Ngadem Dadakan Di Hutan Pinussari Mangunan

Ada banyak yang bilang kalau jalan-jalan dadakan itu lebih sering sukses dibandingkan dengan yang sudah direncanakan sejak lama. Percaya ga kamu sama pernyataan itu? Kalau aku sih percaya banget.

Sebelumnya, aku mau tanya deh.. Pernah dengar yang namanya Hutan Pinussari Mangunan atau lebih dikenal dengan nama Hutan Pinus Mangunan. Pasti tau ya kalau nama yang satu ini.. nah kali ini aku mau cerita dikit tentang tempat yang satu ini.

***

ARISAN TRAH

Cuaca Jogja hari itu (15/04/2018) terasa panas dan cukup menyengat. Suasana semakin panas ketika keluarga besar kami berkumpul untuk mengadakan acara kumpul rutin Trah atau gaulnya disebut Arisan Trah.  Nah, arisan trah kali ini diadakan di salah satu tempat makan di Jalan Imogiri Timur Yogyakarta.

Arisan Trah
Arisan Trah

Seperti biasanya, arisan trah mulai sekitar pukul 11.00 WIB siang. Berhubung kali ini lokasi arisan lumayan jauh dan letaknya di selatan jogja, akhirnya kami berangkat sekitar pukul 10.00 WIB dari rumah.

Sampai di sana akhirnya kita ketemu dengan banyak anggota keluarga lainnya. Kebahagiaan dari kumpul trah itu biasanya adalah kangen-kangenan dengan keluarga yang sudah lama tidak ketemu. Ya pokoknya gitu lah. Lumayan bisa quality time dengan keluarga besar.

NGADEM DADAKAN

Setelah arisan trah selesai sekitar pukul 14.00 WIB, kami pun bubar jalan. Namun entah kenapa hari minggu lalu cuaca dan hawa di Jogja itu rasanya panas sekali. Alih-alih kita pulang ke rumah yang berada di utara Jogja, kami yang tinggal di daerah Besi Kaliurang memutuskan untuk mencari tempat ngadem di daerah selatan jogja.

Tujuan ngadem yang kami pilih kali ini adalah Hutan Pinus di daerah Mangunan Imogiri Bantul.

Hutan pinussari mangunan
Ngadem di Hutan pinussari mangunan

Di tempat ini kami akhirnya bisa menikmati suasana sejuk dan adem ditengah kebersamaan keluarga. Pokokmen tempat ngadem yang juoss di tengah panasnya kota Jogja lah.

HUTAN PINUSSARI MANGUNAN

Hutan pinus di daerah mangunan sendiri sudah sering aku kunjungi bersama keluarga. Namun, selama tahun 2018 aku belum pernah datang lagi ke sana, karena memang kondisi dan waktunya belum cocok. Sedih juga karena sebenarnya banyak acara GenPI Jogja yang sering di adakan di daerah mangunan, salah satunya pasar kaki langit.

Setibanya di Hutan Pinussari, banyak perubahan yang aku temukan. Ya, sekarang hutan pinusnya lebih ramai daripada waktu aku dulu foto pre-wedding atau bahkan saat beberapa tahun terakhir.

Perubahan wajah hutan pinus asri mangunan seakan membuatku yang asli lahir di Bantul dapat sedikit tersenyum. Kedatangan Barack Obama ke Puncak Becici beberapa waktu lalu juga sepertinya membuat pariwisata di sekitar di sekitar Dlingo, Mangunan dan Imogiri berkembang semakin pesat, seakan menjadi surga tersendiri bagi para wisatawan dalam dan luar kota yang sedang berkunjung ke Jogja.

Tiket Masuk Hutan Pinussari Mangunan

Jika dulu aku datang ke hutan pinus ini belum dikenakan tiket resmi, maka kali ini sudah ada tiket resmi seharga Rp. 2500,- per orang sesuai dengan PERGUB DIY NOMOR 84 Tahun 2016 yang diberlakukan.

Hutan Pinussari Mangunan
Tiket masuk Hutan Pinussari

Untuk membeli tiket masuk kita akan menemukan 2 loket penjualan tiket persis di depan pintu masuk Hutan Pinus. Sebelum membeli atau masuk ke dalam hutan, kita juga bisa melihat informasi lokasi melalui denah yang ada di bagian depan loket.

Baca Juga:   Jalan - Jalan Ke Stonehenge The Lost World Heritage Kaliurang

Fasilitas Hutan Pinussari Mangunan

Berhubung sudah mulai menjadi primadona wisata di kota Jogja, Hutan Pinussari sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup baik.

Beberapa fasilitas yang bisa kita temui di tempat ini adalah area parkir yang luas, toilet, masjid dan pusat kuliner.

Walaupun demikian, jangan harap teman-teman dapat menemukannya ketika sudah masuk ke dalam hutan. Semua fasilitas umum itu terdapat di luar hutan pinussari, tepatnya di dekat area parkir. Jadi saranku silakan beli dan penuhi kebutuhanmu terlebih dahulu sebelum benar-benar masuk ke lokasi hutan pinus.

Spot Menarik Hutan Pinussari Mangunan

Sebagai salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar kota, bahkan mancanegara, hutan pinussari memberikan banyak spot menarik.

