Cara Mudah Membuat Daftar Isi Blog

Cara Mudah Membuat Halaman Daftar Isi Pada Blog WordPress

Pentingkah Halaman Daftar Isi Dalam Sebuah Blog?

Daftar Isi Blog

Contoh Halaman Daftar Isi Blog

Daftar Isi / Sitemap Blog

Daftar isi merupakan salah satu bagian yang penting bagi sebuah buku. Dengan adanya daftar isi, kita akan dengan mudah menemukan bagian yang ingin kita baca namun berada di bagian tengah atau belakang sebuah buku.

Nah, kalau daftar isi sebuah blog bagaimana?

Pada dasarnya, sebuah halaman daftar isi dalam sebuah blog juga sama pentingnya dengan daftar isi yang ada di sebuah buku. Sebagai platform yang memungkinkan seseorang untuk membuat tulisan/artikel yang cukup banyak, maka adanya sebuah halaman daftar isi akan sangat membantu pembaca mencari arsip tulisan lain yang ada dalam blog tersebut.

Banyaknya artikel yang ada di sebuah blog seringkali membuat pengunjungnya tersesat dan kebingungan dalam mencari berita yang sebenarnya ingin ia cari. Hal tersebut disebabkan karena jumlah artikel yang ada halaman utama / halaman kategori biasanya hanya terdiri dari beberapa artikel saja, sedangkan artikel lainnya berada di luar halaman pertama sebuah situs.

Contoh Kasus

Aku sedang mencari berita tentang SEO On-Page di sebuah situs yang memiliki halaman kategori SEO. Di halaman pertama kategori SEO situs tersebut ternyata memiliki 3 artikel berupa SEO On-Page (part 3), SEO On-Page (part 2) dan SEO Off-Page (part3).

Nah, ada bagian yang terpotong dari berita yang ingin aku cari. Ya, di halaman utama tidak tampak artikel tentang SEO On-Page (part 1). Maka dengan adanya halaman daftar isi, maka pengunjung tidak akan kesulitan untuk menemukan bagian yang tidak tampak sebelumnya.

Dengan ilustrasi yang aku coba berikan di atas, seharusnya teman-teman semuanya sudah mengerti bagaimana pentingnya sebuah daftar isi yang ada dalam sebuah blog. Singkatnya, halaman daftar isi sebuah blog akan mampu menjadi shortcut / jalan pintas untuk menemukan artikel yang ingin kita cari.

Cara Membuat Daftar Isi/Sitemap di Blog

Setelah kita mengetahui pentingnya halaman daftar isi pada sebuah blog, maka ada baiknya juga blog kita memiliki halaman daftar isi.

Terus bagaimana cara membuat halaman daftar isi tersebut?

Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat sebuah halaman daftar isi/sitemap blog. Namun entah kenapa aku suka dengan tutorial cara membuat daftar isi yang dituliskan oleh mas Dimas Suyatno, blogger solo yang kece itu.

Berdasarkan tutorial yang ditulis oleh mas dimas, aku kini akan mencoba untuk menuliskan ulang namun dengan caraku, ga akan aku kopas pokoknya. Soale pasti tau kan gimana rasanya kalau artikel kita di kopas orang mentah-mentah? sakit rasanya.

Untuk tampilan Daftar Isi Blog nanti akan seperti halaman yang aku miliki.

Daftar Isi Blog

Tampilan menu daftar isi di blog maskris.co.id

Oke, daripada kebanyakan kata pengantar dan pendahuluannya, sekarang langsung ke langkah-langkah pembuatannya saja.

    1. Pastikan platform blog yang kamu gunakan adalah WordPress. Jika tidak, maka silakan tutup artikel ini dan baca artikel lain yang ada di blog ini saja. Namun jika menggunakan WordPress, silakan lanjut ke langkah no. 2.
    2. Silakan login ke halaman dashboard admin kemudian pilih Plugins -> Add New
    3. Masukkan “Clean My Archives” pada bagian KeywordsDaftar Isi Blog
    4. Setelah ketemu silakan klik tombol “Install Now“, hingga tombol berubah menjadi “Activate” kemudian aktifkan saja.Daftar Isi Blog
    5. Setelah Plugin aktif, sekarang saatnya kita membuat halaman baru. Pilih Pages -> Add NewMembuat Daftar Isi Blog
    6. Masukan Nama Halaman, Misal namanya “DAFTAR ISI“, kemudian klik bagian “Text” seperti yang aku lingkari kemudian ketikkan [ clean-my-archives ] (diantara kurung siku tanpa spasi ya) dan tekan tombol “Publish
    7. Selamat halaman daftar isi blog sudah berhasil di buat.
    8. Silakan masuk dan tambahkan halaman ke bagian Menu blog/situs dan lihat hasilnya.
    9. Selesai.
Baca Juga:   Syarat Monetisasi YouTube 2018 Semakin Berat, So What??

***

Gimana cara yang aku gunakan untuk menampilkan daftar isi di blog WordPress ga susah kan? Semoga bisa bermanfaat ya. Kira-kira kalau kamu suka menggunakan cara/plugin apa untuk membuat daftar isi/sitemap di blog? boleh lho berbagi dan sharing melalui kotak komentar di bawah. Biar semakin banyak ilmu yang bisa aku dan para pengunjung lainnya peroleh.

Dan ini Daftar Isi blog www.maskris.co.id sampai sekarang.

August 2018

July 2018

June 2018

May 2018

April 2018

March 2018

February 2018

January 2018

December 2017

November 2017

October 2017

September 2017

July 2017

June 2017

April 2017

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.