merupakan salah satu hal yang baru.

Menurutku ini unik, menarik dan cukup membantu ketika sedang sibuk dengan pekerjaan. Jadi nanti aku ga usah sering-sering buka smartphone, tapi aku udah tahu ada pesan WA, Isi Email dari siapa, ada promo apa dari aplikasi marketplace tanpa harus menyentuh smartphone.

Walau pesan notifikasi yang masuk cuma tampil beberapa detik, tapi bagiku fitur ini sangat membantu.

Fitur Auto Rotate 

Aku itu paling malas mengaktifkan fitur auto rotate di semua smartphone yang aku gunakan. Ga tau kenapa dari dulu aku lebih suka memilih menggunakan mode portrait daripada landscape.

Auto Rotate Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1

Nah, ketika aku sedang melihat foto lewat aplikasi galeri dan tidak sengaja smartphoneku terlepas dari tangan dan jatuh di atas Kasur, tiba-tiba aku menemukan satu icon rotate tepat di sebelah recent apps button.

Setelah aku tekan icon rotate tersebut, ternyata tampilan foto yang tadi ada diposisi portrait berubah menjadi landscape walaupun icon di navigation panelku auto rotatenya Off.

Dengan adanya fitur ini akan sangat membantu bagi pengguna sepertiku. Karena secara tidak langsung akan bisa lebih mudah menyesuaikan tampilan layar ketika sedang membuka sebuah aplikasi baik aplikasi foto, video maupun aplikasi lainnya.

Fitur USB Preferences

Berbeda dengan versi android sebelumnya yang hanya memiliki 3 fungsi USB Preferences, maka pada versi Android Pie, ASUS Zenfone Max Pro M1 memberikan 5 pilihan fungsi yang meliputi File Transfer, USB Tethering, MIDI, PTP dan No data transfer.

USB Preferences Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1

Oh iya, ngomong-ngomong MIDI dan PTP itu apaan to? Aku baru denger dan belum tahu nih.

Fitur Split Screen

Berhubung banyak pertanyaan tentang hilangnya fitur split screen setelah update Android Pie, maka aku sudah menuliskan caranya menggunakan fitur split screen ASUS Zenfone Max Pro M1 setelah Update Pie di artikel di bawah ya.. Semoga membantu..

URL Link : https://maskris.id/cara-split-screen-asus-zenfone-max-pro-m1-setelah-update-android-pie/

***

Mungkin itu sedikit cerita pengalaman update Android Pie ASUS Zenfone Max Pro M1. Kalau kamu pengguna Zenfone Max Pro M1 dan sudah update juga, boleh dong share info pengalamanmu. Siapa tau bisa kasih lebih banyak info buat temen-teman lain. 😁

@maskris_id

Share this article

Recent posts

135 COMMENTS

  1. Mas mau tanya, kok saya setelah update gak ada pop up notifikasi aplikasi sama sekali ya? Baik chatying, e-mail, game? Cara ubah nya biar ada pop up gimana ya?

  2. kek nya masih banyak bug deh , soalnya buat menjalankan aplikasi tertentu gabisa(selalu kembali ke page awal aplikasi nya) buat pubg dan mobile legend klo mau gabti profil atau buka pop up in game malah ke restart game nya buat charge juga jadi lama banget, kepala charge ga panas, solusi nya gimana ya gan

    • Udah coba registrasi ulang fingerprint lewat Setting > Security & Location > Fingerprint?? kalau memang sudah coba tapi gagal, kayanya harus menunggu patch update gan..

    • masuk ke Settings > Security & Location > Lock Screen > Lock Screen Preferences. Nah nanti di bagian “On Lock Screen” pilih yang “Show All Notification Content

  3. Kalo punya saya setelah di update, pas keadaan di lock dan di geser keatas buat buka melalui pin malah ga bisa jadi black screen gitu
    Kenapa ya?

  4. Selepas saya update ke android Pie, mengapa data saya tidak berfungsi? Saya ada koneksi data yang bagus. 4G pula itu. Tetapi internet tidak berjalan. Saya terpaksa menggunakan wifi untuk menggunakan internet. Data saya tidak berfungi.

