Traveloka Xperience – Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan Oktober tahun 2019, yang artinya perjalanan kita di tahun ini sudah hampir mencapai ujung. Masa liburan natal dan tahun baru seakan sudah mulai menyambut.

Ngomong-ngomong soal liburan, aku selalu teringat dengan aplikasi yang namanya Traveloka.

Bukan tanpa alasan kenapa Traveloka itu selalu datang menghantuiku ketika musim liburan tiba.  Aplikasi yang merupakan salah satu startup dengan status Unicorn di Indonesia itu sudah cukup lama membantuku dalam merencanakan liburan bareng keluarga.

Hampir setiap tahun kami menggunakan Traveloka untuk mencari tempat menginap.

Villa Aquin Colomadu
Nginep di Villa Aquin Colomadu

Dua tahun lalu, ketika kami bersama keluarga berlibur ke Solo – Tawangmangu, Traveloka telah mengantarkan kami untuk singgah ke sebuah villa keren yang namanya Villa Aquin Colomadu.

Beberapa bulan lalu, ketika kami butuh transit beberapa jam di Bali sebelum kembali ke Yogyakarta lewat Bandara Intenasional I Gusti Ngurah Rai, Traveloka juga membawa kami ke sebuah guest house kecil nan nyaman dekat Bandara yang bernama Praba Guest House.

Praba Guest House
Keenan Di Dekat Jendela Kamar Praba Guest House

Kemudahan demi kemudahan yang diberikan oleh Traveloka ketika akan membeli tiket dan memesan tempat menginap membuat rencana liburan selalu terasa lebih menyenangkan. Belum lagi banyak promo yang diberikan, semakin membuat Traveloka menjadi salah satu aplikasi wajib yang terinstal di smartphoneku.

Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan akan liburan rupanya tidak hanya terbatas pada tiket, transportasi dan penginapan. Kebutuhan akan akses mendapatkan info tempat wisata dan oleh-oleh khas dari suatu daerah juga seringkali menjadi hal yang sering dibutuhkan oleh para wisatawan.

Lagi-lagi Traveloka melihat permasalahan pelanggan akan kebutuhan mendapatkan info-info kebutuhan traveling mulai dari info tempat hingga oleh-oleh tersebut dengan sesuatu yang keren dan elegan. Mereka mengeluarkan produk dan layanan yang bernama Traveloka Xperience.

Apa itu Traveloka Xperience

Berdasarkan informasi yang aku baca dari situs resmi Traveloka, Traveloka Xperience merupakan salah satu produk terbaru dari Traveloka yang baru diperkenalkan di tahun 2019 ini.

Pada dasarnya, Traveloka Xperience merupakan produk dan layanan yang diberikan oleh Traveloka untuk melengkapi kebutuhan travel dan lifestyle yang sebelumnya telah mereka miliki.

Traveloka Xperience
Traveloka Xperience

Melalui Traveloka Xperience, kita bisa menemukan berbagai jenis produk dan aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara mulai dari atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, serta kursus & workshop.

Selain itu Traveloka Xperience juga akan membantu kita untuk dapat menikmati ribuan pilihan pengalaman wisata di seluruh dunia yang didukung oleh metode pembayaran yang beragam, proses pemesanan cepat dan praktis serta customer service yang siap membantu 24 jam.

Untuk semakin memberikan gambaran tentang Traveloka Xperience, mungkin kamu bisa lihat dulu video berikut:

 

Layanan Aktivitas Traveloka Xperience

Ada 12 layanan aktivitas yang diberikan Traveloka Xperience kepada para penggunanya. Nah kali ini aku mau coba kasih sedikit info tentang masing-masing produk tersebut.

Aktivitas Traveloka Xperience
Daftar Aktivitas Traveloka Xperience

Atraksi

Produk ini menyediakan tiket masuk ke berbagai wahana rekreasi dalam dan luar negeri dengan fasilitas Easy Access yang memudahkan kita untuk memasuki langsung tempat atraksi tanpa harus mengantre panjang di loket penjualan tiket.

