Stylist dan Powerful, Smartphone Impianku Di 2018

Di akhir bulan Agustus lalu aku ketemu sama Om Yahya di salah satu acara Gathering Media & Blogger Jogja. Seperti biasanya, kalau ketemu sama om yang satu ini omongannya ga bakalan jauh dari Gadget.

Maklum, Om Yahya kan seorang tekno blogger Jogja yang sudah cukup terkenal. Aku aja banyak belajar dari dia soal ulasan gadget.

Dalam pertemuan kemarin, aku tertarik dengan salah satu gadget yang dipegang oleh Om Yahya. Warnanya biru ngejreng dengan gradasi ungu, pokoknya cukup mencolok dan berbeda dengan kebanyakan smartphone pada umumnya.

Huawei Nova 3i
Tampilan Huawei Nova 3i di Rumah Om Yahya

Aku hanya berpikir dalam hati: “Gila, smartphone yang satu ini kok keren sama mewah banget. Bener-bener bisa jadi smartphone impian dan idaman di tahun 2018 ini“.

Karena penasaran, akhirnya aku meminjam sebentar smartphone yang menggoda itu dari Om Yahya.

Setelah melakukan hands on selama beberapa menit, akhirnya aku tahu jika smartphone itu adalah HUAWEI nova 3i, smartphone yang memang sering dibicarakan di sosial media karena beberapa fitur unggulan dan tampilannya yang ga biasa.

Semakin lama memperhatikan dan memegang HUAWEI nova 3i, aku jadi semakin tertarik dan bermimpi buat bisa meminang smartphone kece tersebut. Gimana nih om? Jadi mupeng kan.. Hayo tanggung jawab.. πŸ˜€

Oh iya, jika bicara soal smartphone impian, aku sendiri punya beberapa kriteria. Beberapa di antaranya ternyata ada di HUAWEI nova 3i.

DESAIN KECE DAN MENGGODA

Salah satu hal dasar yang aku pertimbangkan ketika ingin membeli sebuah smartphone adalah desain.

Aku suka desain smartphone yang stylist, simpel dan kekinian. Ia, kekinian.. Masa punya smartphone impian tapi desainnya ketinggalan jaman. Ga jadi mimpi dong. Ya kan??

HUAWEI nova 3i
Desain kece HUAWEI nova 3i

Nah kalau melihat kebanyakan smartphone yang hadir di tahun 2018 ini, beberapa smartphone memiliki desain yang colorful dan menarik.

Warna ngejreng itu bak godaan bagi orang yang sedang di dekatnya untuk tanya: “Bro, itu HP apa sih? Kok keren gitu?

Stt.. Itu sebenernya pengalaman dan pemikiran pribadiku aja sih. Wkwk.. Btw, wajar kan kalau aku tergoda dengan desain warna HUAWEI nova 3i yang dibawa Om yahya kemarin?

Buat yang belum tahu kenapa aku bisa benar-benar tergoda dengan Desain HUAWEI nova 3i, ini alasannya.

Desainnya Elegan dan Mewah

HUAWEI nova 3i rupanya memiliki desain yang elegan, kokoh dan mewah.

Jika kita melihat bagian depan smartphone ini, maka kita akan mengatakan jika HUAWEI nova 3i merupakan salah satu smartphone berponi.

HUAWEI Nova 3i
Desain HUAWEI Nova 3i

Layar berukuran 6,3″ FHD+ Display membentang luas hampir keseluruh bagian depan smartphone, minus daerah berponi yang berisikan dua kamera, speaker dan proximity sensor tentunya.

Pada bagian belakang, smartphone ini dilapisi kaca dan memiliki dual camera lengkap dengan lampu flash. Untuk semakin mempercantik diri, sensor sidik jari dihadirkan pada bagian tengah, seakan ingin mempertegas diri sebagai salah satu smartphone yang memiliki fitur keamanan yang baik.

Dengan material desain tersebut, wajar saja smartphone ini terasa cukup berat dan kokoh ketika aku genggam.

Warna Yang Unik dan Menarik

Selain desain yang sudah aku sebutkan sebelumnya, warna dari smartphone HUAWEI nova 3i yang dibawa oleh Om Yahya kemarin benar-benar menarik dan menggoda.

Huawei nova 3i
Pilihan Warna HUAWEI nova 3i

Gradasi warna dari biru hingga ungu membuat smartphone ini berbeda dengan kebanyakan smartphone lainnya. Sensasi warna iris purple tersebut membuatku kagum. Seakan memberikan kepercayaan diri yang lebih besar dan kesan luar biasa bagi pemiliknya.

