Kemarin aku sudah sedikit menulis soal HUAWEI P30 Series, tepatnya kenapa HUAWEI memilih Paris untuk merilis smartphone terbarunya tersebut.

Berhubung HUAWEI P30 Series sudah dirilis dan diperkenalkan secara resmi kepada publik di Paris Convention Center, maka aku mau coba membahas sedikit tentang smartphone ini berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari acara launching kemarin.

Kira-kira apa saja sih yang perlu kamu ketahui soal smartphone HUAWEI P30 Series ini? Harganya berapa? Kira-kira Worth it ga kalau dibeli?


SEKILAS TENTANG HUAWEI P30 SERIES


HUAWEI P30 Series sendiri terdiri dari 2 tipe smartphone yaitu HUAWEI P30 dan HUAWEI P30 Pro. Kedua smartphone tersebut membawa terobosan pada teknologi sensor, lensa dan desain.

Huawei P30 Series
Huawei P30 Series

Selain itu, HUAWEI P30 Series juga dibangun di atas DNA HUAWEI P Series yang memang menonjolkan fitur desain dan kamera sebagai fitur andalannya. Bahkan HUAWEI P30 Series merupakan seri kamera smartphone tercanggih yang dimiliki oleh HUAWEI saat ini.

Beberapa fitur yang coba ditampilkan oleh HUAWEI P30 Series meliputi HUAWEI SuperSpectrum Sensor,optical SuperZoom Lens, HUAWEI Time of Flight (ToF) Camera terbaru, dan teknologi stabilisasi gambar optik dan AI yang ditingkatkan kemampuannya.

Melalui teknologi revolusioner ini, HUAWEI P30 dan HUAWEI P30 Pro mampu menangkap foto dan video yang luar biasa dalam setiap skenario. Lihat aja TVC Huawei P30 Series ini..

TVC Huawei P30 Pro

HUAWEI P30 Series membawa terobosan mendasar setelah puluhan tahun pengembangan teknologi kamera digital. Itu akan menulis ulang aturan dan membentuk kembali persepsi semua orang tentang fotografi seluler,” ucap Richard Yu, CEO HUAWEI Consumer Business Group.

Richard melanjutkan, inovasi seperti HUAWEI SuperSpectrum Sensor dan SuperZoom Lens memungkinkan kita untuk mendorong kemampuan fotografi dan videografi melampaui batasannya lebih dari apa yang kita kira.

HUAWEI P30 Series akan menjadi standar bagi teknologi smartphone generasi berikutnya dengan memberdayakan orang untuk menangkap keindahan sejati dunia di sekitar mereka melalui perangkat yang pas di telapak tangan mereka,” kata Richard.


REWRITE THE RULES


Seperti yang sudah diungkapkan oleh HUAWEI melalui hashtag #REWRITETHERULES pada saat peluncuran HUAWEI P30 Series di Paris kemarin, perusahaan memang sedang berusaha untuk menulis ulang aturan aturan dalam dunia fotografi dan juga videografi.

Maksudnya gimana mas? Kok bisa kaya gitu?

Oke kita coba bahas satu persatu.


1. Menulis Ulang Aturan Dalam Dunia Fotografi


Dalam sisi fotografi, HUAWEI P30 Series akan mengubah ekspektasi pengguna akan fotografi smartphone. Sebagai informasi saja, HUAWEI P30 Pro berhasil mencapai skor DxOMark 112, tertinggi di antara semua smartphone yang saat ini ada di dunia.

DxOMark Huawei P30 Pro
DxOMark Huawei P30 Pro

Untuk menulis ulang aturan dalam dunia fotografi smartphone tersebut,  HUAWEI P30 Pro dilengkapi dengan Leica Quad Camera System terbaru, termasuk kamera utama 40MP dengan HUAWEI SuperSpectrum Sensor, Lensa ultra-wide angle 20MP, lensa telefoto 8MP, dan teknologi HUAWEI ToF Camera serta kamera depan 32MP yang membawa fitur selfie ke level yang lebih tinggi.

