Tekno

ASUS ExpertCenter Untuk Pengembangan Studio Mini? Kenapa Tidak?

Asus ExpertCenterTidak terasa sudah lebih dari satu tahun lamanya kita berjuang di tengah pandemi COVID-19. Banyak hal yang telah berubah sejalan dengan pandemi yang terjadi. Semua sektor yang ada mulai dari pendidikan, pariwisata, transportasi, manufaktur, ekonomi, dan sektor lainnya harus berjuang keras untuk dapat bertahan menghadapi masa-masa sulit di awal pandemi.

Sebagai salah seorang yang bekerja di bidang pendidikan, banyak hal yang telah maskris rasakan di masa pandemi. Keputusan kampus melakukan lockdown membuat maskris dan tim dituntut untuk banyak belajar tentang teknologi baru yang ada. Bahkan kami harus mencari banyak alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan proses bisnis di sektor pendidikan.

Ada beberapa hal yang sedang kami rencanakan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar pasca pandemi, diantaranya adalah membeli server baru dengan teknologi hyper-converged hingga mengembangkan studio mini lengkap dengan ruang kedap suara, papan tulis kaca (lightboard), studio lighting, paket audio-video conference dan PC yang handal.

Beruntung, belum lama ini ASUS menghadirkan produk baru yang handal dan pastinya memiliki keunggulan keamanan yang tinggi bernama ExpertCenter dan ExpertBook. Dan maskris rasa, produk baru ini sangat cocok untuk menjawab kebutuhan universitas akan adanya sebuah PC handal guna mendukung kegiatan di studio mini.

ASUS ExpertCenter

Mungkin masih banyak yang bertanya tentang apa itu ASUS ExpertCenter?

Jadi ExpertCenter itu memang merupakan salah satu lini bisnis dari ASUS yang didesain khusus untuk bisnis PC Desktop. Ketangguhan produk ini tidak perlu diragukan lagi karena merupakan PC yang handal dengan kontruksi yang solid mulai dari kombinasi komponen dan fitur keamanannya yang tinggi.

Bahkan ASUS sendiri menyadari bahwa PC desktop masih memiliki peran besar dan belum dapat tergantikan oleh komputer portabel seperti laptop atau mobile workstation. Oleh karena itu, belum lama ini mereka kembali meluncurkan dua PC desktop ExpertCenter yang bernama ExpertCenter D3 Tower D300TA dan ExpertCenter D5 SFF D500SA.

“Kami sangat mengerti bahwa PC desktop masih memiliki peran besar dan belum dapat tergantikan oleh komputer portabel seperti laptop atau mobile workstation. Sebagai perusahaan teknologi yang berangkat dari industri PC desktop, ASUS tentu memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda serta memberikan nilai lebih melalui teknologi dan inovasi terkini,” ujar Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia dalam press releasenya.

“Dua PC desktop ExpertCenter kali ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda, tetapi juga telah dirancang agar seluruh proses bisnis Anda dapat berjalan lebih lancar,” tambahnya.

ASUS ExpertCenter D3 Tower D300TA

ASUS ExpertCenter D3 Tower D300TA ini hadir sebagai salah satu PC dekstop yang terjangkau dan upgradable yang mendukung bisnis dengan fitur keamanan lengkap dan pastinya didesain untuk meminimalisir Total Cost of Ownership.

Asus ExpertCenter D3 Tower D300TA

Singkatnya ASUS cukup percaya diri untuk menyebut bahwa ExpertCenter D3 Tower ini sebagai produk yang “Fast, affordable, and flexible”.

Performa Kencang

Secara performa, ExpertCenter D3 Tower D300TA menggunakan Chipset Intel H410, prosesor Intel® Core™ Generasi ke-10 yang mutakhir dengan RAM DDR4 terbaru yang dapat diupgrade hingga kapasitas 64GB.

Performa ExpertCenter D3 Tower D300TA

Untuk pengolahan grafis, PC dengan berat 7Kg dan dimensi berukuran 160 x 380 x 355 mm ini dibekali oleh Intel® HD Graphics 630. Namun jika kita membutuhkan kinerja grafis tingkat lanjut untuk tugas visual yang tinggi, ASUS menyediakan GPU diskrit NVIDIA seperti NVIDIA GeForce® GT710 2GB DDR5 atau NVIDIA GeForce® GTX1650 4GB DDR6.

