Tekno Kenapa Pelaku Usaha Kuliner Perlu Tahu Aplikasi Kasir SPOTS

Kenapa Pelaku Usaha Kuliner Perlu Tahu Aplikasi Kasir SPOTS

44
Aplikasi Kasir SPOTS
Aplikasi Kasir SPOTS Powered by GOJEK

Beberapa waktu lalu kami sekeluarga mampir ke sebuah tempat makan yang namanya “Sego Saduk Sambel Gejoh”. Ukuran tempatnya tidak terlalu luas, namun sangat banyak orang yang datang ke tempat itu untuk mengantri. Bahkan jika aku melihat, Driver GOJEK datang silih berganti untuk menunggu pesanan GO-FOOD mereka selesai diproses.

Sego Saduk Sambel Gejoh
Warung Sego Saduk Sambel Gejoh

Aku yang saat itu juga ikut menunggu pesanan berbisik kepada istriku.

“Ma, tempatnya ga meyakinkan kok rame ya?” kataku
“Ia, kayanya menu yang dijual biasa aja, tapi kok bisa rame ya?” jawabnya
“Pasti nasi uduk dan sambelnya enak ini.” kataku lagi.
“Kayaknya sih emang gitu. Ya nanti kita coba aja.” ujar istriku lagi.

Setelah makanan yang kami pesan tiba, ternyata memang benar dugaanku sebelumnya. Nasi uduk dan sambalnya memang juara. Pantas saja banyak orang yang mengantri untuk memesan makanan di tempat ini.

Ketika kami selesai makan dan akan melakukan pembayaran, aku melihat sesuatu yang menarik.

Ya, sebagai orang yang suka dengan yang namanya Gadget, aku tertarik dengan alat yang ada di meja kasir. Bentuknya seperti printer thermal yang berwarna biru tapi dilengkapi layar besar layaknya layar sebuah smartphone.

Aplikasi SPOTS
Aplikasi SPOTS di warung Sego Saduk Sambel Gejoh

Daripada pulang dengan rasa penasaran, maka sambil menunggu istriku membayar pesanan makanan, aku tanya kepada mas-mas yang bertugas di kasir.

“Mas, itu alatnya kok lucu to? Itu thermal printer kok ada HPnya?” tanyaku
“Oh, ini namanya SPOTS mas. Aplikasi kasir dari GOJEK. Ya, mirip dengan tempat lain yang menyediakan layanan pembayaran dengan GO-PAY. Tapi kalau ini, nanti bisa langsung cetak notanya. Kalau lewat HP kan ga ada cetakannya.” Jawab mas yang bertugas di kasir.
“Ehm, keren juga ya mas sekarang teknologinya.“ jawabku.
“Ia mas, kalau pakai ini rekapannya juga lebih enak, pokoknya jadi lebih gampang. “ katanya lagi.
“Oke deh mas, makasih infonya. Itu istriku udah selesai bayar juga..” pungkasku.

Sesampainya di rumah, aku masih terniang-niang dengan alat yang digunakan oleh kasir Sego Saduk Sambel Gejoh tadi. Karena penasaran, aku lagi-lagi mencari tahu tentang alat tersebut dan akhirnya menemukan situs https://spots.co.id/

Dari situs tersebut aku menemukan beberapa hal menarik yang menurutku sangat penting untuk diketahui oleh para pelaku usaha kuliner di era digital seperti saat ini.

PENGGUNA BANYAK YANG LEBIH SUKA CASHLESS

Pelaku usaha seharusnya menyadari jika saat ini adalah eranya digital. Banyak customer dan pengguna smartphone yang lebih suka cashless dan banyak menyimpan uangnya di aplikasi dompet digital yang ada di smartphonenya.

Aplikasi Dompet Digital
Beberapa Aplikasi Dompet Digital di smartphoneku

Aku juga seperti itu, hampir setiap bulan aku selalu menyisihkan uang bulanan di beberapa aplikasi dompet digital seperti, GO-PAY, OVO, DANA, DOKU dan Link Aja.

Mungkin ada yang bertanya, apa ga ribet mengelola uang di banyak aplikasi?

