Cara Mencoba Windows 11 Lewat Web Browser

-

Cara Mencoba Windows 11 Lewat Web Browser

Windows 11 – Tidak ingin menginstal Windows 11 di PC? Atau PC atau laptop kita tidak mendukung untuk dapat menggunakan Windows 11? Berikut adalah cara untuk mencoba windows 11 lewat browser web favorit kita.

windows 11

Windows 11 menjadi lebih populer dari hari ke hari, dan wajar jika akan segera menggantikan Windows 10 sebagai sistem operasi utama Microsoft. Sementara Microsoft masih belum sepenuhnya meluncurkan Windows 11, Insiders telah mencobanya sendiri dalam beberapa bulan terakhir.

Namun, kemungkinan kita tidak nyaman melakukan Rilis Pratinjau Windows 11, terutama dengan semua bug yang dapat datang dengan pekerjaan yang sedang berlangsung.

Jika kita ingin coba mengalami situasi saat menggunakan OS terbaru dari Microsoft tanpa menginstal apa pun, maka silakan baca artikel ini. Karena di sini maskris mau membahas bagaimana cara kita dapat mencoba Windows 11 hanya dengan menggunakan browser web.

Minimal Requirement Windows 11

Sebelum memulai cara mencoba windows 11 dengan browser web, ada baiknya kita mengetahui minimal requirement dari perangkat PC atau computer yang bisa kita install system operasi terbaru dari windows ini.

Info yang maskris dapatkan dari situs resminya Microsoft dikatakan seperti berikut:

“These are the basic requirements for installing Windows 11 on a PC. If your device does not meet these requirements, you may not be able to install Windows 11 on your device and might want to consider purchasing a new PC. If you are unsure whether your PC meets these requirements, you can check with your PC Original Equipment Manufacturer (OEM) or, if your device is already running Windows 10, you can use the PC Health Check app to assess compatibility.”

To install or upgrade to Windows 11, devices must meet the following minimum hardware requirements:

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with two or more cores on a compatible 64-bit processor or system on a chip (SoC).
  • RAM: 4 gigabytes (GB) or greater.
  • Storage: 64 GB* or greater available storage is required to install Windows 11.
    • Additional storage space might be required to download updates and enable specific features.
  • Graphics card: Compatible with DirectX 12 or later, with a WDDM 2.0 driver.
  • System firmware: UEFI, Secure Boot capable.
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0.
  • Display: High definition (720p) display, 9″ or greater monitor, 8 bits per color channel.
  • Internet connection: Internet connectivity is necessary to perform updates, and to download and use some features.
    • Windows 11 Home edition requires an Internet connection and a Microsoft Account to complete device setup on first use.

Gimana? Udah masuk syarat belum computer/laptopmu?

Cara Menggunakan Windows 11 di Browser

Pengembang perangkat lunak dengan nama BlueEdge telah mengembangkan situs web interaktif yang memungkinkan Windows 11 berjalan di browser.

situs win11.blueedge.me

Cara yang kita lakukan adalah cukup mengunjungi situs web https://win11.blueedge.me, dan ketika diminta untuk mengetikkan kata sandi masuk, cukup tekan  Enter untuk mulai menjelajahi Windows 11.

Fitur apa saja yang tersedia?

Sayangnya, situs web ini hanya menawarkan demo fitur dasar yang ditawarkan Microsoft di Windows 11.

Situs web interaktif ini mendukung beberapa aplikasi seperti browser Edge, Notepad, Terminal, Spotify, VScode, dan Microsoft Store yang dirubah. Kita juga dapat memeriksa antarmuka Start Menu dan Search, bahkan itu sendiri tidak sepenuhnya berfungsi.

fitur windows 11 Blueedge

Penting untuk dicatat bahwa mock-up Windows 11 ini tersedia melalui browser web yang kita miliki, tanpa instalasi apa pun. Ini bukan mesin virtual, dan pada dasarnya dikembangkan untuk memberi kita ide dan gambaran yang layak tentang seperti apa Windows 11 nantinya.

BlueEdge telah mengembangkan situs web di platform React dan telah melisensikannya dengan Creative Commons. Akan menarik untuk melihat apakah Microsoft akan menyerang situs web BlueEdge karena pelanggaran hak cipta.

Uniknya, BlueEdge juga berencana untuk menambahkan lebih banyak fitur ke situs web demo Windows 11 ini termasuk File Explorer yang didesain ulang dan bahkan mungkin ada tambahan pengaturan aplikasi.

Coba Windows 11 Tanpa Instalasi

Sejak pengumumannya, Windows 11 telah menjadi pusat pembicaraan di dunia teknologi, dan hype semakin serius dari hari ke hari.

tampilan utama windows 11 blueedge

Jika kamu ingin mencicipi Windows 11 tanpa menginstalnya di PC, maka maskris sangat menyarankan untuk coba memeriksa situs web BlueEdge.

Cara ini sangat aman, mudah, dan cepat memberi kita nuansa keseluruhan Windows 11.

Sekilas Video tentang Windows 11

Buat kamu yang masih penasaran dengan windows 11, coba deh lihat video ini dulu.

***

Gimana? Udah bisa ngerasain pengalaman pakai windows 11 tapi belum berani install langsung di computer?

Kalau udah yakin dan mantap untuk install di computer yang kita gunakan, kita bisa mencoba untuk mendaftar di Windows Insider Program yang bisa kita akses dari windows 10 kita di pengaturan Settings > Update & security > Windows Insider Program

windows insider program

Saran maskris sih jangan terlalu dipaksakan. Jika perangkat yang kita gunakan tidak memenuhi syarat minimal untuk bisa menjalankan Windows 11, ya kita cukup terima nasib saja. Toh kita juga masih bisa menggunakan windows 10 dengan normal. Hehe.

maskris idhttps://maskris.co.id
Cuma manusia separuh blogger yang suka update berita sesuka dan sesempatnya saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version