EMUI

Fitur Menarik Dari EMUI 8.0, Interface Andalan Honor 7A

Setiap brand smartphone memiliki kekhasan masing-masing dari segi user interface (UI). Xiaomi memiliki MIUI, ASUS punya ZenUI, Oppo punya yang namanya Color OS, Samsung punya Samsung Experience, sedangkan Huawei punya yang namanya EMUI.

Semua yang dilakukan oleh vendor smartphone itu tidak lain untuk memberikan User Experience yang terbaik bagi para penggunanya.

Nah, beberapa waktu lalu aku baru saja membeli smartphone Honor 7A yang menggunakan EMUI 8.0 besutan Huawei. Aku tidak menyangka ternyata EMUI itu cukup asik dan enak untuk dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Selain mudah digunakan, EMUI rupanya memiliki banyak fitur yang menarik dan mungkin banyak pengguna yang tidak sadar dengan fitur yang ada. Yuk, kita bahas tentang EMUI dan beberapa fitur menarik yang ada.

TENTANG EMUI

Berhubung aku sendiri baru 1 bulan ini bisa merasakan EMUI, maka aku meminta bantuan wikipedia untuk menjelaskan sedikit tentang apa itu EMUI.

Dari apa yang aku baca, EMUI itu ternyata user interface (antarmuka) pengguna smartphone Huawei dan Honor. Sebelum berubah menjadi EMUI, awalnya antarmuka ini dikenal dengan nama Emotion UI.

EMUI

EMUI Version

Emotion UI sendiri dimulai dengan versi 1.0 pada tahun 2012 dan berbasis pada Android 4.0.

Pada tahun 2014, tepatnya tanggal 4 September 2014 perusahaan mengumumkan EMUI 3.0 sekaligus mengganti sebutan Emotion UI menjadi EMUI. Hingga saat ini Huawei sudah merilis EMUI versi 9.0 sejalan dengan munculnya Android 9.0 Pie.

EMUI 8.0

Tampilan EMUI 8.0 Honor 7A

Nah kalau pengalaman pertamaku menggunakan EMUI sendiri dimulai dengan EMUI 8.0 dari smartphone Honor 7A. Jadi nanti aku banyak membahas berdasarkan pengalamanku ketika menggunakan EMUI 8.0 di Honor 7A ya.

FITUR MENARIK EMUI 8.0 

Menurutku, salah satu keunggulan yang diberikan oleh EMUI, khususnya EMUI 8.0 adalah adanya beberapa fitur yang menarik dan mudah dikustomisasi.

Berikut ini fitur menarik dari EMUI 8.0 yang paling aku sukai dan paling sering aku gunakan.

SMART ASSISTANCE

Ada beberapa pilihan yang ditawarkan pada menu Smart Assistance, namun aku terlalu tertarik dengan fitur motion control yang dimiliki EMUI 8.0.

Jadi aku akan bahas 3 fitur smart assistance bagian motion control saja ya.. hehe

EMUI

Motion Control

Kenapa begitu? Karena menurutku fitur smart assistance yang lain terkesan biasa saja dan sudah banyak yang menggunakan.

Three Fingers Screenshot

Jika biasanya aku menggunakan tombol volume bawah+power yang ditekan secara bersamaan untuk melakukan screenshot layar smartphone, maka hal yang cukup berbeda aku dapatkan dengan menggunakan EMUI 8.0.

EMUI

Three fingers to screenshot

EMUI 8.0 memiliki fitur yang namanya “Three Fingers to take screenshot“. Fitur ini nantinya mampu membantu kita untuk melakukan screenshot layar smartphone hanya dengan menempelkan 3 jari tangan kita di atas layar.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, kita bisa masuk ke menu “Smart Assistance > Motion Control > Three-finger screenshot

Double tap to wake

Fitur selanjutnya yang cukup membuatku suka dengan EMUI adalah adanya fitur Double tap to wake.

Baca Juga:   Divi Themes Bermasalah, Awal Dari Perubahan Tampilan Blog

Buatku fitur ini mengingatkanku pada smartphone microsoft Lumia 640 yang tahun lalu masih aku gunakan. Wkwk..

EMUI 8.0

Double tap to wake

Dengan adanya fitur ini kita cukup mengetuk dua kali layar smartphone untuk dapat membuka layar. Cukup menyenangkan.

Untuk mengaktifkan fitur ini kita cukup memilih menu Settings > Smart Assistance > Motion Control > Double Touch.

Flip to Mute

Kita pasti pernah mengalami kejadian telepon berbunyi di saat yang tidak tepat. Maksudnya ketika kita sedang rapat. Nah, ada fitur yang menarik dari EMUI yang bernama Flip to Mute untuk mengatasi masalah ini.

EMUI 8.0

Flip To Mute

Kenapa bisa?

Jadi begini.. Ketika kita mengaktifkan fitur ini, maka kita cukup membalikan smartphone saja untuk mematikan panggilan masuk. Tanpa mententuh layar ya.. Menurutku cukup efektif.

Selain membatalkan panggilan masuk, fitur ini juga bisa digunakan untuk mematikan alarm.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, kita cukup masuk ke menu Settings > Smart Assistance > Motion Control > Flip.

NAVIGASI

Setiap smartphone yang memiliki fitur navigasi yang mudah pasti akan sangat membantu penggunanya.

Menurutku EMUI merupakan salah satu antarmuka yang memiliki navigasi paling enak, lengkap dan mudah diakses.

Global Search

Fitur yang paling sering aku gunakan di EMUI 8.0 adalah fitur global search.

