Membuat sebuah website atau situs blog itu menurutku adalah seni. Layaknya seni gambar, website juga merupakan salah satu cara untuk dapat menggambarkan pribadi pemiliknya.

Ada situs yang isinya foto semua, artinya pemiliknya suka foto. Ada situs yang isinya tentang kuliner dan traveling, artinya pemiliknya pasti suka jalan-jalan atau mungkin seorang travel blogger. Ada juga situs yang isinya tentang ulasan gadget dan seputar teknologi, bahkan ada juga yang isinya produk untuk jualan, dll.

Intinya website itu macam-macam jenisnya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Banyak hal kecil yang harus diperhatikan. Nah, ini beberapa hal yang selalu aku perhatikan ketika akan membuat sebuah website.

NICHE

Niche Website
Finding Your Niche

Hal pertama yang selalu aku perhatikan atau tanyakan kepada orang yang minta dibuatkan website kepadaku adalah soal “NICHE

Mungkin ada yang bertanya: “Niche itu apa sih?”

Jadi niche itu menuruku adalah topik spesifik dari sebuah situs website/blog yang nantinya akan menjadi ciri khas atau target market dari pemiliknya.

Jika kamu ingin membuat situs untuk informasi kesehatan, ya niche yang sebaiknya kamu pilih ya kesehatan. Jangan nanti justru isi situsnya malah informasi tentang laptop terbaru. Kan ga nyambung tuh.

Suka atau tidak suka, suksesnya sebuah situs website atau blog tidak lepas dari niche yang dipilih. Jika kamu suka dengan niche yang dipilih, maka kamu akan dengan mudah memunculkan ide dan arah situs akan dibawa kemana, baik secara konten ataupun tampilan.

NAMA DOMAIN

Domain Web
Nama Domain

Hal kedua adalah soal nama domain.

Mencari nama domain itu selalu menarik. Aku suka mengibaratkan dengan orang tua yang menyiapkan nama untuk seorang bayi yang baru lahir.

Nama domain itu nantinya akan membawa arti dan tujuan dari sebuah situs. Gampangnya nama domain akan menjadikan identitas situs itu sendiri.

Sebagai contoh, jika situs yang akan dibuat adalah tentang kesehatan, maka nama domain baiknya terkait tentang kesehatan juga seperti infokesehatan.com. Jangan sampai situs kesehatan namanya infoteknologi.com. Aneh kan?

Setelah mendapatkan nama domain yang diinginkan, biasanya masalah baru akan datang.

“Kok bisa mas?”

Lha pasti to.. Sekarang kalau namanya udah siap, tapi belum order gimana mau jadi nama website? Kan ga bisa?

Qwords
Beli domain di Qwords

Oleh sebab itu, setelah nama domain siap, kita harus melakukan pengecekan nama domain dan juga memesannya di penyedia layanan.  Nah, aku sendiri terakhir kali membeli nama domain maskris.id dari penyedia layanan yang namanya Qwords di akhir tahun 2018 lalu.

Alasannya kenapa memilih di Qwords, nanti aku sampaikan di akhir artikel ini.

WEB HOSTING

Web Hosting
Hosting ilustration (img: freepik)

Setelah berhasil membeli nama domain, aku selalu menawarkan kepada klienku untuk memilih paket Web Hosting yang akan digunakan.

“Lho, kenapa harus pake web hosting? Bukannya nama domain saja sudah cukup untuk membuat sebuah situs?”

Memang benar, nama domain saja cukup untuk membuat sebuah situs. Namun ada banyak hal yang tidak dapat dilakukan oleh pengembang situs jika kamu hanya membeli nama domain saja. Salah satunya kamu harus siap dengan segala keterbatasan.

Karena jika tidak memiliki web hosting, maka kamu tidak akan bisa leluasa dalam melakukan kustomisasi situsmu. Ya ibarat beli rumah, tapi cuma beli nama alamatnya saja. Kan tanggung tuh. hehe

Baca Juga:   Pengalaman Ganti Sim Card Di Gerai Indosat Hartono Mall

“Terus kalau mau beli web hosting sebaiknya dimana mas?”

Sebenarnya untuk membeli web hosting itu gampang-gampang susah. Apalagi perusahaan penyedia Web Hosting Indonesia itu banyak sekali. Masing-masing perusahaan biasanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Web Hosting Qwords
Pilihan Paket Cloud Hosting Qwords

Kalau aku sendiri lagi-lagi memilih Qwords.com sebagai web hostingnya. Alasannya sederhana, karena aku membeli domain di Qwords, maka mudahnya ya aku pesan web hosting di tempat yang sama. Agar ketika ada masalah, lebih mudah melacak dan komplainnya.

PLATFORM WEBSITE

Platform Website
Beberapa Platform Website Populer

Nah kalau web hosting dan nama hostingnya sudah siap, sekarang saatnya mengisinya.

