Bukber Bareng KBJ Ala Festival Kampung Nusantara Di Horaios Malioboro

Bukber Bareng KBJ Ala Festival Kampung Nusantara Di Horaios Malioboro

Buka puasa bersama atau biasa dikenal dengan sebutan “bukber” sudah menjadi salah satu acara yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang dan komunitas setiap bulan Ramadhan datang. Tidak terkecuali dengan diriku. Hari senin (28/5/2018), aku ikut acara bukber bareng KBJ ala Festival Kampung Nusantara di Horaios Malioboro Yogyakarta.

***

Sore itu jalanan Yogyakarta terasa padat. Aku coba memacu kendaraanku dari daerah utara Jogja membelah padatnya jalanan kota menuju Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta yang berada di daerah Gowongan Kidul.

Setelah melakukan perjalanan selama 30 menit, akhirnya aku tiba di hotel yang merupakan bagian dari Horison group tersebut sekitar pukul 16.30 WIB. Ini yang namanya On-Time. Tidak kurang dan juga tidak lebih dari jadwal. Haha..

Ketika serang mencari tempat parkir, 3 wajah yang tidak terlalu asing kutemukan di sana. Owalah, jebule kui Om Priyo, Mbak Via dan Mbak Disma. Tiga teman blogger kece yang memang sama-sama akan mengikuti acara buka puasa bersama.

NGABUBURIT HORAIOS MALIOBORO YOGYAKARTA

Sambil menunggu teman-teman yang belum hadir dan kebetulan waktu berbuka juga masih kurang 1 jam lagi. Aku dan teman-teman KBJ yang sudah ada di Horaios Malioboro memanfaatkan waktu dengan bercerita sambil foto-foto di beberapa spot hotel. Kalau bahasa gaulnya mungkin namanya “Ngabuburit“.

Bukber Bareng KBJ

Ngobrol dan ngabuburit bareng teman blogger Jogja (dok pri)

Tau ga “ngabuburit” itu sebenarnya apa? (sok lah ku urang di bejaan naon hartina ngabuburit) – di baca pake logat sunda ya.

Jadi berhubung aku lumayan lama hidup di tanah pasundan, aku pengen sekedar menginfokan saja kalau sebenarnya “Ngabuburit” itu salah satu istilah yang awalnya berasal dari bahasa sunda yang berasal dari kata “burit” yang artinya “Sore“. Karena ada kata kerja “Nga” jadi bisa diartikan sebagai kegiatan, sedangkan “Bu” merupakan pelengkap dari kata burit yang menandakan kegiatan yang berulang.

Secara umum “Ngabuburit” bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menunggu sore. Ya gitu lah pokoknya. Bahasa sunda memang unik, sama seperti nama-nama orang sunda yang memang khas dan sering diulang seperti cecep, eep sampe iis. hehe..

Oh iya, ini beberapa foto yang aku ambil dari bagian dekat Lobi Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta.

Horaios Malioboro Yogyakarta

Beberapa spot area Loby Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta (dok pri)

Setelah puas foto-foto beberapa bagian Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta, aku mencoba mendekati makanan yang sudah mulai disajikan dan ditata oleh para pegawai dan juga chef.

Berbagai menu makanan yang ditempatkan di beberapa sudut dari Malabar Resto terlihat semakin menggoda. Membuat perut semakin lapar. Sabar ya, karena waktu untuk berbuka masih sekitar 30 menit lagi. wkwk..

Horaios Malioboro Yogyakarta

Makanan yang sudah di siapkan Horaios Malioboro Yogyakarta (dok pri)

Karena godaan semakin besar, akhirnya aku memutuskan tidak terlalu banyak mengambil foto makanan yang ada. Pisang Epe, Empal Jagong, Ricarodo, Karedok, Ikan Peda Sambal menjadi beberapa makanan yang aku abadikan lewat lensa kamera.