Kalau kamu ga suka dengan warna yang nyentrik, HUAWEI juga menyediakan pilihan warna Black kepada nova 3i.

HASIL KAMERA HARUS BOKEH DAN TAJAM

Setelah desain yang stylist dan warna yang menggoda, aku selalu bermimpi bisa memiliki smartphone yang memiliki kualitas kamera yang mantul (mantap betul) atau singkatnya hasil tangkapan kameranya harus bokeh dan tajam.

Jadi kalau sewaktu-waktu aku ga bawa kamera digital si Canon G7x setidaknya aku tidak akan kehilangan moment penting untuk mengabadikan foto. Intinya sih aku pengen banget punya smartphone yang bisa dijadikan sebagai backup dari kamera DSLR ataupun kamera digital yang kumiliki.

HUAWEI nova 3i
Selfie pakai HUAWEI nova 3i

Ketika aku melihat hasil tangkapan kamera dari HUAWEI nova 3i di akun instagram Om Yahya dan juga temanku yang sudah menggunakan nova 3i, aku kok jadi mupeng ya dengan hasilnya. Ternyata foto-foto hasil dari kamera smartphone ini bokeh dan tajam.

Temanku mengatakan jika rahasia dari hasil bokeh dan tajamnya foto HUAWEI nova 3i adalah adanya 4 kamera langsung. Empat lho… Mohon dicatat ya.. 4 Kamera canggih dengan teknologi AI dalam 1 smartphone. Kalau ini sih menurutku udah “wagelaseh“. Ga umum..

HUAWEI Nova 3i
4 kamera AI HUAWEI Nova 3i

Kamera Depan

Pasti banyak yang penasaran dengan 2 kamera depan yang dimiliki HUAWEI nova 3i. Maklum, aku juga penasaran.

Biar ga penasaran aku meluncur ke situsnya HUAWEI nova 3i dan akhirnya aku menemukan jawabannya.

Dua kamera depan beresolusi 24MP + 2MP yang ada di nova 3i ternyata menggunakan algoritma canggih dan teknologi AI Scenery Recognition yang dapat menyesuaikan lingkungan sekitar sehingga mampu memberikan detail yang alami, jelas dengan info yang akurat ketika penggunanya melakukan Selfie.

Wajar, akhirnya Huawei percaya diri dengan mengatakan jika HUAWEI nova 3i merupakan AI Selfie Master.

Baca Juga:   A455LF, Asus Laptopku Yang Sudah Mulai Lelah

Ini contoh hasil foto pakai kamera depan HUAWEI nova 3i punya mbak Prima Hapsari:

HUAWEI nova 3i
Hasil foto kamera depan HUAWEI nova 3i (photo by Prima Hapsari)

Aku sendiri sebenarnya kaget ketika melihat hasil foto kamera depan dari kamera HUAWEI nova 3i punya mbak Prima di atas. Jauh banget di atas ekspektasiku. Kamera depannya bisa bokeh sama tajam banget. Wow.. mantap..

Kamera Belakang

Tidak seperti kamera depan yang menggunakan dua kamera dengan resolusi 24MP + 2MP, kamera belakang HUAWEI nova 3i hanya dibekali kamera dengan resolusi 16MP + 2MP dengan aperture f/2.2.

 HUAWEI nova 3i
Kamera belakang HUAWEI nova 3i

Walaupun demikian, kabarnya kamera belakang HUAWEI nova 3i telah menggunakan algoritma dan teknologi AI yang dapat membuat hasil jepretan kamera menjadi baik dan indah. Jangan takut kalau hasilnya ga bokeh. Pasti bisa bokeh kok..

Om Yahya sendiri sudah meracuni pikiranku dengan hasil fotonya pakai HUAWEI nova 3i dan ini beberapa hasil foto dari kamera belakang yang aku lihat dari akun IG om Yahya:

HUAWEI nova 3i
hasil kamera belakang HUAWEI nova 3i (photo by Om Yahya @oomyahya)

Menurutmu gimana hasil kamera belakang dari HUAWEI nova 3i? kalau menurutku sih udah oke banget buat backup kamera DSLR ataupun Canon G7x kalau ketinggalan di rumah.

Kualitas Capture Video Gimana?

