Kopi Plosok Sego Thiwul, Tempat Nongkrong Asik Di Dalam Kebon Krapyak Cottage

-

Kopi Plosok Sego Thiwul, Tempat Nongkrong Asik Di Dalam Kebon Krapyak Cottage

Kopi Plosok Sego Thiwul – Akhir pekanku kali ini sedikit berbeda. Setelah hampir satu bulan penuh tugas di kantor untuk beberapa kegiatan besar, akhirnya aku bisa sedikit menikmati liburan di akhir pekan bareng istri dan anak-anak. Eh, ga cuma sama anak istri dink, tapi bareng beberapa temen Blogger Jogja yang udah lama banget ga ketemu langsung karena pandemi. ?

Nongkrong di Kopi Plosok

Untuk kopdar kali ini, aku dan temen-temen blogger jogja punya kesempatan buat nongkrong di Coffee Shop yang namanya Kopi Plosok Sego Thiwul. Buat lokasinya sendiri ada di Jogja utara daerah Krapyak, Wedomartani, Sleman. Tepat di dalam Penginapan Kebon Krapyak Cottage.

Apa itu Kopi Plosok Sego Thiwul?

Seperti namanya, menu khas yang memang menjadi signature dari tempat ini adalah Kopi Plosok dan Sego Thiwul.

Kopi Plosok dan Sego Thiwul

Kopi Plosok

Kopi Plosok sendiri merupakan salah satu kopi yang jika diminum terasa halus dan tidak membuat tenggorokan terasa sakit atau gatal.  Bahkan kabarnya kopi plosok itu lebih jernih dibanding dengan kebanyakan kopi lainnya. Jika tidak salah, asalnya dari petani kopi di daerah temanggung. 

Karena aku sendiri merupakan orang yang senang kopi hitam, maka pada kesempatan itu aku memesan Kopi Plosok (Hot).

Hot Kopi Plosok

Menurut pengalamanku, secara umum kopi plosok yang aku coba sama seperti kebanyakan kopi hitam lainnya. Namun kopi hitam ini lebih bersih dan meninggalkan ampas kopi yang tidak terlalu kental dan banyak. Rasanya sih oke dan masih cocok buat aku yang biasanya suka kopi Robusta. Hehe..

Sego Thiwul

Sedangkan sego thiwul merupakan salah satu makanan khas pedesaan yang sengaja dihadirkan untuk mengobati kita yang rindu dengan masakan dari plosok yang kaya kenangan. 

Buat kamu yang belum tau sego thiwul itu makanan seperti apa dan berasal dari daerah mana? Aku coba kasih sedikit info. 

Jadi Tiwul itu merupakan makanan tradisional yang banyak ditemui di daerah Jawa seperti Wonogiri, Pacitan, Gunung Kidul, dan sekitarnya. Makanan tradisional ini terbuat dari singkong yang dikeringkan dan kemudian dihaluskan menjadi butiran mirip seperti tepung. Bagi sebagian orang, Tiwul sendiri biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi.

Mungkin ada yang bertanya, “Apa sih bedanya sego thiwul di Kopi Plosok dengan sego tiwul pada umumnya?”

Menurut mbak Tian selaku pengelola tempat nongkrong ini, Sego Thiwul yang ada di Kopi Plosok rasanya gurih, tidak seperti seperti kebanyakan sego tiwul yang rasanya cenderung manis.

Buat aku yang tidak terlalu suka dengan sego thiwul, aku merasa sego thiwul di tempat ini cukup bersahabat dengan lidahku. Apalagi rasanya yang gurih lebih terasa seperti sedang makan nasi gurih dibanding makan tiwul kalau lagi jajan di warung daerah gunungkidul. Belum lagi dilengkapi dengan wader lombok ijo, dadar krispi dan sayur oseng tempe lombok ijo.

Menu Makanan di Kopi Plosok

Selain mengandalkan menu Sego Thiwul, tempat ini juga menyediakan banyak menu makanan lain seperti paket ayam goreng, mie goreng, bakso hingga seblak.

Wader Lombok Ijo Kopi Plosok

Untuk lauk, sayuran hingga cemilan yang bisa dipesan juga lumayan variatif, mulai dari mangut lele, bebek goreng, tumis sawi, sayur lombok ijo, dimsum, siomay, kentang goreng hingga tahu walik bisa kita temukan di Kopi Plosok Sego Thiwul ini.

