Categories: Coretan

Pengalaman Ganti Sim Card Di Gerai Indosat Hartono Mall

Punya sim card yang sedang bermasalah itu rasanya ga nyaman banget, ga bisa santai. Solusi paling mudah hanyalah dengan cara mendatangi gerai provider untuk ganti sim card.

***

Pergi Ke Gerai Indosat

Masalah pulsa yang sering hilang, banyak iklan yang ga penting sampai sinyal yang tidak stabil akhirnya betul-betul membuatku habis kesabaran. Puncaknya, hari rabu (18 April 2018) akhirnya aku memutuskan untuk datang ke gerai Indosat yang ada di Jogja.

Gerai Indosat Jl. Sudirman Sebelum Pindah (google streetview)

Berbekal dengan niat dan sedikit info soal lokasi gerai Indosat di Jogja, aku meluncur ke Jl. Sudirman. Aku tidak tahu jika lokasi gerai Indosat yang dulunya ada di jl. sudirman dekat Bank Mandiri ternyata sudah pindah. Daripada salah info soal lokasi gerai Indosat di Jogja, akhirnya aku googling dan ketemulah 2 lokasi terdekat.

Lokasi pertama di Jl. C. Simanjuntak Terban, sebelum toko Els Computer dan lokasi kedua ada di Hartono Mall Lantai 1.

Gerai Indosat C Simanjuntak Jogja (doc Zulfan Nazal)

Berhubung aku ada di jalan Sudirman, maka aku cukup putar balik sedikit untuk dapat sampai ke Gerai Indosat di C.Simanjuntak.

Setibanya di sana, tidak ada Security atau petugas yang membantu untuk mendapatkan nomor antrian. Bingung karena ketika aku coba menekan tombol antrian, tidak ada respon apapun dari mesin, maka aku coba tanya orang yang sama-sama sedang menunggu di sana, rupanya alat tersebut sengaja di matikan sementara. Ehm.. lucu juga..

Ketidakjelasan akan antrian yang aku dapatkan di Gerai Indosat C. Simanjuntak dan sedikit info dari teman akhirnya membuatku memutuskan untuk pindah lokasi ke Gerai Indosat yang ada di Hartono Mall.

Galeri Indosat hartono Mall (dokpri)

Sampai di gerai Indosat Hartono Mall, aku cukup bisa sedikit tersenyum karena tempatnya lebih luas dari gerai sebelumnya.

Mbak-mbak berjilbab merah dengan seragam kuning langsung menyambutku dan menanyakan keperluanku. Setelah memasukkan nomer ponselku, nomor antrian pun keluar dari mesin yang ada di depanku.

Menunggu Antrian CS

Oke, aku dapat nomor antrian A175 dan harus menunggu sekitar 33 antrian.. anjai, itu antrian panjang amat..

Nomor Antrianku di gerai Indosat Hartono Mall

Ya sudah lah, anggap saja ini cuma alat uji kesabaran saja. Soalnya kata mbaknya, antriannya biasanya cepet. Lagipula ada 6 CS yang melayani.

1 jam berlalu, rupanya tidak ada kemajuan yang berarti.. Antrian masih tertahan di nomor A150. Sabar, masih 25 antrian lagi.. Jadi kalau dihitung kasar dengan logikaku, maka sekitar 2-3 jam lagi aku baru akan di panggil.

Ah, WTF banget.. lagi-lagi janji palsu dari provider kuning mulai datang menghampiriku.

Mendapatkan Replacement Card

Setelah menunggu cukup lama, sekitar 2 jam lebih akhirnya ada mas-mas bawa tablet datang menanyakan soal replacement card. Akhirnya aku di mintai data KTP, foto dan juga diberikan kartu baru.

replacement card Indosat (dokpri)

Uniknya, sebelum memberikan kartu baru, keluhan dari mas CS soal koneksi buruk dan tablet yang lambat beberapa kali terdengar di telingaku. Bahkan karena respon tablet yang lambat membuat aku mendapatkan 2 kode Replacement SIM OTP yang berbeda.

Walaupun sudah dapat kartu baru, aku tetap harus nunggu panggilan CS, karena memang masih ada beberapa masalah yang aku alami. Ya di sini kesabaran masih di uji, karena masih harus menunggu sekitar 13 antrian lagi.

Panggilan CS 6

Akhirnya nomor A175 mendapatkan panggilan setelah menunggu lebih dari 3 jam lamanya. Jam 3.05 lebih tepatnya..

Akhirnya di panggil CS Indosat (dokpri)

Di depan mas CS meja 6 aku mengatakan jika tadi sudah diberikan kartu SIM baru. Aku tidak tahu persis apakah kartu baru itu sudah diproses oleh sistem atau belum. Namun intinya aku percaya jika sudah di bantu oleh mas CS yang bawa tablet tadi soal pergantian kartu SIM.