Berbicara soal kapasitas penyimpanan data yang dimiliki, ExpertCenter D3 Tower ini dilengkapi oleh storage 2TB SATA III Hard Drive (7200RPM) yang bisa di upgrade hingga kapasitas 4TB dan 512GB SSD yang bisa diupgrade hingga kapasitas 1TB. Dengan kapasitas tersebut, kita tidak perlu tidak perlu khawatir untuk menyimpan data bisnis yang semakin hari semakin banyak.

Sedangkan untuk sistem operasi yang digunakan, ASUS merekomendasikan Windows 10 Pro atau Windows 10 Home (original) untuk menjadi pilihan dari penggunanya.

PC Desktop Yang Terjangkau dan Upgradable

“Apa benar ASUS ExpertCenter D3 Tower D300TA ini terjangkau?”

Kata terjangkau memang tidak lepas dari yang namanya harga. ASUS ExpertCenter D3 Tower D300TA ini dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai Rp 8.499.000,-. Harga yang menurut maskris memang cukup terjangkau untuk kelas bisnis.

Uniknya lagi, ASUS juga benar-benar memperhitungkan keuntungan yang diperoleh oleh penggunanya jika mereka membeli ExpertCenter D3 Tower D300TA.

Konektivitas Lengkap ExpertCenter D3 Tower

Walaupun PC dekstop ini telah hadir dengan dukungan konektivitas yang lengkap, namun PC ini masih menawarkan beragam slot PCIe untuk kartu grafis tambahan, konektivitas WiFi dan port I/O tambahan yang pastinya akan mempermudah pemiliknya untuk melakukan upgrade komponen sesuai kebutuhan bisnis dimasa yang akan datang.

Meminimalkan TCO Dengan Komponen Terbaik

Cara yang ASUS gunakan untuk meminimalkan Total Cost of Ownership (TCO) itu adalah dengan memberikan komponen terbaik yang kualitasnya sudah pasti dapat diandalkan dan memiliki daya tahan yang luar biasa untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Penggunaan motherboard #1 di dunia dengan 100% solid capasitors yang full expandability membuat ExpertCenter D3 Tower D300TA ini mudah dikonfigurasi kapanpun, namun menawarkan perlindungan sistem, stabilitas dan kinerja yang konsisten serta mampu meningkatkan stabilitas sistem.

Meminimalkan TCO ExpertCenter

Mendukung bisnis dengan fitur keamanan lengkap

Setiap pelaku bisnis pastinya menginginkan agar data yang dimilikinya tetap aman dan terjaga. Begitu pula yang ASUS persiapkan terhadap ExpertCenter D3 Tower D300TA.

Keamanan dari PC dekstop ini dapat dikatakan sangat baik dan lengkap. Sertifikat uji ketahanan berstandar militer AS MIL-STD-810G yang ada pada ExpertCenter D3 Tower  telah membuktikan bahwa PC ini telah lolos dalam berbagai macam pengujian ketahanan extrem seperti uji getaran, uji goncangan, uji jatuh hingga uji dengan bermacam tingkat suhu yang beragam.

Fitur Keamanan ExpertCenter

Selain itu, untuk membuat data penggunanya semakin aman, ASUS juga melengkapinya dengan fitur keamanan canggih seperti teknologi Trusted Platform Module (TPM) untuk menyimpan kata sandi dan kunci enkripsi, Kensingthon Security dan Padlock Slot untuk mencegah pencurian fisik PC dari lokasi yang tidak diawasi serta USB Port Read/Write control untuk mengaktifkan/nonaktifkan penggunaan perangkat USB.

Spesifikasi ASUS ExpertCenter D3 Tower D300TA

Main Spec. ExpertCenter D3 Tower D300TA
CPU Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i5-10400F Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)
Operating System Windows 10 Pro
Windows 10 Home
Memory Up to 64GB DDR4
Storage Up to 4TB HDD
Up to 1TB SSD
Graphics Intel® HD Graphics 630
NVIDIA® GeForce® GT710 2GB DDR5
NVIDIA® GeForce® GTX1650 4GB DDR6
Input/Output Front IO
1x Headphone, 1x MIC in, 2x USB 2.0 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Rear IO
1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x HDMI 1.4, 1x VGA Port, 3 x Audio jacks, 2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Expansion 1x PCIe® 3.0 x 16, 1x PCIe® 3.0 x 1, 1x M.2 connector for WiFi, 1x M.2 connector for storage, 2x DDR4 U-DIMM slot
Audio High Definition 7.1 Channel Audio
Software ASUS Business Manager, ASUS Control Center
Dimension 16.00 x 38.00 x 35.50 cm
Weight 7kg
Power Up to 500W power supply (80+ Bronze , peak 550W)
Accessories Included keyboard, mouse, monitor
Warranty 3 tahun garansi global
Harga mulai Rp 8.499.000,-

