Cara Membersihkan PC Windows Menggunakan Command Prompt

-

Membersihkan PC Windows – Sebagai pengguna PC Windows, kita pasti sering kali mengalami masalah drive C yang penuh. Drive C yang penug sering membuat kinerja PC yang kita gunakan menjadi lebih lambat dan kurang maksimal.

Biasanya kurangnya ruang penyimpanan yang ada di drive C ini disebabkan oleh file sampah dan temporary file yang menumpuk dan tidak kita hapus secara berkala.

Padahal windows sendiri sebenarnya hadir dengan beberapa utilitas sistem bawaan yang bisa kita manfaatkan agar komputer kita bisa memiliki ruang lega dan pastinya membuat kinerja menjadi semakin meningkat. Salah satu utilitas yang cukup dikenal orang adalah Disk Cleanup tool.

Kali ini maskris tidak mau membahas tentang bagaimana caranya membersihan PC dengan menggunakan Disk Cleanup Tools, namun lebih ke bagaimana kita membersihkan PC dengan alat sederhana yang ada di setiap PC Windows bernama Command Prompt.

Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan komputer Windows yang lambat menggunakan Command Prompt.

Mengapa Membersihkan PC Windows Menggunakan Command Prompt?

Mungkin ada yang bertanya, kenapa membersihkan PC Windows menggunakan Command Prompt. Alasannya karena Command Prompt adalah salah satu tools bawaan yang tersedia di hampir semua versi Windows sejak Windows 3.1.

Bahkan banyak orang yang cukup senang menggunakan Command Prompt untuk melakukan beberapa tugasnya dengan pertimbangan efisiensi memori dan ringannya aplikasi.

Hebatnya lagi, kita bisa dengan mudah mengakses beberapa Disk Cleanup tool di windows seperti Disk Defragmenter, diskpart, and the Disk Cleanup tool hanya dengan menggunakan Command Prompt.

Perintah untuk Membersihkan Komputer Anda Menggunakan CMD

Di bawah ini adalah daftar perintah untuk meluncurkan utilitas pembersihan disk, membersihkan file sementara, cache memori, dan banyak lagi.

Beberapa perintah ini mungkin mengharuskan Anda untuk membuka Command Prompt sebagai administrator. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

  1. Ketik cmd  di bilah pencarian Windows.
  2. Klik kanan pada Command Prompt.
  3. Pilih Jalankan sebagai administrator.

Membersihkan PC Windows

command defrag tools
command defrag tools

Jika proses defrag sudah selesai, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

hasil defrag

Pilih drive disk cleanup
Drive Selection Disk Cleanup
  • Selanjutnya, di jendela Disk Cleanup, pilih semua file yang ingin Anda hapus dan klik OK.

    Disk Cleanup Windows
  • Akhirnya, klik Delete Files untuk mengkonfirmasi tindakan tersebut.
  • konfirmasi deleted files
    Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

    Share this article

    Recent posts

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here