5 Alasan Kenapa Aku Memilih Huawei Y5 Prime 2018

Sore itu aku sedang kumpul bareng dengan teman-teman lama di salah satu tempat nongkrong. Salah satu temanku tiba-tiba mengatakan seperti ini:

“Om, kayaknya dirimu sekarang lagi suka review gadget ya? Kira-kira kalau smartphone yang punya spesifikasi bagus, kamera oke, bisa dipakai buat main game tapi harganya ga lebih dari 1,5 juta apa ya?” tanya salah seorang temanku.

Ehm, Jujur.. Ini pertanyaan umum yang susah dijawab. wkwk..

Di jaman sekarang memilih smartphone itu gampang-gampang susah. Pertimbangan harga, spesifikasi, performa hingga popularitas vendor smartphone seringkali membuat banyak orang bingung. Kadang orang itu sukanya cari smartphone dengan budget minim, tapi mintanya banyak. Kan susah itu. Ya kan??

Nah, daripada aku bingung akhirnya aku langsung kasih pinjem salah satu smartphone entry level dari dari Huawei yang bernama Huawei Y5 Prime 2018 yang memang sedang aku bawa untuk keperluan testing dan review.. Wkwk..

Sambil membiarkan temanku itu melihat-lihat dan ngoprek Huawei Y5 Prime 2018, aku juga cerita tentang smartphone Huawei yang satu ini.

Ada beberapa alasan yang menurutku cukup bisa membuat Huawei Y5 Prime 2018 layak untuk dijadikan pilihan di persaingan entry level dengan range harga 1-1,5 juta.

Berikut ini 5 Alasan Kenapa Aku Memilih Huawei Y5 Prime 2018:

Desain Simple, Material Body Solid

Salah satu hal yang membuatku cukup terkesan dari Huawei Y5 Prime 2018 adalah desain yang dimilikinya.

Walaupun secara desain simple dan sama seperti kebanyakan smartphone lain, namun material body yang diberikan Huawei membuat Y5 Prime 2018 menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

 

Huawei Y5 Prime 2018
Tampilan depan desain Huawei Y5 Prime 2018

Coba saja kamu pegang smartphone ini. Kesan mahal akan langsung hadir dalam pikiranmu. Jarang ada smartphone dengan harga di bawah 1,5 juta yang menggunakan bahan polikarbonat.

Bahan material ini pulalah yang membuat Huawei Y5 Prime 2018 menjadi kokoh dan solid, namun tetap nyaman untuk digenggam.

 

Huawei Y5 Prime 2018
Detail desain Huawei Y5 Prime 2018

Selain bahan material yang kokoh dan solid, Ukuran layar yang hanya 5,45″ tapi sudah Full View Display dengan resolusi HD+ sudah cukup membuatku nyaman dengan smartphone ini.

Tidak ada hal yang mengejutkan pada bagian sisi-sisinya, peletakan tombol-tombolnya pun sama seperti kebanyakan smartphone android yang sudah ada. Tombol Power + Volume di sisi kanan, Slot microusb+microphone di sisi bawah, Jack audio 3.5 mm di sisi atas dan slot SIM Tray berjenis Triple SIM di sisi kiri.

Di bagian belakang, hanya terdapat kamera beresolusi 13 Megapixel lengkap dengan lampu flash, tidak ada sensor fingerprint ya. Maklumlah kelas entry level. Hehe..

Punya Face Unlock dan Selfie Flash Toning

Hal kedua yang membuatku tertarik dengan Huawei Y5 Prime 2018 adalah adanya fitur Face Unlock dan Dual Lampu Flash (satu selfie flash toning, satu lampu flash kamera belakang)

Pertanyaannya, Kenapa aku tertarik dengan kedua fitur ini?

Ya suka aja.. Dengan harga yang tidak sampai 1,5 juta tapi sudah dapat fitur keamanan yang oke kenapa harus tidak tertarik?