Untuk masalah harga, menurutku masih lumayan terjangkau. Ini aku kasih info daftar menu lengkap dengan harganya. Siapa tau bisa membantu kamu yang penasaran sama menu makanan yang ada di tempat ini.

Menu Makanan Kopi Plosok dan Sego Thiwul

Menu Minuman di Kopi Plosok

Kopi Plosok memang menjadi andalan dari Coffee Shop ini, namun pilihan menu minuman lain pun dapat menjadi pilihan bagi pengunjung yang memang tidak terlalu menyukai Kopi. 

Menu Minuman Kopi Plosok dan Sego Thiwul

Dari daftar minuman yang ada di tempat ini, ada beberapa menu minuman yang cukup menarik dan paling disukai sama pengunjung seperti Ice Susu Kanakan, Ice Kopi Susu Oreo dan Ice Kopi Susu Plosok

Minuman di Kopi Plosok

Walaupun aku tidak mencoba ice kopi susu dan ice susu yang ada di sana, namun aku melihat beberapa teman termasuk anaknya cukup suka dengan Ice Susu Kanakan. Mungkin lain kali aku perlu coba pesan menu yang satu ini agar tidak penasaran lagi kalau datang ke Kopi Plosok dan Sego Thiwul.

Layaknya sebuah Coffee Shop, Kopi Plosok juga menyiapkan beberapa pilihan Kopi Manual Brewing seperti v60, Vietnam Drip, Aeropress hingga Syphon. Yang pastinya bisa buat kita-kita yang suka kopi murni tanpa sachet lebih dapat menikmati rasa dan aroma kopi yang disajikan.

Lokasi Kopi Plosok Sego Thiwul

Jika kamu ingin mencoba Kopi Plosok dan Sego Thiwul yang ada di Jogjakarta, kamu bisa langsung datang ke Kebon Krapyak Cottage yang beralamat di Jalan Raya Krapyak no.1 – Ngemplak Yogyakarta.

Kontak dan Sosial Media Kopi Plosok Sego Thiwul

Untuk dapat memesan menu yang ada di Kopi Plosok dan Sego Thiwul, kita bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi GoFood.

Sedangkan kalau kamu kepo dengan promo atau menu apa yang ada di tempat ini, silakan langsung follow IGnya saja di @kopiplosoksegothiwul

Jam operasional dari tempat ini adalah 06.00 – 22.00 WIB (setiap hari)

Sekilas Tentang Kebon Krapyak Cottage

Berhubung lokasi Kopi Plosok Sego Thiwul ada di dalam Kebon Krapyak Cottage, aku mau mengulas sedikit tentang kebon krapyak cottage.

Kebon krapyak cottage memiliki beberapa ruang, kamar hingga paviliun yang bisa kita gunakan untuk acara gathering ataupun staycation bareng dengan keluarga/kolega.

Beberapa tempat yang sempat aku lihat di Kebon Krapyak Cottage adalah Family House, Executive Room, Omah Boto, Joglo/Pendopo dan juga rumah yang seperti Glamping.

Buat kamu yang pengen menginap di Kebon Krapyak Cottage, langsung reservasi aja. Mau Offline bisa, mau Online lewat OYO juga bisa.

Reservasi Kebon Krapyak Cottage

  • Email : kebonkrapyakcottage@gmail.com
  • Telp : (+62) 878 3869 0828 / (+62) 819 7725 9001
  • WhatsApp : (+62) 812 7135 3249
  • Website : www.kebonkrapyakcottage.com
  • Instagram : @kebonkrapyakcottage
Bareng Temen KBJ di Kebon Krapyak Cottage

***

Nah, mungkin itu sedikit ceritaku tentang Kopi Plosok Sego Thiwul, tempat nongkrong asik di dalam Kebon Krapyak Cottage yang pastinya cocok banget buat acara bukber di bulan ramadhan besok atau untuk acara gathering bareng kantor dan keluarga karena secara tempat lumayan kondusif lengkap dengan cottage yang bisa digunakan untuk tempat menginap.

 


Sarinya kopi terletak pada harumnya saat di seduh.

Rasanya kopi terletak pada seimbangnya yang membekas di lidah.

Jiwanya kopi terletak pada peluh dan senyum pak tani.

Jantungnya kopi terletak pada kamu.

Ya iya Kamu “Sang Penikmat Kopi”


“Terkadang kita rindu dengan masakan dari plosok. Plosok yang kaya akan kenangan…”

@kopiplosoksegothiwul

maskris idhttps://maskris.co.id
Cuma manusia separuh blogger yang suka update berita sesuka dan sesempatnya saja
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version