Untuk mengisinya, aku biasanya menawarkan beberapa platform yang digunakan. Bisa menggunakan platform wordpress atau mungkin menggunakan coding menggunakan Codeigniter. Namun kalau untuk situs yang ingin cepat selesai aku akan menggunakan WordPress.

Buat info saja, platform untuk membuat sebuah situs itu banyak sekali. Yang terkenal biasanya Blogspot, WordPress, Drupal, Tumblr, Wix, Joomla, Weebly dan sebagainya. Semua tinggal diinstall dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Nah uniknya, kalau kamu beli domain dan hosting di qwords, kamu akan langsung diinstallkan wordpress versi terbaru oleh perusahaan. Jadi bisa langsung digunakan dan ga ribet.

Kamu cuma tinggal carikan themes yang cocok dan sesuaikan dengan tujuan situsnya. Selesailah wesbitenya. hehe

TENTANG QWORDS

Dari tadi aku menyebut salah satu nama penyedia layanan hosting Qwords. Kenapa? Ya pengen review qwords aja sih sebenarnya. Karena memang aku sebenarnya sudah menjadi pengguna layanannya sejak beberapa tahun lalu.

Berdasarkan informasi yang aku peroleh dari situs resmi Qwords, jadi Qwords.com didirikan pada Juli 2005 oleh Rendy Maulana saat berkuliah di Institut Teknologi Bandung, berawal dari sebuah ide bahwa ingin memiliki perusahaan yang mendukung aktivitas teman-teman kuliahnya (pada waktu itu) di Internet.

Pada Tahun 2005 Internet Indonesia sedang masuk dalam era perkembangan, ditandai dengan banyaknya pengguna Internet yang masuk ke ranah social media pada saat itu. Sejak November 2011, Qwords.com berada dibawah PT Qwords Company International.

Qwords.com
Qwords.com

Penamaan Qwords.com bermula dari plesetan dari kata Keywords yang berarti kata kunci. Mengapa demikian? Kata kunci merupakan hal yang terpenting untuk menuju gerbang informasi, antara anda dan klien anda, klien anda dapat dengan mudah menemukan anda karena kata kunci yang tepat.

Qwords.com bagi sebagian komunitas, dapat diartikan perkataan dari Kitab (Huruf Q melambangkan Al-Quran), namun pada dasarnya, arti kata Qwords juga bisa diartikan bermacam versi.

Web Hosting adalah core business dari Qwords.com. Perusahaan ini menyediakan layanan penyewaan space untuk meletakkan file website & akses email anda di Internet, dan juga menyediakan layanan registrasi Domain Name atau alamat untuk mengakses website di internet.

KENAPA AKU PILIH QWORDS

Seperti yang telah aku singgung di atas, ada beberapa alasan kenapa aku memilih Qwords untuk tempat hosting dan beli domain.

  1. Lokasi kantor qwords yang berada di Yogyakarta hampir setiap hari aku lewati setiap pulang kerja. Jadi kenapa tidak menggunakan perusahaan penyedia layanan hosting yang tempatnya jelas. Kalau ada masalah yang cukup kompleks kan enak, tinggal mampir aja ke kantornya. hehe
  2. Harga domain bersahabat, bahkan untuk pengurusannya juga dibantu dan dipermudah. Sebagai contoh, domain .co.id atau .id itu merupakan salah satu domain yang tidak sembarangan bisa dijual oleh penyedia layanan hosting. PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) bahkan memiliki daftar list registrar perusahaan. Salah satunya adalah Qwords.
  3. Pilihan paket Hosting juga beragam, jadi sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang jelas harganya pasti akan menyesuaikan dengan paket yang ada.
  4. Support oke dan cepat. Berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan layanan dari Qwords, aku belum pernah mengalami masalah yang terlalu serius. Bahkan kalau ada tagihan bisa dicetakan invoicenya dan selanjutnya dikirim ke rumah.
  5. Di installkan WordPress langsung oleh perusahaan. Nah, ini yang sebenarnya cukup menarik dari Qwords. Jarang ada perusahaan penyedia layanan website yang menginstallkan wordpress langsung ketika kita membeli domain dan hosting. Biasanya kita hanya diberikan akses cPanel dan kemudian kita install sendiri platform wordpressnya lewat Softaculous.
Baca Juga:   EaseUS Data Recovery Wizard, Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Sudah Hilang

***

Ya mungkin itu sedikit cerita dan alasan kenapa Qwords Menjadi Pilihan Untuk Tempat Hosting dan Beli Domain. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang sedang ingin membuat sebuah website.

Kalau mau minta bantuanku waktu beli domain atau hosting, boleh banget.. Monggo diklik untuk langsung menuju ke TKP.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.