Berhubung aku ada di Yogyakarta, maka aku mau sedikit melihat pilihan atraksi apa saja yang disediakan oleh Traveloka Xperience saat kita berada di Yogyakarta. (5 Oktober 2019)

Atraksi Traveloka Experience
List Atraksi Traveloka Experience Yogyakarta

Bioskop

Produk kedua dari Traveloka Xperience yang bagiku sangat menarik dan akan cukup membantu penggunanya yang punya hobi nonton di Bioskop adalah produk Bioskop.

Sesuai dengan namanya, Bioskop dari Traveloka Xperience merupakan produk yang akan membantu kita saat memesan tiket menonton di Bioskop, mulai dari memilih kursi hingga proses pembayarannya.

Walaupun cukup membantu, namun ternyata belum semua bioskop yang ada di Yogyakarta dapat melayani pemesanan tiket melalui Traveloka Xperience.

Bioskop Traveloka Xperience
List Bioskop Jogja di Traveloka Xperience

Dari daftar bioskop yang aku coba akses lewat aplikasi Traveloka mobile, hanya terdapat 4 bioskop saja yang sudah mendukung produk Bioskop dari Traveloka Xperience seperti CGV Hartono Mall, CGV JWalk Mall, CGV Transmart Maguwo dan Cinemaxx Lippo Plaza Yogyakarta.

Event

Produk event merupakan salah satu layanan dari Traveloka Xperience yang bisa kita gunakan untuk memesan berbagai event atau acara seperti menonton konser musisi idola, menyaksikan pertunjukkan teater berkelas, menghadiri pameran seni di museum favorit, atau bersorak mendukung pembalap Formula 1 langsung dari tribun sirkuit, semua bisa dilakukan dengan memesan tiket pada fitur Event di Traveloka Xperience.

Karena produk ini merupakan produk yang menyesuaikan dengan event yang ada, maka kamu harus sering-sering melihat info dan promonya di aplikasi Traveloka.

Hiburan

Produk atau layanan selanjutnya dari Traveloka Xperience adalah fitur Hiburan. Dengan fitur ini kita bisa melihat aneka pilihan aktivitas mulai dari karaoke, escape room, hingga ice skating di kota-kota populer Indonesia.

Baca Juga:   The World Landmarks Merapi Park, Objek Wisata Baru di Yogyakarta

Untuk di Yogyakarta sendiri ada beberapa tempat Hiburan yang sudah didukung oleh Traveloka Xperience seperti Jungle Paintball Jogja dan Nav Family Karaoke Jogjakarta.

Hiburan Traveloka Xperience
List Hiburan Jogja di Traveloka Xperience

Olahraga

Berolahraga ditengah liburan rupanya juga menjadi perhatian dari Traveloka. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya fitur Olahraga di Traveloka Xperience.

Dengan fitur ini, nantinya pengguna dapat memesan tiket untuk melakukan olahraga seperti berenang, fitness, rafting, panjat dinding, bela diri, hingga loncat trampolin dengan mudah.

List Olahraga Jogja di traveloka Xperience
List Olahraga Jogja di Traveloka Xperience

Nah, kalau di Yogyakarta sendiri belum banyak tempat olahraga yang bisa dipilih melalui aplikasi ini. Aku hanya menemukan setidaknya ada 3 tempat yang tersedia seperti Goa Pindul, EMS (Electro Musche Stimulation) di 20Fit Jogja dan berenang di Melia Purosani Hotel.

Spa & Kecantikan

Fitur Spa & kecantikan tidak boleh lepas dari kegiatan liburan. Wajar jika banyak hotel dan penginapan yang menyediakan tempat spa. Namun jika kamu ingin menikmati pengalaman baru saat memanjakan tubuh di sela-sela liburan, maka kamu perlu coba fitur Spa & Kecantikan dari Traveloka Xperience.

Layanan Spa & Kecantikan di Traveloka Xperience meliputi rias wajah, perawatan kuku, potong dan cat rambut, hingga pijat relaksasi.

Untuk pilihan tempat Spa & Kecantikan di Yogyakarta yang didukung Traveloka sendiri sudah cukup banyak. Saking banyaknya, aku malas tulis di sini. So, langsung cek aplikasinya saja ya.. hehe

Taman Bermain

Fitur selanjutnya yang cukup membantu aku untuk mengisi waktu liburan akhir minggu bareng keluarga adalah Taman Bermain.

