Cara Enroll User Ke Dalam Kelas Spada Brightspace

Cara Enroll User Ke Dalam Kelas Spada Brightspace

Enroll User Spada Brightspace – Setelah sebelumnya aku sudah memberikan informasi tentang cara copy content dari kelas berbeda pada spada brightspace, maka kali ini aku akan melanjutkan perjuangan dari seorang Admin LPTK dalam menjalankan tugasnya mengelola situs Spada Brightspace.

Kelas online itu dibuat untuk dapat dipergunakan oleh user. Nah, kalau sebuah kelas online tidak ada usernya, terus untuk apa?

Ya, itulah yang mendasariku untuk memberikan info tentang cara enroll mahasiswa dan instruktur ke dalam kelas Spada Brightspace.

Sebelum memulai mengenroll mahasiswa dan instruktur ke dalam kelas daring, kita sebagai admin LPTK harus memastikan jika daftar nama mahasiswa dan instruktur sudah ada.

Jika belum ada, maka silakan minta daftar nama mahasiswa ke tim IT pusat (nasional) dan minta daftar nama instruktur ke koordinator atau admin Helpdesk prodi di masing-masing LPTK.

Oke, setelah kita sudah memiliki semua daftar nama user yang akan dienroll, maka sekarang saatnya mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi Microsoft Excel dan buat workbook baru.

Mungkin ada yang bertanya, “kenapa kita harus membuka aplikasi Microsoft Excel?”

Ya, karena nanti kita akan melakukan enroll peserta ke dalam kelas dengan menggunakan BUM (Bulk User Management), dimana kita hanya akan melakukan upload file CSV saja.

Untuk membuat file csv itu aku lebih suka menggunakan Ms. Excel, jadi mau ga mau harus buka aplikasi dari Microsoft tersebut.

Masukkan Data Sesuai Format Enroll di Brightspace

Setelah membuka workbook baru di Ms. Excel, kita perlu memasukkan data peserta sesuai dengan format “enroll” yang sudah ditentukan oleh Brightspace.

Bagi yang belum tahu format file csv untuk proses enroll user di Spada Brightspace, ini aku kasih tahu formatnya: ENROLL, *Username, Org Defined ID, *Role Name, *Org Unit Code

Note: bintang (*) itu mandatory

Format csv Management User Spada Brightspace