Pengalaman Ganti Sim Card Di Gerai Indosat Hartono Mall

Punya sim card yang sedang bermasalah itu rasanya ga nyaman banget, ga bisa santai. Solusi paling mudah hanyalah dengan cara mendatangi gerai provider untuk ganti sim card.

***

Pergi Ke Gerai Indosat

Masalah pulsa yang sering hilang, banyak iklan yang ga penting sampai sinyal yang tidak stabil akhirnya betul-betul membuatku habis kesabaran. Puncaknya, hari rabu (18 April 2018) akhirnya aku memutuskan untuk datang ke gerai Indosat yang ada di Jogja.

Gerai Indosat Yogyakarta
Gerai Indosat Jl. Sudirman Sebelum Pindah (google streetview)

Berbekal dengan niat dan sedikit info soal lokasi gerai Indosat di Jogja, aku meluncur ke Jl. Sudirman. Aku tidak tahu jika lokasi gerai Indosat yang dulunya ada di jl. sudirman dekat Bank Mandiri ternyata sudah pindah. Daripada salah info soal lokasi gerai Indosat di Jogja, akhirnya aku googling dan ketemulah 2 lokasi terdekat.

Lokasi pertama di Jl. C. Simanjuntak Terban, sebelum toko Els Computer dan lokasi kedua ada di Hartono Mall Lantai 1.

Gerai Indosat C Simanjuntak Jogja
Gerai Indosat C Simanjuntak Jogja (doc Zulfan Nazal)

Berhubung aku ada di jalan Sudirman, maka aku cukup putar balik sedikit untuk dapat sampai ke Gerai Indosat di C.Simanjuntak.

Setibanya di sana, tidak ada Security atau petugas yang membantu untuk mendapatkan nomor antrian. Bingung karena ketika aku coba menekan tombol antrian, tidak ada respon apapun dari mesin, maka aku coba tanya orang yang sama-sama sedang menunggu di sana, rupanya alat tersebut sengaja di matikan sementara. Ehm.. lucu juga..

Ketidakjelasan akan antrian yang aku dapatkan di Gerai Indosat C. Simanjuntak dan sedikit info dari teman akhirnya membuatku memutuskan untuk pindah lokasi ke Gerai Indosat yang ada di Hartono Mall.

Galeri Indosat hartono Mall
Galeri Indosat hartono Mall (dokpri)

Sampai di gerai Indosat Hartono Mall, aku cukup bisa sedikit tersenyum karena tempatnya lebih luas dari gerai sebelumnya.

Mbak-mbak berjilbab merah dengan seragam kuning langsung menyambutku dan menanyakan keperluanku. Setelah memasukkan nomer ponselku, nomor antrian pun keluar dari mesin yang ada di depanku.

Menunggu Antrian CS

Oke, aku dapat nomor antrian A175 dan harus menunggu sekitar 33 antrian.. anjai, itu antrian panjang amat..

Ganti Sim Card Indosat
Nomor Antrianku di gerai Indosat Hartono Mall

Ya sudah lah, anggap saja ini cuma alat uji kesabaran saja. Soalnya kata mbaknya, antriannya biasanya cepet. Lagipula ada 6 CS yang melayani.

1 jam berlalu, rupanya tidak ada kemajuan yang berarti.. Antrian masih tertahan di nomor A150. Sabar, masih 25 antrian lagi.. Jadi kalau dihitung kasar dengan logikaku, maka sekitar 2-3 jam lagi aku baru akan di panggil.

Ah, WTF banget.. lagi-lagi janji palsu dari provider kuning mulai datang menghampiriku.

Mendapatkan Replacement Card

Setelah menunggu cukup lama, sekitar 2 jam lebih akhirnya ada mas-mas bawa tablet datang menanyakan soal replacement card. Akhirnya aku di mintai data KTP, foto dan juga diberikan kartu baru.