Dengan menggunakan Traveloka Xperience, aku bisa memesan tiket jauh-jauh hari dan pastinya akan mendapatkan tempat yang cocok dan sesuai dengan keinginan keluarga.

Taman Bermain Traveloka Xperience
List Taman Bermain Jogja di Traveloka Xperience

Tur

Traveloka semakin memanjakan penggunanya yang tidak mau repot menghabiskan waktu liburannya lewat fitur Tur dari Xperience.

Fitur Tur ini nantinya dapat membantu para traveler yang tidak terbiasa menyiapkan detail agenda perjalanan. Kamu nanti cukup memilih paket tur yang diinginkan. Mulai dari tur wisata alam, seni dan budaya, darmawisata hingga tur kuliner.

Tur Traveloka Xperience
List Tur Jogja di Traveloka Xperience

Kalau kamu mau berlibur ke Yogyakarta, kamu akan menemukan banyak sekali pilihan tur menarik. Maklum, Yogyakarta adalah salah satu kota yang memang cukup terkenal dengan pariwisatanya. Fitur Tur ini bisa membuat liburan kita maksimal dengan waktu yang efisien. 😀

Pelengkap Travel

Fitur selanjutnya dari Traveloka Xperience yang cukup membantu ketika kita sedang traveling adalah fitur Pelengkap Travel.

Dengan menggunakan fitur ini kita bisa mendapatkkan tiket rental, layanan bandara dan layanan fotografi di tempat wisata dengan mudah.

Pelengkap travel traveloka Xperience
List Pelengkap Travel Jogja di traveloka Xperience

Makanan & Minuman

Fitur dari Traveloka Xperience yang cukup menarik buatku adalah fitur Makanan & Minuman.

Aku suka fitur ini bukan karena aku senang makan atau kuliner di suatu daerah ya, tapi aku suka dengan konsep yang diangkat.

Sudah menjadi hal yang umum, jika kita berlibur akan pulang dengan membawa oleh-oleh. Nah, masalah yang terjadi adalah untuk mendapatkan oleh-oleh di tempat favorit itu sering kali kita malas dalam hal mengantri untuk membayar produk.

Beruntung Traveloka Xperience memiliki fitur makanan dan minuman yang akan membantu kita untuk memesan oleh-oleh dan juga pengalaman makan unik di suatu daerah tanpa perlu repot mengantri. Pembayaran bisa dengan menggunakan voucher dari Traveloka Xperience.

Makanan & Minuman Traveloka Xperience
List Makanan & Minuman Jogja di Traveloka Xperience

Kursus & Workshop

Setiap daerah wisata biasanya memiliki tempat workshop, entah itu workshop untuk belajar kebudayaan daerah atau terkait dengan kesenian yang ada.

Adakalanya, orang-orang yang sedang berwisata sering penasaran dan ingin coba mengikuti kursus kilat dan workshop yang ada, namun keterbatasan waktu dan juga antrian pendaftaran yang panjang sering membuat kita mengurungkan niat untuk ikut kegiatan yang ada.

Dengan Traveloka Xperience, sekarang kita bisa dengan mudah mengikuti kursus dan workshop di daerah wisata. Untuk di daerah Yogyakarta sendiri sekarang sudah ada 2 kursus dan workshop yang bisa dipilih, seperti:

  1. Global Art Adisucipto
  2. Silver Jewellery Class di Borobudur Silver Kotagede

Transportasi

Fitur terakhir yang dimiliki oleh Traveloka Xperience yang sebenarnya sangat membantu ketika kita sedang liburan ke luar negeri adalah Transportasi.

Dengan Traveloka Xperience kita bisa dimudahkan ketika akan membeli tiket transportasi umum di luar negeri mulai dari tiket elektronik hingga layanan antar jemput dengan mobil sewaan.

Sayang, fitur ini akan cukup optimal ketika digunakan di luar negeri, karena di dalam negeri hanya bisa kita gunakan ketika liburan ke Bali saja. Sedangkan ketika ketempat wisata lain, belum bisa.