Ya, itulah yang aku temukan di sana. Berbeda dengan saat aku pertama kali datang di tahun 2010 saat kondisi hutan masuh sepi dan sunyi.

Hutan Pinussari Mangunan
Denah Hutan Pinussari

Spot menarik yang ada di Hutan Pinussari Mangunan adalah:

Spot Panggung Manten

Spot yang satu ini letaknya dekat dengan loket masuk dan juga pintu keluar. Sayang karena fokus gendong bayi besar (Aileen) aku ga sempet foto spot yang satu ini.

Spot Hammock

Spot Hammock adalah salah satu spot yang banyak diminati oleh para pengunjung. Khususnya buat yang ingin merasakan suasana santai dengan tidur-tiduran di bawah pohon pinus. Letaknya juga tidak jauh dari loket masuk.

Hutan Pinussari Mangunan
Coba Hammock Hutan Pinussari

Untuk dapat mencoba dan menikmati Hammock, kita bisa menyewanya dengan harga Rp. 10.000,- (1 Hammock), sedangkan Rp. 20.000,- (hammock susun)

Spot Gardu Pandang

Berada di daerah pengunungan, Hutan Pinussari jelas ingin menjual pemandangan yang ada. Hal tersebut pula yang membuat objek wisata ini memiliki beberapa Gardu pandang.

Hutan Pinussari Mangunan
Coba Hammock Hutan Pinussari

Gardu pandang pertama berada di dalam hutan pinussari. Letaknya ada di bagian timur, dekat dengan taman bunga.

Gardu pandang kedua bernama Gardu Pandang View Ekslusif. Letaknya berada di belakang kantor RPH Mangunan. Berhubung aku juga tidak sempat ke sana, maka aku tidak tahu seperti apa gardu pandang tersebut.

Spot Taman Bunga

Spot taman bunga menurutku menjadi salah satu spot yang sangat menarik dan membuat Hutan Pinussari menjadi berbeda dan berwarna.

Hutan Pinussari Mangunan
Taman Bunga Hutan Pinussari Mangunan

Lokasi spot taman bunga berada di dekat gardu pandang dan menjadi salah satu lokasi paling diminati oleh para pengunjung untuk melakukan swafoto.

Spot Panggung Sekolah Hutan

Spot yang satu ini berada di bagian barat jalan, letaknya dekat dengan toilet dan masjid. Panggung sekolah hutan sendiri cukup banyak digunakan untuk acara-acara, seperti acara kesenian dan juga yang lainnya.

Hutan pinussari mangunan
Panggung Sekolah Hutan Mangunan (dok Arif L. Hakim)

Sayang, aku juga tidak masuk ke lokasi ini, karena lebih fokus ngadem di hutan pinussari yang sebelah timur.

Spot Pertapaan Bengkung

Entah apa yang diberikan oleh spot yang dimanakan pertapaan bengkung. Lokasi spot yang satu ini sangat jauh dari lokasi hutan pinus yang aku kunjungi. Namun, jika ada yang penasaran, maka silakan kapan-kapan mencoba untuk datang ke sana.

Spot Songgo Langit

Spot Songgo Langit bukanlah salah satu spot yang asing ditelingaku. Ya, spot yang satu ini cukup terkenal di daerah Mangunan. Banyak tempat menarik yang diberikan di Songgo Langit. Rumah Hobbit, Rumah Kukusan dan Panggung Terbuka yang sering digunakan untuk acara-acara kesenian membuat nama Songgo Langit menjadi cukup terkenal.

Hutan pinussari mangunan
Seribu batu Songgo langit (nopal___/instagram)

Sayang, kemarin aku tidak sempat mengunjunginya, mungkin lain kali aku akan datang dan membahas spot yang satu ini.

Baca Juga:   Kota-Kota Cantik Yang Bisa Dikunjungi Naik Kereta Api

Peta Lokasi Hutan Pinussari Mangunan

***

Mungkin itu sedikit ceritaku saat ngadem dadakan di Hutan Pinussari Mangunan yang telah kami lakukan tanggal 15 April 2018 lalu.

Hutan Pinussari mangunan
Swafoto Full Team Hutan Pinussari mangunan

Semoga bisa memberikan referensi buat teman-teman yang mau cari tempat ngadem di daerah Jogja. Dan jangan lupa buat swafoto di sini.. haha

2 thoughts on “Ngadem Dadakan Di Hutan Pinussari Mangunan

  1. Meskipun saya udah beberapa kali ke hutan pinus mangunan. Tetap aja nggak ada bosannya, Mas. Saya masih ingat pertama kali ke hutan pinus ini nyepeda, Mas. Karena capek jadi nginep deh..he

    Tapi dulu waktu hutan pinus masih belum bayar, kemudian selang beberapa bulan saya kembali lagi udah bayar 2k. Dan sekarang udah Rp.2500,- ya, Mas..

    1. Setuju banget.. emang ga pernah ngebosenin om.. apalagi sekarang sepanjang jalan dari songgo langit sampai ke pinus pengger banyak banget tempat wisata yang bisa di eksplor…

      Aku masih inget, dulu waktu foto buat pre-wed aja kayaknya cuma bayar parkir mobil doank, padahal lokasi fotonya sama.. malah lebih asik karena masih sepi… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.