Teknologi HUAWEI SuperSpectrum

Teknologi sensor bernama HUAWEI SuperSpectrum yang berukuran 1/1,7-inci, memungkinkan perangkat menangkap cahaya dengan cara yang benar-benar baru.

Huawei SuperSpectrum Sensor

HUAWEI juga mengumumkan teknologi sensor bernama RYYB HUAWEI SuperSpectrum Sensor untuk memperbaiki teknologi filter RGGB tradisional yang secara teknis mengganti piksel hijau dengan piksel kuning, menghasilkan tingkat ISO maksimum 409.600 pada HUAWEI P30 Pro dan 204.800 pada HUAWEI P30.

Revolusi mendasar dalam teknologi sensor ini, dikombinasikan dengan HUAWEI AIS, OIS, dan aperture f / 1.6 yang lebar dari HUAWEI P30 Pro, menghadirkan pengalaman fotografi dan videografi yang luar biasa di berbagai skenario dan kondisi pencahayaan. Termasuk skenario low-light yang sangat ekstrim untuk menghasilkan gambar dengan detail yang lebih baik dalam warna dan kejernihan.

Baca Juga:   Xiaomi Redmi 4X, Smartphone Baru Akibat Sebuah Kebodohan

Teknologi SuperZoom

SuperZoom Huawei P30 Series
Teknologi SuperZoom Huawei P30 Series

Teknologi lensa SuperZoom terbaru mampu membuka teknologi fotografi zoom ke dalam tingkat yang lebih tinggi dalam bingkai bodi smartphone yang tipis.

Melalui desain periskop yang baru, SuperZoom Lens mendukung pembesaran gambar hingga 5x lipat dengan optical zoom, 10x lipat dengan hybrid zoom, dan 50x lipat dengan digital zoom.

Elemen prisma pada kamera telefoto membengkokkan cahaya pada sudut 90 derajat untuk memaksimalkan focal length sambil meminimalkan ketinggian kamera, tanpa mengganggu desain smartphone itu sendiri.

Teknologi TOF Camera

Kalau kamu udah sempat lihat video Hands On HUAWEI P30 Pro dari David GadgetIn waktu di paris kemarin, kamu pasti denger salah satu fitur yang disukai oleh om Irwan Sobat Hape. Di sana dikatakan jika om Irwan sangat suka dengan fitur yang bernama HUAWEI ToF.

Nah, ini sedikit penjelasan soal teknologi ToF Camera dari HUAWEI P30 Series.

Foto ToF Huawei P30
Sample Foto ToF Huawei P30 Series (img source: https://consumer.huawei.com )

Teknologi HUAWEI ToF Camera memungkinkan Anda menangkap informasi kedalaman gambar guna memberikan segmentasi gambar yang akurat. Pengukuran jarak yang sangat presisi tepat memungkinkan untuk menyimulasikan beberapa tingkat gambar bokeh.

Fitur Super Portrait juga mampu menangkap bahkan hingga detail terkecil, sampai pada helaian rambut sekalipun. Teknologi Ini menggabungkan antara informasi kedalaman gambar dan algoritma yang cerdas untuk menghasilkan gambar yang luar biasa dengan latar belakang buram serta tetap fokus pada subjek foto dalam skenario apa pun.

Teknologi HUAWEI AI

Teknologi terakhir yang kabarnya bisa mengubah ekspektasi pengguna smartphone fotografi smartphone adalah Teknologi HUAWEI AI.

Buat aku sendiri, teknologi ini terdengar seperti biasa saja tapi ternyata teknologi HUAWEI AI pada HUAWEI P30 Series sedikit berbeda dan tentunya lebih baik. Tteknologi HUAWEI AI akan membantu pengguna menggabungkan semuanya menjadi jepretan yang sempurna.

AI HDR+ memungkinkan kamera depan dan belakang untuk menggabungkan beberapa foto yang diambil secara berurutan untuk menghilangkan gambar yang terlalu terang dan berlebihan.