Waktu terus berlalu, aku pulang dari gerai Indosat dengan harapan sinyal 4G di smartphoneku kembali.

Sinyal Hilang – Ganti Kartu Baru

Hingga tengah malam pukul 12.00 sepulang aku ronda di kampungku, harapanku untuk melihat sinyal di kartu lama hilang agar dapat diganti dikartu baru rasanya masih belum dapat terwujud.

sinyal hilang terus ganti kartu tengah malam

Saking geregetan dengan apa yang aku alami, aku DM @indosatcare lewat Twitter. Dan akhirnya sekitar pukul 12.50 sinyal di kartu sim lamaku hilang. Aku tidak tahu apakah kejadian ini hanya kebetulan atau memang di proses oleh Indosat tengah malam.

Karena sinyal sudah hilang, aku coba untuk ganti kartu sim dengan yang baru. Setelah smartphoneku melewati proses booting, pesan seperti ini muncul.

“SIM tidak dimuat. Silahkan berbicara dengan customer care atau dealar.”

Ah sudahlah, aku ga ngerti apakah memang prosesnya seperti itu atau hanya nasibku saja yang sedang kurang beruntung sebagai seorang pelanggan setia Indosat sejak tahun 2002.

Lagian juga siapa sih aku? Cuma seorang tukang ketik dan tukang nggerus yang sedang berusaha untuk mendapatkan hak sebagai seorang konsumen.

Sinyal 4G Kembali

Setelah cukup sabar menunggu proses pergantian kartu, akhirnya pagi ini (19 April 2018) sekitar jam 6 pagi aku mendapatkan pesan jika proses aktivasi pergantian kartu berhasil.

Aktivasi berhasil sinyal belum kembali

Seneng dong,. Tapi lagi-lagi rupanya sinyal 4G belum mau muncul hingga pukul 07. 25. Ah sudahlah, mungkin sedang diproses pikirku. Dan benar saja, akhirnya sekitar jam 07.40 sinyal 4G Indosatku kembali setelah melewati proses yang panjang dan menguras kesabaran.

Sinyal 4G kembali

***

Pertanyaan dan pernyataan terakhirku buat Indosat.

Siapa yang ingin kartu sim smartphonenya bermasalah? Kan ga ada yang mau. Mbok ya kita itu yang sudah loyal dengan Indosat jangan dibuat seperti ini..

Kita protes itu karena kita punya hak untuk itu, lebih tepatnya hak sebagai seorang konsumen.

Apalagi besok tanggal 20 April itu diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional. Indosat pasti tau dong soal itu..

Gitu nggih.. Semoga pelayanannya semakin lebih baik ya.. Termasuk para CSnya yang harusnya bisa lebih tanggap dengan panjangnya antrian yang sedang menanti.

Kira-kira gitu lah cerita pengalamanku waktu ganti sim card di gerai Indosat Hartono mall Yogyakarta.

@maskris_id

Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

View Comments

  • Hihihi... Lagi diuji banget sabarnya mas. Makanya sampe ada jargon orang sabar disayang Tuhan, yah hikmahnya pasti jadi lebih disayang Tuhan karena lolos uji sabar. Semangat

    • Haha... ia mbak.. kalau lagi selo seh ga masalah ya sabar.. tapi kalau udah lagi banyak deadline, kesabaran semakin di uji...

  • Wah ini jadi referensi banget buat saya, Mas. Kalau nanti kartu saya ada masalah ke sini aja, dan semoga nggak ada masalah. Saya juga pengguna indosat kebetulan..hehe

    • mudahan2 aja aman om.. repot sekarang kalau bermasalah.. banyak uji kesabaran... hehe

      • Oh, ya, Mas. Sekalian nih. MIsalnya nih nomer saya kan rusak atau hilang. Nah kalau dibenerin di gerai indosat gitu bisa kan? Maksudnya pengen kembali lagi nomernya. Tapi misalnya waktu ngisi registrasi dulu masukan datanya asal, apakah tetap bisa dibenerin ya, Mas?

        • kalau benerin ato mengaktifkan nomer lama seharusnya bisa ya mas, cuma kalau data registrasinya dulu asal itu yang aku ga tau.. Soalnya waktu kita ke gerai dan minta no antrian, CSnya masukin no HP kita, terus keluar nama kita.. :D

  • Bayar nggak itu mas untuk ganti kartu sim card? Soalnya saya juga mau ganti sim card lama biar bisa jadi nano sim card. Anyway, hebat lho sharing infonya banyak yang bermanfaat buat saya. Saya berhenti di blog mas langsung dapat beberapa informasi yang saya cari :D

      • Mas bro tanya ketika muncul kata kata "“SIM tidak dimuat. Silahkan berbicara dengan customer care atau dealar.”" mas nya ke gerai / telp ke operator ?

        soalnya saya alami juga nih,, hadehhh

        mohon sharingnya'
        tks

        • kalau saya lebih baik langsung ke gerai saja.. karena siapa tau malah langsung di minta ganti kartu.. :-D

  • Kalau saya sinyal 4g sering muncul tp dipake 2-3 menit sinyal ilang. Baik 2g 3g 4g gak bisa dipake semua. Ada saran mas?