Kelebihan Traveloka Xperience

Setelah mengetahui beberapa info terkait tentang Traveloka Xperience, maka aku ingin mencoba untuk merangkum sedikit kelebihan dari produk ini.

keunggulan traveloka xperience
Keunggulan traveloka xperience

Menurut situs resmi Traveloka Xperience, ada 4 keunggulan yang mereka berikan:

  1. Ribuan Pengalaman di Seluruh Dunia untuk Semua Minat Anda
    • Dengan adanya 12 aktivitas yang diberikan, maka akan muncul ribuan pengalaman yang bisa dinikmati oleh para penggunanya mulai dari konser, film, spa, taman hiburan, hingga tur wisata dan beragam aktivitas lain. Dengan Traveloka Xperience, pengguna akan sangat terbantu ketika sedang merencanakan liburan.
  2. Bebas Pilih Cara Pembayaran
    • Tersedia berbagai pilihan cara pembayaran sesuai kebutuhan. Mulai dari transfer bank hingga mengunakan travelokaPay dapat dipilih oleh penggunanya. Dengan adanya fitur ini, pengguna bebas atur pembayaran kemudian.
  3. Pesan Cepat & Praktis dimana pun, kapan pun
    • Kemudahan yang paling aku suka dari Traveloka Xperience adalah kepraktisannya untuk bisa mendapatkan tiket dan voucher. Bahkan adanya Traveloka Easy Access membuat kita bisa bebas antre di atraksi pilihan. Benar-benar menyenangkan.
  4. Selalu Bebas Cemas
    • Dukungan dari customer service 24 jam yang siap membantu dan menemani kita akan semakin membuat kita lebih nyaman dan tenang ketika sedang menjalani aktivitas liburan dengan Traveloka Xperience. 

Kekurangan Traveloka Xperience

Walaupun menurutku cukup banyak membantu para penggunanya ketika sedang merencanakan liburan, namun Traveloka Xperience juga masih memiliki kekurangan. Dan berikut ini beberapa kekurangan dari produk ini.

  • Jenis produk dan aktivitas yang ditawarkan masih terbatas (belum terlalu banyak pilihannya)
  • Potongan harga banyak yang tidak jauh berbeda dengan harga aslinya. haha
Baca Juga:   Pengalaman Pertama Merasakan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Pengalaman menggunakan Traveloka Xperience

Setelah aku cukup banyak membahas tentang Traveloka Xperience di awal tulisan ini, maka kurang afdol kalau aku tidak menceritakan pengalamanku ketika menggunakan Traveloka Xperience.

Jujur aja, menggunakan Traveloka Xperience ini menjadi salah satu #XperienceSeru yang pernah aku alami selama menggunakan aplikasi dari Traveloka.

***

Awal Kenal

Akhir bulan september lalu aku sedikit penasaran dengan apa yang sedang dibicarakan oleh teman-temanku di dalam WhatsApp Group. Setelah aku cermati pelan-pelan, ternyata mereka sedang membicarakan tentang salah satu produk baru dari Traveloka yang bernama Traveloka Xperience.

Karena semakin penasaran, maka aku sempat membuka aplikasi Traveloka yang ada smartphoneku. Benar saja ada sesuatu yang baru dari aplikasi Traveloka yang sudah lama tidak kubuka.

Saat itu, aplikasi Traveloka hanya aku buka dan tidak aku gunakan. Namun karena semakin banyak teman yang menceritakan pengalamannya menggunakan Traveloka Xperience, aku jadi semakin penasaran dan ada keinginan untuk mencoba salah satu aktivitas yang ada di produk terbaru dari Traveloka tersebut.

***

Coba Pesan Oleh-Oleh

Senin sore sepulang kerja, aku benar-benar penasaran dengan Traveloka Xperience. Sekitar jam 5 sore, aku iseng untuk mencari aktivitas menarik yang mungkin bisa aku pilih untuk dijadikan bahan ujicoba dari pengalaman seru lain di kemudian hari saat menggunakan Traveloka Xperience.

Coba Traveloka Xperience
Coba Traveloka Xperience

Dari sekian banyak aktivitas yang ada di Traveloka Xperience, sore itu aku cukup tertarik dengan yang aktivitas Makanan & Minuman. Bukan karena aku suka makan, tapi karena aku melihat ada kemudahan yang diberikan untuk mendapatkan oleh-oleh dari suatu tempat wisata yang kita pilih.