2. Mendefinisi Ulang Fitur Videografi pada Smartphone


Jika sebelumnya sudah aku bahas sekilas tentang maksud dari REWRITETHERULES dari sisi fotografi, maka sekarang pada sisi videografi smartphone.

HUAWEI P30 Series adalah smartphone camera yang mampu menghasilkan video dengan sangat sinematis. HUAWEI P30 Series mengantarkan era baru videografi pada smartphone pada tingkat profesional.

Teknologi HUAWEI SuperSpectrum Sensor

Untuk dapat mendefinisi ulang fitur videografi pada smartphone, lagi-lagi HUAWEI mengandalkan fitur HUAWEI SuperSpectrum Sensor yang ada pada HUAWEI P30 Series.

Fitur ini memungkinkan pengambilan video secara spektakuler meski dalam keadaan minim cahaya sekalipun. Sehingga pemandangan malam hari akan tetap tampak cerah dan sangat detail.

Teknologi HUAWEI AIS dan OIS

Teknologi selanjutnya yang diunggulkan adalah HUAWEI AIS dan OIS, dimana teknologi ini mampu  mendukung stabilisasi untuk semua pengaturan pengambilan video, menghasilkan bidikan yang sempurna dan mantap.

Teknologi SuperZoom

Hal paling menarik dari HUAWEI P30 Series sepertinya tidak akan bisa lepas dari teknologi SuperZoom Lens yang dimilikinya.

Sample SuperZoom Huawei P30 pro

Dari sisi videografi, teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan close-up objek dengan mempertahankan ketajaman gambarnya, sementara AI Video Editor memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik latar (backsound) dan efek khusus pada video mereka, mengubah HUAWEI P30 Series menjadi semacam perangkat mobile production studio. 

HUAWEI Dual-View Video

Fitur HUAWEI Dual-View Video dapat menangkap dua perspektif pemandangan yang sama secara bersamaan dengan menggunakan beberapa kamera secara bersamaan.

Baca Juga:   Kenapa Huawei Pilih Launching P30 Series di Paris? Ini Alasannya

HUAWEI Dual-View Video

HUAWEI P30 Series menyediakan tampilan penuh dari suatu adegan sambil juga menangkap subjek secara close-up, memungkinkan untuk mengekplorasi imajinasi terbaik Anda dalam hal videografi.

Fitur ini rencananya akan diaktifkan melalui pembaruan HOTA. Jadi kalau kamu sekarang sudah beli HUAWEI P30 Series tapi belum menemukan fitur ini, harap bersabarlah. hehe


DESAIN YANG MEMUKAU


Pertama kali melihah HUAWEI P30 Series, aku sepertinya sama seperti David GadgetIn yang tertarik dengan desainnya. Menurutku desain dari smartphone ini sangat memukau. Mirip dengan P20 series, tapi seperti ada campuran warna putih susu di dalamnya. Selain itu pilihan warnanya juga lebih banyak.

HUAWEI P30 Series rupanya terinspirasi dari alam serta dan teknologi untuk mencapai bentuk dan desain yang menakjubkan dalam balutan warna yang indah.

Desain dari HUAWEI P30 Series, dibuat dengan teknologi nine-layer nano optical color, terinspirasi oleh palet warna yang unik dan warna asli dari salt flats.

Huawei P30 Series
Huawei P30 Series

HUAWEI P30 Pro memiliki layar 6,47 inci dan HUAWEI P30 mempunyai bentangan layar 6,1 inci yang datang dalam balutan warna, Breathing Crystal, Amber Sunrise, Aurora, Pearl White dan Black.

Display Dewdrop beresolusi FHD+ (2340×1080) piksel memiliki lekukan kecil, memberikan area tampilan maksimum. Kaca depan tanpa bezelnya dilengkapi dengan teknologi sensor In-Screen Fingerprint sebagai fitur otentikasi identitas pengguna yang cepat dan aman.

HUAWEI P30 Pro juga dilengkapi teknologi HUAWEI Acoustic Display yang memungkinkannya menghadirkan pengalaman audio berkualitas tinggi.