 

 Huawei Y5 Prime
Fitur Face Unlock Huawei Y5 Prime 2018

Walaupun ketika unboxing aku tidak menemukan fitur face unlock, namun kita tidak perlu khawatir karena fitur keamanan yang menggunakan pengenalan wajah ini akan kita dapatkan setelah kita melakukan update firmware.

Baca Juga:   Fitur Menarik Dari EMUI 8.0, Interface Andalan Honor 7A

Kecepatan face unlocknya menurutku lumayan, kadang cepet kadang lambat. Aku kurang tahu kenapa? mirip sama ASUS ZenFone Max Pro M1 yang kumiliki.. Apa mungkin karena mukaku memang sulit dikenali? wkwk..

Fitur selanjutnya yang membuatku memilih Huawei Y5 Prime adalah adanya Selfie Flash Toning. Dengan fitur ini, Y5 Prime 2018 jadi memiliki 2 buah lampu flash.

 

Huawei Y5 Prime 2018
Fitur Selfie Flash Toning Huawei Y5 Prime 2018

Untuk posisi lampu selfie flash toning sendiri ada di sebelah kiri speaker dan sensor proximity. Uniknya lagi, fitur selfie flash toning ini bisa diatur tingkat kekuatan cahayanya mulai dari level 0-6.

Fitur ini akan sangat membantu kita ketika mau melakukan swafoto dalam kondisi kurang cahaya. Lumayan to?

Spesifikasi Biasa, Tapi Performa Lumayan Oke

Setelah mengetahui hal spesial yang dimiliki oleh Huawei Y5 Prime 2018, aku mulai mencoba performanya.

Jika melihat spesifikasi yang diberikan, Huawei Y5 Prime 2018 sendiri benar-benar dikirim oleh Huawei untuk masuk ke dalam persaingan kelas entry level yang mungkin kini didominasi oleh Xiaomi.

Prosesor, RAM, Baterai

Ketika aku bandingkan dengan Xiaomi Redmi 6A yang waktu peluncuran dan harganya tidak berbeda jauh, keduanya sama-sama dibekali Prosesor Mediatek, RAM 2GB dan ROM 16 GB.

Walaupun sama-sama menggunakan prosesor mediatek, namun performanya berbeda karena karena Huawei Y5 Prime 2018 menggunakan Mediatek  MT6739, sedangkan Redmi 6A menggunakan Mediatek Helio A22 12 nm. Menurut kabar sih, Helio A22 12 nm lebih baik untuk performa dan efisiensi daya daripada MT6739.

Jika di dapur pacu Huawei Y5 Prime kalah dari Redmi 6A, maka lain halnya dengan urusan kapasitas Baterai. Huawei Y5 Prime 2018 dibekali baterai berkapasitas 3020 mAH, atau sedikit lebih besar dari kapasitas baterai Redmi 6A yang hanya 3000 mAH.

Kemampuan Gaming

Untuk menjalankan game, aku mencoba Huawei Y5 Prime 2018 masih oke lah. Oke itu kalau dipakai main Mobile Legend ya. Karena aku ga tega untuk coba main PUBG Mobile di smartphone ini. Wkwk..

Ada alasan sebenarnya aku ga terlalu berani coba main PUBG Mobile, walaupun kalau menggunakan settingan low aku rasa masih cukup mumpuni. Sepertinya buat dapet chicken dinner masih bisa tapi harus usaha ekstra.. 😀

 

Huawei Y5 Prime 2018
Test Main Mobile Legend di Huawei Y5 Prime 2018

“Alasannya apa mas?”

Aku mengalami suatu hal tidak menyenangkan ketika melakukan pengetesan Huawei Y5 Prime 2018, tepatnya ketika menjalankan aplikasi Antutu Benchmark 3D.

Pada saat bagian rendering video, tiba-tiba prosesnya melambat dan smartphoneku tiba-tiba berhenti lama, hingga baterainya terasa panas. Akhirnya aku matikan saja smartphonenya.

