Categories: Tutorial

Cara Mengatasi Error Moodle The Username Must Be In Lower Case

Error Moodle The Username Must Be In Lower Case – Sebagai seorang administrator di LMS Moodle, kita pasti sering menemukan masalah teknis yang membuat kita penasaran campur pusing untuk mencari jalan keluarnya.

Beruntung LMS Moodle yang bersifat software open source memiliki forum dan komunitas yang cukup banyak. Hal ini pula yang bisa digunakan seorang administrator untuk mencari jalan keluar dari error moodle yang dihadapinya.

Cara Umum Mengatasi Error Moodle

Banyak cara yang digunakan untuk dapat mengatasi error Moodle. Berikut beberapa cara yang sering maskris lakukan jika menemui masalah di LMS Moodle:

  • Searching Google

    Hal paling mudah yang dilakukan untuk mengatasi sebuah masalah yang berkaitan dengan aplikasi LMS atau software adalah dengan cara Googling. Jangan pernah bertanya ke orang lain sebelum kita searching masalah di google terlebih dahulu.

  • Tanya di Forum

    Jika sudah mentok tidak menemukan jawaban di Google, cobalah cari masalah yang sama di forum atau komunitas. Forum atau komunitas akan mempersempit informasi tentang masalah yang kita alami, namun akan membukakan peluang besar mendapatkan jawaban dari teman yang biasanya telah mengalami masalah yang sama.

    Kalau kamu mau cari jawaban masalah moodle, kamu bisa mengunjungi alamat ini https://moodle.org/course/index.php. Di sana kamu bisa mencari banyak sekali informasi terkait moodle termasuk masalah yang biasa terjadi.

  • Tanya Teman Sesama Admin

    Cara selanjutnya yang sebenarnya bisa dilakukan adalah bertanya dengan sesama admin LMS moodle. Pengalaman yang sama sebagai orang yang sama-sama ada di pengelola LMS akan membuat kita merasa tidak sendiri ketika mengalami masalah.

The Username Must Be In Lower Case

Error Moodle “the username must be in lower case” biasa terjadi ketika kita sedang melakukan proses upload user dengan menggunakan file csv.

error moodle The username must be in lower case

Dari error ini sebenarnya ingin menjelaskan jika format username yang kita masukkan di file csv yang akan kita upload harus huruf kecil semua.

Namun jika username di file csv yang kita buat sudah huruf kecil dan tidak bermasalah, terus masalahnya ada dimana? pasti kita akan bingung. Dan itu yang pernah maskris rasakan.

Yuk sekarang kita bahas cara untuk menyelesaikan masalah moodle “the username must be in lower case” sesuai dengan pengalaman maskris.

Cek file csv yang kita upload

Hal pertama yang maskris lakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian file csv yang sudah dibuat.

cek csv file upload user

Walaupun errornya mengatakan jika username harus huruf kecil, namun kenyataannya tidak hanya field username saja yang harus huruf kecil semua. Kita juga perlu memastikan field email harus huruf kecil semua dan formatnya sudah benar.

Cek tabel mdl_user yang ada di database

Setelah kita yakin field username dan email sudah huruf kecil semua, langkah selanjutnya kita perlu melakukan pengecekan di tabel mdl_user yang ada di LMS moodle yang kita gunakan.

Pastikan semua username dan email benar-benar sudah huruf kecil (lower case).

Update tabel mdl_user

Jika ternyata kamu menemukan ada data yang masih lower case pada field username dan email, lakukan update kueri pada tabel mdl_user.

Kamu bingung dengan perintah kueri untuk updatenya? Coba kamu copy paste perintah di bawah ini:

Perintah update Username

UPDATE mdl_user SET username = LOWER(username);

Perintah update email

UPDATE mdl_user SET email = LOWER(email);

Jika tabel di database sudah diupdate namun tetap saja mengalami error the username must be in lower case, maka kita perlu melakukan pengecekan lanjutan pada bagian Character Set dan Collation yang ada pada tabel mdl_user.

 

Character Set dan Collation Tabel mdl_user

Pastikan jika character set dan collation yang ada di database sesuai dengan persyaratan moodle. Biasanya kalau kita menggunakan moodle versi 3.10 dan database MySQL, Character set nya adalah utf8mb4 dan Collationnya utf8mb4_unicode_ci.

Setelah itu coba lakukan update kembali tabel mdl_user dengan menggunakan perintah berikut:

UPDATE mdl_user SET username = LOWER(username) WHERE username <> (LOWER(username) COLLATE utf8mb4_bin)

untuk bagian colatenya bisa disesuaikan. Dan sebagai informasi saja, solusi ini maskris dapat dari forum moodle di alamat https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=256116

Upload ulang file csv

Setelah proses pengecekan dan update tabel mdl_user selesai, silakan kita coba cek kembali file csv yang sudah kita buat sebelumnya.

upload csv user moodle

Mudah-mudahan error moodle the username must be in lower case yang kita alami bisa terselesaikan.

Periksa Site Security Settings

Jika file csv yang diupload masih saja bermasalah, coba periksa bagian site security settings yang ada pada menu Site Administration > Security > Site Security Settings.

Site Security settings Moodle

Cek apakah kamu melakukan pengaturan yang membuat karakter di username yang kita upload sebelumnya bermasalah. Biasanya ada pada bagian Allow extended characters in usernames.

***

Nah, itu sedikit informasi dan pengalaman maskris ketika mengalami error moodle the username must be in lower case saat mengupload file csv untuk menambahkan user di moodle. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya.

Kalau ada solusi lain untuk masalah ini, boleh lho di share di kolom komentar. Semoga bisa jadi solusi buat teman-teman admin lain yang mengalami masalah yang sama.

@maskris_id

Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Recent Posts

ASUS ExpertCenter Untuk Pengembangan Studio Mini? Kenapa Tidak?

Asus ExpertCenter – Tidak terasa sudah lebih dari satu tahun lamanya kita berjuang di tengah… Read More

16 hours ago

Cara Mudah Menjadi Host di Zoom Meetings

Cara Menjadi Host di Zoom Meetings - Setelah sebelumnya kita banyak membahas hal-hal yang berkaitan… Read More

3 weeks ago

Mengoptimalkan Fitur Share Screen di Zoom Meetings

Share Screen di Zoom Meetings - Fitur yang ada di Zoom Meetings itu lumayan banyak. Namun… Read More

4 weeks ago

Cara Filter Duplikat Data Excel Dalam Satu Kolom

Cara Filter Duplikat Data Excel – Pernah ga kita diberi data dari excel yang kemudian… Read More

1 month ago

Cara Remote Komputer Dengan Team Viewer

Cara Remote Komputer Dengan Team Viewer - Dalam masa pandemi yang seringkali kita diminta untuk… Read More

3 months ago

Cara Menggunakan Mentimeter, Aplikasi Presentasi Interaktif

Cara menggunakan Mentimeter - Selama masa pandemi banyak hal yang harus membutuhkan penyesuaian, salah satunya… Read More

3 months ago

This website uses cookies.