Jujur, saat ini aku rasa cara paling nyaman ya seperti itu. Karena semua control cukup lewat smartphone dan dilakukan secara online. Jadi kalau kamu cek isi dompetku, paling kamu cuma menemukan beberapa lembar uang di sana. Ya, uang untuk bensin sama beberapa keperluan sehari-hari saja. Haha..

Intinya, di era digital seperti saat ini, kita perlu menyesuaikan diri juga.

“Kenapa kita harus manual ketika semua bisa lebih mudah dilakukan lewat sistem. Ini eranya udah beda.”

PELAKU USAHA KULINER SERING KESULITAN MEREKAP TRANSAKSI HARIAN

Rekap Transaksi dengan Aplikasi SPOTS
Rekap Transaksi dengan Aplikasi SPOTS

Hal lain yang menurutku penting bagi pelaku usaha kuliner adalah bagaimana bisa merekap transaksi harian dengan mudah.

Kenapa demikian?

Berdasarkan pandanganku, dengan rekapan harian yang baik maka usaha tersebut dapat lebih mudah mengembangkan arah usahanya. Jika arah usahanya semakin baik, maka sudah pasti usaha tersebut akan semakin besar dan semakin berkembang.

Namun, banyak pelaku usaha yang menganggap jika untuk bisa merekap transaksi harian dengan mudah itu membutuhkan sistem yang harganya mahal dan investasi alat yang tidak sedikit.

Anggapan itu memang benar, tapi tidak berlaku bagi pelaku usaha yang sudah mengenal aplikasi kasir SPOTS seperti yang dialami oleh pemilik usaha Sego Saduk Sambel Gejoh yang sudah aku ceritakan di atas.

MENGENAL APLIKASI KASIR SPOTS

Aplikasi Kasir SPOTS
Aplikasi Kasir SPOTS

Bagi yang belum mengetahui apa itu SPOTS, sekarang aku mau coba berikan sedikit informasi tentang aplikasi kasir tersebut.

SPOTS merupakan grup perusahaan GOJEK yang fokus mengembangkan perangkat multifungsi untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia.

Aplikasi kasir SPOTS ini sangat membantu pelaku usaha kuliner karena mampu mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari mulai dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dan cetak resi secara instan.

fitur Aplikasi Kasir SPOTS
Contoh fitur Aplikasi Kasir SPOTS

Jika kamu memiliki saldo di dompet digital selain GO-PAY, kamu tidak perlu risau karena aplikasi SPOTS juga mendukung berbagai tipe pembayaran seperti pembayaran Tunai, dan pembayaran melalui aplikasi dompet digital lain seperti OVO, TCASH, Kartu Debit serta Kartu Kredit.

Hebatnya lagi, untuk pelaku usaha yang ingin menggunakan aplikasi kasir SPOTS ini, mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena harga dari aplikasi SPOTS ini cukup terjangkau yaitu biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari atau tidak lebih dari Rp. 100.000/bulan.

***

Mungkin itu sedikit alasan kenapa pelaku usaha kuliner perlu tahu aplikasi kasir SPOTS. Kalau kamu tertarik dengan aplikasi kasir tersebut, langsung saja mengisi formulir pendaftaran yang ada di website SPOTS.

Semoga setelah menggunakan aplikasi kasir SPOTS ini, usaha kamu bisa semakin berkembang dan semakin besar ya.. 😀

44 COMMENTS

  1. Saya pernah ketemu alat ini di rumah makan pinggir jalan. Waktu itu gak kepikiran kalau itu namanya SPOTS, tapi saya ingat betul warnanya persis sama. Dan setelah selesai bayar saya malah dapat resi transaksinya, padahal saya sih gak minta. Pas tahu ini, saya jadi kepikiran pen nyobain nih alat buat usaha kuliner juga, Berasa kayak canggih banget yah.