Tanpa berpikir panjang, aku mulai mencoba untuk memesan oleh-oleh dari toko yang ada di aktivitas makanan & minuman. Berhubung Yogyakarta itu oleh-oleh khasnya adalah Bakpia, maka aku mantap untuk memesan bakpia di toko Bakpiapia Kaliurang.

***

Proses Pesan Oleh-Oleh

Secara proses, rupanya cukup mudah dan mirip dengan proses ketika kita biasa memesan tiket hotel, kereta api ataupun pesawat.

Cara Pesan Traveloka Xperience
Cara Pesan Oleh-Oleh Traveloka Xperience

Menurut pengalamanku saat memesan oleh-oleh kemarin, ada 5 tahapan utama yang harus kita lakukan saat menggunakan Traveloka Xperience:

  1. Buka Aplikasi Traveloka
  2. Pilih Aktivitas Makanan & Minuman
  3. Cari Voucher yang tersedia
  4. Isi Data Pelanggan & lakukan Pembayaran
  5. Tunggu Konfirmasi & Ambil Voucher

Kalau 5 langkah tersebut sudah selesai, maka langkah selanjutnya tinggal ambil paket oleh-oleh yang sebelumnya sudah kita pesan. Cukup mudah dan praktis.

Oh iya, buat info dan perbandingan harga. Saat kemarin aku memesan satu paket Bakpiapia Blastmix (isi 12) dengan menggunakan Traveloka Xperience, aku hanya perlu menebusnya dengan harga Rp. 40.105. Padahal kalau kita datang langsung ke toko/outlet Bakpiapia, kita harus membayar Rp. 45.000 untuk satu paket Bakpiapia Blastmix.

Ternyata menggunakan Traveloka Xperience dalam memesan bakpia kemarin telah membuatku hemat hampir Rp. 5000. Benar-benar pengalaman yang menyenangkan.

Voucher Traveloka Xperience
Bukti Bayar & Voucher Traveloka Xperience

***

Ambil Paket Oleh-Oleh

Tidak lama setelah aku membayar dan mendapatkan voucher untuk mengambil bakpia blastmix, aku meluncur ke toko bakpiapia yang ada di jalan kaliurang.

Sesampainya di kasir, aku hanya menunjukkan voucher yang telah aku peroleh sebelumnya untuk mengambil pesanan. Tidak perlu pakai antri. Ternyata menggunakan Traveloka Xperience itu benar-benar praktis dan nyaman.

Ambil Pesanan Traveloka Xperience
Ambil Pesanan Traveloka Xperience

***

Kesimpulan

Dari pengalamanku memesan oleh-oleh lewat Traveloka Xperience, aku bisa mengatakan jika apa yang dilakukan oleh Traveloka ini merupakan salah satu solusi dan juga inovasi yang bagus untuk membantu para wisatawan dalam mendapatkan oleh-oleh yang diinginkan. Namun, sayangnya jumlah pilihan oleh-oleh yang saat ini ada masih terbatas.

Namun melihat track record dari Traveloka yang selalu memberikan peningkatan-peningkatan dari banyak sisi, sepertinya ke depan pilihan oleh-oleh yang ada di aktivitas makanan & minuman akan terus bertambah banyak dan pastinya akan menjadi #XperienceSeru bagi kita semua yang sedang berlibur ke suatu tempat.

***

Semoga sedikit informasi dan pengalamanku ketika memesan oleh-oleh dengan menggunakan Traveloka Xperience ini bisa membantu dan bermanfaat ya. Sebagai bonus dan penutup dari pengalaman seruku kemarin, aku kasih video caraku memesan oleh-oleh pakai Traveloka Xperience ya. 😀

Karena jaman sekarang itu hampir semua aktivitas bisa kita rencanakan dan kita kontrol dalam satu genggaman.

Jadi kalau cari dan pesan pengalaman apa saja, ya mending cobain traveloka dulu deh..

“Traveloka dulu, pengalaman apa aja kemudian.”

 

*) Artikel ini diikutkan dalam #TravelokaBlogContest2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.