Festival Kampung Nusantara

Beberapa foto makanan yang aku ambil (dok pri)

FESTIVAL KAMPUNG NUSANTARA HORAIOS MALIOBORO YOGYAKARTA

Berhubung aku dan teman-teman Blogger Jogja datang ke Horaios Malioboro ini karena diundang oleh pihak hotel. Maka ga afdol kalau pihak Hotel tidak diberikan waktu untuk menyampaikan sesuatu kepada kita.

 Horaios Malioboro Yogyakarta

Mbak Rin PR Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta (dok pri)

Akhirnya mbak Rin, PR dari Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta meminta Rian (admin kulinerwisata.com) untuk mengumpulkan kami semua untuk berkenalan dan memberikan sedikit penjelasan tentang menu berbuka puasa yang akan kami santap.

Baca Juga:   Belajar Food Photography Bareng Harisatu Zakaria di Bakpia Wong Jogja

Rupanya, menu-menu makanan berbuka puasa yang di siapkan oleh pihak Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta selama bulan Ramadhan kali ini mengambil tema Festival Kampung Nusantara.

Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro Yogyakarta

Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro Yogyakarta (dok pri)

Kenapa dinamakan Festival Kampung Nusantara?

Jadi jika kita lihat dari menu buka puasa yang disajikan, kita bisa menemukan banyak menu makanan tradisional dan khas yang berasal dari 4 pulau besar yang ada di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dengan banyaknya menu makanan yang dihadirkan tersebut diharapkan dapat mengobati rasa kangen para pengunjung yang berasal dari luar kota atau luar pulau akan makanan daerahnya.

Menu apa saja yang ada di Festival Kampung Nusantara?

Banyak sekali menu yang di sediakan pada Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro Yogyakarta.

KALIMANTAN

Untuk menu dari Pulau Kalimantan, kita bisa menemukan Cencang Timun, Soto Banjar, Gangan Keladi, Manok Tunu, Udang Pare Pedas, Empal Jagong, Pisang Gapit, Sambal Gami dan cemilan yang namanya Barongkok.

Festival Kampung Nusantara

Manok Tunu – Kalimantan (dok pri)

JAWA

Sebagai tuan rumah, pulau jawa sepertinya menjadi menu makanan yang biasa kita temukan sehari-hari. Pada Festival Kampung Nusantara kali ini kita bisa menemukan menu makanan seperti Karedok, Sayur Asem, Urap, Tumis Kacang Panjang Pete, Ikan Peda Sambel Ijo, Tahu Sumedang, Serabi Kuah, Sambal Terasi dan Dawet.

Festival Kampung Nusantara

Tumis Kacang Panjang Pete – Jawa (dok pri)

SUMATERA

Jika kamu merupakan orang yang berasal dari pulau sumatera, maka kamu bisa mengobati kangen akan makanan khas sumatera.

Di Festival Kampung Nusantara kali ini, Horaios Malioboro Yogyakarta menyediakan menu makanan sumatera seperti Baberuk Kacang Panjang, Tekwan, Terong Sambal Ijo, Gulai Daun Singkong, Asam Pedas Patin, Telor Balado, Martabak Kari, Sambal Lado Mudo dan cemilan Pulut Inti.

Festival Kampung Nusantara

Telor Balado – Sumatera (dok pri)

SULAWESI

Nah kalau kamu suka kuliner, pasti ga mau ketinggalan sama makanan yang berasal dari sulawesi kan ya. Menu semacam Gogu, Brenebon Soup, Ricarodo, Ayam Woku, Tongkol Rica, Tumis Bunga Pepaya, Es Pisang Ijo, Sambel dabu-dabu hingga pisang epe bisa kamu temukan di Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro Yogyakarta.

Festival Kampung Nusantara

Ayam Woku Sulawesi (dok pri)

TAKJIL

Selain menyajikan pilihan menu makanan yang berasal dari 4 pulau besar di Indonesia, Horaios Malioboro juga menyediakan takjil sebagai menu berbuka puasa.

Aneka Takjil yang bisa kita nikmati adalah Kurma, Aneka Bubur Manis, Aneka Puding Jelly, Aneka Es Buah dan Aneka Kolak.

Menu Favorit di Festival Kampung Nusantara?

