Kartu Identitas Anak

Tips Mengambil Kartu Identitas Anak (KIA) Di Dukcapil Sleman

“Membuat Kartu Identitas Anak itu ternyata tidak sulit. Yang sulit, cuma nungguin kapan kartunya selesai di cetak. ” – maskris @2018

***

Masih ingat dengan kata-kata di atas? Ya, kata-kata itu sempat aku tulis dalam artikel “Cara Membuat KIA (Kartu Identitas Anak) Di Dukcapil Sleman” pada bulan Februari 2018 lalu.

TANDA BUKTI PENERIMAAN BERKAS KARTU IDENTITAS ANAK

Tepat pada tanggal 22 Februari 2018, aku coba datang ke dinas dukcapil kabupaten Sleman untuk mengurus pembuatan KIA untuk Aileen dan Keenan. Pulang dari dinas dukcapil, aku mendapatkan tanda bukti penerimaan dokumen.

Kartu Identitas Anak

Tanda Bukti Penerimaan Permohonan KIA

Dari tanda bukti penerimaan permohonan KIA yang aku dapatkan, ada informasi yang diberikan oleh petugas berupa cap tanggal pembuatan KIA dan alamat web www.dukcapil.slemankab.go.id untuk melakukan pengecekan apakah KIA sudah bisa diambil atau belum.

WAKTU PENGAMBILAN KARTU IDENTITAS ANAK YANG DIJANJIKAN

Ketika sudah mendapatkan tanda bukti penerimaan permohonan KIA, ada satu hal yang cukup disayangkan menurutku. Di sana tidak dituliskan tanggal pengambilannya. Salah satu hal yang sangat penting untuk dapat memberikan kepastian kepada pemohon. Walaupun demikian, petugas sempat mengatakan jika kemungkinan KIA anak-anakku akan selesai pada bulan Mei 2018.

CEK WEB DUKCAPIL SLEMAN

Memasuki bulan Mei, aku coba mengakses web dukcapil sleman. Hasil yang aku dapatkan cukup mencengangkan.

Kartu Identitas Anak

Pengumuman pengambilan KIA Reguler

Pada halaman pengumuman pengambilan KIA akan muncul tulisan seperti ini:

“Diberitahukan kepada masyarakat yang sudah melakukan pengajuan Kartu Identitas Anak (KIA) reguler, bahwa pengambilan bisa dilakukan sesuai dengan jadwal dibawah ini, sedangkan untuk pengajuan KIA kolektif akan diberitahukan melalui sms kepada penanggungjawab KIA kolektif.”

Tidak ada yang salah dengan informasi tersebut. Hanya saja sebagai seorang yang juga mengelola website dengan menggunakan cms WordPress aku kok sedikit malu dan kasihan sama adminnya ya.. (No Offense)

Menurutku, jadwal yang diberikan membingungkan dan kurang informatif. Kenapa aku bilang begitu?

  1. Jika aku seorang awam, aku mungkin tidak akan terlalu menyadari ada pages di halaman tersebut.
  2. Mbok yo pakai plugin sorting table, biar bisa diurutkan dan dilihat berdasarkan tanggal pengambilan. Itu Plugin juga gratis.
  3. Kalau tetap mau seperti itu (tanpa plugin sorting), mbok diurutkan berdasarkan tanggal pengambilan terkini. Biar terlihat update gitu lho.
  4. Updatenya datanya juga menurutku lama. Seakan memberikan PHP kepada pemohon KIA.

Akh sudahlah. Aku ga mau banyak komentar lagi soal ini. Kalau dibaca sama admin dukcapil sleman ya syukur, ga juga gapapa.

JADWAL PENGAMBILAN KARTU IDENTITAS ANAK TIDAK SESUAI JANJI

Setelah berkali-kali cek di situs dukcapil yang membingungkan, akhirnya jadwal pengambilan KIA untuk Aileen dan Keenan muncul. Ya, muncul di halaman 4 artikel dengan judul “Pengumuman Pengambilan KIA Reguler

Jadwal Pengambilan KIA

Jadwal Pengambilan KIA

Dari jadwal tersebut, tertulis tanggal pengambilan pada 19-20 Juli 2018. Ya, molor 2 bulan lah dari janji sebelumnya. Atau sekitar 6 bulan dari waktu permohonan.

Waktu yang lumayan singkat jika dibandingkan dengan menunggu e-KTP yang alasannya kehabisan Blangko. Walaupun sebenarnya banyak teman yang mengatakan jika 6 bulan untuk membuat KIA adalah waktu yang sangat lama. Karena kabarnya di dukcapil Bantul dan Kota Yogyakarta waktu pembuatannya cukup cepat, ga sampai 1 minggu.