Ganti Sim card Indosat
replacement card Indosat (dokpri)

Uniknya, sebelum memberikan kartu baru, keluhan dari mas CS soal koneksi buruk dan tablet yang lambat beberapa kali terdengar di telingaku. Bahkan karena respon tablet yang lambat membuat aku mendapatkan 2 kode Replacement SIM OTP yang berbeda.

Walaupun sudah dapat kartu baru, aku tetap harus nunggu panggilan CS, karena memang masih ada beberapa masalah yang aku alami. Ya di sini kesabaran masih di uji, karena masih harus menunggu sekitar 13 antrian lagi.

Panggilan CS 6

Akhirnya nomor A175 mendapatkan panggilan setelah menunggu lebih dari 3 jam lamanya. Jam 3.05 lebih tepatnya..

Baca Juga:   Syarat Monetisasi YouTube 2018 Semakin Berat, So What??
Ganti Sim card Indosat
Akhirnya di panggil CS Indosat (dokpri)

Di depan mas CS meja 6 aku mengatakan jika tadi sudah diberikan kartu SIM baru. Aku tidak tahu persis apakah kartu baru itu sudah diproses oleh sistem atau belum. Namun intinya aku percaya jika sudah di bantu oleh mas CS yang bawa tablet tadi soal pergantian kartu SIM.

Waktu terus berlalu, aku pulang dari gerai Indosat dengan harapan sinyal 4G di smartphoneku kembali.

Sinyal Hilang – Ganti Kartu Baru

Hingga tengah malam pukul 12.00 sepulang aku ronda di kampungku, harapanku untuk melihat sinyal di kartu lama hilang agar dapat diganti dikartu baru rasanya masih belum dapat terwujud.

Ganti sim card indosat
sinyal hilang terus ganti kartu tengah malam

Saking geregetan dengan apa yang aku alami, aku DM @indosatcare lewat Twitter. Dan akhirnya sekitar pukul 12.50 sinyal di kartu sim lamaku hilang. Aku tidak tahu apakah kejadian ini hanya kebetulan atau memang di proses oleh Indosat tengah malam.

Karena sinyal sudah hilang, aku coba untuk ganti kartu sim dengan yang baru. Setelah smartphoneku melewati proses booting, pesan seperti ini muncul.

“SIM tidak dimuat. Silahkan berbicara dengan customer care atau dealar.”

Ah sudahlah, aku ga ngerti apakah memang prosesnya seperti itu atau hanya nasibku saja yang sedang kurang beruntung sebagai seorang pelanggan setia Indosat sejak tahun 2002.

Lagian juga siapa sih aku? Cuma seorang tukang ketik dan tukang nggerus yang sedang berusaha untuk mendapatkan hak sebagai seorang konsumen.

Sinyal 4G Kembali

Setelah cukup sabar menunggu proses pergantian kartu, akhirnya pagi ini (19 April 2018) sekitar jam 6 pagi aku mendapatkan pesan jika proses aktivasi pergantian kartu berhasil.

Ganti Sim card
Aktivasi berhasil sinyal belum kembali

Seneng dong,. Tapi lagi-lagi rupanya sinyal 4G belum mau muncul hingga pukul 07. 25. Ah sudahlah, mungkin sedang diproses pikirku. Dan benar saja, akhirnya sekitar jam 07.40 sinyal 4G Indosatku kembali setelah melewati proses yang panjang dan menguras kesabaran.

Ganti Sim Card Indosat
Sinyal 4G kembali

***

Pertanyaan dan pernyataan terakhirku buat Indosat.

Siapa yang ingin kartu sim smartphonenya bermasalah? Kan ga ada yang mau. Mbok ya kita itu yang sudah loyal dengan Indosat jangan dibuat seperti ini..

Kita protes itu karena kita punya hak untuk itu, lebih tepatnya hak sebagai seorang konsumen.

Apalagi besok tanggal 20 April itu diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional. Indosat pasti tau dong soal itu..

