Cara Perpanjangan SIM Online Di Jogja, Gampang Ga Pakai Antri

-

Cara Perpanjangan SIM Online Di Jogja, Gampang Ga Pakai Antri

Cara Perpanjangan SIM Online – Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu identitas yang wajib dimiliki oleh seorang pengemudi kendaraan bermotor. Masa berlaku SIM di Indonesia sendiri pada dasarnya berlaku selama 5 tahun dan wajib diperpanjang ketika masa berlaku akan berakhir.

Namun tahukah kamu jika sekarang kita bisa melakukan perpanjangan SIM secara online, tanpa harus repot mengantri dan melakukan tes kejiwaan dan tes kesehatan di lingkungan Polres?

Nah ini sedikit informasi tentang cara perpanjangan SIM Online berdasarkan pengalamanku  pada bulan Desember 2021 yang dilakukan di wilayah POLDA DIY. Ternyata gampang, ga pakai antri dan pastinya benar-benar menyenangkan prosesnya. Hehe.

Dokumen Yang Perlu Disiapkan

Berbeda dengan proses perpanjangan SIM offline di Polres yang membutuhkan dokumen fisik, cara perpanjangan SIM Online membutuhkan lebih banyak dokumen digital yang perlu disiapkan.

Berikut dokumen wajib yang perlu kita siapkan jika ingin melakukan perpanjangan SIM Online:

  1. Foto/Scan fisik e-KTP
  2. Foto/Scan fisik SIM
  3. Foto/Scan tanda tangan di atas kertas putih
  4. Pas Foto:
    • Menggunakan Latar Belakang Biru dengan resolusi 480×640 pixel
    • Tidak menggunakan kacamata
    • Tidak menggunakan hijab berwarna biru
    • Tidak menggunakan penutup kepala seperti topi maupun peci
    • Foto wajah menghadap ke depan.

Syarat Perpanjangan SIM Online

  • Sebelum mengisi data permohonan perpanjangan SIM Nasional secara online, pemohon diharapkan telah menyiapkan dokumen pendukung seperti yang sudah aku sebut di atas (Foto e-KTP, SIM, Tanda tangan, Pas Foto).
  • Setelah dokumen pendukung siap, pastikan pemohon sudah melakukan pengecekan kesehatan jasmani pada website/aplikasi e-Rikkes dan tes psikologi di aplikasi ePPsi
  • Jam operasional SATPAS:
    • SENIN – SABTU : pukul 08.00 – 15.00. (Permohonan perpanjangan SIM di atas pukul 15.00 akan diproses pada hari berikutnya.
  • SIM dapat diperpanjang dari 90 hari sebelum tanggal masa berlaku SIM berakhir. (saat ini tidak sesuai dengan tanggal lahir, melainkan sesuai dengan tanggal pengajuan SIM)
  • SIM yang habis masa berlakunya tidak dapat melakukan perpanjangan SIM. Disarankan untuk melakukan registrasi SIM baru.
  • Pemohon menyiapkan data rekening pengembalian yang masih aktif. Ini diperlukan jika pengajuan perpanjangan SIM dibatalkan karena tidak memenuhi syarat. Dana yang akan dikembalikan ke rekening pengembalian akan dikurangi biaya admin Rp.10.000, dan biaya transfer antar bank (selain BNI) sebesar Rp. 6.500.

Langkah melakukan Perpanjangan SIM Online

Setelah kita mengetahui dokumen dan syarat yang dibutuhkan untuk melakukan perpanjangan SIM Online, maka sekarang kita akan lanjutkan ke langkah yang harus kita lakukan. (ini caraku pribadi ya)

Install Aplikasi Digital Korlantas

Langkah pertama yang aku lakukan ketika akan perpanjangan SIM Online adalah menginstall Aplikasi Digital Korlantas. Aplikasi ini merupakan aplikasi utama yang akan kita gunakan untuk melakukan proses perpanjangan SIM secara online.

Untuk dapat mengunduh aplikasi Digital Korlantas, silakan kamu klik link di bawah ini:

Setelah berhasil menginstal aplikasi Digital Korlantas, silakan lakukan registrasi data terlebih dahulu. Isi dengan data yang sebenarnya dan ikuti saja instruksi yang diminta.

Digital Korlantas
maskris idhttps://maskris.co.id
Cuma manusia separuh blogger yang suka update berita sesuka dan sesempatnya saja
Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Share this article

Recent posts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here