Pertanyaan besar mungkin muncul dalam diriku terkait dengan kualitas video dari HUAWEI nova 3i. Apakah bisa diandalkan untuk merekam video? Cocok ga kalau aku pakai untuk vlogging?

Maklum aja pertanyaan itu muncul dalam benakku. Aku kan seorang yang katanya vlogger kacangan yang suka bikin vlog bareng anak-anak dan sedang memulai channel tekno-review. Boleh lho om kalau mau subscribe channelku.. Atau jangan-jangan mau pinjemin gadget buat tak review di channel baruku.. Wkwkwk.. (ngarep.com)

Jadi kalau misalkan HUAWEI nova 3i bisa merekam video dengan kualitas yang oke, maka HUAWEI nova 3i ini benar-benar smartphone impianku lah. Powerful guys….

Walaupun aku belum bisa menguji kualitas kamera HUAWEI nova 3i untuk merekam video, ada kabar baik dari kamera ini terkait perekaman video.

Untuk kebutuhan perekaman video, kamera HUAWEI nova 3i sudah dilengkapi dengan mode 16x Super Slow Motion 480 fps. Jadi seharusnya ga masalah bila di pakai ngevlog.

STORAGE BESAR, VLOGGING TENANG

Sebagai seorang yang suka membuat vlog, storage penyimpanan sebuah smartphone selalu menjadi pertimbangan. Semakin besar storage internal maka semakin nyaman juga mengambil footage video untuk keperluan VLOG.

Selama ini aku selalu menggunakan smartphone dengan internal storage (ROM) sebesar 32 GB. Pertanyaannya, “Apakah itu cukup untuk menunjang aktifitas Vlogging?

Jawabannya “cukup“. Tapi… (ada tapinya lho)

Storage Smartphoneku
Tampilan Storage Smartphoneku

Ketika kita mengambil video dan foto dengan jumlah yang banyak dan ditambah dengan banyaknya aplikasi yang digunakan pada smartphone, space kosong terasa cepat sekali habis. Aku harus rajin untuk melakukan backup video dan foto ke komputer ataupun hardisk eksternal.

Uniknya, aku menemukan storage sebesar 128 GB di HUAWEI nova 3i. Ehm, gede banget ya.. Kayaknya kapasitas internal 128 GB ini jadi yang paling besar di kelas smartphone mid-range. Belum lagi masih bisa ditambah external storage dari slot Micro SD hingga 256 GB.

Ini smartphone atau Hardisk eksternal ya?

Jadi ngebayangin ga perlu pusing kalau mau ambil video footage pake smartphone HUAWEI nova 3i. Sudah pasti aman dan lancar.

PERFORMA POWERFUL

Memiliki smartphone yang powerful performanya sudah menjadi impian semua orang. Dengan performa yang powerful, penggunanya akan dengan leluasa memaksimalkan smartphone sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Sebagai contoh, jika aku seorang yang suka membuat vlog, maka aku akan berusaha bisa melakukan kegiatan vlogging mulai dari mengambil video footage hingga editing dengan menggunakan smartphone.

HUAWEI nova 3i
Main Game PES 2018 Mobile

Atau jika aku seorang gamers, maka aku akan mencari smartphone yang akan mampu memberikan hasil terbaik ketika bermain game. Smooth tanpa lag dengan grafis maksimal tanpa patah-patah adalah sebuah keharusan.

HUAWEI nova 3i bisa memberikan performa yang sesuai impianku ga ya?” itu pertanyaan yang ada dalam pikiranku.

Walaupun sekarang aku belum bisa secara langsung mencoba performa dari HUAWEI nova 3i, aku dengar jika smartphone ini dibekali oleh chipset Kirin 710 berteknologi 12 nm yang mampu memberikan hasil responsif yang halus, fitur foto AI dan pengalaman bermain yang imersif kepada penggunanya.

HUAWEI nova 3i
Chipset Kirin 710 + GPU Turbo HUAWEI Nova 3i

Selain dapur pacu yang mumpuni tersebut, HUAWEI rupanya membenamkan teknologi GBU Turbo pada nova 3i yang didukung oleh RAM sebesar 4GB. Teknologi tersebut disebut mampu memberikan respon yang cepat ketika bermain game mulai dari transisi yang lembut antara jaringan 4G dan Wi-Fi hingga ketika jaringan mengalami penundaan alias lemot.

Ehm, kok keren ya teknologinya?