Gitu nggih.. Semoga pelayanannya semakin lebih baik ya.. Termasuk para CSnya yang harusnya bisa lebih tanggap dengan panjangnya antrian yang sedang menanti.

Kira-kira gitu lah cerita pengalamanku waktu ganti sim card di gerai Indosat Hartono mall Yogyakarta.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

58 Responses

  1. Wah ini jadi referensi banget buat saya, Mas. Kalau nanti kartu saya ada masalah ke sini aja, dan semoga nggak ada masalah. Saya juga pengguna indosat kebetulan..hehe

      1. Oh, ya, Mas. Sekalian nih. MIsalnya nih nomer saya kan rusak atau hilang. Nah kalau dibenerin di gerai indosat gitu bisa kan? Maksudnya pengen kembali lagi nomernya. Tapi misalnya waktu ngisi registrasi dulu masukan datanya asal, apakah tetap bisa dibenerin ya, Mas?

        1. kalau benerin ato mengaktifkan nomer lama seharusnya bisa ya mas, cuma kalau data registrasinya dulu asal itu yang aku ga tau.. Soalnya waktu kita ke gerai dan minta no antrian, CSnya masukin no HP kita, terus keluar nama kita.. 😀

  2. Bayar nggak itu mas untuk ganti kartu sim card? Soalnya saya juga mau ganti sim card lama biar bisa jadi nano sim card. Anyway, hebat lho sharing infonya banyak yang bermanfaat buat saya. Saya berhenti di blog mas langsung dapat beberapa informasi yang saya cari 😀

      1. Mas bro tanya ketika muncul kata kata ““SIM tidak dimuat. Silahkan berbicara dengan customer care atau dealar.”” mas nya ke gerai / telp ke operator ?

        soalnya saya alami juga nih,, hadehhh

        mohon sharingnya’
        tks

    1. sepertinya bisa asal jaraknya tidak terlalu lama.. Dulu sempat dengar ada isu kalau nomor yang tidak aktif selama beberapa lama akan diputihkan dan bisa di gunakan kembali oleh orang lain. Nah semoga aja ga gitu deh..

      Langsung coba tanya ke gerai indosat aja bang biar lebih pasti dan lebih jelas. 😀

  3. Mas kira2 kalau kartunya bukan kartu area jogja trus di urus d galeri jogja bisa ndak ya…
    Ini kartuku jd 2 sim yg kuning itu lepas haduhhh kok ya ada2 aja

      1. Ma”af nmr saya sudah hangus apa bisa dibuat lagi ya bos
        Pengenya jadi kayak dulu lagi nmrnya dan ngak jadi prabayar apakah bisa mslhny nmr udah tak pakai lama bgt

  4. Mas saya baru aja bikin baru kartu.
    Sudah jadi kartunya, katanya sih tunggu setengah jam baru bisa aktif. Tapi kok malah belum aktif.
    Buat ngecek pulsa dan nomer pasti kode mmi salah.
    Terus harus bagaimna itu mas

  5. Mas, semalam aku nganter istri ke Gerai yg Hartono Mall juga dengan masalah yg sama. tp untuk ngaktifin kartunya lagi, harus migrasi ke pascabayar, paket 500rb untuk 6bln, setiap bulan quotanya 36 Gb. setelah 6 bln atau bulan ke 7 baru bisa jadi prabayar lagi. kalau tidak mau maka dalam 1 atau 2 hari ini nomor akan diproduksi ulang untuk dipakai orang lain. krn sayang nomor lama dan sudah digunakan untuk akun2 serta mbanking ribet ngganti maka kami iyakan.pertanyaane ini benar atau cuma akal2an orang marketing ya?