Baca Juga:   DISAWA PAWON, Resto Tengah Sawah Di Jogja Utara

Ya coba untuk positive thinking aja. Mungkin kalau Sleman itu jadwalnya padat dan banyak banget pemohonnya jadi selesainya lama. Sambil membayangkan waktu buat kartu periksa di Rumah Sakit Panti Rapih, yang dalam hitungan menit langsung jadi dan data terekam di server. Haha

AMBIL KARTU IDENTITAS ANAK

Setelah jadwal pengambilan KIA keluar, aku sengaja mengambilnya pada tanggal 19 Juli 2018 karena aku pengen tahu apakah konsisten dengan yang sudah dijadwalkan di web atau justru malah tidak sesuai.

Dukcapil Sleman

Dukcapil Sleman

Aku tiba di dinas dukcapil kabupaten sleman sekitar pukul 08.40 WIB. Setibanya di sana aku langsung masuk saja ke dalam kantor dukcapil karena aku pikir akan antri dengan pemohon KIA lainnya.

Rupanya aku salah tempat. Untuk mengambil KIA yang sudah selesai rupanya bukan di kantor pelayanan umum, melainkan di kantor sebelah timur. Haha..

Petugas loket pengambilan KIA

Petugas loket pengambilan KIA

Oke, setelah sampai di tempat pengambilan KIA, rupanya di sana ada petugas yang sudah berjaga.

INFO TAMBAHAN TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK

Ketika aku menunggu KIA yang sedang dicarikan oleh petugas, ternyata aku baru mendapatkan informasi dari bapak dan ibu yang juga akan mengambil kartu identitas anak. Rupanya, KIA yang aku buat ini merupakan KIA Reguler. (sepertinya ini yang membuat waktu pembuatannya lama)

Kabarnya ada proses pembuatan KIA yang cepat, yaitu pembuatan KIA yang sepaket dengan akta lahir, perubahan KK. Syaratnya sepertinya mirip dengan proses pembuatan akta lahir.

Jadi kalau kamu baru aja lahiran/mendapatkan momongan segeralah mengurusnya ke dukcapil. Jangan ditunda-tunda, mumpung ada paket khusus. Mungkin istilah kerennya sepaket 3in1. haha..

TIPS MENGAMBIL KARTU IDENTITAS ANAK DI DUKCAPIL SLEMAN

KIA Sudah di Ambil

KIA Sudah di Ambil

Setelah cukup banyak cerita di atas, aku sekarang mau coba memberikan sedikit tips mengambil kartu identitas anak di dukcapil Sleman.

  1. Pastikan kita sudah melihat jadwal pengambilan kartu identitas anak di situs dukcapil sleman 
  2. Jangan lupa membawa Tanda Bukti Penerimaan yang sesuai dengan tanggal yang ada pada jadwal.
  3. Datang ke dinas dukcapil pada hari dan jam kerja. (Senin – Kamis : 08.00 s.d 14.30 WIB, Jum’at : 08.00 s.d 13.30 WIB, Sabtu: Libur). Menurutku, tidak perlu terlalu pagi juga karena tidak seramai ketika kita menyerahkan berkas.
  4. Tidak perlu masuk ke kantor dukcapil (tempat ketika kita menyerahkan berkas), karena lokasi pengambilan tidak berada di dalam kantor, melainkan ada di gedung sebelah.
  5. Jika membuat KIA secara kolektif, pastikan kamu sudah mendapatkan informasi pengambilan kartu melalui SMS. (so, pastikan nomor yang kamu berikan sebelumnya adalah nomor yang aktif)
  6. Ada baiknya bawa fotocopy Kartu Keluarga untuk melakukan pencocokan data yang ada di KIA
  7. Ketika kartu sudah diberikan, pastikan kembali data-data yang ada pada kartu Identitas Anak sudah benar. Baik dari Nama, tanggal lahir, alamat dan pastinya nomor KK, nama orang tua hingga akta lahirnya.
  8. Jika data sudah benar dan sesuai, silakan tanda tangan dan isi buku bukti kita telah mengambil kartu. Jika belum ya silakan melanjutkan ke kantor Dukcapil untuk melakukan komplain data.

Menurutku anak memiliki Kartu Identitas Anak itu penting, layaknya kita memiliki KTP. Kita tidak akan pernah tahu apakah akan ada aturan baru yang diberlakukan pemerintah ke depan terkait fungsi dan kegunaan KIA. Lebih baik berjaga-jaga selagi masih bisa mengupayakan yang terbaik untuk anak. Hehe..

Aileen - Keenan Pamer KIA

Aileen – Keenan Pamer KIA

Mungkin itu beberapa tips mengambil Kartu Identitas Anak (KIA) Di Dukcapil Sleman yang dapat aku berikan.  Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

2 Responses

  1. adi pradana
    August 31, 2018
    • Stephanus Christiono
      September 3, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.