ULTIMATE INNOVATION


Kirin 980
Kirin 980

Inovasi adalah inti dari DNA HUAWEI. HUAWEI P30 dan HUAWEI P30 Pro dikemas dengan fitur-fitur unggulan di industri yang membedakannya dalam hal daya, kinerja, dan efisiensi:

  • HUAWEI P30 Series ditenagai oleh prosesor Kirin 980 berasitektur 7 nm, yang memberikan kinerja dan efisiensi terbaik, serta kemampuan pengenalan gambar yang lebih cepat melalui kekuatan pemrosesan AI Dual-NPU-nya.
  • HUAWEI P30 Series memiliki fitur bernama Extendable Read-Only File System (EROFS) yang meningkatkan respon pada sistem. EMUI 9.1 terbaru juga mendukung HUAWEI Share OneHop untuk berbagi file tanpa batas antara smartphone HUAWEI dan juga laptop HUAWEI.
  • HUAWEI P30 Pro memiliki baterai 4200mAh dan teknologi 40W HUAWEI SuperCharge yang mengisi daya perangkat dari nol hingga 70 persen dalam waktu 30 menit, menjaga perangkat tetap hidup selama lebih dari satu hari dalam penggunaan yang intensif.
  • HUAWEI P30 Pro memiliki fitur teknologi HUAWEI SuperCool untuk meningkatkan kinerja termal, menjaga ponsel tetap dingin bahkan selama penggunaan berat.
  • Seri HUAWEI P30 dilengkapi dengan serangkaian kemampuan komunikasi nirkabel canggih yang mendukung konektivitas Dual SIM dan Dual VoLTE (Fitur spesifik dapat bervariasi tergantung pada ketersediaan secara regional)

HUAWEI juga meluncurkan HUAWEI WATCH GT Active Edition dan Elegant Edition, jam tangan pintar outdoor yang mempunyai fitur ultra-long battery life.

Kemudian ada juga Earphone nirkabel HUAWEI FreeLace, yang mendukung HUAWEI HiPair untuk pairing yang lebih mudah dan pengisian cepat.

Dan HUAWEI X GENTLEMONSTER EYEWEAR, kacamata pintar baru yang dirancang bersama dengan desainer kacamata terkenal GENTLE MONSTER.


HARGA DAN KETERSEDIAAN


HUAWEI P30 dan HUAWEI P30 Pro baru segera tersedia secara global dengan informasi harga sebagai berikut:

HUAWEI P30 PRO

HUAWEI P30 PRO RAM 8GB + 128GB ROM 999 EURO

HUAWEI P30 PRO RAM 8GB + ROM 256GB 1099 EURO

HUAWEI P30 PRO RAM 8GB + ROM 512GB 1249 EURO

HUAWEI P30

HUAWEI P30 6GB RAM + 128GB ROM 799 EURO

HUAWEI P30 Pro juga tersedia dalam Edisi Khusus. Kemasan premium tersebut mencakup Breathing Crystal atau Pearl White HUAWEI P30 Pro dan Pearl Pink Glamorous Case yang bertatahkan kristal Swarovski.

Huawei P30 Pro Limited Edition
Huawei P30 Pro Limited Edition sparkling crystal from Swarovski®

Walaupun saat ini harga HUAWEI P30 Series sudah diumumkan, namun tenang aja karena biasanya harga smartphone di Eropa lebih mahal daripada di Asia. Jadi siap-siap aja kita tunggu harga resminya ketika masuk ke Indonesia.

***

Mungkin itu sedikit informasi yang bisa aku kasih soal HUAWEI P30 Series, Smartphone Yang Mencoba “REWRITE THE RULES” Dunia Fotografi. Semoga aja suatu saat nanti aku bisa mencoba hand on smartphone yang satu ini.

Kalau kata Advent Jose, Product Marketing Manager HUAWEI Indonesia itu gini:

“Jangan berhenti berharap, walau kita berfikir itu mustahil. “ ‘

Super sekali ya.. wkwkwk…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.