Mendongeng ala Kids Jaman Now dengan Aplikasi So Good Cerdik

Mendongeng ala Kids Jaman Now itu perlu sedikit inovasi dengan teknologi

So Good Cerdik

So Good Cerdik

Mendongeng atau bercerita merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Jaman dulu ketika aku masih kecil, orang tuaku juga sering menceritakan sesuatu sebelum aku tidur. Dan itu pula yang kini sering dialami oleh anak-anakku.

Aileen dengan buku dari sekolah

Aileen dengan buku dari sekolah

Sejak Aileen masuk kelas Play Group A tahun lalu, setiap minggu ia pasti membawa pulang buku cerita dari sekolahnya. Rupanya, sekolah Aileen memang memiliki agenda untuk memberdayakan budaya baca untuk anak-anaknya sejak dini.

Jika anak-anak Play Group, maka buku yang dipinjam itu diharapkan agar dibacakan oleh orang tuanya. Sedangkan anak-anak TK dan SD mungkin diharapkan anak-anak bisa mulai belajar membaca buku ceritanya sendiri.

Adanya fasilitas yang diberikan oleh sekolah Aileen tersebut sangat membantuku, karena tidak perlu membeli buku cerita untuk dapat mendongeng di malam hari sebelum Aileen tidur.

Selain itu, dengan adanya buku bacaan yang di pinjam dari sekolah, ada alasan agar anak-anak tidak terlalu ingin untuk bermain gadget seperti kebanyakan kids jaman now.

Jaman memang sudah berubah. Di era teknologi seperti saat ini, orang tua memang perlu untuk berpikir lebih keras agar anak-anak tidak kecanduan untuk bermain dengan gadget. Dan itu pula yang sedang ku usahakan untuk anak-anakku.

Menurutku ketergantungan akan gadget membuat anak-anak jadi anti sosial dan membuat mereka menjadi pribadi yang tertutup atau mungkin bisa jadi introvert. Aku tidak mau anak-anakku seperti itu. Kehilangan masa kecilnya untuk bermain bersama teman-teman sebayanya.

Walaupun demikian, aku tidak memungkiri jika tidak sepenuhnya gadget itu membahayakan bagi anak. Intinya kita diminta untuk lebih bijak dan cerdik dalam menggunakan gadget untuk anak.

Banyak aplikasi yang menurutku menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Salah satunya adalah aplikasi So Good Cerdik.


TENTANG SO GOOD CERDIK


Ngomong-ngomong soal aplikasi So Good Cerdik, mungkin ada yang bertanya-tanya tentang aplikasi yang dibuat oleh So Good ini.

So Good Cerdik Google Play

Jadi aplikasi So Good Cerdik ini merupakan aplikasi yang sengaja dibuat oleh So Good untuk membuat anak-anak jaman sekarang tetap suka mendengarkan cerita. Uniknya, cerita yang diberikan oleh So Good Cerdik ini menggunakan teknologi kekinian yang namanya AR (Augmented Reality).

Mungkin banyak yang belum tahu tentang teknologi AR ini, jadi singkatnya teknologi AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda virtual dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata.

Aplikasi So Good Cerdik ini dapat diunduh melalui Google Play Store di smartphone android. Ukuran aplikasinya sendiri cukup besar yaitu 141 MB. Jadi siapkan kuota yang cukup ya untuk mengunduh aplikasi ini.

Setelah berhasil mengunduh aplikasi So Good Cerdik dari Google Play Store, kita juga  diharuskan untuk memiliki kartu atau gambar cerita yang sesuai. Kartu tersebut dapat diperoleh ketika kita membeli Chicken Nugget So Good dengan sticker khusus. Setiap kemasan biasanya terdapat satu gambar yang bisa di scan yang kemudian akan memunculkan cerita.

Aileen dengan So Good Chicken Nugget Berstiker Cerdik


LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN APLIKASI SO GOOD CERDIK


Secara umum, langkah-langkah menggunakan aplikasi cukup dengan cara berikut:

  • Unduh Aplikasi So Good Cerdik di Google Play Store
  • Scan gambar/kartu yang di dapat dari kemasan produk So Good dengan stiker khusus
  • Mulai mainkan dan cerita

Sebagai informasi saja, dalam aplikasi So Good Cerdik ini terdapat 3 cerita yang masing-masing terbagi dalam 2 bagian.

  1. LaLa dan SingSing
  2. Umbo Larage
  3. Chika & Chiko
Cerita So Good Cerdik

Cerita So Good Cerdik

Ketika aku mencoba menggunakan aplikasi So Good Cerdik ini, aku menggunakan kartu Umbo Larage (Part 1).

So Good Cerdik Umbo Larage

So Good Cerdik Umbo Larage


VIDEOKU TENTANG SO GOOD CERDIK


Jadi karena ini pengalamanku pertama menggunakan aplikasi AR di Smartphone, maka aku sempat membuatkan video singkat mengenai aplikasi So Good Cerdik ini.


PENGALAMAN MENGGUNAKAN APLIKASI SO GOOD CERDIK


Main So Good Cerdik

Main So Good Cerdik

Menggunakan aplikasi So Good Cerdik dalam bercerita kepada anak-anak menjadi pengalaman baru bagiku. Anak-anakku baik Aileen dan Keenan sama-sama kepo layaknya kids jaman now yang suka penasaran dan tertarik dengan yang namanya gadget.

Ketika aku mulai melakukan scan gambar, mereka penasaran dengan apa yang sedang aku lakukan. Pelan-pelan aku menjelaskan kepada anak-anak tentang apa yang akan aku berikan kepada mereka.

Ceritapun dimulai. Rasa penasaran mereka semakin besar karena baru pertama kali melihat dan mendengarkan cerita yang bisa bergerak sendiri dari layar smartphoneku.

Maklum, Aileen dan Keenan biasanya melihat dan mendengarkan cerita lewat YouTube.

Unik melihat gaya mereka mendengarkan dongeng dan cerita yang ada. Keenan si anak lanang bahkan hanya bisa melongo tanpa mengeluarkan kata-kata pertanyaan. Sedangkan Aileen, kakaknya terus bertanya untuk mengobati rasa penasarannya.

Bagiku sendiri aplikasi So Good Cerdik ini merupakan aplikasi yang baik dan bagus untuk membantu anak-anak jaman sekarang agar tetap dapat menikmati dongeng.

Semoga ke depannya, cerita yang ada di aplikasi So Good Cerdik ini semakin banyak dan gambarnya dapat dengan mudah diperoleh tanpa harus membeli produk So Good. Karena menurutku ada kemungkinan kita sudah memiliki kartunya ketika membeli produknya.

Terima kasih So Good. Aplikasi So Good Cerdik keren dan menarik. Sangat cocok untuk Kids Jaman Now.

Dunia memang telah berubah. Era teknologi memang sangat mempengaruhi segala yang kita lakukan namun bijak dan cerdik dalam menggunakan teknologi rupanya bisa membuat semuanya baik-baik saja.

4 Comments
  1. Darmawan December 4, 2017 Reply
    • Stephanus Christiono December 4, 2017 Reply
  2. Ardian Kusuma December 5, 2017 Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *