Cara Downgrade Android 10 Zenfone Max pro M1

Cara Downgrade ASUS Zenfone Max Pro M1 ke Android 9

Cara Downgrade Asus Zenfone Max Pro M1 – Setelah beberapa waktu lalu aku menginfokan cara untuk mengupgrade manual Asus Zenfone Max Pro M1 ke Android 10, maka kali ini aku akan memberikan informasi kebalikannya yakni cara downgrade Asus Zenfone Max Pro M1 dari Android 10 ke Android 9.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa di downgrade mas? Ada masalah ya?

Kalau buat aku sendiri sih sebenarnya ga ada masalah juga, apalagi beberapa fitur baru yang ada di Android 10 cukup baik dan mendapatkan perbaikan.

Secara umum aku ga terlalu bermasalah dengan Android 10, tapi di sini aku memang mau kasih info aja buat kamu yang mungkin tidak puas dengan apa yang didapat dari Android 10. Hal itu sangat mungkin terjadi dan dialami oleh pengguna smartphone yang senang ngoprek dan ga sabaran. Hehe

Oke, daripada kelamaan, kita langsung aja masuk ke cara downgrade ASUS Zenfone Max pro M1 dari Android 10 ke Android 9.

Persiapan Downgrade Asus Zenfone Max Pro M1

Sama seperti saaat melakukan update ke Android 10 sebelumnya, untuk dapat melakukan downgrade kita perlu menyiapkan smartphone dan firmware android 9 untuk Zenfone Max Pro M1 terlebih dahulu.

Firmware downgrade Zenfone Max Pro M1
Firmware downgrade Zenfone Max Pro M1

Untuk firmware downgrade Android 10 ke Android 9 Zenfone Max Pro M1 dengan kode version WW-16.2017.1910.059 masih bisa diunduh di laman di bawah.

https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Max-Pro-ZB602KL/HelpDesk_BIOS/

Langkah Downgrade Zenfone Max Pro M1

Kalau semua persiapannya sudah siap, maka sekarang saatnya kita lakukan downgrade Zenfone Max Pro M1 dari Android 10 ke Android 9.

Copy Firmware ke External Storage

Copy firmware Android 9 yang sudah kita download sebelumnya ke dalam MicroSD Card yang ada di smartphone.

Koneksi Smartphone ke PC
Koneksi Smartphone ke PC

Untuk cara copynya pasti tidak akan sulit karena cukup dengan cara mengkoneksikan smartphone kita ke PC dengan menggunakan kabel data.

Masuk Ke Android Recovery

Setelah berhasil di copy ke external storage, matikan smartphone dan lanjutkan dengan masuk ke Android Recovery.

Jika kamu belum tahu cara untuk bisa masuk ke Android Recovery, kamu bisa melakukannya cukup dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan

Android Recovery
Cara masuk Android Recovery

Pilih Firmware dari External Storage

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan setelah berada di Android Recovery adalah memilih firmware dari microSD melalui menu “Apply update from external storage

Apply Update from External Storage
Memilih menu Apply Update from External Storage

Cari folder lokasi kita menyimpan firmware android 9 untuk downgrade Asus Zenfone Max Pro M1, kemudian akhiri dengan menekan OK (tombol power).

Firmware Downgrade Asus Zenfone Max Pro M1
Firmware Downgrade Asus Zenfone Max Pro M1

Tunggu proses instalasi firmware yang sudah kita pilih sebelumnya. Jika sudah selesai dan berjalan dengan sukses maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Informasi Proses update firmware selesai
Informasi Proses update firmware selesai

Lakukan Wipe Data/Factory Reset

Setelah proses instalasi firmware selesai, android recovery akan kembali memunculkan menu utama di bagian atas. Silakan lanjutkan dengan memilih menu Wipe Data/Factory Reset.

Wipe data-factory reset
Menu Wipe data/factory reset

Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus di wipe data/factory reset?

Jadi wipe data/factory reset itu akan menghapus semua aplikasi yang terinstal pada perangkat bersama dengan data yang terkait dengan mereka. Akhirnya semua pengaturan smartphone akan menjadi default seperti ketika membeli smartphone baru.

Seperti kita ketahui, sebelumnya Zenfone Max Pro M1 sudah diinstall OS Android 10 yang sudah membawa perbaikan di banyak aspek. Sedangkan sekarang kita akan kembalikan ke OS Android 9 yang notabene sebelum adanya perbaikan dan penambahan beberapa update fitur.

Jadi alasanku melakukan wipe data/factory reset melakukan hal ini untuk mengantisipasi ada masalah atau crash pada sistem sebelumnya.

Wipe data complete
Wipe data complete

Pilih Menu Wipe Cache Partition

Sebelum mengakhiri proses downgrade, lakukan wipe cache partition terlebih dahulu untuk menghapus cache pada sistem sebelumnya.

Untuk melakukan wipe cache partition, silakan kita memilih menu wipe cache partition dilanjutkan dengan menu OK.

Wipe Cache Partition
Menu Wipe Cache Partition

Reboot System

Setelah proses wipe cache partition selesai dilakukan, akhiri proses downgrade dengan cara memilih menu Reboot system now.

Reboot System Now
Menu Reboot System Now

Setelah tombol ok ditekan, maka smartphone akan restart. Tunggu hingga proses pembahuan sistem benar-benar selesai dan memunculkan tampilan seperti berikut.

Pembahuan sistem berhasil
Informasi Pembahuan sistem berhasil

Lakukan Pengaturan Ulang Pada Smartphone

Setelah selesai, atur ulang smartphonemu sesuai dengan pengaturan yang kamu inginkan. Jangan lupa cek sistem operasi yang sekarang terinstall di smartphone lewat menu Settings -> System -> About Phone

Informasi Sistem Operasi terkini
Informasi Sistem Operasi Android terkini

***

Gimana? Ga susah kan ya?

Nah, mungkin itu sedikit cara untuk melakukan downgrade Asus Zenfone Max Pro M1 dari Android 10 ke Android 9 yang aku lakukan. Semoga membantu kamu yang memiliki rasa penasaran yang sama dengan aku. 

Semoga berhasil. Dan segala resiko yang terjadi pada smartphonemu ketika update bukan jadi tanggungjawabku ya. 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

8 Responses

  1. Bro, saya baru aja update ke versi android 10 yang paling baru, kira” kalo di downgrade ke 9 data bakal keapus ga?

    Soundnya ga enak banget, bug gitu, jadi kalo abis di nyalain dan buru” dengerin lagu, suaranya bagus, tapi abis 5 detik bass ilang, sampah banget dah pokonya kaga ada enak – enaknya

  2. Abis update system kenapa hp jd cpt panas ya, batre jadi cpt abis, casnya jadi lama, panas banget hpnya kalo ada notif sosmed masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Pinjaman modal

6 Cara Mencari Modal Usaha Bisnis

Modal usaha adalah bagian penting dalam berusaha. Tanpa modal yang memadai akan sulit menjalankan bisnis dengan baik. Makanya, kerap muncul pertanyaan bagaimana mencari modal usaha?

Auto Download WhatsApp

Cara Mudah Disable Auto Download WhatsApp

Banyaknya gambar/video yang dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp sering kali membuat memori smartphone kita penuh. Nah, kali ini maskris mau kasih cara mudah agar foto/video WhatsApp

All Rights Reserved © 2020