Nilai Antutu Benchmark pun tidak keluar. Jadi ya gitu deh, ragu kalau buat dipakai main game berat. 😀

Jadi gitu ya, kenapa aku bilang performanya “LUMAYAN OK”.

Interface Menyenangkan

Interface EMUI itu menyenangkan. Ga banyak aplikasi bloatware dan iklan. Ya, itu yang aku rasakan sampai sekarang. Ga ada alasan untuk tidak menyukai interface EMUI dari Huawei.

 

EMUI
EMUI Honor 7A

Oh iya, untuk yang belum tahu fitur-fitur menarik dari EMUI, mungkin kamu bisa baca di artikelku yang berjudul “Fitur Menarik Dari EMUI 8.0, Interface Andalan Honor 7A“.

Walaupun fitur di EMUI Honor tidak semuanya sama dengan EMUI Huawei, namun hampir sebagian besar fiturnya mirip.

Harga Miring 

Alasan terakhir yang membuatku memilih Huawei Y5 Prime 2018 adalah masalah harga. Harga yang dipatok oleh Huawei tidak terlalu mahal, bahkan ketika artikel ini dipublish harga smartphone ini mengalami penurunan.

Baca Juga:   Alasan Aku Lebih Memilih WordPress Daripada Blogspot



Harga resmi dari Huawei Y5 Prime 2018 adalah Rp 1.499.000.

Kalau kamu mau dapat lebih murah lagi bisa lho, bisa dapat harga cuma Rp 988.000.. Ikutan aja End Year Crazy Sale dari Lazada tanggal 10 Desember 2018 besok.  Semoga beruntung.

Oh iya, kalau kamu ga pengen smartphone ini, tapi ga dapet di acara End Year Crazy Sale Lazada, boleh kok nawar punyaku. wkwk..

KESIMPULAN HUAWEI Y5 PRIME 2018

Kesimpulannya gimana?

Kalau menurutku smartphone Huawei Y5 Prime 2018 ini sudah cukup baik untuk digunakan sehari-hari walaupun ada beberapa hal yang kurang. Wajar jika kita melihat harga yang dipatok.

Kualitas kameranya gimana mas?

Untuk pertanyaan ini menurutku sih standar ya. Ga beda jauh dengan kebanyakan smartphone dikelasnya. Untuk kualitas kamera belakang pada kondisi terang sih udah lumayan oke. Namun untuk kualitas kamera depannya aku tidak terlalu suka walaupun sudah didukung oleh lampu selfie flash toning.

 

Huawei Y5 Prime 2018
Kamera belakang Huawei Y5 Prime 2018
Huawei Y5 Prime 2018
Kamera Depan Huawei Y5 Prime 2018

Kelengkapan dan isi kardusnya apa aja?

Masih penasaran sama kelengkapannya apa aja? Jadi yang pasti ga ada headset/earpiece, silicon/hardcase bawaan. Oh iya, kalau mau jelas, bisa lihat video Unboxingku.



Spesifikasi lengkapnya apa mas?

Monggo aja tekan tombol berikut ya.

Spesifikasi Lengkap Huawei Y5 Prime 2018

Recomended ga mas?

Menurutku iya.. Dengan harga sekitar 1-1,5 juta mendapatkan smartphone dengan kualitas seperti Huawei ini aku rasa sudah sangat baik. Apalagi reputasi Huawei di bidang teknologi sudah tidak perlu diragukan lagi. Sinyalnya kuat dan stabil kapten.

***

Oke, mungkin itu 5 Alasan Kenapa Aku Memilih Huawei Y5 Prime 2018.  Semoga bisa membantu kamu yang sedang cari smartphone murah tapi lumayan oke.

2 thoughts on “5 Alasan Kenapa Aku Memilih Huawei Y5 Prime 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.