  5. Setelah di upgrade ke pie setiap menghidupkan awal ada notifikasi “jaringan ini tidak mendeteksi tanggal dan waktu secara otomatis” bang ini bug atau gmn ya? setelah di update jadi begini? Tolong dibantu dijawab?

  6. barusan update ke android pie, malah jadi agak lemot saat membuka aplikasi ada jeda beberapa detik dibandingkan dengan sebelumnya. beberapa aplikasi juga sulit diakses dan berujung error

  7. Setelah update kenapa hp saya sering restart ya kak, mohon info apa saya saja yg mengalami atau ada juga temen2 yg lain, mohon solusi terima kasi.

  8. Bang, hari minggu kemaren saya update pie. Barusan seluruh kontak telpon saya hilang scr tiba2. Tp chat whatsapp dan history tlp ga ilang.. Kira2 ada hbunganny dg update pie ga ya? Tau ga gmn cara ngembaliinnya?

  9. Mau nanya, setelah diupgrade ke pie, koq layar jadi kedap kedip ya?apa upgradenya kurang sempurna smpai layarnya kek gitu atau ada hal yg lain ya?jadinya pd touchcreennya gak bs dipake krn layar kedap kedip trus. Mohon solusi dan bantuannya segera..trims

  10. Kok setelah update, sinyalnya kurang lancar yah? Terutama kalau lagi gaming. Bang bisa tau apa kendalanya? Karena kemarin saat masih OS. Oreo, sinyal ok aja

  11. Pas udah update ke Android 9, data ku gak bisa dipake. Untk sosmed sih bisa tapi kalo untk browsing Utube dll tuh gak bisa, padahal jaringannya bagus. Kirain sim nya yg brmasalah, sampe” nanya ke call center tapi hasilnya nihil. Nah setelah berputar” di Setelan, aku nemuin tuh *Setel ulang jaringan, data seluler* dan akhirnya ploooong

  12. awal ke pie 053 dari oreo 340 aman2 aja . tapi seminggu terakhir ini baru ngeh kalo hp dimatiin malem , subuh/paginya baterainya ngurangin . tadi malem pas matiin baterai 100% , subuh tadi tinggal 93% , kemarin posisi di 96% matiin hp , pas nyalain lahi tinggal 88% . padahal di oreo ga pernah kejadian gitu . dan per hari ini recent apps ga bisa/ga mau muncul . udah wipe cache juga tetep . mudah2an ada update lagi . soalnya nyari solusi ga ada pencerahan

  13. maskris, setelah max pro m1 saya update ke pie ada sejumlah masalah:
    1. baru-baru ini pas lagi buka IG kadang tiba-tiba restart atau gak tentu aplikasinya yang buat restart
    2. auto brightness waktu di oreo masuk kedalam kamar beneran bisa sampe redup tapi setelah pie masih terang
    3. sinyal 4G gak bisa full padahal kartu saya si merah

    • beberapa masalahnya sama kaya yang aku alami gan.. kayanya emang masalah dari firmwarenya.. teruma di bagian sinyal sama auto brightnessnya.. kalau restart sendiri, aku ga ngalami soalnya…

  14. bang, Asus zenfon max pro M1 punya ku udah di updete pie, tapi masalahnya kenapa bisa restar sendiri ?
    kadang sehari bisa 2x – 4x restar sendiri, kenapa yah bang ?

  15. Ada masalah di penyimpanannya (storage), setelah di upgrade ke pie, jadi gak bisa konek ke pc sebagai storage ……

  16. Setelah update ke pie, hp saya sering tidak dapat menjawab telpon masuk (layar terima telpon tidak ada) hanya ada bunyi dering masuk tapi tidak ada layar untuk swipe terima telpon.. apa saya kembalikan saja ke reset pabrik?

  17. Bang kok setelah sya update layar nya jdi gk berfungsi sma sekali yah, jdi gk bsa di mainin hp nya gitu loh, yg berfungsi cuman tombol volume