Tips Mengambil Kartu Identitas Anak (KIA) Di Dukcapil Sleman

-

“Membuat Kartu Identitas Anak itu ternyata tidak sulit. Yang sulit, cuma nungguin kapan kartunya selesai di cetak. ” – maskris @2018

***

Masih ingat dengan kata-kata di atas? Ya, kata-kata itu sempat aku tulis dalam artikel “Cara Membuat KIA (Kartu Identitas Anak) Di Dukcapil Sleman” pada bulan Februari 2018 lalu.

TANDA BUKTI PENERIMAAN BERKAS KARTU IDENTITAS ANAK

Tepat pada tanggal 22 Februari 2018, aku coba datang ke dinas dukcapil kabupaten Sleman untuk mengurus pembuatan KIA untuk Aileen dan Keenan. Pulang dari dinas dukcapil, aku mendapatkan tanda bukti penerimaan dokumen.

Kartu Identitas Anak

Kartu Identitas Anak
Pengumuman pengambilan KIA Reguler

Pada halaman pengumuman pengambilan KIA akan muncul tulisan seperti ini:

“Diberitahukan kepada masyarakat yang sudah melakukan pengajuan Kartu Identitas Anak (KIA) reguler, bahwa pengambilan bisa dilakukan sesuai dengan jadwal dibawah ini, sedangkan untuk pengajuan KIA kolektif akan diberitahukan melalui sms kepada penanggungjawab KIA kolektif.”

Tidak ada yang salah dengan informasi tersebut. Hanya saja sebagai seorang yang juga mengelola website dengan menggunakan cms WordPress aku kok sedikit malu dan kasihan sama adminnya ya.. (No Offense)

Menurutku, jadwal yang diberikan membingungkan dan kurang informatif. Kenapa aku bilang begitu?

  1. Jika aku seorang awam, aku mungkin tidak akan terlalu menyadari ada pages di halaman tersebut.
  2. Mbok yo pakai plugin sorting table, biar bisa diurutkan dan dilihat berdasarkan tanggal pengambilan. Itu Plugin juga gratis.
  3. Kalau tetap mau seperti itu (tanpa plugin sorting), mbok diurutkan berdasarkan tanggal pengambilan terkini. Biar terlihat update gitu lho.
  4. Updatenya datanya juga menurutku lama. Seakan memberikan PHP kepada pemohon KIA.

Akh sudahlah. Aku ga mau banyak komentar lagi soal ini. Kalau dibaca sama admin dukcapil sleman ya syukur, ga juga gapapa.

JADWAL PENGAMBILAN KARTU IDENTITAS ANAK TIDAK SESUAI JANJI

Setelah berkali-kali cek di situs dukcapil yang membingungkan, akhirnya jadwal pengambilan KIA untuk Aileen dan Keenan muncul. Ya, muncul di halaman 4 artikel dengan judul “Pengumuman Pengambilan KIA Reguler

Jadwal Pengambilan KIA
@maskris_idhttps://www.maskris.co.id
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

Recent posts

7 COMMENTS

  1. Wah, udah jadi ya. punya saya entah jadinya kapan, soalnya pengajuannya baru bulan Juli kemarin. Mungkin sekitar bulan januari-februari ya. Hiks…. di tempat kerja saya, kartu berobat pasien baru langsung jadi setelah data diinput. wkwkwkwk

  2. Iya di sleman lama bgt mas.sy masukin berkas bulan lalu.dulu pas bkin akta lahir anak gk skalian dikasih KIA karna alasannya sy telat ngurus aktanya.pdhal temenku ngurus di kodya cuma 2 hari langsung jadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here