Kopi Pakem Menu n’Deso, Pakemnya Orang Ngopi & Makan

Kopi Pakem Menu n’Deso, Pakemnya Orang Ngopi & Makan

Sejak kapan warung kopi berubah fungsi menjadi warung yang lebih banyak menyediakan menu makannya dari pada menu kopinya ya? Apa ini yang namanya tren?

Jadi kalau boleh jujur, aku ga ngerti kenapa di daerah utara Jogja, tepatnya di sekitar Pakem Kaliurang sekarang cukup banyak warung makan yang mengunakan nama dengan embel-embel Kopi.

Sebut saja Kopi Klotok yang sangat terkenal seantero Jogjakarta, Kopi Bukan Luwak yang masih satu keluarga dengan Kopi Klotok, Kopi Rolas yang tempatnya tersembunyi di belakang Kampus UII Jogja dan kini aku menemukan lagi warung makan dengan nama Kopi di daerah utara Jogja yang namanya Kopi Pakem Menu n’Deso.

Warung Kopi Jogja Utara

Warung Kopi Jogja Utara (dok pri)

Banyak kesamaan yang diberikan oleh “Warung Kopi” di atas. Keempat warung yang namanya menggunakan “Kopi” tersebut ternyata mencoba untuk menjual suasana tempat dan masakan khas pedesaan.

Jika kamu datang keempat warung kopi yang sudah aku sebut di atas, kamu pasti menemukan bangunan dengan bentuk Joglo dan banyak ornamen layaknya bangunan tua masyarakat jawa.

Untuk menu makanan yang disajikan, hanya kopi pakem yang berbeda. Suasana Kopi Klotok, Kopi Bukan Luwak dan Kopi Rolas sengaja disetting layaknya sedang makan di dapur (pawon). Jadi kita mengambil makanan langsung dari kuali, wajan yang ada. Sedangkan Kopi Pakem sudah sedikit kekinian, karena kita cuma perlu memesan makanan yang sudah ada di daftar menu.

Jadi kalau aku menyebutnya sebagai tren, sepertinya memang begitu kenyataannya.

Oke, sekarang aku mau coba bahas lebih banyak soal Kopi Pakem Menu n’Deso. “Warung Kopi” lainnya menyusul.

KOPI PAKEM MENU N’DESO

Warung yang satu ini memiliki tagline “Pakemnya Orang Ngopi & Makan“. 

LOKASI KOPI PAKEM

Kopi Pakem Menu n'Deso

Kopi Pakem Menu n’Deso (dok pri)

Secara lokasi, Warung Kopi Pakem Menu n’Deso merupakan warung yang mudah ditemukan karena letaknya persis di pinggir jalan raya Turi Km. 1 Mangunan Pakem, Sleman Yogyakarta.

Masih bingung sama lokasinya?

Tenang, lokasinya bener-benar sangat mudah ditemukan. Jika kamu suka bersepeda, kamu pasti tahu yang namanya “Warung Ijo”. Penasaran sama Warung Ijo Pakem? Coba baca aja tulisannya om Sitam tentang Warung Ijo.

Warung Ijo Pakem

Warung Ijo (dok @nasirullah5itam)

Oke balik ke Kopi Pakem.. Nah, beberapa meter ke arah barat tidak jauh dari Warung Ijo, kamu akan menemukan Kopi Pakem Menu n’Deso.

Masih bingung karena belum tahu lokasi “Warung Ijo”?

Oke, silakan kamu cari Pom Bensin yang berada di daerah Pakem. Persis sebelum Pom Bensin Pakem dari arah Timur (Pasar pakem), kamu akan bisa menemukan Kopi Pakem Menu n’Deso.

Peta Lokasi Kopi Pakem Menu n’Deso:

 

KONSEP TEMPAT YANG INSTAGRAMABLE

Setelah berhasil menemukan lokasi Kopi Pakem Menu n’Deso, maka kamu akan menemukan banyak hal yang unik dan menarik di sana.

Secara tampilan, kopi pakem memiliki bangunan seperti Joglo dengan ornamen jawa klasik. Tegel kunci, cangkir, teko klasik, dipan tua, kursi kuno, sumur tua, hingga mesin jahit kuno bisa kita lihat di sana.

Kopi Pakem Menu n'Deso

Kopi Pakem Menu n’Deso (Dok Pri)

Di samping banyaknya ornamen jawa kuno yang diberikan, Warung Kopi Pakem juga memiliki Mushola yang bisa  digunakan untuk beribadah bagi umat muslim.

Baca Juga:   Family Sport Day Anak Prima Di Jogja Exotarium Mini Zoo

Nah, kalau kamu tipe orang yang sukanya foto-foto. Tempat ini juga memiliki beberapa spot untuk foto yang instagramable. Coba aja lihat foto-foto aku di bawah ya biar lebih jelas soal spot-spotnya.

Kopi Pakem

Swafoto di Kopi Pakem (dok pri)

Oh iya, kamu juga bisa mengakses intentet gratis di sini. Lumayan, habis swafoto bisa langsung eksis di sosial media. haha

MENU KOPI PAKEM 

Kalau lokasi dan konsep tempat sudah aku berikan, sekarang aku mau kasih info soal menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Kopi Pakem Menu n’Deso.

Banyak menu desa yang bisa kita temukan di sini. Untuk menu makanan kita bisa memilih Sayur Lodeh, Sayur Bobor, Sayur Tempe Lombok Ijo, Mie Godog hingga aneka sambal.

Sedangkan untuk minuman, kita bisa memesan Kopi, Teh Poci dan Wedang jahe, Bajigur dan yang lainnya.

Untuk lebih jelas, bisa lihat menu di bawah ya.

Menu Makanan dan Minuman Kopi Pakem

Menu Makanan dan Minuman Kopi Pakem (dok pri)

Gimana?

Kamu pengen cobain makan, ngopi dan nongkrong di Kopi Pakem Menu n’Deso belum? Kalau udah cobain, boleh dong share pengalamannya waktu makan di sana. Kira-kira apa yang paling kamu sukai dari tempat ini?

6 Responses

  1. Andi Nugraha
    May 12, 2018
  2. Himawan Sant
    May 12, 2018
    • Stephanus Christiono
      May 15, 2018
  3. Idris
    May 15, 2018
    • Stephanus Christiono
      May 23, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.