 

ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA

Berbeda dengan ExpertCenter D3 Tower D300TA yang memiliki ukuran casing yang cukup besar, ExpertCenter SFF D500SA merupakan salah satu PC desktop ringkas dengan performa tinggi.

Asus ExpertCenter D5 SFF D500SA

Hadir dengan dimensi berukuran 9.5 x 29.28 x 34 cm dan berat 5.5 kg, PC ini dirancang agar sesuai dengan ruang kerja apapun. Bahkan sangat cocok untuk kita yang memiliki ruangan yang minimalis karena PC ini bisa berdiri baik secara vertical atau horizontal.

Performa Tinggi

Walaupun memiliki bentuk yang minimalis, namun jangan ragukan performa yang diberikan oleh ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA. PC ini sangat handal untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pastinya memiliki durabilitas yang tinggi.

Performa ExpertCenter D5 SFFD500SA

PC yang juga sudah mengantongi sertifikat uji ketahanan berstandar militer AS MIL-STD-810G ini didukung oleh Chipset Intel H410, prosesor Intel® Core™ Generasi ke-10 yang mutakhir dengan RAM DDR4 terbaru yang dapat diupgrade hingga kapasitas 64GB.

Untuk pengolahan grafis, ExpertCenter D500SA ini juga dibekali oleh Intel® HD Graphics 630. Namun jika kita membutuhkan kinerja grafis tingkat lanjut untuk tugas visual yang tinggi, ASUS juga masih menyediakan GPU diskrit dari NVIDIA yang bisa kita tambahkan.

Storage penyimpanan juga sudah menggunakan HDD berkapasitas 1TB dan SSD yang bisa diupgrade hingga 2TB. Yang tentunya masih dengan dukungan dari sistem operasi Windows 10 Pro atau Windows 10 Home (original).

Konektivitas Lengkap

Walaupun memiliki bentuk yang ramping dan kecil, ExpertCenter D500SA ini benar-benar memiliki dukungan konektivitas yang sangat lengkap. Bahkan lebih banyak dari yang dimiliki oleh ExpertCenter D3 Tower.

Konektivitas ExpertCenter D5 SFF
D500SA

Adanya port USB Type-A, DisplayPort dan HDMI, Port legacy VGA dan PS/2 membuat penggunanya tidak akan kesulitan untuk menghubungkan PC ini dengan peripheral ataupun device yang digunakannya.

Uniknya lagi, pada bagian depan dari PC ExpertCenter ini kita akan menemukan tambahan Optical Disk, Slot smart card reader dan SD Card Reader yang pastinya akan sangat membantu kita ketika melakukan transfer data multimedia.

Mudah dikelola dan diupgrade

Selain memiliki performa yang luar biasa dan dukungan konektivitas yang lengkap, ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA ini juga merupakan salah satu PC yang mudah dalam penggunaan, pengelolaan dan upgrade.

Hassle-free ExpertCenter

Adanya fitur hassle-free upgrade menjadi salah satu bukti kemudahan yang diberikan oleh ASUS untuk PC ini. Dengan menggunakan fitur tersebut, kita akan dengan mudah mengganti HDD, SSD serta Optical Drive tanpa menggunakan alat bantu tambahan.

Kemudahan lain yang diberikan oleh ASUS kepada ExpertCenter D500SA adalah adanya software ASUS Control Center dan ASUS Business Manager. 

ASUS Control Center – Business Manager

Kedua software tersebut mampu menyederhanakan proses bisnis yang kita miliki karena dapat digunakan untuk mengontrol dan mengelola aset perusahaan dari jarak jauh dan juga mampu untuk melakukan pemantauan hardware/software serta penjadwalan tugas melalui antarmuka berbasis web yang dapat di akses lewat satu portal.