  6. Waduh, ane posisi simcard jadul masih 3G, dan karena ga telaten kudu ngisi pulsa mulu sampe numpuk , rencana ini hari ini mau ke gerai c simanjuntak untuk upgrade ke 4g dan pascabayar, kira2 gmna yak wkwkkw semoga aja bisa langsung lancar, mau ganti ke provider sebelah pun sayang terlanjur nomor ini sejak lama dan sudha kesebar… indosat emang perlu berbenah dlm beberapa hal

  7. Hr minggu tgl 20 jan 2019 kmrn aq jg ke galeri indosat di hartono mall mau ganti kartu krn jaringan kartu indosat q yg dlu masih 2G.rencna mau aq upgread ke 4G…stlh ktmu cs indosat..di tnyalh knp alsnya..stlh aq jlsn trs aq di twari paket indosat yg bru tp aq g mau..y sdh aq trs di kasih kartu indosat yg baru…sampai drmh aq pasang eh trnyata jaringan kartu indosat q masih sama…msh 2G blm ganti 4G..sampai skrng pun msh 2G…yach…kecewa bngt aq ma indosat…pelayanannya kurang memuaskan..

  8. wah persis ini saya juga ngalami dan membandingkan waktu anter istri ke galeri XL depan UIN SUKA dengan Indosat Hartono Mall jauh banget,XL lebih cepet,yg Indosat kesannya kok lambat banget,antrian panjang, banyak CS nganggur entah lg pada ngapain bukannya bantu melayani tp ngobrol2,capek

  9. Wah saya baru mengalami hal yg sama. Saya dari jumat pagi hingga sabtu malam ini masih saja pesannya belum ter registrasi. Udah 2x ke gerai cuma dibilang akan ada percepatan 1×24 jam. Tapi udah lewat 24 jam jg tidak ada tanda2 bisa dipakai simcard.

    Padahal saya cuma punya 1 nomor matrix ini saja sejak belasan tahun. Akhirnya pulang dr gerai mampir deh ke gerai provider lain dan daftar. Sambil nunggu nomor matrix kembali aktif buat pindah2an data dan password

    1. nah itu dia masalahnya.. Kalau yang udah punya nomor tua dan belasan tahun tapi tidak diberikan suatu yang spesial atau kemudahan dalam mengurus itu menurutku sangat mengecewakan.. 😀

  10. masKris,mohon infonya dong,bisakah upgrade simcard indosat kesananya diwakilkan?pakde saya ganti hp,simcardnya blum ganti sejak 2006.

  11. Om mau tanya, ceritanya Sy kan habis upgrade ke jaringan 4g stelah berhasil kok SIM-card nya GK bisa buat simpan kontak ya, apa kita harus DTG lagi ke galery indosatnya.. mohon pencerahannya.. terimakasih..

  12. Aku waktu itu ngurus nomor yg udah hangus buat aktif lagi d galeri indosat hartono mall, dan emang d suruh jd pascabayar waktu itu awal harus bayar 109k dan dikasih tau bahwa 6 bulan ke depan setiap bulannya harus bayar 38k setelah itu dapet pulsa 26k (belum termasuk paket data). Terus pas itu dikasih tau kalo bulan depan gamau pake yg 109k bisa nurunin paket d galeri indosat lagi, akhirnya bulan depannya aku nurunin paket d galeri indosat yg ada di Pekalongan jadi 65k. Kemudian aku ngomong sama csnya kalo sebenernya tiap bulan selama 6 bulan harus bayar 38k itu untuk terus mengaktifkan nomor tsb. Dan kata csnya sebenernya itu ga perlu gapapa jd langsung aja nurunin paket jd 65k. Disini aku bingung knpa beda lokasi galeri indosat kok pelayanannya juga berbeda? Saran aku sih lebih teliti lg sebelum melakukan transaksi dalam jumlah besar di galeri indosatnya dan tanyakan kejelasan ttg paket data jika d suruh bayar yg kurang wajar

    1. makasih banget sharingnya mbak… semoga indosat dengan pimpinan yang baru bisa membuat pelanggannya lebih dimudahkan dan tidak dipersulit…