Menu andalan dan favorit selalu menjadi rekomendasi setiap kali kita akan mencoba makanan. Kalau makanan itu biasa saja, pasti rasanya ya cuma biasa. Kalau udah ada kata andalan/favorit pasti rasa penasaran semakin tinggi.

Menu favorit selama ramadhan yang ada di Horaios Malioboro Yogyakarta ini ternyata adalah Tekwan dan Es Pisang Ijo.

Festival Kampung Nusantara

Pisang Ijo (dok pri)

Jadi kalau mau buka puasa di sini, jangan sampai ga coba 2 menu yang aku sebut di atas ya. hehe.

Berapa Harga per Pax Makanan di Festival Kampung Nusantara?

Masalah harga selalu menjadi pertanyaan ketika kita akan membeli sesuatu.

Nah kalau untuk urusan buka puasa di Horaios Malioboro Yogyakarta selama bulan ramadhan ini, kamu ga perlu bingung dan keluar banyak uang karena cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 57.000/ pax – All You Can Eat. 

Baca Juga:   Pengalaman Pertama Merasakan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Ingat lho ya.. Pilihan menunya seperti yang di atas, tapi cukup bayar dengan harga segitu. Apa ga murah itu?

ICIP-ICIP MAKANAN HORAIOS MALIOBORO YOGYAKARTA

Akhirnya masuk ke bagian terpenting dari acara kali ini. Karena acaranya buka puasa bersama, ya acara puncaknya icip-icip makanan bareng.

Sejak foto-foto pertama aku sudah tergoda untuk mencoba makanan dari Kalimantan. Tanpa pikir panjang, akhirnya aku mendekat ke meja dengan tulisan KALIMANTAN dan mengambil menu makanan yang terdiri dari Soto Banjar, Gangan Keladi, Manok Tunu dan Empal Jagong.

Bukber Bareng KBJ di @Hom Platinum

Menu Buka Puasaku di Horaios Malioboro Yogyakarta (28/5/2018)

Sedangkan untuk makanan lainnya, sudah pasti aku tidak mau melewatkan 2 menu favorit dari Horaios Malioboro Yogyakarta yang terdiri dari Es Pisang Ijo dan Tekwan.

Ya, itulah menu buka puasaku kemarin. Tidak banyak cuma lebih dari cukup. haha..

FOTO BARENG HORAIOS MALIOBORO YOGYAKARTA

Setelah semua selesai makan dan ada beberapa yang melakukan ibadah Sholat Magrib, acara bukber bareng KBJ di Horaios Malioboro Yogyakarta pun selesai sudah.

Sebelum kami pulang meninggalkan lokasi, acara foto bersama sudah menjadi salah satu hal yang sayang jika dilewatkan. Sekitar 30 orang blogger yang perutnya sudah kenyang akhirnya bisa tersenyum lebar saat pulang.

Lihat aja fotonya, kelihatan sumringah kan? Ya begitulah kalau kami kumpul-kumpul bareng. Haha..

KONTAK HORAIOS MALIOBORO YOGYAKARTA

Alamat:
Jl. Gowongan Kidul No. 44, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Peta Lokasi:

Telp: (0274) 557070

WA: 087812718887

Website: myhorison.com

Sosial Media: IG: @horaiosmalioborohotel

***

Kamu tertarik untuk melakukan bukber ala Festival Kampung Nusantara di Horaios Malioboro Yogyakarta seperti yang aku lakukan bersama teman-teman Komunitas Blogger Jogja? Langsung aja dateng atau kontak ke Hotel Horaios Malioboro Yogyakarta.

 

Note:

Mungkin kamu sempat bingung karena kemarin kamu menemukan nama hotelnya adalah @hom platinum Yogyakarta, kok sekarang jadi Horaios Malioboro. Jadi ceritanya hotel ini baru saja berubah nama dari @hom platinum yogyakarta menjadi Horaios Malioboro per awal juni 2018. 

3 Responses

  1. Sapti nurul hidayati
    June 5, 2018
  2. Sapti nurul hidayati
    June 5, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.