Spesifikasi ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA

Main Spec. ExpertCenter D5 SFF D500SA
CPU Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)
Operating System Windows 10 Pro
Windows 10 Home
Memory Up to 64GB DDR4
Storage Up to 3TB HDD
Up to 2TB SSD
Graphics Intel® HD Graphics 630
NVIDIA® GeForce GT710 2GB GDDR5
NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5
Input/Output Front IO
1 x 20 -in-1 Card Reader(Optional), 1 x Headphone, 4x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x Microphone& Headphone (Combo jack)
Rear IO
4 x USB 2.0, 1 x PS/2(Keyboard), 1 x PS/2(Mouse), 1 x HDMI 1.4, 1 x DisplayPort, 1 x RJ45 LAN, 1 x COM Port(Serial Port) (Optional), 1 x Parallel Port (Optional), 1 x D-sub, 3 x Audio Jack(s)
Expansion 1 x PCI, 1 x M.2 (for Wi-Fi card), 2 x M.2 Socket, 2 x PCI-e x 1, 1 x PCI-e x 16
Audio High Definition 7.1 Channel Audio
Software ASUS Business Manager, ASUS Control Center
Dimension 9.5 x 29.28 x 34 cm
Weight 5.5kg
Power Up to 300 W (80 PLUS)
Accessories Included keyboard, mouse, monitor
Warranty 3 tahun garansi global
Harga mulai Rp8.699.000,-

Pilihan Terbaik Untuk Studio Mini Kami

Setelah mempertimbangkan banyak hal, maka tidak salah jika kami kemungkinan besar akan memilih ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA. Namun, spesifikasi yang akan kami pilih tentunya yang sudah diupgrade dan disesuaikan dengan kebutuhan layaknya sebuah studio mini.

Menurut maskris, spesifikasi yang paling sesuai untuk menunjang proses bisnis dari studio mini kami ke depan adalah seperti ini:

  • Prosesor Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz
  • Memory minimal 16 GB DD4
  • Storage SSD 1TB dan HDD 2TB
  • VGA NVIDIA® GeForce GT1030 2GB GDDR5
  • Port I/O dan konektivitas lengkap dengan Optical Drive
  • Harus memiliki fitur keamanan yang handal, tahan banting dan kuat akan segala kondisi.
  • Compact dan tidak terlalu makan tempat

Nah, dari semua spesifikasi yang kami harapkan itu sudah pasti bisa diberikan oleh ASUS ExpertCenter D5 SFF D500SA yang sudah diupgrade.

Jadi memilih ASUS ExpertCenter untuk pengembangan Studio Mini? Kenapa tidak? Apalagi sebentar lagi anggaran yang diajukan udah di acc untuk segera direalisasikan.

***

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertCenter – ExpertBook Writing Competition

@maskris_id

Seorang Blogger Jogja yang suka dengan teknologi dan dapat ditemukan di akun @maskris_id

Recent Posts

Cara Mudah Translate Dokumen Di Microsoft Word

Cara Mudah Translate Dokumen – Siapa yang tidak suka menggunakan aplikasi Google Terjemahan? Ya, aplikasi… Read More

22 hours ago

Ruangbelajar, Inovasi Tempat Belajar Seru Untuk Anak Kelas 2 SD

Ruangbelajar – Membuat pelajaran menjadi menyenangkan dan mudah dipahami bagi anak SD di masa pandemi… Read More

2 weeks ago

Brain Academy Online, Solusi Tempat Bimbel Terbaik Di Masa Pandemi

Bimbel Brain Academy Online – Belajar dengan metode PJJ atau daring bukan menjadi hal yang… Read More

2 weeks ago

Cara Bayar Pajak Kendaraan Tahunan di Samsat Sleman

Cara Bayar Pajak Kendaraan - Membayar pajak bagi yang memiliki kendaraan merupakan kewajiban yang harus… Read More

3 months ago

Cara Mengatasi Tag Link Porno Di Facebook

Mengatasi Tag link porno Facebook – Beberapa minggu belakang ini akun facebook maskris mendapatkan tag… Read More

3 months ago

Kapan Waktu Ideal Kita Ganti Smartphone?

Waktu Ideal Ganti Smartphone - Di era teknologi seperti saat ini, gonta-ganti smartphone itu sepertinya… Read More

3 months ago

This website uses cookies.