Jika melihat teknologi yang diberikan HUAWEI pada nova 3i, aku kok yakin smartphone ini akan bisa memberikan performa yang powerful, khususnya ketika melakukan multitasking, editing hingga rendering video lewat smartphone.

HUAWEI nova 3i
Aktivitas Edit Vlog pakai Filmora Go via Smartphone

Semoga saja keyakinanku benar dan bisa dibuktikan jika nanti sudah bisa memiliki smartphone ini. Bisa aku review dan di tes langsung dengan puas.

FITUR KEKINIAN DAN MENARIK

Jujur aja, aku itu salah satu orang yang suka ketiduran dan lupa charge smartphone di malam hari. Padahal kadang esok harinya pekerjaan kantor bisa dibilang padat.

Kalau udah seperti itu, aku suka mengandalkan daya dari powerbank. Nah kalau powerbanknya juga lupa di charge gimana? apa ga “cilaka duabelas” itu?

HUAWEI fast charge
Fast Charging Huawei

Fitur kekinian layaknya teknologi Fast Charging sudah menjadi salah satu keharusan yang dimiliki oleh smartphone impianku. Dengan fitur tersebut, setidaknya bisa menyelamatkanku ketika aku lupa mengisi daya smartphone di malam hari.

Baca Juga:   Pengalaman Sebulan Pakai ASUS ZenFone Max Pro M1

Kan lumayan banget itu kalau aku bangun terus sadar baterai belum di charge, padahal waktu yang tersisa sebelum berangkat kerja dan antar anak-anak sekolah tinggal 1 jam. Dengan adanya fitur fast charging, smartphone di charge 1 jam udah bisa dapat sekitar 50% lebih itu. Apa ga menguntungkan? jelas untung lah. Ya kan?

Nah, kalau kelemahan dan kelalaianku soal lupa charge smartphone di malam hari bisa diselesaikan dengan adanya teknologi Fast Charging, maka masih ada satu fitur impian yang sejak beberapa bulan lalu ingin aku coba. Fitur itu adalah AR Emoji.

Fitur AR Emoji sendiri merupakan salah satu fitur yang cukup menarik dan dapat membuat video menjadi lucu. Aku tahu fitur ini ketika Samsung mengeluarkan Samsung galaxy S9 pada awal tahun 2018 lalu.

Sayang, harga smartphone dari Samsung tersebut cukup mahal dan tidak ramah bagi kantongku. Hingga aku berpikir jika teknologi AR Emoji itu pasti akan segera muncul di beberapa smartphone lain yang lebih ramah di kantong.

HUAWEI nova 3i
Fitur QMOJI HUAWEI nova 3i

Tanpa perlu menunggu lama, ternyata apa yang sebelumnya aku pikirkan terkait AR Emoji langsung diberikan oleh HUAWEI lewat fitur yang dinamakan QMOJI. Walaupun tidak sama dengan AR Emoji, setidaknya memiliki fungsi yang serupa. Tetep bisa buat lucu-lucuan lah. πŸ˜€

Aneh, HUAWEI kok benar-benar bisa menjawab apa yang aku pikirkan tentang smartphone impian ya.

HARGA COCOK

Bagi seorang yang suka dengan teknologi, mungkin sering berpikir jika harga itu relatif.

Apalah artinya sebuah harga jika performa yang diberikan sebanding atau bahkan lebih dari ekspektasi. Mungkin itulah yang biasa aku pegang ketika mencoba mencari smartphone impian.

Bicara soal harga smartphone, mungkin ada yang bertanya soal harga HUAWEI nova 3i.

Dengan fitur 4 kamera AI, desain yang ciamik, dapur pacu kencang, storage besar dan banyaknya fitur yang ada, kira-kira HUAWEI nova 3i itu harganya berapa sih? Apa mungkin harganya sampai 5 jutaan?

Harga Huawei nova 3i
Harga Huawei nova 3i di Lazada HUAWEI Official Store

Ternyata apa yang dalam bayanganku salah, HUAWEI membandrol nova 3i dengan harga Rp. 4.199.000.

Belum selesai sampai di sana, rupanya masih ada potongan harga Rp. 200.000. Jadi kita bisa membawa pulang smartphone stylist dan powerful ini dengan harga 4 juta kembali seribu.

Setidaknya itu harga yang aku dapat dari HUAWEI official store yang ada di Lazada dan Erafone ya. Gimana, jadi semakin tertarik ga?