    • Kemungkinan kartu SIM ya mulai bermasalah mbak.. coba aja ganti pakai kartu baru.. sekalian tanya ke Indosatnya.. pasti dpt solusi,..

  • Kalau nomor indosat saya kebuang. Terus mau ngurus lagi buat din card dg nomor yg itu bayar berapa masnya tau ga ya?

    • sepertinya bisa asal jaraknya tidak terlalu lama.. Dulu sempat dengar ada isu kalau nomor yang tidak aktif selama beberapa lama akan diputihkan dan bisa di gunakan kembali oleh orang lain. Nah semoga aja ga gitu deh..

      Langsung coba tanya ke gerai indosat aja bang biar lebih pasti dan lebih jelas. :-D

  • Mas kira2 kalau kartunya bukan kartu area jogja trus di urus d galeri jogja bisa ndak ya...
    Ini kartuku jd 2 sim yg kuning itu lepas haduhhh kok ya ada2 aja

  • Mas saya baru aja bikin baru kartu.
    Sudah jadi kartunya, katanya sih tunggu setengah jam baru bisa aktif. Tapi kok malah belum aktif.
    Buat ngecek pulsa dan nomer pasti kode mmi salah.
    Terus harus bagaimna itu mas

    • Kalau baru setengah jam di tunggu aja sampai 1x24 jam.. tapi biasanya ga sampe setengah hari udah aktif kok.. kemarin aku aja nunggu sampai hampir 1 malam baru nongol 4G nya.. ?

  • Mas, semalam aku nganter istri ke Gerai yg Hartono Mall juga dengan masalah yg sama. tp untuk ngaktifin kartunya lagi, harus migrasi ke pascabayar, paket 500rb untuk 6bln, setiap bulan quotanya 36 Gb. setelah 6 bln atau bulan ke 7 baru bisa jadi prabayar lagi. kalau tidak mau maka dalam 1 atau 2 hari ini nomor akan diproduksi ulang untuk dipakai orang lain. krn sayang nomor lama dan sudah digunakan untuk akun2 serta mbanking ribet ngganti maka kami iyakan.pertanyaane ini benar atau cuma akal2an orang marketing ya?

    • Menurutku itu cuma akal2 an aja menurutku.. tapi ga tau juga sih, apa sekarang aturannya seperti itu atau bagaimana.. ?

  • Waduh, ane posisi simcard jadul masih 3G, dan karena ga telaten kudu ngisi pulsa mulu sampe numpuk , rencana ini hari ini mau ke gerai c simanjuntak untuk upgrade ke 4g dan pascabayar, kira2 gmna yak wkwkkw semoga aja bisa langsung lancar, mau ganti ke provider sebelah pun sayang terlanjur nomor ini sejak lama dan sudha kesebar... indosat emang perlu berbenah dlm beberapa hal

    • nah itu dia.. memang dilema dan sedikit membingungkan.. kalo updatenya ke pascabayar pasti aman dan dipermudah.. beda sama yang prabayar... hikz

Recent Posts

Cara Menggunakan Mentimeter, Aplikasi Presentasi Interaktif

Cara menggunakan Mentimeter - Selama masa pandemi banyak hal yang harus membutuhkan penyesuaian, salah satunya… Read More

1 day ago

Cara Mudah Ganti e-KTP Rusak Di Dukcapil Sleman

Cara Ganti e-KTP Rusak - Sebagai warga negara Indonesia yang baik, maka semua warga yang… Read More

1 week ago

Cara Mudah Membuat Virtual Background Zoom

Cara Membuat Virtual Background Zoom - Setelah beberapa kali membahas soal aplikasi Zoom Meeting, kali… Read More

1 month ago

Tips Memilih Charger Smartphone Yang Baik

Tips memilih charger - Smartphone yang hadir belakangan ini biasanya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lumayan… Read More

1 month ago

Perubahan Kebijakan Penyimpanan Di Akun Google

Kebijakan Penyimpanan Google - Hari ini aku dapat surat cinta dari Google. Sayang suratnya bukan… Read More

1 month ago

Cara Mengetahui Password WiFi Dengan Command Prompt

Cara mengetahui password WiFi – Di era digital dan internet seperti ini, koneksi internet menjadi salah… Read More

2 months ago

This website uses cookies.