  13. Tadi sore sy nganterin temen sy kegerai indosat blokm plaza. Temen sy mau aktivin nomor nya yg udah lama mati. Emang awalnya ditawarin yg pascabayar tp temen sy gak mau. Akhirnya bisa deh tuh yg gk pascabayar. Dikasih kartu baru, tp kok ternyata skrg bayar ya?? Dia bilang bayar 50rb dan udh terisi pulsa 25rb. Tau nya pas smp rumah, lau ngaktivin kartu nya tau nya isi saldo nya cm 7rb rupiah. Perasaaan dlu gratis ya? Apa emang bayar??

  14. saya niatnya mau upgrade ke 4G malah no saya dimatikan, padahal saat itu hanya masa tenggang.. tp petugasnya bilang hangus dan harus ikut pascabayar, setelah dibantu petugas lain..bisa kok untuk gag ikut yg pascabayar, tapi dari tgl 24 mei sampai sekarang nomer saya tidak bisa ditlp, disms, diisi pulsa, dan panggilan kluar serta sms kluar pun tidak bisa. sudah konfrim kepetugas dan 185 pun bolangnya proses proses proses, proses dari tgl 24 mei sampai 5 juni belum selesai²

  15. Tadi aku habis upgrade kartu jaringan 3g ke 4g.katanya bisa diaktifin setalah 1 jam.karna sibuk akhirnya 3jam baru ngaktifin.alhamdulillah punyaku bisa tapi punya suamiku kok gak bisa ya mas.msih 3g dan gk bisa digunain.apa memang ada yang lama proses upgrade..kecewa saya.karna pke indosat jg udah blasan tahun.mana jauh dari rumah kalau mau ke gerai indosat lagi

  16. Say pernah urus juga simcard yang terblokir, dan sudah antri loamaaa tapi ga kepanggil panggil..akhirnya pulang, dan kembali lagi hari berikutnya…katanya suruh balik 3 bulan lagi untuk memastikan no itu sudah dipakai orang atau belum. mau ngecek no itu dipakai orang lain atau belum kenapa harus nunggu 3 bulan ya?. makane saya males ga kembali lagi, yang penting bisa untuk WA nan…sekarang mau ganti hp dan imigrasi no wa…ya pastinya ga bisa dan harus mengulang mengaktifkan no lagi…duh rasane dah males duluan mau aktifkan…
    apa mas saran anda untuk saya?

  17. Pelayanan jelek..CS tdk ramah…penggantian kartu dikenakan biaya Rp.160.000…dan ketika saya email ke indosat itu kebijakan dari gerai?gerai di hartono parah…penggantian kartu dikenakan biaya Rp.160.000…padahal saya pelanggan indosat yg sudah lama..

  18. Pengalaman saya di gerai indosat BXchange bintaro.

    Setelah kartu aktif,di kasih tau mau jd pascabayar dulu selama 6 bulan dgn biaya (120 ribu/bulan) atau prabayar dgn biaya admin 50 ribu. Akhirnya memilih biaya admin saja 50 ribu.

  19. Kemarin aku juga datang ke gerai di jl C Simanjuntak mau ganti ke 4G,tp kata CS usia kartu udah lewat 5thn,jadi harus bayar 160.
    Ya udah lah.aku balik kanan aja.pake aja apa adanya.harusnya,kalau semakin lama usia kartu,itu kan menandakan sebagai pelanggan setia,dan harusnya mendapat prioritas,ini malah kebalikan.yang udah pelanggan lama mlh kaya di manfaatin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Table of Contents

Related Posts

Samsung Galaxy A51 Review

Samsung Galaxy A51, Bagus Ga Sih?

Samsung Galaxy A51 – Perkembangan smartphone itu memang terlalu cepat. Jika dulu beberapa vendor mungkin hanya mengeluarkan sebuah smartphone di setiap kuartalnya, maka kini ceritanya sudah berbeda.

All Rights Reserved © 2020