Cara Bayar Pajak Kendaraan Tahunan di Samsat Sleman

-

Cara Bayar Pajak Kendaraan – Membayar pajak bagi yang memiliki kendaraan merupakan kewajiban yang harus kita lakukan. Namun kadang masih banyak orang yang merasa malas untuk mengurus atau membayar pajak kendaraannya.

Alasan ribet, tidak ada waktu hingga pelayanan yang mungkin dirasa kurang memuaskan menjadi beberapa alasan kenapa banyak pemilik kendaraan yang memilih menggunakan biro jasa dalam mengurusi perpanjangan pajak kendaraan.

Tapi jika kita yang sengaja untuk membayar pajak kendaraannya sendiri rasanya alasan ribet, tidak ada waktu dan pelayanan yang kurang memuaskan tersebut sudah tidak berlaku untuk pengurusan pajak kendaraan di SAMSAT SLEMAN.

Pengalaman Bayar Pajak Kendaran di Samsat Sleman

Pajak kendaraan kami kebetulan berakhir di tanggal 28 April 2021. Karena ingin mencoba mengurus sendiri, maka maskris dan istri berencana untuk mengurus langsung di samsat sleman tanggal 21 April 2021.

Samsat Sleman

Antri di loket Drive Thru
Antri di loket Drive Thru
  • Siapkan dokumen persyaratannya seperti STNK asli, KTP pemilik asli dan Uang Cash. (tanpa perlu fotocopy dokumen). Jika kita tidak memiliki KTP pemilik asli, maka silakan melakukan pembayaran melalui loket counter di kantor samsat, tidak di drive thru.

    Menyiapkan dokumen yang diminta
  • Tunggu hingga mendapatkan giliran, kemudian berikan dokumen STNK asli yang sudah dilepas plastiknya dan KTP pemilik asli.
  • Tunggu sebentar hingga petugas memberikan informasi total pajak yang harus kita bayarkan. Bayar sesuai besaran pajak yang diminta dengan menggunakan uang cash. (tidak bisa pakai kartu debit/kredit)

    Menunggu STNK Selesai
  • Petugas akan memberikan dokumen STNK yang sudah kita bayar pajaknya. Cek sebentar sebelum meninggalkan loket drive thru agar jika ada kesalahan kita tidak perlu kembali ke Samsat sleman untuk melakukan pembetulan.

    STNK Selesai
  • Selesai dan waktunya pulang.
  • Simple banget dan hemat waktu. Sebagai catatan, kami kemarin sampai di samsat sleman sekitar jam 08.45 menit, antri sebentar kemudian jam 09.00 kami sudah keluar dan pulang dari kantor samsat.

    Lama waktu pelayanan bayar pajak tahunan yang kami rasakan kemarin tidak sampai 5 menit. Jadi benar-benar cepat dan tidak perlu banyak membuang waktu kita.

    Kesimpulan

    Menurut maskris, pelayanan bayar pajak kendaraan bermotor sudah sangat baik dan prosesnya juga cepat. Tidak perlu takut jika kita memang ingin membayar pajak kendaraan atau perpanjangan STNK sendiri.

    Banyak pilihan yang bisa dicoba, mulai dari mendatangi kantor samsat induk atau ke kantor samsat pembantu. Pelayanan dan syarat-syaratnya juga biasanya sama. Biaya juga pasti sama.

    Waktu penyelesaian dokumen perpanjangan STNK atau pajak kendaraan bermotor sendiri dapat dikatakan cukup cepat. Pastikan semua persyaratan sudah kita siapkan sebelum kita pergi ke samsat yang dituju. Dan yang terpenting, jangan lupa bawa uang kalau bisa Cash. Karena belum semua kantor samsat melayani pembayaran pajak dengan cashless..

    ***

    Mungkin itu sedikit informasi yang bisa maskris berikan tentang cara bayar pajak kendaraan bermotor berdasarkan pada pengalaman maskris mengurus perpanjangan pajak di samsat sleman beberapa hari lalu. Semoga membantu dan bermanfaat ya..

    @maskris_idhttps://www.maskris.co.id
    Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id
    Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

    Share this article

    Recent posts

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here