Menjaga Tubuh Saat Pandemi Dengan Makanan Anti Inflamasi

-

Menjaga Tubuh Saat Pandemi Dengan Makanan Anti Inflamasi

Anti inflamasi – Masa pandemi merupakan salah satu masa yang benar-benar membuat kita harus lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Aktivitas dan tingkat stress yang tinggi seringkali membuat fisik dan pikiran kita lelah.

Dalam masa pandemi covid-19 kali ini, aku sendiri beberapa kali merasa jika kondisi tubuh mengalami beberapa masalah mulai dari perut sering kembung, sering sariawan, mengalami radang tenggorokan hingga sering pusing.

Beruntung aku memiliki istri yang memiliki background kesehatan. Setelah mendiskusikan tentang apa yang aku rasakan terkait kondisi fisik tubuhku, ia menyarankan aku agar mencoba untuk tetap mengkonsumsi vitamin baik melalui makanan ataupun obat anti inflamasi.

Apa itu Anti Inflamasi

Bagi seorang awam seperti diriku ini, mendengar kata anti inflamasi itu rasanya sangat membingungkan. Namun setelah mendapat penjelasan singkat sambil membuka wikipedia, rupanya inflamasi sendiri merupakan “bahasa keren” dari peradangan.

Di sana dikatakan bahwa radang atau inflamasi adalah respons dari suatu organisme terhadap patogen dan alterasi mekanis dalam jaringan, berupa rangkaian reaksi yang terjadi pada tempat jaringan yang mengalami cedera, seperti karena terbakar, atau terinfeksi. Wah, bahasanya medis sekali. Haha..

Jika inflamasi berarti radang, maka anti inflamasi sudah pasti lawan dari radang atau obat yang dapat menghilangkan radang yang disebabkan bukan karena mikroorganisme (non infeksi), namun yang timbul sebagai respon cedera jaringan dan infeksi.

Makanan Anti Inflamasi

Untuk membuat tubuh kita tetap terjaga dan bisa terhindar dari peradangan, maka kita benar-benar perlu memperhatikan pola makan kita setiap harinya.

Makanan yang tepat dan bernutrisi mampu membuat tubuh kita tetap fit dan bisa mencegah peradangan pada tubuh.

Kira-kira makanan seperti apa sih yang bisa dikategorikan sebagai anti inflamasi?

Yuk, kita coba bahas di sini.

Sayuran

Makanan yang paling mudah kita gunakan sebagai anti inflamasi adalah sayuran. Sudah menjadi hal yang umum jika sayuran merupakan makanan yang tinggi akan serat, rendah lemak dan merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga efektif mengurangi peradangan.

makanan anti inflamasi
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

Recent posts

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here