Dengan adanya fitur ini, kita bisa dengan mudah mencari aplikasi, kontak dan juga pesan yang ada pada smartphone.

EMUI 8.0

Global Search

Cara penggunaan fitur ini sendiri cukup mudah karena kita cukup “swipe bawah” pada home screen, maka nanti akan muncul tampilan global search.

HiBoard Smartcare

Ini fitur yang lumayan oke yang dimiliki EMUI. Kenapa?

Jadi fitur HiBoard semacam aplikasi Smartcare yang akan menyediakan informasi data pribadi kita seperti health and fitness data, reminder, hingga service lain yang memang kita pilih.

EMUI 8.0

Hiboard Smartcare

Fitur ini sendiri bisa kita lihat dengan cara menggeser/swipe layar ke bagian kiri. Untuk dapat mendapatkan banyak data, maka kita diwajibkan untuk login ke Huawei Id terlebih dahulu.

Navigation Dock

Ketika kamu menggunakan fitur ini untuk pertama kali, mungkin kamu akan teringat dengan fitur Assistive Touch yang dimiliki oleh iPhone. Namun, setelah dicoba ternyata cukup beda.

Jika Assistive Touch pada iPhone akan mengeluarkan menu shortcut ketika di tekan, maka navigation dock di EMUI tidak.

Ada beberapa shortcut yang tidak terlihat, namun akan berfungsi jika kita menyentuh dock button. Berikut beberapa fungsinya.

EMUI 8.0

Navigation Dock

Untuk mengaktifkan fitur navigation dock, silakan akses menu Settings > System > System navigation > Navigation dock.

HOME SCREEN – DISPLAY

App Suggestions

Selain memberikan fasilitas google search, EMUI juga bisa memberikan saran atau shortcut ke aplikasi yang sering kita gunakan.

EMUI 8.0

App Suggestions

Untuk mengaktifkan fitur ini kita bisa masuk ke Setting Home Screen > App Suggestions.

Eye Comfort

Bagi seseorang yang suka menggunakan smartphone dalam kondisi gelap. Cahaya layar smartphone yang terlalu terang seringkali membuat mata cepat lelah dan akhirnya kita ketiduran dengan kondisi smartphone masih dalam genggaman.. (malah syurhat)

EMUI 8.0

Eye Comfort

EMUI ternyata cukup paham dengan masalah ini. Mereka memberikan fitur yang namanya Eye Comfort.

Dengan mengaktifkan fitur eye comfort, maka layar akan berubah menjadi agak kekuningan, lebih hangat dan tidak membuat mata menjadi lebih lelah.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kita cukup masuk ke menu Settings > Display > Eye Comfort.

Baca Juga:   Review ASUS ZenPower Pocket aka ZenPower Slim 6000

Pilihan Standar atau App Drawer

Enaknya pakai EMUI itu ternyata memang kita bisa menyesuaikan home screen dengan kesukaan kita.

Sebagai contoh, kalau aku tipe orang yang simple dan tidak terlalu suka dengan home screen yang ramai atau lebih suka dengan home screen yang bisa menampilkan semua aplikasi atau biasa di sebut (app drawer), maka kamu bisa memilih sesuai keinginanmu.

EMUI 8.0

Home Screen Style

Walaupun secara default EMUI menampilkan semua aplikasi android yang ada, tapi ternyata kita bisa mengaktifkan fitur app drawer.

Cara untuk mengaktifkan app drawer adalah dengan cara masuk ke menu Setting > Display > Home Screen Style > Drawer

Shake To Tidy Up Home Screen Icons

Selain three fingers screenshoot, EMUI 8.0 memiliki fitur yang cukup unik. Nama fiturnya Shake to tidy up home screen icons.

EMUI 8.0

Shake To Tidy Up Home Screen Icons

Kalau buat aku, fitur ini ga terlalu banyak aku gunakan karena ga terlalu penting sih. Intinya kita bisa merapikan home screen icon cuma dengan menggoyang smartphone kita. Fitur yang aneh ga sih? Wkwk..

Tapi kalau kamu merasa fitur ini cukup bermanfaat, maka kamu bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke Setting Home Screen > Shake.

CAMERA

Blur the Background

Fitur selanjutnya yang sangat menarik dan selalu aku gunakan di Honor 7A adalah fitur Blur the Background.

Oh iya, biar tidak salah paham. Fitur blur the background ini sepertinya hanya ada pada smartphone yang memiliki dual camera ya. Jadi walaupun smartphonemu sudah menggunakan EMUI 8.0 tapi masih single kamera, sepertinya belum bisa menggunakan fitur ini.

EMUI 8.0

Blur the background

Intinya, fitur Blur the Background ini akan membantu kita memilih settingan mode Wide Aperture. Setelah mode tersebut aktif, kita bisa mengambil gambar dengan latar belakang bokeh.

Hebatnya lagi, kita tidak perlu takut kalau gambar yang sudah diambil bokehnya kurang pas. Fitur ini juga mengijinkan kita untuk mengedit bokeh gambar setelah kita melakukan shot. Keren kan?

***

Walaupun masih banyak fitur lain yang menarik dari EMUI, sepertinya aku mau mengakhiri ulasanku tentang fitur menarik dari EMUI 8.0 sampai di sini saja. Semoga apa yang udah aku tulis di atas bisa membuat para pengguna smartphone Honor dan Huawei semakin maksimal menggunakan smartphonenya.

2 Responses

  1. Yahya Kurniawan
    November 7, 2018
    • Stephanus Christiono
      November 7, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.