EaseUS Data Recovery Wizard, Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Sudah Hilang

Apakah kamu pernah mengalami kejadian kehilangan data pada Hard disk atau Flash Disk? Atau mungkin kamu tidak sengaja menghapus file penting yang ada di media penyimpanan tersebut?? Jika kamu mengalami kejadian seperti yang kusebutkan di atas, tidak perlu panik.  Banyak kok cara mengembalikan data yang sudah terformat.

Kejadian kehilangan data yang penting memang sering membuat kita panik, bahkan membuat sedikit stress karena laju darah ke otak sedikit tersendat.. Banyak cara dilakukan untuk dapat mengembalikan data yang hilang tersebut. Salah satunya mungkin dengan menggunakan aplikasi recovery data.

Recuva Recovery Software
Recuva Recovery Software

Bagi kamu yang memiliki background IT atau melek IT, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang telah hilang karena terhapus ataupun terformat. Namun pernahkah kamu menyadari jika kesalahan memilih software aplikasi akan membuat data yang telah hilang tersebut sulit untuk dikembalikan seperti sebelumnya?

Ya, hal tersebut yang pernah kualami beberapa saat lalu.

Singkat cerita, pada akhir tahun lalu aku sempat dihubungi oleh rekan kerja yang mengatakan jika salah satu staf atau rekannya secara tidak sengaja memformat data yang ada pada drive selain drive C: pada saat melakukan install ulang PC.

Nah, setelah mengetahui drive yang terformat salah, maka rekanku tersebut mencoba untuk mengembalikan data-data penting yang terformat dengan beberapa aplikasi seperti Recuva dan Get Data Back.

Bagiku, hal yang dilakukan oleh rekan saya tersebut sebenarnya tidak salah, namun kurang tepat dan bijak.. haha..

KENAPA ?

Menurutku, untuk mengembalikan data kita harusnya memiliki aplikasi yang terpercaya dan dapat diandalkan. Yang pastinya selain itu, pernah kita coba kehandalannya.

Jujur, berdasarkan pengalaman yang aku alami, aplikasi Recuva dan Get Data Back memang bisa mengembalikan data yang sudah dihapus atau terformat. Namun, hasilnya setelah di recovery bagaimana? Apakah nama file dan Folder yang terhapus kembali seperti sebelum terformat/terhapus? aku rasa tidak.. hehe.. (entahlah jika software yang versi terbaru)

Selain alasan tersebut, aku berasumsi jika untuk mengembalikan data dengan cara recovery itu jangan dilakukan berkali-kali (dalam hal ini dilakukan 2 kali dengan menggunakan 2 aplikasi) karena akan merusak struktur file asli sebelum direcovery/sebelum terformat.

Udah gagal, folder kembali tapi acak-acakan, eh di recovery pake software yang sama-sama mengacak-acak lokasi file dan folder.. Piye kui perasaane??

 

SOLUSINYA BAGAIMANA?

Pasti banyak yang bertanya. Jika menggunakan aplikasi Recuva dan Get Data Back kurang tepat, terus solusinya bagaimana?

Ini bukan endorse atau promo ya.. tapi berdasarkan pengalaman semata. :p

Sesuai dengan pengalaman yang ku alami, untuk mengembalikan data yang terhapus/terformat aku menggunakan aplikasi EASEUS DATA RECOVERY WIZARD. 

Easus Data Recovery Wizard
EaseUS Data Recovery Wizard

Bukan tanpa alasan aku memilih menggunakan aplikasi ini. Bagiku, aplikasi ini merupakan software yang telah berjasa menyelamatkan banyak data penting yang pernah terformat yang secara tidak sengaja.. hehe.

Aplikasi ini memiliki 2 pilihan yaitu yang versi Free dan versi Pro. Kalau mau powerfull ya coba cari dan gunakan yang versi Pro ya..

Baca Juga:   REDMI 6A, Murah Sih.. Tapi..

 

 

 

Keunggulan EaseUS Data Recovery Wizard

“Mudah digunakan”

Easus Data Recovery Wizard
Easeus Data Recovery Wizard
  • Hanya memerlukan 3 langkah saja
  • File yang hilang dapat dengan mudah terlihat dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan.
  • Deleted File Recovery; Complete Recovery; Partition Recovery
  • Hasil file yang direcovery memiliki struktur folder dan file sama seperti sebelum terformat/terhapus.

Cara Penggunaan Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Sebagaimana yang aku katakan sebelumnya jika aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard ini mudah digunakan, maka aku akan memberikan langkah cara penggunaan dari aplikasi ini.

Secara umum, langkah penggunaan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard ada tiga:

 

Launch Aplikasi & Pilih Lokasi Data/Drive

 

Lakukan Scanning Terhadap Folder/File

 

Pilih dan filter file yang ingin di recovery

Gimana? Cukup mudah bukan cara penggunaannya. Aku yakin, sekali coba aplikasi ini pasti anda ketagihan  untuk mengandalkannya di kemudian hari. Hehe..

Selamat mencoba aplikasi recovery yang kecil-kecil cabe rawit ini.

Kalau ada pertanyaan, silakan lewat kotak komentar di bawah ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.