Pantai Pok Tunggal menyajikan pasir putih yang lembut dan bersih disertai pemandangan yang indah dan masih alami. Pantai ini cukup panjang dengan dua bukit di sekitar pantai yang bisa dinaiki oleh para wisatawan. Dua bukit tersebut yaitu bukit Tirta Pok Tunggal Asri yang berada di sebelah barat bukit panjong di sebelah timur.

Nama Pok Tunggal diambil dari sebuah pohon yang bernama Pohon Duras yang berada di pinggiran pantai tersebut.

"Pohon

Pohon Duras hanya ada satu buah di pantai tersebut sehingga menjadi salah satu keunikan pantai Pok Tunggal dan alasan penamaan  pantai ini. Pantai ini sangat terjaga kebersihannya dan langsung dikelola oleh masyarakat setempat. Bahkan masyarakat sekitar akan memberikan sanksi sebesar Rp 10.000 bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Selain wisata pantai yang indah, wisata Jogja Pok Tunggal memiliki aliran sungai yang berjenis tawar dan tidak tercampur dengan air laut. Air ini dijadikan sebagai sumber utama yang menghadapi masyarakat setempat. Pantai ini juga dapat digunakan untuk diving dan snorkeling karena ombak yang cukup tenang dan aman untuk bermain air. Namun pengunjung yang ingin bermain diving dan snorkeling harus membawa alat sendiri karena disekitar pantai tersebut belum membuka jasa penyewaan.

Pok Tunggal
Foto-foto di Pok Tunggal

Bagi anda yang gemar dengan kegiatan berfoto, tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan spot foto yang menarik. Anda juga bisa berfoto dengan melakukan rock climbing diantara tebing-tebing karst yang berjejeran dan berhimpitan. Selain itu anda juga bisa bermalam di pantai dan menikmati keindahan di malam hari. Fasilitas camping juga menjadi salah satu aktivitas yang paling favorit di kalangan pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai Pok Tunggal sangat terjangkau dimana pengunjung hanya dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000/ orang. Tidak hanya untuk menikmati pantai Pok Tunggal saja, wisatawan dapat menikmati keindahan sederet pantai yang berdekatan dengan Pok Tunggal. Sedangkan biaya tambahan lain adalah tiket parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000 dan Rp 5.000 jika anda menggunakan kendaraan pribadi. sedangkan untuk kendaraan minibus akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 10.000 saja.

Lokasi

Destinasi wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan mudah dijangkau oleh wisatawan. pantai pok tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan tepus Gunung Kidul Yogyakarta. Sebelum sampai di pantai Pok Tunggal, sekitar setengah kilometer  pantai anda akan melewati jalanan berbatu. Oleh karena itu, pastikan anda tetap berhati-hati selama perjalanan menuju pantai tersebut.

Fasilitas

Jasa Sewa Payung di Pok Tunggal
Jasa Sewa Payung di Pok Tunggal

Seperti tempat wisata lainnya, pantai ini juga memiliki fasilitas pendukung untuk menambah kenyamanan pengunjung. bagi anda yang ingin berwisata di pantai Pok Tunggal telah disediakan fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan area parkir yang luas. Selain itu, terdapat beberapa penjual jasa yang menawarkan penyewaan payung pantai dan tenda dome. Bagi anda yang ingin menikmati malam  di pantai ini juga telah disediakan area camping dengan sajian pemandangan yang indah.

Namun bagi anda yang tidak suka dengan kegiatan camping, bisa memanfaatkan penginapan untuk bermalam di pantai tersebut. penginapan ini berada tidak jauh dari pantai Pok Tunggal sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Jika anda tidak membawa bekal makanan , tidak perlu khawatir karena di pinggiran pantai ini terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai makanan.

Baca Juga:   Keuntungan Promo Kartu Kredit BNI dengan Bunga Hanya 0%

Jam Buka

Untuk menikmati pantai Pok Tunggal ini, anda bisa berkunjung kapan saja karena pantai ini dapat anda nikmati selama 24 jam penuh. Namun jika anda ingin menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam, bisa berkunjung pada pagi atau sore hari.

***

Pantai Pok Tunggal bisa menjadi salah satu alternatif liburan anda bersama teman dan keluarga. Selain menyajikan pemandangan yang indah, biaya yang dibutuhkan juga sangat terjangkau sehingga tidak akan banyak mengganggu keuangan keluarga anda. Nah, bukan rekan – rekan yang akan berwisata di Jogja, jika belum menemukan travel agent yang pas bisa menggunakan jasa tour jogja dari https://tripjogja.co.id.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.