2 Cara Reset Password Windows Ketika Gagal Login PC

-

2 Cara Reset Password Windows Ketika Gagal Login PC

Reset Password Windows – Melupakan password itu merupakan salah satu hal yang cukup menakutkan, apalagi bagi para administrator.

Namun setiap ada masalah pasti akan ada jalan keluarnya, termasuk bagaimana kita bisa mendapatkan cara untuk kembali memperoleh password admin yang sempat terlupakan itu.

Windows-10-Login-Screen

Berbeda dengan masalah ketika kita lupa password untuk masuk ke dalam situs atau aplikasi smartphone yang dapat di atur ulang dengan alamat email yang kita miliki, lupa password saat akan masuk ke dalam komputer merupakan salah satu hal yang cukup menyebalkan.

Nah, jika kita pengguna komputer dengan sistem operasi Windows dan mengalami masalah lupa password admin untuk login komputer, kita tidak perlu takut karena kita bisa mencoba beberapa cara berikut:

Reset Password Windows Dengan Akun Microsoft

Salah satu manfaat utama menggunakan akun Microsoft dengan Windows 10 adalah kita dapat mengatur ulang kata sandi melalui Microsoft Tools tanpa banyak kerumitan.

Langkah yang perlu kita lakukan jika ingin melakukan reset password windows dengan akun Microsoft adalah sebagai berikut:

Pertama, pastikan bahwa kita benar-benar tidak dapat mengakses PC dengan menggunakan akun microsoft. Buka alamat login.live.com di ponsel atau komputer lain dan coba masuk dengan akun Microsoft yang sebelumnya kita gunakan di PC atau Laptop.

Jika kita masih tidak bisa masuk, lanjutkan dengan mengatur ulang kata sandi Microsoftnya. Buka halaman reset kata sandi Microsoft untuk memulai, meskipun perlu diingat bahwa kita juga sebenarnya dapat mengatur ulang kata sandi dari layar login Windows 10 sekarang.

recover akun microsoft

Setelah mengkonfirmasi identitas dengan detail yang kita berikan di akun microsoft, halaman ini akan memandu kita untuk melalui reset passsword akun Microsoft. Setelah selesai, gunakan kata sandi baru untuk masuk ke PC kamu.

Catatan:

Jika kita memiliki akun Microsoft, sebaiknya kita meluangkan beberapa menit untuk memperbaharui info keamanan di halaman akun Microsoft kita.

Pembaharuan yang dimaksud adalah dengan menambahkan nomor telepon dan alamat email sekunder yang nantinya akan memberikan pilihan untuk dapat mengatur ulang password dengan mudah ketika kita mengalami lupa password lagi.

Reset Password Windows Menggunakan Solusi Lock Screen.

Cara kedua yang bisa kita gunakan untuk melakukan reset password Windows adalah dengan cara menggunakan solusi Lock Screen.

Cara ini sedikit rumit dibandingkan dengan cara yang pertama. Hal ini disebabkan karena cara ini merupakan cara yang digunakan ketika kita tidak menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Windows. Akibatnya kita harus mengatur ulang kata sandi pada akun lokal.

Sebenarnya Windows 10 memungkinkan kita untuk mengatur pertanyaan keamanan untuk akun lokal. Biasanya kita akan diminta memilih dan menjawab pertanyaan sebelum proses instalasi windows 10 selesai kita lakukan.

Namun jika kita belum melakukan pengaturan pertanyaan keamanan tersebut, maka malapetaka akan datang karena itu jauh akan mempersulit kita ketika nantinya lupa password untuk login ke PC windows kita.

Jika kita siap dengan langkah yang sedikit merepotkan untuk dapat masuk ke PC Windows, maka silakan lanjutkan membaca dan mengikuti beberapa cara di bawah. Namun jika sudah pasrah, silakan install ulang saja PC Windowsmu, karena itu akan lebih mudah dan lebih cepat. Hehe.

Menyiapkan Solusi Reset Kata Sandi

Pertama, kita harus membuat disk Windows 10 yang dapat di-boot pada flash drive. Kalau maskris biasanya menggunakan aplikasi Rufus.

Setelah disk windows selesai dibuat di flashdisk, masukkan drive ke PC Kamu sehingga kita dapat boot dari instalasi baru (mirip dengan proses install ulang Windows).

Untuk bisa masuk ke disk windows dari flashdisk, silakan sesuaikan dengan Laptop atau PC yang kita gunakan. Kadang ada yang menggunakan tombol F12, ada juga yang menggunakan tombol lainnya. Jika tidak tau tombolnya, kita bisa coba masuk BIOS dan atur dari sana.

Setelah berhasil melakukan boot disk windows menggunakan flash disk, biarkan installer windows berjalan dan tunggu hingga kita menemukan layar Setup Windows awal.

windows setup

Tekan Shift + F10 untuk membuka Command Prompt.

Selanjutnya, kita perlu tahu partisi mana yang sedang dilakukan instalasi Windows Kamu. Biasanya, ini akan menjadi C:  drive. Untuk memeriksa, ketik perintah berikut, yang akan mengubah direktori Command Prompt saat ini ke root drive C:

cd /d C:

Jika perintah mengembalikan Sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan, maka huruf itu mungkin tidak benar (windows bukan di drive C). Coba kita ganti jadi D: dan seterusnya.

Setelah kita menemukan drive yang tepat, kita akan perlu masuk ke folder System32 yang ada di drive Windows. Untuk bisa mengakses folder tersebut, silakan ketik baris ini

cd Windows\System32

Setelah kita berada di folder System32, kita bisa melakukan sedikit trik.

