Cara Menggunakan Mentimeter, Aplikasi Presentasi Interaktif

-

Cara menggunakan Mentimeter – Selama masa pandemi banyak hal yang harus membutuhkan penyesuaian, salah satunya di bidang pendidikan yang melibatkan proses belajar mengajar antara guru dengan murid ataupun Dosen dan Mahasiswa.

Metode dan cara-cara baru harus dilakukan untuk dapat membuat proses pembelajaran yang biasanya berlangsung secara luring dapat berjalan secara lancar ketika dilangsungkan tanpa tatap muka.

Melakukan pembelajaran daring dengan aplikasi video conference seperti Google Meet, Zoom, Microsoft Teams rasanya masih menjadi hal yang paling populer. Namun, jika kita terbiasa mengajar dengan memberikan slide powerPoint apakah dengan melakukan share screen file PPT bisa cukup membuat murid atau mahasiswa tetap tertarik mengikuti pembelajaran secara daring?

Nah, untuk mengantisipasi masalah klasik seperti kebosanan dan kurang menariknya cara penyampaian kita ketika mengajar, maka sebagai pengajar kita perlu mencoba aplikasi  baru yang lebih interaktif dan inovatif seperti Kahoot dan Mentimeter.

Apa Itu Mentimeter?

Mungkin ada yang bertanya-tanya atau bahkan baru pertama kali mendengar aplikasi yang disebut Mentimeter.

Mentimeter adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat presentasi dan menerima umpan balik waktu nyata di kelas, rapat, konferensi, dan aktivitas grup lainnya. Pengguna bisa mendapatkan umpan balik melalui jajak pendapat, kuis, awan kata, Q & A dan fitur interaktif lainnya yang disertakan dalam presentasi.

Jadi intinya Mentimeter itu seperti aplikasi presentasi yang bisa membantu kita berinteraksi secara langsung di waktu yang bersamaan antara pengajar dan pembelajar. Walaupun sebenarnya kita tidak bertatap muka secara langsung.

Cara Membuat Akun Mentimeter

Cara menggunakan mentimeter sebenarnya cukup mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun terlebih dahulu.

Berikut ini cara membuat akun mentimeter:

  1. Akses alamat https://www.mentimeter.com/
  2. Klik tombol Sign Up

    Sign Up Mentimeter
  3. Daftarkan akun kita dengan cara mengkoneksikan akun Facebook/Google (1), atau mengisikan email lain selain Google melalui form (2) yang diakhiri dengan menekan tombol Sign UP

    Form pendaftaran akun Mentimeter (2)
  4. Ikuti langkah selanjutnya hingga muncul tampilan dashboard seperti berikut.Langkah 2 (Jika mau melawati langkah ini, bisa klik tombol Skip)

    Alasan memilih Mentimeter

Add New Presentation
Add New Presentation
  • Tampilan halaman kerja kita.

    tampilan halaman kerja mentimeter
  • Lakukan Rename Project
  • rename project mentimeter
    @maskris_idhttps://www.maskris.co.id
    Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id
    Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

    Share this article

    Recent posts

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here