Alasan Memilih Wordpress

Alasan Aku Lebih Memilih WordPress Daripada Blogspot

Alasan Memilih WordPress Daripada Blogspot Sebagai Platform Blog

Alasan Memilih WordPress

Platform Blog WordPress

Platform Blog WordPress

Ada banyak jenis platform blog yang dapat digunakan oleh kita dalam melakukan aktivitas blogging. WordPress, Blogspot, Tumblr ataupun Joomla merupakan beberapa jenis platform blog populer yang sering kita dengar.

Dengan banyaknya pilihan platform blog yang dapat kita pilih dan gunakan, maka kegalauan seringkali datang melanda. Membandingkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing platform blog seakan menjadi sebuah kebutuhan. Dan itu yang memang kualami ketika awal mengenal blog sekitar tahun 2007 lalu.

Hampir semua platform blog yang kusebutkan di atas pernah aku coba. Namun dari sekian banyak platform blog yang aku coba, aku sendiri lebih memilih WordPress sebagai platform blog terbaik yang menunjang aktivitas bloggingku hingga sekarang.

Sebagaimana dituliskan pada WikipediaWordPress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

WordPress sendiri menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Walaupun keduanya menggunakan mesin yang sama yaitu WordPress, namun terdapat perbedaan yang cukup mendasar di antara kedua alamat tersebut.

WordPress.com merupakan alamat yang ditujukan untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website. Jadi tanpa perlu banyak kustomisasi dan pengaturan serta server hosting sendiri. Biasanya alamat dari blog akan menjadi subdomain dari wordpress.com seperti “maskris.wordpress.com“, tidak jauh berbeda dengan blogspot.

Sedangkan WordPress.org ditujukan untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri. WordPress.org ini juga merupakan tempat bagi kita yang ingin mengunduh CMS WordPress yang nantinya akan kita install di server hosting. Oleh karena itu, aku lebih suka menyebutnya sebagai WordPress Self Hosted.

Alasan Memilih WordPress Self-Hosted

Jatuh hatinya diriku kepada wordpress self hosted sebenarnya bukan tanpa alasan. Bagiku, wordpress merupakan salah satu platform blog yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Selain itu masih banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh wordpress yang semakin membuatku susah move-on.

Berikut ini beberapa kelebihan WordPress dibandingkan dengan platform blog lainnya:

Mudah Digunakan & Dikustomisasi

Menurutku, WordPress merupakan platform blog yang paling mudah digunakan. Tata letak yang cukup rapih dan jelas seakan memanjakan para penggunanya, sekalipun penggunanya baru pertama kali menggunakan platform ini. Kemudahan lain yang membuatku tidak dapat pindah ke lain hati adalah adanya kemudahan untuk melakukan kustomisasi terhadap situs/blog yang kumiliki.

Mendukung Banyak Pilihan Themes dan Plugin

Alasan Memilih WordPress

Pilihan Themes WordPress

Keunggulan utama yang menurutku dimiliki oleh WordPress adalah adanya dukungan plugin yang sangat banyak. Plugin ini nantinya akan membantu kita dalam melakukan optimasi dan kostumisasi situs/blog.

Selain memiliki dukungan plugin yang kaya dan melimpah, WordPress juga memiliki banyak sekali pilihan themes yang dapat dipilih baik themes berbayar (premium) maupun gratisan. Aku sendiri sering sekali mengubah themes sesuai dengan kebutuhan dan selera hati.

SEO Friendly

Alasan Memilih WordPress

Search Engine Optimization

Sebagai sebuah blog/situs, SEO menjadi salah satu hal yang penting. Karena dengan SEO yang baik, maka tulisan-tulisan kita akan lebih mudah di indeks dan di baca oleh banyak orang. Sama halnya dengan blogspot, WordPress juga merupakan platform blog yang SEO Friendly.

Baca Juga:   Review ASUS ZenPower Pocket aka ZenPower Slim 6000

Berbeda dengan blogspot yang banyak melakukan penambahan skrip coding html secara manual untuk optimasi SEO, WordPress lebih mudah untuk dioptimasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dukungan Plugin SEO seperti All in One SEO, Yoast SEO dan plugin SEO lainnya akan membuat kita tidak perlu terlalu pusing untuk memikirkan optimasi, sekalipun kita masih seorang yang baru belajar blog.

Keamanan Handal & Selalu Update

Alasan Memilih WordPress

Download – Update WordPress

Bagiku, WordPress merupakan salah satu platform blog yang paling sering update. Hal ini menandakan jika platform ini selalu akan berkembang mengikuti perkembangan jaman dan teknologi yang ada.

Dengan adanya update berkala tersebut, maka sudah pasti keamanannya handal. Permasalahan atau bug yang ditemukan akan selalu dengan cepat di perbaiki. Hal-hal tersebut yang membuatku merasa nyaman dan tenang menggunakan WordPress.

Memiliki dukungan aplikasi WordPress mobile

Alasan Memilih WordPress

Dukungan Mobile Apps WordPress

Melakukan update artikel tanpa harus membuka komputer/laptop menjadi salah satu kebutuhan bagiku. Mungkin bagi teman-teman yang senang traveling dan lebih sering bekerja secara mobile, adanya aplikasi mobile yang terinstall di gadget atau smartphone yang digunakan akan sangat membantu.

WordPress memiliki dukungan aplikasi WordPress Mobile yang dapat dijalankan di smartphone Android maupun iOS. Dengan demikian, melakukan update blog seharusnya tidak akan menjadi masalah.

***

Satu lagi info dan alasan yang membuatku memilih platform WordPress. Berhubung hampir sekitar 10 tahun aku terbiasa dan selalu menggunakan WordPress, aku sekarang justru bingung ketika harus menggunakan platform blogspot.

Ini aku bukannya mau sombong atau bagaimana. Tapi itu fakta yang terjadi. Untuk melakukan kustomisasi themes di blogspot saja aku bingung karena harus mengubah kode xml terlebih dahulu.

Kebetulan aku ada beberapa themes premium untuk wordpress dari mythemesshop dan juga elegantthemes. Kalau teman-teman ada yang mau minta boleh kok. Nanti teman-teman tinggal pilih saja themes yang diingini dari web mythemeshop atau elegantthemes. Kemudian teman-teman bisa hubungi aku lewat kotak komentar atau halaman “KONTAK AKU“.   Jika kebetulan aku punya stok themes yang teman-teman mau, nanti aku akan kirim themesnya lewat email.

Nah, mungkin itu beberapa alasan aku lebih memilih WordPress daripada Blogspot. Kalau teman-teman lebih suka pakai platform blog apa? Apa mungkin justru ada yang menggunakan platform blog lain? Boleh dong berbagi juga di kotak komentar.

6 Responses

  1. Adi Pradana
    January 27, 2018
    • Stephanus Christiono
      January 28, 2018
  2. Achmad Muttohar
    January 29, 2018
  3. andy ardian
    June 16, 2018

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.