Sebagai informasi, Windows menyertakan fitur aksesibilitas yang disebut Sticky Keys. Fitur ini dapat kita jalankan dengan menekan tombol Shift sebanyak lima kali dengan cepat.

Dengan menukar executable yang menjalankan Sticky Keys dengan tautan ke file command prompt yang dapat dieksekusi, kita dapat menjalankan baris perintah untuk reset password windows langsung dari layar login.

Untuk melakukan ini, ketik dua perintah ini, satu per satu.

Yang pertama mencadangkan pintasan Sticky Keys di folder C:\Windows  sehingga kita dapat memulihkannya nanti. Yang kedua menggantikan pintasan Sticky Keys dengan pintasan Command Prompt.

Jika diminta untuk memberikan persetujuan untuk keduanya, lakukanlah.

copy setch.exe ..

copy cmd.exe setch.exe

Contohnya seperti ini.

setch.exe command windows

Untuk sementara kita sudah selesai di sini, jadi ketik perintah ini untuk me-reboot komputer dan kembali ke layar masuk normal:

wpeutil reboot 

Menjalankan Command Prompt untuk Mengubah Password

Di versi Windows sebelumnya, kita bisa menjalankan shortcut untuk mengakses Command Prompt langsung dari layar login. Namun, Microsoft Defender di versi windows terbaru memblokir cara ini, jadi ada langkah tambahan yang diperlukan.

Jika kita menggunakan versi Windows 10 yang lebih lama, atau masih menggunakan Windows 8 atau yang lebih lama, kita dapat menekan Shift  lima kali di layar login untuk membuka Command Prompt.

Namun, kita menggunakan pada versi terbaru Windows 10, kita harus reboot ke Safe Mode agar ini fitur ini berfungsi. Untuk melakukan ini, klik menu Power di sudut kanan bawah layar login. Kemudian, tahan tombol Shift dan klik Restart. Jika kita mendapatkan peringatan, klik Restart Anyway saja.

Setelah itu kita akan menemukan Advanced Setting Menu. Pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings, kemudian Restart.

PC kita akan restart kemudian akan memunculkan Startup Settings seperti gambar di bawah.

Start Up Settings Windows

Tekan tombol 4  untuk memilih Enable Safe Mode. Pilihan ini akan memuat Windows hanya dengan driver dan layanan penting, mencegah blokir dari Microsoft Defender.

Nah, setelah ini kita perlu merestart kembali PC kita dan kemudian masuk ke dalam Safe Mode. Ketika sudah masuk windows dalam keadaan Safe Mode, tekan Shift lima kali dengan cepat. Cara ini akan memunculkan Command Prompt, yang memiliki akses administrator.

setch.exe windows

Jika sudah berhasil menjalankan command prompt (setch.exe), sekarang kita dapat reset password windows, membuat akun baru, atau melakukan tindakan apapun.

Reset Password Windows

Untuk mereset kata sandi akun windows, pertama kita ketikkan net user untuk melihat semua akun di mesin kita. Kemudian, kita dapat mengubah kata sandi untuk akun menggunakan perintah berikut.

net user username password

Ganti username dan password dengan nama pengguna akun kita dan kata sandi baru yang ingin kita atur.

Membuat Akun Baru

Jika kita ingin membuat pengguna baru, baik sebagai cadangan atau karena akun utama kita tidak berfungsi dengan baik, masukkan perintah berikut.

net user username password /add

Sekali lagi, ganti username dan password untuk nama pengguna baru dan kata sandi baru.

Kemudian, jalankan perintah ini untuk menjadikan pengguna baru sebagai admin:

net localgroup Administrators username /add

Sekarang kita telah berhasil melakukan reset password windows dan dapat masuk kembali ke PC yang sebelumnya tidak bisa kita akses.

Namun karena kita tidak ingin bekerja dalam Safe Mode, maka silakan reboot komputer kita dan masuk kembali lagi seperti biasa.

Menempatkan Sticky Key Ke Posisi Normal

Setelah kita berhasil masuk ke komputer dengan akun Microsoft atau dengan akun yang baru kita buat, maka langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah mengembalikan shortcut yang sebelumnya kita ubah.

Untuk mengembalikannya, kita bisa langsung mengalankan aplikasi Command prompt, kemudian jalankan sebagai administrator.

command prompt

Ketikkan perintah ini pada jendela command prompt untuk mengembalikan shortcut Sticky Keys.

Robocopy C:\Windows C:\Windows\System32 sethc.exe /B

Contoh robocopy command

Robocopy adalah operasi penyalinan yang lebih kuat yang perlu digunakan karena kita sebelumnya mengubah file sistem. Setelah kita selesai menjalankan perintah, tekan kembali tombol Shift sebanyak lima kali agar memunculkan jendela Sticky Keys lagi.

Jika berhasil membuka jendela Sticky Keys, maka artinya setting windowsmu sudah kembali normal.

***

Nah, mungkin itu sedikit cara yang bisa maskris berikan terkait dengan cara reset password windows yang bisa kamu coba.

Lupa password itu memang tidak menyenangkan, dan pastinya akan merepotkan kita sebagai pemilik atau admin Windows. Semoga setelah berhasil melakukan reset password windows kita menjadi lebih hati-hati lagi ketika melakukan pengaturan keamanan di komputer.

Semoga membantu dan bermanfaat ya.

maskris idhttps://maskris.co.id
Cuma manusia separuh blogger yang suka update berita sesuka dan sesempatnya saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version