Caraku Menemukan Ide Tulisan Blog

Aku bingung mau nulis apa di blog, gimana ya caranya menemukan ide tulisan blog?

Beberapa tahun lalu ketika aku baru mengenal blog, aku seringkali merasakan kebingungan khususnya untuk mengupdate konten blog dengan tulisan-tulisan.

Kebingungan itu bahkan berakibat fatal, karena blog-blog yang kumiliki akhirnya tidak terurus dan hilang ditelan waktu.

Setelah kusadari ternyata banyak hal yang mempengaruhi saat itu. Intinya aku merasa saat itu masih LABIL dan KURANG KONSISTEN. Labil dalam memilih platform blog dan kurang konsisten dalam melakukan update blog.

Komentar Blog
Focus more on (freepik.com)

Namun sekarang gimana?

Sekarang puji Tuhan, aku ga terlalu kesulitan untuk menulis dan mengisi konten blogku ini. Halangannya cuma satu rasa malas dari diri sendiri saja. Haha..

***

Sesuai dengan janji yang telah aku tuliskan pada artikelku sebelumnya, maka kali ini aku mau berbagi info tentang cara menemukan ide untuk tulisan blog.

Semua yang aku tuliskan ini berdasarkan pada pengalaman yang aku lakukan sendiri, jadi ga perlu ada perdebatan jika ada perbedaan. Oke, langsung saja ke caraku untuk menemukan ide tulisan untuk blog.

Cerita Harian

Cara pertama yang kulakukan untuk menemukan ide tulisan adalah dengan mengingat cerita atau kejadian menarik yang aku alami pada hari tersebut. Cara ini menurutku lumayan gampang, karena cuma terlihat seperti curhat dan menuliskan diary online saja.

Nonton Gerhana Bulan
Nonton Gerhana Bulan

Percayalah jika setiap hari itu unik. Setiap hari kita akan mengalami kejadian yang dapat kita tuliskan ke dalam blog pribadi.

Membaca

Menjadi penulis tapi tidak suka membaca itu sama saja seperti orang pergi jalan-jalan tapi telanjang dada, ga masalah, tapi rasanya kurang afdol saja.

Membaca itu sering memberikan ide bagi penulis, begitu pula padaku. Dengan membaca aku bisa menulis dengan lebih baik, lebih informatif dan pastinya tidak kekurangan ide tulisan. Gimana mau kehabisan ide, kalau yang kita baca banyak referensi. Ya kan?

Sosial Media

Jaman sekarang, sosial media menjadi salah satu cara menemukan ide tulisan blog paling mudah. Ga percaya? Coba aja buka Twitter, Facebook, Instagram dan sosial media lainnya. Setiap hari pasti selalu ada bahan yang viral atau setidaknya ada topik yang jadi trending.

Ide Tulisan Blog
Trending Topic Twitter

Nah, ide berita yang trending itu enak banget dipakai untuk tulisan di blog. Aku suka mengatakan cara ini dengan cari recehan dan sisa trepik. Karena kadang berita yang viral tidak bertahan lama, tapi bisa lah dimanfaatkan untuk ikutan mendapatkan trepik ke blog kita.

Ikut Lomba

Cara Mendapatkan Ide tulisan Blog
Contoh Blog Competition

Cara selanjutnya yang biasa kulakukan untuk mendapatkan ide tulisan blog adalah dengan cara ikut lomba blog. Dengan ikut lomba, aku yakin kita tidak akan kesulitan menemukan ide blog. Tema yang ditentukan oleh penyelenggara lomba akan secara otomatis memunculkan ide tulisan dan akhirnya artikel blog terupdate dengan sendirinya.

Ikut Event

Selain ikut lomba, aku biasanya mudah mendapatkan ide tulisan dari acara yang aku ikuti.

NutrisiTerbaik1000HPK
Aku di acara talkshow kesehatan bareng NUB

Karena menjalani dan berada di sana, maka ide tulisan yang muncul biasanya tidak akan jauh dari kegiatan yang ada. Baik mengenai jalannya acara, makanan, lokasi tempat maupun kejadian lucu yang terjadi selama acara. Jadi kalau kesulitan menemukan ide tulisan blog, cobalah untuk ikut acara yang biasanya diadakan oleh komunitas blogmu.

Menurutku, semakin banyak event yang kita ikuti, semakin banyak kenalan dan ilmu baru yang kita peroleh.

Baca Juga:   Alasan Aku Lebih Memilih WordPress Daripada Blogspot

Jalan-Jalan

Suntuk melakukan rutinitas kerja sering membuat ide hilang dan otak terasa buntu. Nah, kalau seperti itu biasanya aku butuh piknik, butuh jalan-jalan.

Pantai Parangtritis
Main pasir di Parangtritis (dok pri)

Jalan-jalan sering memberiku ide tulisan baru yang kemudian aku tuliskan di blog. Jalan-jalan yang paling sering aku lakukan kalau butuh ide tulisan adalah ke pantai. Selain mendapatkan ide tulisan, dengan jalan-jalan aku sering mendapatkan footage video yang kemudian aku jadikan vlog. hehe.. Efisien lah kalau udah jalan-jalan.

Review

Cara terakhir untuk mendapatkan ide yang biasa aku lakukan adalah dengan cara membuat review. Review disini biasanya aku lakukan kalau ada barang baru ataupun ada sesuatu hal yang menarik untuk lebih banyak diulas.

Asus ZenPower Pocket
ASUS ZenPower Pocket yang aku review berwarna Red

Untuk review produk, ide tulisan biasanya aku dapatkan dari keterangan yang ada, bentuk produk hingga ujicoba produk. Jadi cukup ceritain aja apa yang aku lihat ketika barang sedang direview. Ya, semudah itu.

***

Nah, mungkin itu beberapa caraku menemukan ide tulisan blog. Mungkin masih banyak cara lain yang bisa teman-teman gunakan selain yang sudah aku tuliskan di atas. Tapi kira-kira temen-temen paling suka pakai cara yang mana? boleh kok kita diskusi di kotak komentar. 😀

2 thoughts on “Caraku Menemukan Ide Tulisan Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.