    • Wah, sama kaya aku… dulu tak pikir itu cuma semacam HP yang dipasang di alat kasir.. ternyata ga.. aplikasi SPOTS bikin warung terlihat lebih keren… wkwk…

  2. Aku pun sekarang lebih suka cashless, melakukan pembayaran lebih nyaman, praktis, dan mudah dengan memanfaatkan aplikasi. Makanya penting banget yak pemilik usaha, terutama kuliner dan UMKM, memanfaatkan aplikasi kasir begini sehingga pelanggan yang melakukan pembayaran secara cashless bisa tetap terlayani dengan baik.

    • Aku setuju banget mbak.. soalnya, aku juga orang yang lebih suka cashless.. yang penting ada saldo di aplikasi, ga bawa dompet ga terlalu masalah.. Prediksiku ke depan bakalan banyak yang pakai aplikasi SPOTS.. jadi siap-siap saldo di dompet digital terus ini.. 😀

    • Jangankan rekap harian, rekap mingguan atau bulanan aja sulit dan melelahkan ya mbak.. Tapi kalau ada aplikasi yang bisa bantu, harusnya sih lebih mudah.. 😀

  3. Wih, jadi pengin nyobain Sego Saduk sambel Gejoh, Mas Kris hahaha.
    Mungkin selain makanannya enak, pelayanannya juga jempol, Mas.
    Termasuk soal pembayaran cepat dan mudah. jadi pelanggan puas dan datang lagi.

  4. mantul nih ulasannya tentnag spots nya maskris :)..aplikasi spots emang keren n praktis banget buat para pengusaha kuliner dan pengusaha umkm lainnya

  5. Bener banget kak, setiap pelaku usaha khususnya kuliner sepertinya harus pake aplikasi ini… kalau baca reviewnya memudahkan banget. Kalau usaha kulinerku mulai lagi , rencana mau pake ini juga..

  6. tim cashless! sebenernya aku berharap SPOTS nggak cuma bisa dipakai untuk kuliner aja, soalnya males juga mejeng berbagai jenis mesin EDC di meja kasir huhuhu. kalo spots ini bisa untuk semua-muanya kaaan jadi praktis banget :(((

  7. Teknologi sekarang makin canggih dan memudahkan semua orang dalam berwirausaha. salah satunya adalah Spot ini

  8. ini bagus sih buat pelaku usaha, ga perlu mesin kasir yg besar2 itu lagi kan, sekarang udah ada yang praktis, malah lebih canggih karena rekapannya otomatis, kalau soal biaya saya rasa sih ga ada ruginya itu, masih terjangkau lah dikalangan pengusaha

  9. Aku baru buka usaha fried chicken..udh jd partner gofood juga. Lalu dihub tim spots tawaran pakai alat spots..biayanya tapi 490rb…dan perhari 4900.
    Hrgnya sdh jauh dr tertulis di blog ini yah..
    Dan masi sy rundingkan sih mau pakai /nggk

    • nah kalau soal biaya yang naik, aku juga kurang tahu.. apa dulu ketika saya tulis itu masih dalam masa promo atau bagaimana.. yang pasti dari banyak teman yang sudah menggunakan Spots, mereka cukup terbantu sih..

  10. nyari info spots ternyata nyasar di maskris haha…

    beberapa waktu lalu ane ditawarin pake spots mas, harga registrasi awal + sewa alat 490rb, lalu biaya pemeliharaan 4900.

    nah, ane baru ngeh juga di aplikasi go-biz, skrg juga sudah ada layanan POS integrated nya, dan itu mirip sama spots, cuman beda nya ga ada printer buildin nya. biaya langganan 4900idr, ga sewa alat karena pakw hp kita sendiri.

    cm kendalanya kalo harga di gobiz sama di otlet offline kita beda, soalnya kan kalo gobiz harga auto dinaikin biar harga pokok kita ga ke potong komisi 20%,
    mau nda mau nota manual ya pake POS lain hahaha…

  11. Untuk daerah BANDUNG
    Perkenalkan saya Aris dari spots Gojek. Ingin menginformasikan, kalau sekarang Gojek sedang ada promo memfasilitasi mitra gofood, gopay dan calon mitra kami untuk mendaftarkan Gofood, gopay, gobiz serta perangkat kasir lengkap dari spots Gojek.
    Apabila tertarik, bisa hubungi saya yaa terimakasih ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here