Kalau tertarik, langsung aja klik tombol yang ada di bawah ini ya. Bisa lewat Lazada atau Erafone.

SPESIFIKASI HUAWEI NOVA 3i

CPU

HUAWEI Kirin 710

4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz

Sistem Operasi Android 8.1 (Oreo)
Dimensi

Lebar: 75,2 mm

Tinggi: 157,6 mm

Tebal: 7,6 mm

Berat: 169 g (termasuk baterai)

Layar

6,3 inci

FHD+ 2340 x 1080, 409 PPI

16,7 juta warna

TFT LCD (IPS)

Kamera

Kamera Belakang:

16 MP + 2 MP, F/2.2 aperture, autofocus (phase focus,

contrast focus)

Kamera Depan:

24 MP + 2 MP, F/2.0 aperture, fixed focal length

Memory 4 GB RAM
Ruang Simpan 128 GB + Micro SD hingga 256 GB
Jaringan Dual SIM: 2G GSM, 3G WCDMA, 4G LTE (TDD dan FDD)
GPS GPS, GLONASS, BeiDou (negara tertentu), AGPS
Koneksi

802.11b/g/n, 2.4 GHz

Bluetooth 4.2, BLE, HWA, aptX dan aptX HD

Micro USB, USB 2.0

3,5 mm jack untuk headset

PC Data Synchronization

Sensor

Sensor Gravitasi

Sensor Cahaya

Sensor Sentuh

Giroskop

Kompas

Sensor Sidik Jari

Multimedia

Mendukung berbagai format audio/video: mp3, mp4, 3gp, ogg,

aac, flac, midi, 3gp

Baterai 3.340 mAh
Charger 5V / 2A
Antarmuka EMUI 8.2
Pilihan Warna Black dan Iris Purple
Harga Rp. 4.199.000

VIDEO INTRO HUAWEI NOVA 3i

Aku yakin, apa yang sudah aku tulis dan ceritakan tentang HUAWEI nova 3i belum sepenuhnya merangkum apa yang sebenarnya dimiliki oleh smartphone kece itu. Jadi aku coba kasih sedikit gambaran lewat video intro 30 detik dari HUAWEI aja ya.

Waktu nonton videonya, jangan cuma fokus lihat mbaknya aja. Walaupun mbaknya menggoda, tapi smartphonenya juga ga kalah menggoda lho.

***

Setelah cukup banyak curhat tentang smartphone impianku di tahun 2018, aku jadi inget quote dari om Daniel Mahendra si mimin dari @penganyamkata dan penulis buku “Perjalanan ke Atap Dunia“. Ia mengatakan seperti ini:

β€œNamun satu hal pasti yang dapat kutarik kesimpulan dari semua ini, paling tidak untuk diriku sendiri, adalah: beranilah bermimpi! Beranilah memiliki keinginan! Walau pikiran sadar kita menafikan kemungkinan-kemungkinan itu, tetap beranilah menetapkan tujuan. Karena nyatanya, ketika kita berani memutuskan untuk menggapai mimpi kita, alam bawah sadar kita justru bekerja membantu kemungkinan-kemungkinan mimpi tersebut menjadi kenyataan. Dengan dan lewat cara yang tak pernah kita duga sebelumnya.” ― Daniel Mahendra

Intinya sih aku akan terus bermimpi. Entah ketika aku nantinya berhasil mendapatkan smartphone impian atau tidak. Aku akan terus berkarya baik lewat blog, foto ataupun vlog dengan apa yang saat ini kumiliki.

Doakan aku juga ya biar pertanyaan soal hasil kamera yang ga ada watermarknya bisa segera hilang dari bayanganku..

Udah gitu aja deh om ceritaku. Maaf kalau kepanjangan. Soalnya keasikkan cerita sampai ga kerasa ternyata aku nulis udah lebih dari 2000 kata…Β  πŸ˜€

#HuaweiNova3i_IDΒ #choosethebest

Artikel dan cerita tentang Smartphone Impianku di 2018 ini aku ikutkan dalam Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei

17 thoughts on “Stylist dan Powerful, Smartphone Impianku Di 2018

  1. Wah wah keren mas. Si Cantik Nova ini emang bikin kepengen bgt sih ya. Saking penasaran, saya aja sampe niat Hands On langsung ke Erafone wkwk, bodi metal and kaca nya bikin penampilan makin ciamik…

    Gud lak ya, semoga kita sama2 dapat jatah dari Oom Yahya πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.